Chez Bon: Hostel Murah di Braga Bandung

Sumpek dengan panasnya Jakarta dan pengen merasakan dinginnya Bandung? Pengen cari penginapan yang murah di jantung kota Bandung yang tak menguras kantong supaya mudah kemana-mana dan tentunya supaya sisa uang bisa dihabiskan di kasir FO yang tersebar di banyak sudut kota Bandung? Saya punya jawabannya. Datang saja ke kopitiam Oey di jalan Braga. Lho mau tidur kok ke warung kopi? Eh rupanya di atas warung kopi ini ada hostel murah meriah nan bersih.  Namanya: Chez Bon. Menurut mereka sih Chez Bon berarti it’s good, tapi ngawur ini, mungkin maksudnya di tempat Pak Bon(dan).

image

Hostel mungil ini terletak di lantai dua serta lantai tiga dari Kedai Kopi Oey. Ada beberapa kamar dengan aneka rupa kapasitas yang disediakan, dari mulai kapasitas dua, enam bahkan enam belas orang. Tempat tidurnya tentu saja tempat tidur susun. Kamar-kamar ini berdasarkan pengamatan saya bersih dan sangat tertata rapi. Masing-masing kamar juga dilengkapi dengan AC serta loker untuk menyimpan barang. Satu orang tentunya satu loker.

Sama seperti hostel lainnya, kamar mandinya berkonsep berbagi atau gantian. Tapi jangan cemas, ada banyak kamar mandi yang disediakan di setiap lantai. Air panas untuk mandi juga tersedia, tapi kapasitas water heaternya cukup kecil. Akibatnya, jika ada orang yang menghabiskan banyak air, pengguna kamar mandi selanjutnya akan menggigil kedinginan. Jika sedang apes, ketika sedang seru-serunya mandi pun air yang panas mendadak bisa berubah menjadi dingin.

Dari berbagai hostel yang pernah saya inapi, Chez Bon memiliki peraturan unik, yang bagi saya sangat khas Indonesia. Sepatu dan sandal harus dilepas di resepsionis. Pengunjung kemudian akan diberikan sandal khusus yang harus dikembalikan saat check-out. Ya ini kan bukan hotel berbintang, jadi tak bisa menyapu bersih amenitiesnya. Aturan ini mungkin yang membuat hostel sangat bersih. Walaupun bersih, ada satu hal yang sangat mengganggu saya, yaitu tidak adanya pelarangan untuk merokok di dalam hostel. Akibatnya, kamar mandi dan selasar hotel jadi bau dengan rokok. Sungguh tak menyenangkan. Tapi nampaknya ini karena kota Bandung tak punya Perda yang melarang merokok di gedung-gedung.

Keapesan juga bisa terjadi jika mendapatkan tempat tidur yang berdekatan dengan AC. Salah satu orang di kamar kami, kami mengambil kamar dengan kapasitas enam orang, tertepa AC selama tidurnya. Wah apes kalau kayak gini karena bisa kena penyakit khas Indonesia, masuk angin. Selain bersebelahan dengan AC, keapesan lain adalah mereka yang bersebelahan dengan kamar mandi sehingga aktivitas di dalam kamar mandi terdengar jelas. Satu hal yang perlu dicatat, di dekat hostel ini terdapat masjid yang nampaknya cukup dekat, jadi jika di pagi hari ada panggilan untuk beribadan, jangan terkejut dan terbangun seperti saya ya.

image

Hostel murah yang terletak di tengah kota Bandung ini saat saya datangi dibandrol dengan harga seratus dua puluh ribu rupiah saja. Harga tersebut termasuk sarapan yang dimasak sendiri di dapur yang terletak di bagian paling atas hostel ini, roof top. Menu sarapan terdiri dari telur, dua lembar roti, selai, teh atau kopi. Kami beruntung tak perlu masak, karena bawa Chef cantik yang bertugas untuk memasak sarapan bagi kami.

image

Sarapan ini tak terlalu mengenyangkan, maklum raksasa makannya banyak dan mintanya makan nasi uduk yang enak-enak. Tapi jangan risau, kalau lapar bisa turun ke lantai satu dan pesan aneka makanan Nusantara di Kopitiam Oey yang sudah terkenal enak.

Chez Bon
http://chez-bon.com
Telepon: +6222 4260 600
Email: frontdesk@chez-bon.com

Gimana berminat nginep disini?

xx,
Tjetje

Advertisements

4 thoughts on “Chez Bon: Hostel Murah di Braga Bandung

Show me love, leave your thought here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s