Operasi Amandel/ Tonsillectomy: Bagaimana dan Berapa?

Sedari kecil hingga dewasa (mendadak merasa dewasa), saya nggak pernah mengalami permasalahan amandel. Hingga beberapa waktu belakangan ini saya sering mengalami radang tenggorokan. Setelah konsultasi dengan beberapa dokter, disarankan supaya tonsils/ amandel saya ini di operasi saja untuk dibuang. Duh..ide untuk operasi itu rasanya terdengar mengerikan di kepala saya. Jadi saya mencoba berbagai cara supaya tidak perlu operasi. Dari menjaga makanan (berhenti makan gorengan pinggir jalan), hingga minum air 2., liter setiap harinya. Tapi tetep, usaha itu gagal, amandel saya tidak bisa mengecil. Bahkan usaha saya untuk mengkonsumsi obat cina juga gagal berantakan. tenggorokan tetep meradang, tidur agak ngorok, sulit menelan (bahkan liur sendiri) dan yang paling parah kesusahan napas pada saat tidur.

Akhirnya tanggal 23 Juli 2012 saya nyerah dan nekat minta di operasi oleh dr. Bono di RS THT Ciranjang. Pak dokter sempat bengong melihat saya yang sudah siap dengan tas dan sudah puasa. Ternyata oh ternyata, operasi di RS THT Ciranjang itu hanya 2 kali setiap minggunya, hari SELASA dan JUMAT. Saya pun dipulangkan dan dijadwalkan untuk operasi pada hari Selasa.

Tidak banyak informasi di google mengenai pre-op dan post-op tonsillectomy. Makanya saya bertekad membagi informasi ini (sampai ke detail biayanya). Siapa tahu berguna.

Pre-op

Hari Selasa pagi, saya diharuskan datang di RS jam 9 pagi, dalam keadaan sudah makan pagi. Test pertama adalah EKG. Telanjang dada di depan dokter dan di pasangi alat yang mirip alat pencubit. Ibu dokter sempat berujar, “Agak kurang nyaman ya.” Saya yang sebenernya malu harus telanjang dada ngaco aja jawab “Gak papa kok Dok, kalau di salon lagi luluran kan hampir sama”. Setelah EKG, saya diambil darah dan dipersilahkan menunggu di kamar. Nggak lama nunggu, saya dipanggil untuk tes radiologi, lagi-lagi gak pakai bra.

Ternyata ada aturan unik, anak-anak didahulukan operasinya. Sementara yang tua belakangan. Nasib…..Sekitar jam 13.30 saya dipanggil ke ruang operasi dan dilarang pakai bra. Takutnya kalau tiba-tiba ada emergency dan harus dipasang alat, ribet harus  ngelepasin bra segala. Selain dilarang pakai bra, rambut saya juga harus diikat ke atas, menyerupai sanggul gitu. Nantinya di ruang operasi ada penutup kepala, seperti shower cap yang dipakai untuk menutupi kepala saya.

Ini pengalaman pertama operasi (semoga ini menjadi yang terakhir) dan pengalaman pertama masuk rumah sakit. Jadi masuk dalam ruang operasi, sambil naik ke meja operasi saya masih sempat ngoceh-ngoceh “Wah ternyata ruang operasinya nggak seperti di Grey’s Anatomy ya Dok, nggak ada lampu bulat yang besar itu”. Dokter anastesinya repot masang infus, sementara di dekat kepala saya ada nurse yang bolak balik bilang “ini masker…ini masker…”. Nggak lama saya pun terlelap. Jadi saya nggak tahu bagaimana proses operasinya.

Post-op

Operasi saya selesai menjelang pukul 3 sore. Saya bangun dengan keadaan sakit di tenggorokan, terutama untuk menelan ludah. Tenggorokan rasanya kayak dibakar. Daripada nelan ludah, sakit, saya memilih untuk ngiler saja, lagipula saya setengah sadar ..jadi nggak malu-malu amat. Pas di samping saya ada nurse yang setia membersihkan liur.

Dari ruang operasi, saya dimasukkan ke dalam kamar. Di RS Ciranjang ini hanya ada 9 kamar dan masing-masing pasien mendapatkan 1 kamar. Harga per malam untuk kamar kelas I adalah 500.000. Luas kamarnya sekitar 25 m2, dilengkapi dengan TV, TV cable, kamar mandi air panas dan air dingin, serta kulkas.

Begitu saya sadar, sepiring bubur sum-sum dan dua buah puyer sudah disiapkan. Duh…nelan ludah sendiri aja sakit, apalagi bubur sumsum. Tapi susternya menyemangati, semakin banyak minum semakin cepat sembuh. Saya yang dasarnya kuat minum air putih langsung menegak air, ternyata malah tambah sakit! Obat puyer yang masuk tenggorokan pun membuat tenggorokan semakin terbakar. Mitos setelah operasi bisa makan ice cream sebanyak-banyakan juga gila. Baru makan satu sendok ice cream saja, telinga saya rasanya seperti naik pesawat dalam keadaan flu, tertekan dan ngilu. Kata dokter, ini efek normal dari operasi. Apalagi amandel saya katanya gede banget. Selain ngilu, tenggorokan juga agak semriwing karena ada benang jahit yang menggelitik. Benang ini juga memicu dahak.

Hari pertama dan kedua saya sukses makan kurang dari 1 piring bubur sumsum dan kurang dari 1 buah agar-agar. Badan saya jangan ditanya, langsung naik satu kilo. Hahaha..iya naik, bukan turun. Ajaib.

Di hari ke dua, suster datang membawa sandwhich, bubur sumsum, susu, telur rebus. Saya udah girang aja liat roti, ternyata rotinya untuk yang nungguin pasien, sementara saya tetep harus makan bubur sumsum. Baik banget ya,  yang nunggu dapat makan juga.

Hari ketiga hingga ke lima, saya sudah makan bubur nasi ditemani abon. Tetap susah mengunyah dan menelan. Pada hari ke lima saya berhasil makan sepotong ayam kecil, total waktu yang dibutuhkan 1.5 jam aja. Bangganya luar biasa! Saya juga rajin ngoceh a, i, u, e, o sendiri. Habisnya kalau ngajak ngomong orang lain, yang diajak ngomong suka geli dan kasihan denger suara saya.

Teorinya di hari ke 6 saya bisa makan keras (tapi di larang makan chiki, keripik dan kerupuk). Tapi prakteknya, saya masih belum sanggup karena luka di sisi yang kanan belum menutup dengan sempurna. Jadi ya tetap makan bubur dan marie regal. Kata dokter, proses recovery ini bisa mencapai 3 minggu saja. Fiuh..siap-siap badan mengurus.

Nggak ada satupun blog yang menuliskan total kerusakan operasi amandel. Saya dengan bodohnya menyangka operasi ini akan menghabiskan maksimal 3 juta. 3 juta ternyata gak cukup buat bayar dokter THTnya dan dokter anastesi. Biaya operasi amandel ini 4 kali lipat dari prediksi saya. Mahal ya bow!

Amit-amit deh jangan sampai ada yang harus operasi amandel, apalagi kalau udah tua. Proses recoverynya benar-benar menghilangkan lemak dari tubuh dan lama. Tapi berita baiknya, saya jadi lebih sopan kalau makan, lebih perlahan. Makan pun tak bisa dalam jumlah banyak. Yang paling saya rindukan adalah tertawa terbahak-bahak karena sekarang saya cuma bisa senyum bak Ratu.

UPDATE
8 hari setelah operasi saya baru bisa makan nasi, tapi harus pelan-pelan. 6 sendok nasi selesai dimakan dalam waktu 2 jam saja. Wohoooo…..

Hari ke 9 saya sudah makan KFC, persis seperti perkiraan teman sekantor. Tapi makannya setengah mati dan gorengan bukanlah makanan yang baik untuk tenggorokan saya.

Hari ke 15 setelah operasi saya masih kesulitan menguap, ini cukup menyiksa terutama di pagi hari. Alhasil kalau akan menguap saya menggigit jari.

Hari ke 17 setelah operasi, saya mencoba makan sushi. Bad idea, karena ternyata mulut saya nggak bisa dibuka lebar-lebar.

Satu tahun setelah operasi, saya kena batuk. Gejala awal tenggorokan mengering, sakit pastinya, tapi gak kayak abis operasi. Gelontor air putih nggak sukses, akhirnya minum antibiotik. Tapi emang setelah operasi saya jadi jarang flu dan radang.

