Aneka Rupa Starbucks Frappuccino

Melanjutkan tulisan saya tentang aneka rupa kopi Starbucks disini, mari kita mulai menjelalah ke dunia Frappucino. Frappucino sendiri merupakan minuman dingin, sekali lagi, dingin andalan dari Starbucks. Minuman ini dibagi berdasarkan tiga bahan dasarnya, yaitu kopi, krim dan juga buah. Bukan buah segar, tapi jus buah.

Yang unik dari Frappucino, Starbucks seringkali bikin Frappucino musiman yang hanya muncul pada saat-saat tertentu. Saat Natal misalnya, akan ada Frappucino yang bertema Natal atau pada saat musim panas akan muncul Frappucino yang menyegarkan. Yang agak nyebelin Frappucino ini seringkali jumlahnya bahan-bahannya terbatas, jadi kalau laku keras, musimnya belum habis produknya sudah gak ada lagi.

Frappucino juga memiliki banyak resep rahasia. Starbucks dengan resep rahasia ini, linknya nanti akan saya berikan di bawah, menurut saya nggak worth it untuk di beli. Pertama karena tambahan sauce dan sirup ini itu untuk membuat menu rahasia tidaklah gratis, mesti bayar lagi. Selain itu, kalori dari Frappucino sendiri sebenarnya sudah mengerikan, jadi makin ngeri kalau diberi tambahan lagi. Kalaupun rela bayar lagi dan rela menanggung kalori tambahan, ada kalanya sirup-sirup tertentu tak dimiliki oleh Starbucks store.

Frappucino berbahan dasar jus buah

Saya mulai dari yang paling sederhana aja, ini campuran es, Tazo teh (ini perusahaan tehnya Starbucks) dan juice buah. Tanpa susu, jadi aman buat yang intoleran terhadap laktosa. Jus buahnya tergantung persediaan, yang saat ini ada di Indonesia seperti mangga dan rasberi. Perlu dicatat ya di luar Indonesia, terutama di negeri-negeri empat musim Frappucino berbahan dasar buah ini sulit ditemukan pada saat musim dingin. (tambahan: silahkan baca komentar dari Mbak Yoyen di bawah)

Frappucino berbahan dasar krim

Frappucino ini rumus dasarnya adalah es, dicampur susu, dicampur sirup Frappucino, bahan x, lalu diberi topping whipped cream. Nah bahan x ini yang bisa diganti-ganti dan merubah Frappucinonya menjadi aneka rupa minuman.

Salah satunya Green Tea Frappucino yang warnanya tentu saja hijau. Perlu dicatat ya, green tea Frappucino ini dingin, kalau hangat berubah nama jadi green tea latte. Berhubung green tea di Indonesia sempet laku keras, minuman ini juga nampaknya laku keras. Sementara saya nyari di Irlandia gak bakalan nemu, ada juga bakal diliatin dengan tampang bingung oleh baristanya. Kalau mau iseng merogoh kocek lebih dalam, green tea Frappucino ini bisa ditambah dengan java chips lalu ditambah ekstra caramel drizzle.

Saat bahan x diganti dengan bubuk vanilla, maka muncullah Vannila Frappucino yang super putih. Kalau gemes lihat warnanya yang putih doang, bisa ditambahin mocca drizzle. Ukuran grande Vanilla Frappucino ini setara dengan seperlima kebutuhan kalori manusia dewasa, alias sekitar 400 kalori saja, nah jika ditambah dengan mocca drizzle, tentunya kalorinya makin tinggi.

Frappucino berbahan krim masih ada lagi, seperti Double Chocolaty Chip Cream Frappucino yang merupakan pencampuran bahan dasar di atas dengan Frappucino chips dan mocca sauce. Sementara jika bahan x diganti dengan caramel sirup dan whipped cream diberi caramel drizzle. Maka jadilah Caramel Cream Frappucino. Dengan resep yang sama jika ditambah kopi maka Frappucino ini berubah jadi Caramel Frappucino. Pusing kan ngapalinnya.

Frappucino berbahan dasar kopi

Nah berbeda dengan Frappucino di atas, Frappucino berbahan dasar kopi ini memiliki resep dasar es, sirup kopi Frappucino, susu, dan tentunya kopi. Nah kalau soal kopi sendiri ada aneka rupa cara bikinnya, ada yang dibrew ada juga yang dibuat dari mesin espresso.

Frappucino berbahan dasar kopi yang termudah, termudah pesennya, tentunya adalah Espresso Frappucino. Frappucino yang ini tentu saja menggunakan espresso, kopi pekat yang bikin mata melek. Kalau tak mau kopi yang tak sekuat Espresso tapi masih pengen kopi dingin manis, bisa diganti dengan Coffee Frappucino. Coffe Frappucino ini kurang lebih kalorinya sekitar 180 saja, tapi ada juga versi yang lebih ramah kalori karena kalorinya hanya separuh, namanya Coffee Light Frappucino, cuma saya gak pernah nemu versi ini di Indonesia.

