Diskon Makan Pakai Kartu Kredit

Yang tinggal di Jakarta pasti sering lihat promosi beragam kartu kredit memberikan diskon fantastis di restaurant enak. Pemilik kartu kredit dalam menentukan kartu kreditnya juga menggunakan promo sebagai indikator kartu kredit bagus dan layak dipertahankan atau nggak bagus dan mendingan gak usah dipertahankan.

Untungnya kartu kredit saya bukan kartu kredit yang rajin memberi diskon makan. Jadi saya jarang tergoda untuk ikutan promo 20% itu. Tapi kalau lagi pengen, geret temen kantor, suruh bayarin dulu, nanti kita perhitungan diskonnya. Akibat kebiasaan ini saya dinobatkan diri menjadi tukang hitung tagihan makan dengan perhitungan njelimet. File excel saya yang berisikan perhitungan makan cukup terkenal di jajaran pencinta njajan di kantor.

Setelah sekian lama jadi tukang hitung, hari ini saya iseng menganalisa diskon. Udah bukan rahasia lagi kalau kita dikasih diskon 20% tapi hasil akhirnya nggak bakalan 20%. Contoh kasus yang akan saya ambil adalah Takigawa Roll dan diskon 20% dari bank Mandiri. Takigawa roll ini dibandrol dengan harga 81.000. Logikanya kalau didiskon 20% jadi 64.000 kan?

Jangan keburu girang lihat diskon segitu banyaknya. Karena ternyata masih ada plus-plus yang harus dibayarkan, yaitu service charge dan pajak. Fakta mengejutkan, service charge 5% dihitung dari harga makanan sebelum diskon. Sedangkan pajak 10% sendiri dihitung dari harga makanan setelah diskon dan service charge.

Nah makin pusing kan? Setelah dihitung-hitung, takigawa roll yang harganya 81.000 itu kalau dikasih diskon 20% adalah 75.735. Coba belajar matematika dimana?

Kesimpulannya, jangan percaya promosi kartu kredit yang mendorong kita untuk konsumtif. Kepala berpikiran kalau makan pakai CC melakukan penghematan 20%. Ternyata, pada kasus takigawa dan mandiri, penghematannya cuma 6,5%. Mendingan nge-roll sushi sendiri deh!

Advertisements

Show me love, leave your thought here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s