Tiga tahun setelah operasi: saya jadi rajin menjauh dari orang yang batuk atau pilek karena takut ketularan. Kalau tenggorokan sudah tak enak, saya tidur, minum yang banyak dan mengkonsumsi vitamin C. Aman!

 

Advertisements

528 thoughts on “Operasi Amandel/ Tonsillectomy: Bagaimana dan Berapa?

    • turun dua kilo, tapi gak turun2 lagi. bertahan aja disitu. Padahal targetku harus lima kilo lagi. D’oh…..

      Tapi setelah op amandel, tenggorokan rasanya beda, selalu kering. Kalau kena makanan yang micinnya banyak juga langsung panas.

  1. duuuhhh.. menyeramkan sekali, sabt besok anak sy (4,5th) oprasi amandel.
    sehat aza susah makan, gmn setelah oprasi? duhhh mikir, pemasukan dari mana ya nanti…
    n pastinya bakal jd rewel dee nangis trs…

  2. hi….
    aku udah hari ke-10 nich pasca operasi Amandel, kalau masalah biaya, Alhamdulillah GRATIS, hehehehe (ditanggung JAMSOSTEK)
    tapi udah rindu banget makan nasi pake sambal dan ikan (makan normal)
    Rindu makan miso, bakso, pangsit dan sejenisnya lah, T_T
    kira-kira udah boleh blom ya? tenggorokan rasanya udah aman untuk menelan, tapi kalau nguap masih sakit sich, sakitnya ampe ke telinga…
    sampai sekarang masih makan roti, bubur atau ubi kukus…… haaaaa tersiksanya…..

  3. haha , saya duh 4 hari ini beres oprasi amandel . setelah oprsi lngsung bisa bicara walaupun dikit dan udh bisa minum dn makan bubur .

    skrg msih sdikit sakit sih , cuman kalo makan yg berat2 boleh ga ya ?

  4. Sama dong Mbak, saya juga bulan Febuari yg lalu di operasi amandel di RSTHT Ciranjang sama dr.Bono, yang parah saya di operasi nya 2 kali, operasi pertama tgl 1 feb 2013 dan kedua tgl 8 feb 2013, kenapa dua kali, krna bliiding ( pendarahan ) kok bisa, karena post operasi / post tonsilectomy saya batuk2 terus, kata dr. Bono kemungkina alergy benang dan menurutnya saya pasien pertama yang seperti itu, analisanya setelah hari kedua operasi kemungkinan jahitan saya terlepas karena kencangnya batuk, tapi alhamdulillah pasca operasi kedua saya bisa menahan batuk dan di kasih obat batuk tambahan bentuk sirup merknya codiprint. Mengenai masalh makanan setelah pasca operasi, kitanya yg harus berani makan, saya coba setelah 8 hari dari operasi kedua sudah bisa makan mie ayam hee sama sate ayam plus lontong ya itu emang mengunyahnya yg agak lama setelah itu saya paksa makan pop mie, alhamdulilah bisa. Memang sebelum di operasi juga dr.Bono bilang orang dewasa itu recovery agak lama dan sakitnya minta ampun, mending masih kecil kalau emang sudah punya penyakit tonsilitis choronic atau amandel besar dan menggangu mending di cabut saja. Saya pun waktu di rumah pasca operasi suka di lendek kalo lagi makan bubur sumsum sama anak saya, waktu itu anak saya di operasi amandel umur 6 tahun, sama di operasi di RS THT ciranjang sama Prof.dr. Masrin dan recovery cuma 4 hari setelah itu makan normal.

  5. aku udah jadi di operasi amandel dgn radiofrekuensi tpi udah hari ke 11 masih belum berani makan nasi atau yg lainnya.. sebatas yg lembek aja.. dan ditenggorokan sebelah kanan msih sakit ke telinga tpi sebelah kiri udah ngga.. kira kira normal gak? brpa lama bisa sembuh total?

  6. yeaayy skrg udah sembuh dong.. yang baru operasi.. sabar yaa.. recoverynya paling cepet 2 minggu lah sampe enakan klo nelen.. mendingan minum jus atau susu daripada air putih.. soalnya gatau kenapa kalo minum air putih lebih sering keluar dri idung.. 😦

  7. Hey kaka semuanya, aku lagi sakit amandel nih, terus pas kedokter disaranin malah disuruh operasi, kageeeet dengernya, apalagi pas baca semuanya diatas barusan, gabisa makan, gabisa nelen, aaaaa ngeri:'( umur aku 18thn, menurut kalian gimana? Mending operasi aja atau diemin aja dan diobati pake obat dokter aja tanpa operasi? Aku takut baca proses operasi kaya yg diatas itu:(

    • Sudah gede banget belum? Sering sakit ga tenggorokan? Setahun bisa berapa kali sakit?
      Tidurnya ngorok gak? Sesek nafas?

      Kalau jawabannya banyak iyanya, mending op. Apalagi kalau sudah kegedean. Emang bakalan sakit di beberapa hari pertama tapi masih bisa diatasi kok.

      Sejak operasi saya baru 1x kena pilek.

  8. wah info menarik nih, btw gimana rincian biayanya nih, plis kasih tau.dong
    soalnya tadi siang ane ditawarin suruh operasi amandel, buat msuk kerja gitu, katnya sehari operasi ga usah nginep, trus biaya sekitar 3,5 jt. bener ga tuh, ane konsultasi di rs fatmawati. thx

  9. Hai… aku udah sering bgt sakit amandelnya setengah tahunini. 2 dokter rs berbeda udah nyuruh operasi. Tp aku takut, hiks.

    Lama2 nyerah juga karena jadi ringkih sakit mulu sampe pacarku komplain, minggu depan rencananya mau operasi, krn minggu ini aku batuk panas. Klo operasi harus dalam keadaan sehat ya?

    Bedrest di rumah total berapa lama?
    Aku gak tega ninggalin kerjaan kantor huhuhuhu…
    Lagi banyak banget

  10. hay semua. Saya jg baru operasi angkat amandel di rs tht ciranjang. Skrg udh hari ke 5 pasca operasi. Masih sakiiit bgt tenggorokannya dan tambah perih aja rasanya. Ngomong pelan2 dan mkn masih bubur. Tidur sering terbangun krn tenggorokan gatel bgt tp ga bs batuk krn sakit. Krn penasaran saya ngaca aja pake senter tnyata di ujung tenggorokan spt sariawan besaaar sekali. Apa itu normal ya?

  11. haduuch,,, emang gak enak pux amandel nich,,,, tapi aku gak di operasi, aku berobat ke alternatif,,karena gak punya biaya dan takut op. alhamdulilah udah sembuh klo mslah recoveryx plig lma 1 mggu. stlah itu bbas mw mkan pa ja, tp hrus ttap di jga jg. trus biaya cma 100rb. tp prosesx agak menyeramkan karena amandelnya di tekan hingga ancur pake tngan. hihihi,,,

  12. umur saya mau 21, amandel saya udah mengganggu anak lidah saya
    haruskah sya operasi? gk pernah periksa sih..cuman sering kumat lok udah makan gorengan, es, sama makan pedes… lebihy sering demam juga akhir2 ini

    • konsultasikan sama dokter deh. Kalau udah mengganggu mendingan dibuang aja.

      Kadang gak cuma es atau makanan pedes aja, saya kena asap knalpot aja langsung meradang.

  13. Hai… akhirnya aku operasi juga. 3 hari setelah operasi dipaksain makan nasi sama sup ayam. Sakit sih. Tapi aku tahan aja, biar terbiasa. Yang sekarang jd problem itu, kalo ngomong kayak orang gagu, gak jelas dan kecil suaranya.

    Buat yg masih takut operasi, tetep semangat dan berani ya 🙂

    • suara pasti berubah, tapi cuma selama proses penyembuhan aja. Abis itu baik lagi kok. Aku selama proses penyembuhan makan kue marie regal yang banyak.

  14. Hmmm…. pengalamannya sgt membantu saya yg br 3 hr op. Bener… sakiiiiit bgt tuk menelan tp tetap hrs ditahan… hrs sbr mpe minimal 2 mingguanlah… 🙂

      • Saya juga baru operasi di ciranjang dgn dr Bono hari selasa tanggal 11 juni kemarin. Sebenarnya sudah dari nov 12 disaranin utk diambil. Tapi masih merasa gak perlu. Sampai orang di rumah protes ngorok saya makin kenceng,suka terbangun tiba2 kalau tidur. Akhirnya saya putuskan juga operasi.Dengan pedenya saya pikir 5 hari saya sdh bisa makan pizza, ayam… sama persis kayak pengakaman mba Alitje. 2 hari pasca operasi sukses gak makan. Lihat bubur bosen. Sekarang hari ke 4. Setiap bangun pagi, sakitnya ampunnn …. harus minum pain killer, baru bisa minum… kalau denger2 bisa 3 minggu baru bisa normal ? Wuahhhh sengsaranya…. sebenarnya sampai kapan ya tergantung sama pain killer ? Sakitnya samapai ke telinga leher, gigi dan pundak kanan…..
        Btw biaya nya sekitar 13 sd 14 Jutaan . Vip harga kamar 700 rb . Tapi suster dan dokyernya ramah2 kok.