Selain Frappucino di atas masih ada Mocha Frappucino yang merupakan perpaduan resep Frappucino kopi ditambah dengan mocha sauce. Ada juga Dark Mocha Frappucino yang berteksturkan coklat. Frappucino di Starbucks masih ada banyak lagi dan seperti saya bilang, bakalan bisa jadi satu buku sendiri kalau resep-resepnya dimunculin. Apalagi kombinasi aneka sirup ini bisa memunculkan rasa-rasa baru, termasuk Nutella Frappucino.

Tapi satu hal penting, bagi yang lactose intolerant, mendingan gak usah repot-repot ganti susu di Frappucino ini dengan susu kedelai, karena rasanya jadi “rusak”. Aroma susu kedelai memang kencang banget sehingga mengalahkan aroma lainnya. Pun sudah rusak, masih disuruh bayar tambahan 7000 rupiah karena ganti susu kedelai, tak seperti di Irlandia yang tak mengenakkan biaya tambahan untuk aneka rupa pilihan susu.

Jadi apa Frappucino favoritmu?

Xx,
Tjetje

Starbucks secret menu bisa dilihat disini.
Baca juga: Cara Pesan Minum di Starbucks
Mengupas Mitos Susu Sehat

 

 

 

 

 

 

Advertisements

52 thoughts on “Aneka Rupa Starbucks Frappuccino

  1. Hahaha kalo ke Starbucks aku malah ga suka Frappucino. Karena kalo yang barista yang bikinnya gak ahli banget, kita cuma dapet rasa es doang 5 menit kemudian alias hambar 😀
    Jadi kalo mau yang dingin2 di starbucks, aku lebih pilih menu yang ice biasa itupun dengan pesan less ice. Paling juara, ice caramel machiato dan ice green tea latte. Ice green tea latte paling enak kalo pake soy milk, unik dan manisnya pas 🙂

  2. Jangan mau beli frapp di sbux, soalnya paling rugi isinya es doang hehe… Kalo beli frapp pun paling “untung” yg green tea, karena matcha nya diimpor, kalo frap yang lain cuma sirup aja 😁 btw mba ai, aku baru tau ga ada green tea frapp di sbux Irlandia.

      • Iya tul hihihi….. Oh kalo mesen Green tea cuma dilirik doang, tak kusangkaaahh. Kalo di Jakarta mah disenengin, soalnya green tea frappucino harganya sedikit lebih mahal dibanding frappucino yang lain 😀

      • Kayaknya emang by demand deh ya, kalau ga ada yang minat gak dijual. Sementara di Indonesia nge hits banget. Mereka mesti bikinr red velvet atau rainbow frappucino tuh, biar bisa keep up dengan trend Indonesia.

  3. Dulu kalo winter (duile winter ga ada di jakarta, maksudnya bulan2 desember gitu), aku suka pesen butterbeer frap nemu di internet dengan harapan rasanya mirip butterbeer nya harry potter. Lupa bahannya apa aja tp kayaknya ada sirupnya si toffee nut latte deh makanya adanya bulan desember doang. Tapi skrg udh lamaaa bgt ngga pesen Frap sejak mulai rajin “makan bersih” hehehe

  4. Tje, Tambah info. Frappuccino merk dagang Starbucks berasal dari dua kata Frappé & Cappuccino. Walaupun Frappé itu berasal dari bahasa Perancis tapi Coffee Frappé (kopi dingin dengan susu berbuih) itu minuman khas dari Yunani.

    Berdasarkan etimologynya aku rasa aneh kalo baca Frappuccino buah 😉 Btw, McDonalds di Portugal & Spanyol kalo summer jual Caffee atau Choco Frappé.

  5. I’m lost. Apa itu Frappucino? Apa itu Starbucks? 😛
    Tiap hari minum kopi, tapi regular brew aja ditambah krim sedikit. Di NY Starbucks ada di tiap pengkolan, tapi untungnya masih banyak kedai kopi lokal. Soalnya kalo beli kopi di Starbucks suka disinisin. Iya, New Yorkers adalah snob yang ga suka Starbucks.

  6. Pas di Indonesia, aku kalo ngopi selalu ke Starbucks dan selalu pesen Caramel Java Chip Frappucino. Tapi disini udah nggak pernah ke Starbucks lagi. Terakhir kali ke Starbucks tuh pas bulan November atau Desember, cuma buat pesen speculaas latte (minuman winter-nya Starbucks Belanda) dan akhirnya kesel karena rasanya nggak enak… Speculaas emang lebih baik dimakan aja, bukan diminum. Sekarang aku ga pernah ke Starbucks karena harganya bisa dua kali lipat warung kopi biasa, udah gitu isinya susu ama gula melulu… Huhuhu

  7. Pantas dulu pas pertama ke Starbucks ngerasa minuman yang dipesan rasanya kayak pop ice…Dan sedih gitu bayar mahal tapi dapat rasa pop ice…setelah baca ini jd ngerti..karena mereka jualan susu ama sirup..no wonder

  8. Setelah membaca artikel ini jadi heran juga sih sama anak muda di kota aku yg ngempet banget beli sbux biar naik eksistensinya, padahal kalori tinggi, aku mampir sbux itupun jarang pake bangeeet buat ngindari kalori berlebih😂 Pengen hunting tumblernya tp sebagai mahasiswa jd tekor juga😭😭

Show me love, leave your thought here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s