Home Stay Cantik di Dekat Borobudur

Bagi kami penginapan indah itu adalah penginapan yang terbuka, terkena sinar matahari, jauh dari kebisingan jalan, ada suara jangkriknya dan dekat sawah. Entah kenapa saya punya obsesi dengan sawah dan bebek pas liburan, mungkin karena hal ini mengingatkan pada masa kecil yang suka jalan-jalan di sawah, bawa chiki & sprite. Penginapan ideal ini bakalan jadi lebih indah kalau ditambahi bonus: bisa lihat cantiknya Borobudur.

Home Stay ini terletak di sebuah desa di Magelang. Lokasinya hanya 10 menit naik sepeda dari Borobudur. Namanya: Rumah Dharma. Kalau dari Yogya, sekitar 1 jam, jangan takut bosen selama satu jam karena sang pengemudi akan memanjakan mata melewati bukit-bukit cantik, pohon pepaya, juga buah naga.

Cuma ada empat kamar tanpa TV di Rumah Dharma & satu malamnya di 500k sudah termasuk sepeda & sarapan. Sarapannya termasuk buah, roti, telur dan kue tradisional. Saya yang selalu makan buah untuk sarapan pun bisa request special minta buah only dan mereka nggak pelit ngasih buah. Yang unik, kamar mandinya tak bersekat & hanya ditutup tembok kecil yang terlihat seperti bagian Borobudur.

sarapan cantik!

Selain duduk diam menikmati pemandangan, bermain dengan kucing-kucing cantik, di Rumah Dharma bisa juga melakukan tour keliling desa. Kami melakukan tour bersepeda mengelilingi desa. Kita juga sempat mampir ke pabrik tahu di desa tersebut. Tour ini bikin ketagihan, walaupun resikonya pantat sakit terkena saddle sepeda.Tak hanya tour di pedesaan, kalau ingin tour melihat Sunrise di Borobudur juga bisa minta Mas Medi, sang owner, untuk mengatur pembelian tiket. Mas Medi kemudian akan memandu kita ke Borobudur di pagi buta.

Pemandangan dari ruang makan. Bikin gak pengen pulang

Jangan juga cemas masalah makanan, karena dapur Rumah Dharma menyajikan masakan rumahan yang jarang kita temui. Harganya pun bersahabat, porsinya bisa buat berdua, kalau lagi diet bahkan bertiga. Kalau ngasih nasi juga gak tanggung-tanggung, untuk satu orang dibawakan nasi di dalam bakul. Buat yang doyan makan buah seperti saya juga bisa request fruit platter. Menyenangkan!

Rumah Dharma,  Borobudur, Magelang   Central Java   Indonesia.

Foto Minjam di panoramio.

Satu lagi yang saya suka dari Rumah Dharma, mereka nggak boros dengan botol-botol amenities hotel dan botol minum. Aqua disajikan dalam jug kaca, sementara sabun dan shampo diisi ulang di dalam botol kecil yang cantik. Nggak nyampah!

Buat yang ingin mencoba kedamaian Rumah Dharma, silahkan kontak Medi di: 081 392 25 25 57. Websitenya sendiri bisa ditengok disini

Total Kerusakan:

  • Penjemputan dari Bandara IDR 250k
  • Kamar/ malam IDR 500k
  • Tour Sepeda IDR 100k
  • Lunch Rijsttafel IDR 65k
  • Dinner Rijsttafel IDR 75k
  • Fruit Platter IDR 15k

Update2014: menurut rekan kantor yang proyeknya di Borobudur, Rumah Dharma sudah tutup karena ketidakcocokan pasangan pengelola 😦

Advertisements

4 thoughts on “Home Stay Cantik di Dekat Borobudur

  1. Wohooo…keren banget ya tempatnya, bener2 alami.
    Jadi kangen melihat keindahan pematang sawah ni 🙂
    Mudah2an nanti bisa melipir kesana 🙂

Show me love, leave your thought here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s