      • Wah sudah naik ya biayanya. Saya nggak di VIP kemaren, tapi kamarnya bisa dipakai sendiri dan bed sebelah bisa untuk yang nunggu. Iya pain killer emang membantu banget untuk sakit di telinga itu. Asal buka mulut telinga ketekan2.

        Btw, untuk pertama kalinya sejak operasi saya kena flu. Alamak rasanya kayak kiamat.

  15. Aku baru 2 hari ini stlh op. amandel duuh bner rasanya sakit bgt ditambah lagi aku punya maag kronis jdi wktu stlh oprasi kan abis puasa tuh,aku muntah2 terus smpe 2x ada darah setelahh itu ga ada darahnya lg.abis oprasi bbirku sariawan semuaaa karna alergi sma betadine n gra2 dijepit2 tu bbir wkwkwk.

    ada 1 nih kak yg bkin aku parno….luka bekas oprasiku kya a
    Ngeblok putih gt,aku takut,itu normal ga sih?

    Bisa bantuin jawab ga ya?
    Aku nya sih uda pulang gga opname lg

  16. Saya jg baru operasi ini hari ke 4 pasca operasi.. Tiap mlm ga bsa tidur tenang, sakit skali smp ke telinga…rasanya seperti tenggorokan saya dipukuli org.. Huhu.. Doakan saya cepat melewati fase ini ya krn sgt menyiksa :’)

  17. wah,,pengalamannya semua serem2 tuk oprasi amandel,, sya skrang umur 24 udah amandel sejak SMP kelas 1,,sebenarnya udah disaranin dokter untuk operasi sejak smp dulu,,,tapi karna kumatnya jarang (setahun paling kumat 2 kali) dan sekarang kebetulan kumat lagi,,dan yg ini udah sakit banget,,pertanyaan sya,,stelah operasi kita g bisa ngomong berapa lama karna sya kerja di hotel bagian reservasition yg diharuskan bnyak ngomong

    • Langsung bisa ngomong tapi sakit banget. Tiga hari masih sakit, apalagi kalau ngomongnya membuat mulut terbuka lebar. Setelah itu suaranya juga jadi aneh, berubah. Paling ga satu minggu untuk bisa ngoceh kayak burung.

  18. Saya juga baru operasi tgl 11 Juni 2013 ,beberapa jam setelah operasi, saya di paksa minum air dan makan es krim, ya tuhan sakit nyaaaa……. tp suster yg merawat mengatakan harus sering minum dan makan yg lunak supaya tenggorokan tidak kering. jika tidak minum , tenggorokan akan semakin kering dan akan semakin sakit. Namun keesokan harinya saya sudah di bolehkan pulang oleh dokternya, Namun yang saya ingin tanyakan Apakah lubang bekas amandel akan tertutup kembali ? Mungkinkah amandel setelah di potong akan tumbuh kembali ? Karena saya merasa lubang bekas amandel semakin lama semakin kecil, saya khawatir amandel nya tumbuh kembali.

  19. menyeramkan sekali 😦
    aku jg disaranin dokter buat operasi aja, soalnya amandelku mengganggu pendengaran, pendengaranku agak berkurang,aku mau operasi amandel tp takut, apalagi habis baca ini.., jd tambah takut. Trus kta’y muntah” ada darahnya gtu ya…

  20. Saya jg baru operasi amandel tanggal18 Juni 2013…pas sebelum operasi saya ga tau sama sekali kondisi ga enaknya pasca operasi.saya lebih khawatirin saat operasinya.eh ternyata operasi amandelnya mah gtu2 aj,boleh di bilang ga ada rasa sama sekali,soalnya emg pas dioperasi sy di bius total dan ga sadar,bangun2 uda selesai aj tuh operasi.nah penderitaannya itu baru sy rasa pas abis operasinya..bner2 kata tmn2,abis operasi rasanya sakit bgt..klo tw gini dr sebelum operasi sy psti ribuan kali buat operasi amandel..tp jgn ngecilin, mental temen2 yg operasi ya…klo amandelnya uda ga bisa diapa2in lg,dan cm bs d operasi,mending cpt deh dioperasi,soalnya klo ga dioperasi bnr2 bakalan ganggu bgt,apalagi klo uda kambuh,ga enak bgt raanya…skrg uda masuk hari ke10 pasca operasi,sebenernya uda ga bgtu terasa sakit,cm sy masih belum berani mkn yg keras2,takutya bs luka tenggorokannya..dan ngulangin lg deh rasa sakitnya.mending nunggu deh ampe bnr2 sembuh,klo kata dokter siy hari ke12 sy baru boleh mkn nasi.

  21. seandainya baca tulisan Ailtje sebelum operasi bisa siap2 obat jantung u jaga2 kaget saat bayar tagihan, baru kemaren tgl 29 Juni 2013 anakku operasi di RS THT Proklamasi, kamar kosong hanya yg VIP A, sama kasir dihitung DP 50% adalah Rp. 7.000.000,- , jumat malam masuk kamar VIP, sabtu operasi, minggu siang pulang, perkiraan gw biaya antara 15jt -18 jt , pas bayar tagihan audzibillah Rp. 23.000.000,- !!!!

  22. dari setahun yg lalu sy menderita radang amandel, tp dokter bilang ini tdk perlu di oprasi. setelah minum obat g ada perubahan, sy ke dokter THT itu lagi dan disarankan minum obat..dan lgi2 hasilnya nihil…akhirnya kesabaranku hampir habis sy pindah dokter THT yang lain yang ada di kotaku… dan akhirnya saya disarankan untuk op. krn katax amandel saya sdh kronis..#sambil memeperlihatkan foto amandel saya dilayar terlihat bahwa amandel itu sdh bernannah…huhuhuhu *ngeriii booo…
    besok saya akan di op..rasa takut menghantui…

      • Kak kmrn operasi nya dgn cara apa? Saya skrg lagi merasakan amandel meradang sampai sempat demam tinggi.. Mau operasi tapi baru agustus sepertinya..

        sdh browsing2 ternyata ada macem2 caranya, kmrn kakak dioperasi dengan radio grekuensi kah?

        Kmrn dokter bilangnya dibius lokal aja tp takutnya terasa mual waktu alatnya dimasukin ke tenggorokan…

  23. wah, setelah saya baca artikel dan coment” dari kawan”, ternyata mengerikan. Soalnya sya disarankan untuk operasi, hari kamis ini saya disuruh kerumah sakit ne untuk lihat perkembangannya,… Menggangu banget ne amandeL…
    Seram ne jadinya…

  24. guys, mas faiz-ku (4,6 tahun) tanggal 23 juni kemarin di operasi amandel, di tht ciranjang ama prof.masrin. Biaya kelas I untuk nginep semalam adalah Rp 11,2 juta (kamar 500 ribu)…alhamdulillah anak2 emang sembuhnya lebih cepet..hari ke 3 sore dia udah mulai berani minta makan ayam, aku suwir kecil2 banget, dia bilang ga sakit :)….nah hari ini dia panas nih, ternyata kata mbaknya dia makan emping pake saos tomat..hadoohhh capek dehh, mohon doanya supaya ga pa2, atau kalo masih panas besok ke ciranjang lagi deh…

    • Kalau anak2 cepet sembuhnya Mbak ketimbang orang dewasa. Aku terkapar di tempat tidur, anak di kamar sebelah sudah lari2an. Semoga Faiz cepat sembuh ya.

      • Kak kmrn operasi nya dgn cara apa? Saya skrg lagi merasakan amandel meradang sampai sempat demam tinggi.. Mau operasi tapi baru agustus sepertinya..

        sdh browsing2 ternyata ada macem2 caranya, kmrn kakak dioperasi dengan radio grekuensi kah?

        Kmrn dokter bilangnya dibius lokal aja tp takutnya terasa mual waktu alatnya dimasukin ke tenggorokan…

  25. umur saya 15 thn,tanggal 5 juli 2013 kemarin saya di operasi nah skrng udah hari ke 6 pasca operasi sebelah kanan tenggorokan sudah gak begitu sakit tp yang kiri masih perih bgt pas saya senter yg kanan ada warna hitam gitu sama di atasanya putih kalau yg kiri warnanya putih sama agak merah saya belum kontrol lagi ke dokter bisa bantu jawab ka? makasih.

  26. Mba saya sudah hari ke enam operasi amandel minum air sama makan masih sakitnya minta ampun . Ditambah sariawan makin tersiksa , yang paling nyiksa ludah masih meler terus gak terbendung, jadi harus sedia tisu dan baskom di samping bir gampang ngeludah. Yang jadi pertanyaan kapan ya kira2 ludah bisa stop gak meler lagi ?

  27. trims mbak saran nya sangat membantu,sedih juga org2 pada mkn enak di hari raya sy malahan menderita,ini hari ke empat masih sakit…mana makan nya bubur ajja sakit perut mana tahan..untung mbak ailtjie ngasih saran mkn kue mari regal sy beli 5bungkus,maksain sakit juga coz perut gk bisa d toleransi,mbak mw tanya untuk kembali normal kira2 brp mingguan sih? jarak makan nasi itu brp hari? dan efek pasca oprsi amndel tuh ap aj?trims mbak attntnya,mhn pencerahanya…jujur menderita!!!

    • Bersyukurlah lebaran terhindar dari kuah santan, opor dan ayam karena level kolesterol jahat aman.

      Seingat saya, hari ke empat bisa makan nasi lembek, dicampur sama abon atau ayam yang disuwir, tapi emang masih sakit nelannya. Kalau lebih kuat lagi makan buah aja, semakin sering mengunyah semakin terlatih otot2nya. Jangan makan yang mengandung sambal atau terlalu meriah rempahnya, malah tambah sakit.

  28. Mba q baru dari dokter. Kan q dah brobat trus2n biar g di op. Tp pas di cek ama dokter amandel q udah bengkak dan bernanah. Tp q masih tkt buat d op. Kira2 brp lama klo ampe maksimal kita smbuh total?

    • Mbak ga usah takut. Saya juga takut tapi sesak napas sampai rasanya hampir mau mati mengalahkan segalanya. Sembuhnya orang beda2, dalam kasus saya pun bertahap. Dari susah menelan, susah ngomong, tapi abis itu merdeka ga perlu radang lagi. Ayo kuatkan mental (dan dompet) lalu berangkatlah operasi.

  29. mbak aku tuh hobi nyanyi, tapi juga punya radang amandel yang lumayan besar. pengennya sih operasi mbak, tappi takut klo sehabis operasi suaraku enggak kayak dulu lagi. sebenernya operasi amandel mempengaruhi suara enggak sih mbak?

  30. dear mbak Ailtje,di hari ke-12 ini jujur seneng bgt,apalagi uda ada masukan dari mbak Ailtje ttg mkanan nya yg mana yg hrus dmkn sama yg gk blh dmkan,,rasanya merdeka(kan bulan agustus heheh)meskipun mkan nya mesti nasi sayur aj sampai 1 mggu kdepan,mulai ada meningkatan dalam penyembuhan..mkan uda gk nyeri,sakit di telinga juga uda berkurang dan suara juga uda balik lagi ke semula hehe..trmksh mbak Ailtje atas support nya slma ini dlm menghadapi fase2 penyembuhan pasca opsri,jujur sangat menderita hiks;_) tpi akhirnya menyenangkan… hari senin depan ceck up lgi ke dr THT… trims ya mbak !!!! buat tmn2 yg pnya amandeul alangkah baik nya di opsri klo sudah mengganggu, jangan takut be happy aj meskipun sedikit menyiksa…xixixi…yakin aja 😀

    • Syukurlah sudah membaik. Nanti kalau sudah sembuh total makannya tetap harus dijaga. Kalau saya tenggorokan ga bisa dihajar gorengan (biarpun yang digoreng sendiri), karena kalau kebanyakan tenggorokan langsung terimbas. Kalau mau sakit tenggorokan suka susah nelan, kalau udah kayak gitu tidur dan air langsung sembuh.

  31. oh gt ya ..meskipun uda sembuh total,mkanan gorengan mesti di tahan y mbak… wah pelajaran yg berharga nih…selain gorengan ap aj mbak.. (padahal hmpir semua mkanan melalui proses minyak goreng >>>hiks sedih)

      • Siang mbk,saya bru operasi amandel..mau tanya biar hati agak tenang hehehe..memng hbs operasi perut mual y mbk..ak smpe muntah 2kali krena ga tahan mualnya ( aku memang punya asam lambung tinggi ) trs emng abs operasi lidah jd sariawan gt y sakit kaya abs kegigit gt..nyiksa rasanya perut mual,tenggorokan sakt,lidah sariawan..apa membg banyak yg seperti ni ya mbk?

    • Coba minta saran dokternya, urgent lah operasi? Kalau dalam setahun radang cuma satu kali sih ga begitu mengganggu, tapi kalau sudah lebih dari dua kali, lebih baik operasi. Katanya pada orang dewasa, amandel ga bisa mengecil. Dulu punya saya juga ga mengecil, cenderung makin besar. Cepet sembuh ya!

  32. ternyata bnyak jg yg ngalamin tonsilitis di usia dewasa (aq kira cuma aq aja)hehe….
    hari ini aq hari ke 2 post oprasi, rasanya msh luar biasa,.. hiks T_T
    gmna caranya ngurangin sakitnya ini ya? perut laper tp susah bgt buat mkn…

  33. kakak…aq bis oprasi amandel kmrin tgl 20 sep 2013..tanggal yg tdk akan prnh aq lpakan…stlah oprasi aq tdk merasakan nyri krn di ksh killer pain di infus..stlh plg di cabutt..wooow rasa nya….
    dan lagi..aq klo minum kdg2 tersedak…apkh it normal atau bagaimana…aq g bsa nafas normal..krn aq jg oprasi sinus+ conchotomy…alamak rasanya…aq jd nyesel oprasinya di barengin…sktnya mnta ampyunn…maag q aja mpe kumat..
    kakak..bls via email yaw..tq

    • Maaf, saya bukan dokter. Tapi dari pengalaman saya kalau minum sebaiknya sedikit2 dan tidak menggunakan sedotan (karena ketika menyedot otot2 bekerja dan tenggorokan makin sengsara). Nanti kalau sudah sembuh lupa kok rasanya sakit, cepet sembuh ya.

  34. mbak ailtje aku sdh hari ke 9 nech pasca operasi tp ttp msh agk ssh nelen..mana msh srg kluar ludah..yg kentel kayak dahak( maaf) msh sering tersedak…krn tkut infeksi aku ke doktr THT lagi..katanya gak papa..g ad infeksi..luka bekas oprasi nya bagus…weeww jadi parno sdri..mana aq nyari referensi di internet jarang ada…

    • Kalau ga salah jahitannya yang memicu dahak, rasanya aku dulu juga ngalami. Mana jahitannya itu geli, karena kerasa di tenggorokan. Saya dulu rajin minum air putih, rajin buka mulut tapi ga ngeluarin suara. Nanti kalau sudah sembuh rasanya indah kok! Cepat sembuh ya Mbak.

      Oh iya bisa nelen nasi di hari ketiga itu gombal, sampai hari ke 9 saya masih kesusahan nelen, tapi nekad ke KFC.

  35. hahaha…baru aku mau ngikutin makan ke kfc tapi kaya nya cream soup nya saja..hehehe…ookay…makasih yaw mbak atas info dan dukungannya…have a nice day

  36. Maaf mau tanya, aku baru aja operasi kemarin hari kamis saya baru aja operasi dan rasanya nyiksa banget 😦
    Kira-kira sebulan setelah operasi boleh makan gorengan atau yg pedas2 apa enggak ya? Terimakasih 🙂

    • Tergantung progress masing2 mbak. Aku kebetulan ga doyan pedes. Gorengan itu kalau minyaknya nggak bagus, di tenggorokanku jatuhnya nyiksa. Terus karena gorengan itu kering, nggak ‘lembab’ ngunyahnya capek dan sakit. Aku nekad makan KFC, tenggorokan Gak karuan. Tapi pas itu baru 10 harian. Dicoba2 aja sedikit2.

      • mbk… Ah jd takut ngabayaginnya stlah bc komen2 d atas ank saya br 3th tp wkt saya lihat tenggorokannya anak lidahnya udah nempel k amandel yg sebelah kanan tp dia blm ad mengeluhkan sakit tenggorokan tp amandelnya udah besar kl anak2 minimal umur brapa ya bs d operasi kita2 saya hrus konsul k dokter spesialis anak atau langsung k THT ,mohon saranya ya…

      • Hati-hati Mbak, jangan sampai pernafasannya terganggu. Kalau anak-anak, konon saya baca bisa mengecil. Tapi kalau udah nempel gitu, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter, apalagi kalau putranya sering radang.

        Anak-anak mah cepet sembuhnya, saya merintih mereka udah lari-lari.

  37. Gara2 APEC di bali alias di ND ..smua jalan di ttp ..krn g bsa kluar akhrnya makan mie rebus..hehehe 2 mgg tepat setelah oprasi…lmyn agak ssh nelen tp bsa makan juga,,hehe,,bener yaw jadi lupa sakitnya,,,ihiirr..semangat buat semuanya yg baru menjalani…thanks for u mbak ailtjie buat info nya…membantu banget low..soalnya di internet jarang ad info buat amandel..mgkn krn di anggp sepele kali yaw..padhl buat org dewasa proses nya sangat menyiksaaaa….see u next time…

      • hahaha… aq jg kena badai pasir jg gara2 helikopter parkir di lapangan lagun…pas mask mobil…krn smua kendaraan hrz parkir distuw…
        walaupun ne sdh 2 mggu msh jg agk ssh nelen yaw mbak…kaya ad yg nyangkut..blm bisa looosss klo makan..hahaha…derita nya..sippp….tq.

  38. Setelah baca komen2nya saya udah siapkan mental untuk op amandel, tp kl ke bagian susah makan sy jd takut nih mbak soalnya lg hamil muda. Mungkin baiknya sy tunda dulu ya

  39. aku juga baru op. amandel tgl 5 okt kemarin, sempat nginap 3 hari RS, St. Maria Pekanbaru tapi yg cilakanya mau operasi jam 9 malam, jam 4 sore cek darah ternyata gula darahku 476 dan terpaksa aku hrs disuntik insulin ( novorappid ) yang dimasukkan dalam infus dan setiap 1 jam di test darah dengan ujung jarum di tusuk tapi puji tuhan jam 8 malam gula darah ku 182 dan bisa dioperasi.
    Dan setelah pasca operasi aku tetap diberi infus dan insulin dan cilakanya lagi gula darah ku nga pernah dibawah 200 dan dengan sukarela dan pasrah ujung jariku setiap 1 jam sekali ditusuk. Rata2 setiap jari ( telunjuk, tengah dan manis ) ada 6 dampai 7 tusukan selama 3 hari.
    Hanya sekarang nga bisa lagi makan yg keras2 dan hangat, soalnya nelan air liur aja sakit apa lagi makan…………..hehehehehe. ( tersiksa amat ), kalau batuk aja harus seperti batuk para bangsawan ( hehehe ). Sekarang setelah 6 hari pasca operasi rasa sakit tenggorokanku masih terasa nyeri apalagi spt pengalaman mba sampai hari ke 17 maih terasa nyeri………dapatdibayangkan kapan aku boleh makan nasi padang lagi dan minum kopi aceh kegemaranku

      • aku baru operasi kemarin, aduh rasanya sakit abis operasi kalo tidur nafase dr mulut, mau ngumung susah mau makan susah apalgi minum,, kencing perih warna merah? Sama ngga mba?
        mba gmn carane biar minum air putih yg banyak, sy minum dikit saja uda ngga tahan sakitnya,,di kasih syrup ngga? Ksh infus terus?

      • Kencingku dulu nggak merah. Aku minum banyak demi sembuh, sakit sih tapi ya Gimana lagi. Terus karena makannya rewel, aku gelontor air. Konon orang nggak makan nggak papa, asal minum

      • Saya emang doyan minum air putih, biar sakit masih tetep minum air putih. Jadi ya ditahan aja. Kencing saya nggak berwarna, kalau merah gitu harus konsultasi dokter; kecuali abis makan buah naga merah ya. Cepat sembuh ya!

  40. hari ini tenggorokan ku terasa sangat sakit , mata terasa panas, kepala agak sedikit sakit .. dulu waktu umur 5th mau di angkat , tapi takut terkena alergi .. jadi disarankan diatas umur 10 th .. sekarang usia ku sudah 19th .. baiknya gimana ya ?? mohon bantuannya .. terimakasih

  41. aku jg disarankan operasi. ceritanya hari kamis badan panas, ga ke dokter cm dikira sakit biasa. setelah sembuh tetep konsumsi makanan seperti biasa termasuk yg dingin. seminggu setelahnya sakit panas lagi, tp tenggorokan ga sakit, sempat ke dokter, dicek bag mulut, tp dokternya ga bilang apa apa. setelah normal, tetep konsumsi makan dan minum seperti biasa, termasuk es (karena hobby banget minum es). seminggu lebih 2 hari kembali panas. kali ini disertai sakit saat menelan. saat periksa dokter, di cek bag mulut dan dokter bilang kalo amandel sudah parah dan harus operasi. padahal sebelumnya hampir ga pernah sakit panas dan tenggorokan. koq bisa ya langsung di vonis gitu. saat ini sedang mengupayakan untuk tidak operasi dengan salh satunya tidak minum dan makan dingin (ini sangaaat menyiksa, tanpa es seperti sayur tanpa garam hambaarr :-().. tapi karena keinginanku kuat untuk tidak operasi gapapalah tidak minum es lagi. untuk meningkatkan daya tahan tubuh, aku mengkonsumsi habatussauda yang katanya jg bs menyembuhkan berbagai penyakit termasuk amandel. Alhamdulillah, sejauh ini ada efek positif. tidur ga ngorok lagi, kemarin juga berani minum es walo sedikit. setelah ini mau coba konsumsi bunga rosella. karena dari pengalaman kakak, saat anaknya divonis harus operasi, diminumi bunga rosela selama satu bulan, saat dicek amandel sudah kempes kembali. mungkin bisa dicoba walo kondisi setiap orang berbeda. doain saya ga harus operasi ya..

  42. Wahh saya juga neh sudah masuk hari ke 2 pasca op, tenggorokan masih nyeri dikit, mam masih pake bubur, minum trus air dingin biar lukanya cpt kering, cuma badan sedikit anget, mslhnya saya kalo sakit laper mulu, tapi mw gmn lagi makan yg lembek2 doang bs nya … huhuhu

    • Makan Marie regal aja, pelan2. Saya hari kedua juga anget, berhubung masih di RS langsung dikasih obat. Laparnya menurut saya nggak kerasa, kalah sama sakit. Cepat sembuh ya. Momen kesakitan ini nanti akan hilang dari memori kok!

  43. Mbk,mo tanya donk ? Sering flu g’ sblum oprasi ,,trus pasca oprasi apa msh ttp sering flu ?? Saat ini amandel q lg gede,,tp cma yg kanan ja,,trs g’ ada bintik2 putihX jg,,trs hidung q jg sering meler,,batuk2 kecil,,pngen oprasi !! Tp apakah iya oparsi bsa g’ kambuh2 lagi amandelX,,soalX tmnQ dah oprasi tp ttp mash kambuh amandelX ,,

    • Sebelum sering flu, iya sering banget. Capek dikit langsung tepar. Sekarang Setelah operasi secapek apapun aman, TAPI begitu capek dan dekat orang flu pasti ketularan. Konon virus yang tersebar tiap kali flu beda2. Kalau udah mengganggu banget operasi aja. Saya juga males operasi sampai kemudian nggak bisa napas. Itu aja yang akhirnya bikin nyerah.

      • Kakakk sy mau tanya, sy udah hari ke 5 op..tp knapa ya tiap bangun pagi trus di buat makan bubur lunak sakit nya minta ampun sampai perih ke telinga.. normal ga ya? Terus suara sy kok bs berubah kayak bindeng gitu… suara ku jd normal lg kira” hari keberapa ya kak?

      • Oow gtu… kalo nyeri sampai di telinga hilang kira” hari kberapa kak? Aku bener” tersiksa ini…… baru nelen bubur sampai enak dan ga sakit di telinga hari keberapa kak? Bener” telinga ku kayak di tusuk jarum……… T.T

      • Iya waktu itu aku juga gitu, gak bisa makan karena sakit. Akhirnya makan Marie regal dan minum air aja. Nggak lama kok. Kalau gak tahan minta pain killer sama dokternya aja.

  44. Wah suamiku harus baca nih. soalnya dia bakal operasi akhir bulan ini. Dia sempet nanya sakit ga, efeknya gimana, soalnya aku pernah operasi. tapi duluuu pas masih kelas 3 sd dan menurutku baik2 aja (udah lupa juga sih wkwkwk). yg keinget cuma abis operasi dikasih es batu, terus minum ice cream (dengan gembira – secara msh anak2 gitu), maemnya bubur bayi (soalnya adikku masih bayi waktu itu, jadi biar ibuku ga repot, maemnya dibarengin hehe)
    Tapi kalo sampe beberapa hari suara jadi terganggu kasian juga ya, secara suami kerjanya modal suara hehe (marketing maksudnya, bukan penyanyi atau presenter 😛 )
    emang ternyata mending operasi pas masih kecil (soalnya bisa dibarengin pas libur skul). kalo udah dewasa rada susah juga pas kerja.
    Anyway thank you for sharing ya….

  45. Slm kenal mbak ailitje, thanks for sharing… sy amandel udah dari wkt kecil n takut buat ops.. tp sy sering sakit2an demam n tepar klo kecapean..setiap demam selalu radang n sy selalu konsumsi fg troches, nonflamin.. sembuh sih.. tp saat usia 26thn ini setahun udah 4x meradang n konsumsi obat2 tsb tidak lg mempan.. ada yg bilang ops amandel ga sakit n bisa kembali normal days tahan tubuhnya.. saat meradang dibln okt 13 lalu sy ga bisa ngomong, nelan ludahpun sakit, n sy menyerah biar operasi saja.. tgl 13 nov13 sy ops n setelah itu tdk bs mkn apapun setiap mkn muntah darah katanya efek anastesi.. skrg day 5 msh luar biasa sakitnyaaa…. ngomong jg ga bisa.. telinga sakit.. gigi jg sakit.. saat ini sy msh bed rest… klo saja sy baca tulisan mbak sebelum ops… mgkin sy munduur saja… ga tahan bgt nahan sakitnya… dan ga enak bgt sm org2 kantor krn seminggu lebih tdk bekerja.. semoga bs lekas sembuh seperti sedia kala.. utk by ops di rs puri cinere kamar kelas 2 dirawat 2hari 2 mlm.. 12jt rawat inap dan msh ada by2 rawat jln seperti ekg, test darah,by dokter tht, dokter internis hampir 2jt.. buat yg mau ops siapkan diri lahir batin yaa 🙂

    • Tenang, kalau sudah abis operasi nggak bakal sakit yang nggak bisa napas kok. Cuma, jangan capek juga. Saya asal capek, kurang minum, kurang tidur, sebelah ada orang bersin langsung tepar. Btw gila itu kelas 2 harganya segitu, ampun deh. Cepat sembuh ya.

  46. halo..ak op tgl 21 nov, brti ini udh jalan 6 hari pasca operasi. buat nelen masih sakit apalagi kalo bangun tidur pagi -_- masih makan bubur/nasi tim dicampur bayam+jagung manis yg dihancurkan. tapi yg bikin nyiksa ini ada sariawan di ujung lidah pas d tengah gede banget, jd pas makanan masuk itu langsung perihhh kena ujung lidah. Sis ailtjie dlu pasca operasi kena sariawan jg? krn seingetku ujung lidahku ini mlai sakit pas udh sadar dr bius, dan baru sadar klo itu sariawan stelah 2 hari stelahnya pas ngejulurin lidah kok ada sariawannya. mana ga sembuh2… trus ini ak bgung mau makan buah gimana krn kata dokter yg ngeoperasi ak itu gabole mnum jus dlu biar seratnya ga nyantol d jaitan. jadinya ak kekurangan vitamin ini 😦 ak udh byk mnum bhkan sehari bisa habis 1,5 liter + susu 3 gelas perharinya hehe.. cm sariawan nih yg ganggu 😦 normal ga ya….

    • Susu kenapa ada susu? Anak sapi udah gede nggak minum susu lagi kok manusia udah gede masih minum susu? Saya anti susu.

      Saya nggak sariawan, cuma emang ada benang di tenggorokan yang mengganggu banget.

      • Kak mau tanya aku udah 1bulan slesai op.. dibuat makan apa aja uda bs tp knapa ya tiap apa yg aq makan ga ada rasa asin,manis sama skali d tenggorokan? Jd kyk rasa tawar gt… kyk gt normal ga sih kak? Apa memang ni msh proses? Nanti bs kembali ga kak?

      • maaf mbak saya mau tanya
        tu di operasi nya d dalam mulut tpi dengan keadaan tidak sadar. soal nya amandel saya sudah membesar kanan kiri kata dokter harus cepet2 d buang klo gag berbahaya bisa2 meninggal .
        bener gag tu mbak?

      • Operasinya mulut dibuka, tapi nggak akan nyadar kok. Aku juga tahu gimana Operasinya setelah google (saranku jangan google sebelum operasi!!).

        Meninggal? Udah infeksi banget ya? Atau mengganggu saluran pernafasan? Kalau ga bisa nafas emang ganggu banget.

    • aku dulu nggak sariawan; tapi ini abis DBD mulut penuh sariawan juga. Jadi beda orang beda kasus kayaknya. Cepet sembuh ya, minum air putih aja yang banyak gak usah minum susu. Ingatlah anak sapi udah gede juga gak minum susu.

  47. Beruntung banget saya bsa nemuin blog mbak ailtje nih…. saya baru operasi tonsilektomi 28 Nov di RS Advent Bdg, jadi hari ini 6 hari pasca operasi. Namun hingga hari ini saya masih sakit makan & minum sampe telinga jg kepala ikut2an nyeri. Tadinya saya khawatir ada infeksi / pendarahan karna ga ada perobahan sjk dioperasi, hmmm… setelah baca tulisan temen2 smua jadi paham kondisi ini masi wajar. Terima kasih atas informasi & sharingnya di blog mbak ailtje. Oya mbak, dokter saya ngelarang makan es krim n minum aer es setelah operasi, klookter mbak nyaranin makan es krim ga?

    • saya nggak bisa makan ice cream karena intoleran dengan laktosa. Tapi nyoba minum air dingin itu telinga langsung cenut-cenut parah. Jadi nggak mau makan yang dingin-dingin. Ternyata emang kalau makan dingin bisa ngefek ke telinga.

      Cepet sembuh ya, abis itu lupa kok rasa sakitnya. Dijaga kesehatannya jangan deket2 orang flu, karena kalau lagi nggak fit deket2 orang flu langsung ketularan.

      • Slm kenal mbk ailtje,ak udah dr sd kna amandel skrg udah umur 21 ,haha lama bged ya,,skrg °ϋ∂αђ° mkin parah kyaknya soalnya sring sakit,ak ♏ªªü°º operasi tapi takut soalnya ak alergi obat ada pnykit asma juga trus alergi makanan,smnjak kna amandel brbagai macam pnyakit dteng,paling parah ya kalo amandel kumat psti asma juga,gmana ya ak tkut mbak takut operasi entar fisik ak kan lemah bged,tp °ϋ∂αђ° gak tahan sakit2tan terus,,ada alternatif lain gak ya selain operasi?please donk bantuin aku,,

      • Tak ada jalan lain selain operasi. Tanyakan pada dokter aja kalau udah gede biar dokter yang putuskan. Tapi saranku operasi aja, biar nggak rajin sakit. Aku setelah operasi mendingan kok, asal ga capek dan dekat orang flu aja. Semangat, operasi nggak menyeramkan kok!

  48. haduh mbaakk….sama banget kaya yang aku rasain sekarang ini…ini hari ke 6 ku setelah operasi amandel…tapi masa pemulihanku kok ga secepat mbak ya yg di hari k 6 udah bisa makan…
    tenggorokkanku masih periihh bgt kalo efek obat penghilang rasa sakitnya uda ilang sakitnya menjalar k telinga gigi gusi…jadinya di hari.ke 6 ini aku masih makan bubur encer…air bubur nya doank…sama mari regal..alhasil program diet ini cukup berhasil tapi begitu menyiksa. terus mbak..tanda tanda mau mendekati sembuh itu gimana ya?perasaan aku masih suka sakiiittttt bgt kalo bangun tidur sama menjelang malam..sampe nangis nangis aku. terus kalo tidur juga mau nyamping tuh sakit mbakk..padahal hari ke 3 stelah operasi agak.membaik…huh..skrg aja aku kesakitan. badan lemes pulaa..

    • Mbak, kalau di RS THT Ciranjang kita emang sangat disarankan untuk makan, walaupun sakit. Soalnya ketika mengunyah ototnya bekerja untuk penyembuhan. Jadi sebaiknya jangan makan bubur.

      Aku nggak ingat gimana tanda2 kesembuhan, tapi emang prosesnya lama. Dinikmati aja mbak, karena nanti bakalan lupa kalau pernah kesakitan.

      • waktu di rs susternya selalu nyuruh buat maksain makan. tapi sakit bgt…kemaren aku udah coba bubur nasi sama ati..tapi ga bertahan karena sakit banget. kalo lagi ngga kesakitan, aku bertekad buat g makan bubur encer lagi..tapi pas tiba waktunya makan dan saat tenggorokkanku mulai ngilu, aku ga jadi makan bubur nasi nya mgkin berhubung aku juga orangnya ga sabaran.. tapi kalo itu emang baik buat penyembuhan, aku bakal paksain. makasi ya mbak

  49. Mba, saya mau tanya, bekas operasinya itu di jahit? Setelah itu berapa lama jahitannya di lepas? Saya mau operasi tanggal 30 desember besok mba. Terimakasih

    • Jahitan Nggak dilepas, dia jahit yang ditanam itu (Kayaknya). Tapi nanti ada benang sisa jahitan yang menggelitik tenggorokan. Nanti lepas sendiri kok. Good luck ya, semoga lancar dan cepat sembuh.

  50. @ailtje:
    wahh makasih kK info’nya. gue juga minggu depan mau rencana op amandel.
    jadi gini saya sering flu sejak lama (waktu SMP), skrg sudah kuliah. periksa di THT, takut’nya udah sampe sinusitis atau polip. tapi di cek cuma alergi doang.
    dokter liat ada’nya amandel.
    yg saya mau tanyakan: setelah op amandel apakah flu” jadi berkurang yaaaa? thx

    • Tergantung daya tubuh. Kalau badan nggak fit, deket2 yang flu ya bakal ketularan. Cuma bedanya dulu flu itu nyiksa banget sampai bikin nggak bisa napas. Sekarang flu lebih manusiawi.

      Semoga lancar operasinya dan cepet sembuh.

  51. Hallo mba,
    Saya lg menimbang2 utk operasi amandel nih. Radang amandel itu udh jdi penyakit langganan saya tiap bln slama btahun2. Tp baru bbrp bln ini saya ngeh, ternyata amandel saya udh bolong2 dan dinding tenggorokan banyak bisul kecil2.. Saya bnr2 takut ngliatnya.. Pas cek ke THT, katanya amandel saya udh kronis & disarankan utk operasi.. Skrg leher & tenggorokan saya makin ga nyaman, rasanya sperti dicekek, saya jg jdi agak sulit bernafas.. Buat tmn2, ada yg bs bantu ksh rekomendasi RS di Jakarta yg bagus & ga terlalu mahal utk operasi amandel?? Kira2 brp dana yg harus saya siapkan…. Duh, jdi deg2an saya… Trims yaaa….

    • Wah dari yang saya baca kalau sudah ada bintik putih emang sebaiknya dioperasi. RS Ciranjang mungkin sudah naik, tapi kisarannya 15-20 juta, itu dengan dokter Bono ya. Kalau sama Professor yang terkenal itu pasti lebih mahal. Kamar juga yang biasa, dua malam. Kalau saya gak salah ada yang pernah komentar di RS di daerah Cinere habis 20an juga. Cepat sembuh dan semoga operasinya lancar ya.

  52. Siang,sy hanya ingin sharing update sy operasi amandel/tonsilektomi.
    Semenjak 3 tahun terakhir setiap tahunnya minimal 2-3x sy sakit tenggorokan,menelan sakit,merembet ke meriang,panas dingin dan pusing krn amandel sy radang.

    Dengan dasar ini sy memutuskan operasi amandel drpd sy harus minum antibiotik terus-menerus.
    Sy operasi di RS PURI INDAH jakarta barat,dengan total biaya akhir 23jt an,untuk detailnya sambil sy sharing ya.

    PRA Operasi:
    Sama dgn sharing yg ada,y operasi tanggal 9 JAN 2014, pada tgl 5 Jan sy diharuskan Rontgen Paru-paru/Thorax,kaitannya utk melihat paru2 kita apakah aman untuk dapat dibius pada saat operasi,lalu cek darah.
    Tgl 8 siang,setelah hasil check diatas dianggap bisa utk operasi,tgl 8 malam sy rawat inap dan harus puasa min 6 jam sebelum operasi.
    Tanggal 9 jan 2014 jam 8 pagi sy dibawa keruang operasi,sebelumnya dipasang selang infus,krn sy tidak boleh makan minum dr malamnya. Setelah dipersiapkan,disuntik obat bius total dan dalam hitunga 5 dtk langsung sy tidur dan bangun2 sudah di ruang pemulihan dengan rasa sedikit aneh di tenggorokan.

    POST/SETELAH OPERASI
    Benar dgn cerita2 yg ada,sy benar2 sadar jam 12 siang di kamar inap,tersedia 1 cup ice cream dan segelas Es Teh manis.
    Krn belum minum n mkan dr malam,langsung sy pindahkan ke perut isi gelas dan ice creamnya,pd saat itu krn msh dlam pengaruh obat bius belum terasa skt ditenggorokannya…tetapi setelah sore harinya mulailah terasa setiap menelan ludah saja dibutuhkan perjuangan,he2..krn intinya ada bag tubuh yg terpotong pasti bengkak,nah…di RS ini,sebelum sy operasi sy sudah bilang kpd dokternya agar dikasih obat penahan sakit yang bagus,sebagai info sy dicover total semua biaya oleh asuransi,atas dasar ini sy minta obat yg terbaik dan paten.diberilah sehari 3x obat penahan sakit & anti infeksi dalam bentuk cairan lalu disuntikkan lewat selang infus sambil terus diberikan cairan infus krn sy makan hanya sedikit sekali.obat tersebut lumayan manjur krn sktnya cukup reda dan ketika menelan tidak skt,langsung sy minum sebanyak-banyak nya.obat ini bertahan 8 jam.
    Tgl 10 jan,atau besoknya,pagi nya msh sama sy diberi sarapan bubur sum2,es krim+es teh manis.
    Pada dasarnya sy sudah diperbolehkan plg,tp sy pikir2 nelan msh skt,drmh makanan belum tentu terjaga,lalu obat hrs berbentuk tablet dan khasiatnya tidak sehebat obat cair,serta tidak ada cairan infus,sedangkan asupan gizi kita bisa berkurang krn belum bisa makan normal,atas faktor2 ini sy akhirnya lanjut rawat inap sampai dengan tgl 12 jan hari minggu siang baru pulang,he2.
    Nah,sy mau sharing,ada 1 obat cina yg sangat terkenal bila kita setelah operasi yg memang sudah menjadi budaya,namanya PIEN TZE HUANG,silahkan dicari infonya dan sy bukan promosi,berbagi cerita.
    Obat ini sangat terkenal,tp sayang harganya ajegile…Rp.700.000 untuk 6x makan,untuk 2 hari saja. Obat ini sangat ampuh utk mempercepat kering bekas operasi dan menangkal kuman serta mendetoxsifikasi tubuh post operasi.

    HARI ke 5 post OP
    Sy sudah memberanikan makan nasi lunak+sayur kembang tahu+ayam suwir.
    Roti2 yg empuk dicelup susu dingin,puding,sosis direbus bersama sayur adalah menu s/d hr ke 8,serta makanan sedikit hangat jg sy telan.

    HARI ke 9,sy sudah mulai makan bihun kuah,mie pangsit,soto ayam,KFC,mekdonal.he2..dgn kondisi jgn panas tp hangat.
    Aktivitas kerja jg sudah sy lakukan.
    Dan jg krn sy perokok berat,sy sudah mulai colong2 1-2 batang per hari,he2,abis ga tahan.

    Skrg Hari ke 14 sy sudah makan lbh normal lagi.

    Sebagai info,sy diresepkan obat anti nyeri/penahan sakit CATAFLAM 200 D(fast),khasiatnya sangat ampuh.ketika minum,10 menit kemudian sktnya lsg hilang,lalu utk antibiotik utk pemulihan obat patent Cespan 200.kedua obat ini sy minum dr keluar RS sampai dengan hari ke 12 post OP.
    Hanya kopi yg sy belum berani minum per hari ini.

    Biaya total 22jtan,
    rawat inap 4 mlm @550rb/mlm,kelas 1
    tindakan OP 10jt-metode radio frekuensi
    Biaya anastesi/bius 2jt
    Rontgen paru2+cek darah 1jt
    Obat2an,cairan infus,peralatan pra+post OP 4-5jt, sisanya sy agak lupa.

    Untuk efek setelah amandel diangkat memang masih terjadi kontroversi,menurut dokter ada pasti tidak apa2,tp ada yg bilang daya tahan menurun,tp ada yg blg justru lbh sehat,pencernaan lbh baik.oksigen mengalir lbh lancar utk ke otak.
    Sy hanya lebih ke arah biar tidak skt radang tenggorokan berulang-ulang

    Terimakasih

  53. Halo mba,
    Saya baru menjalani operasi amandel, sekarang uda 6 hari pasca operasi.
    Hari ke-5 Pasca operasi saya sudah bisa berbicara seperti biasa walaupun suaranya agak beda, hehe.. makan juga uda bisa nelen ga sakit.
    Tapi harike-6 pasca operasi tiba-tiba telinga kanan saya sakit banget dan tenggorokan sakit, kalo makan sakit banget.. ditambah lagi saya kena flu :(.
    Bagaimana menurut mba sebaiknya,..
    Thanks 🙂

  54. Ini hari ke 2 pasca operasi. Mulut emg masih kaku ya? Untuk ngunyah sakitnya minta ampun. Bosen makan bubur sama es terus, saran makanan lainnya apa dong? Ini juga msh harus minum obat tablet sampe habis, aduuhh

  55. Wahh mbak makasih. Infonya bermanfaat banget. Komentnya jg aku baca semua..
    Aku jug habis operasi tanggal 4 maret kemaren. Tanggal 5 udah boleh pulang. Masa habis operasi sampai sekarang emang masih terasa ngilu di telinga n terganggu gara2 tenggorokan. Tp aku tetep paksain . Awal di saranin makan ice cream. Lah aku ga suka es cream apa lg vanila. Bikin mual. Ya aku cuma minum air putih tp terkadang minum es teh hehehe..
    Skrng ngilu udah mendingan kok. Ya masih ada . Tanggal 6 aku coba paksain makan buah alpukat di haluskan tp gak terlalu halus trus di kasih gula. Lumayan buat ngunyah. Trus sorenya aku minta nenek cariin kuah baso. Eh aku coba ambil nasi trus d remet dikit n aku kasih kuah + q pentol hehehe yaaa bisa makan deh hehehehe.. tp ya gitu lama bgt makannya. Bosen bubur. Iseng si ibu ku beli sate. Ya aku ambik 1 tusuk. Makannya duhhhh 1jam sndri.. tp udh mendingan lah sebelah kanan udh ga ngilu. Pas liat artikel ini ehhh paling cepet 2 minggu ya pemulihannya ?? Ga sabar dehh.. hehehe. Mohon doanya ya

  56. Mau tanya kakak-kakak.
    Abis operasi langsung bisa sikat gigi ya? Atau berapa hari setelah operasi?
    Kalo iya, gimana cara sikat gigi nya?
    Soalnya saya ga bisa sikat gigi, mulut masih kaku banget, sakit kalo dibuka, terus sensitif kalo ada odol pasti bawaannya mau batuk terus ngeludah.. Padahal ini udah hari ke 5 pasca operasi, apa ini wajar? Tolong di bantu ya kakak-kakak:’)

    • Seingatku aku sikat gigi dengan pasta sedikit dan hanya bagian depan yang terikat. Giginya aku bersihkan pakai floss. Makannya ga banyak juga, jadi asumsiku kotoran gigi juga ga banyak. Cepet sembuh ya.

      • Aminnnn yaallah.. Makasih ya kak.
        Terus setelah berapa hari pasca operasi bisa benar-benar sikat gigi normal?
        Kalo ga bisa sikat gigi kayagini takutnya ntar malah sakit gigi, kan makannya roti2an sama es terus. Ada rasa ga nyaman juga di mulut.
        Terus kulit bibirku ngelupas semua, kering, apa ini garagara alat penyangga mulut pas operasi?

      • Aku ga ingat persisnya tapi agak lama karena rahang susah dibuka. Coba kumur pakai listerine atau sikat gigi pakai sikat gigi bayi.

        Bibir ngelupas kurang minum aja kali

  57. wah mengerikan bgt ngebayanginnya…klo aq wktu kelas 6 sd dibawa kepengobatan alternatif daerah bandung. cuma di cabut pake jari telunjuk tangan kanan,alhasil dua amande langsung ditaro ke ember dan saya langsung disuruh minum es. pulangnya dikasih daun teh beberapa bungkus biar cepet sembuh…jadi gak ada masalah apa2 klo ketawa dan lainnya normal aja…

  58. Mau tanya dong sm yg udah diangkat amandelnya, aku skrg lg radang amandelnya nih, penuh nanah, bentuk amandelnya jg jadi kaya berjerawat bernanah2 gitu. Para senior2 sebelum di operasi amandelnya begitu ngga? Ini amandelnya yg kanan nutup setengah tenggorokan, yg kiri jendol dikit tp bernanah juga. Menurut para senior ini perlu diangkat juga ga sih amandelnya?
    makasih

  59. Hari pertama aku sadar radang sih dia kaya sariawan2 gitu, sekarang ada yg gumpal diameter sekitar 1 cm gt nanahnya. Td dokternya cuma bilang harus kontrol lagi, apa biar aku ga ketakutan yaa. Hahaha. Mbak, klo bikin sesek gitu berarti gedenya lebih dr setengah tenggorokan dong yaa? Aku gatau ini bikin sesek apa ngga krna aku juga pilek. Hahaha

  60. Ini hari ke 11 pasca operasi, baru kefikiran mau liat bekas operasinya. Sekali buka mulut kok liat letak anak lidah miring ke kiri, tidak tepat ditengah lagi letaknya. Itu kenapa ya? Ada pengaruh ga nantinya sama saya? Terus saya harus bagaimana? Soalnya udah ga kontrol lagi ke dokter.

  61. aku baru mau operasi amandel pas liburan nanti, tp kok jd takut bangun” sakit begitu, itu golongan sakitnya masih bisa ditahan apa gmn ka? aduh ngeri

    • Jangan cemas, sakitnya nggak seberapa kok, masih bisa ditahan.kalau kata suster, jangan kalah sama adik kecil di kamar sebelah. Kalau sudah sembuh nikmat bener, jarang radang tenggorokan. Cepet sembuh ya!

  62. Saya menderita amandel sdh lama sekali ,saya mau tanya sblm operasi amandel,pas amandelnya bsr mba ailtje merasakan bau mulut yg parah gk?

  63. halo, salam kenal
    aku lagi cari info tentang tonsilectomi ketemu blog ini
    mba, brp hari pasca ops baru di bolehin pulang? Apa iya sampe susah ngomong gt?
    trs masih ada keluhan ga pasca ops?
    aku sejak setahun yg lalu disuruh dokter THT buat dia angkat aja mandelnya
    tapi aku takut, aku jaga makan trs rajin minum madu, sempat jarang kumat si amandelku ini,
    tapi skrg kumat lebih menyiksa dari biasanya, kepikiran buat operasi aja, dari pada keseringan mnum anti biotik ga bagus juga kan ya…

  64. saya usia 32 th, kmren baru opr amandel sekarang hari ke dua udah mendingan ga terlalu sakit karena emng banyakin minum air putih, terimakasih mbak saranya

  65. saya habis operasi amandel , ini hari ke 8 . tapi dari awal setelah operasi saya batuk-batuk melulu dan tidak pernah berhenti dan sampai sekarang saya tidak pernah merasakan lapar .

      • Mba salam kenal…hr ini saya hr ke 2 pasca op amandel…mau tanya saya jd agak susah napas krn seperti ada riak d tenggorokannya…apa itu wajar ya mba?mksih

      • Mbak Eka, kayak ada yang nyangkut di tenggorokan tapi bukan dahak kan? Aku dulu juga begitu, karena benang yang buat jahit. Tapi kalau mengganggu banget coba ke dokternya lagi minta di cek, siapa tahu dahak beneran. Cepet sembuh ya.

      • Iy mba…trus sampe hr ini aq tidur musti diganjal 2 sampe 3 bantal krn klo telentang/pake 1 bantal aja kyakna leher kecekek gtu…apa dulu mba sama? sm ini kdng sk batuk krn geli d lehernya…

  66. Malam, saya mau tanya ini hari ke-8 setelah operasi , sampai sekarang saya belum makan nasi soalnya masih sakit banget , minum aja masih sakit sampai sekarang, gimana ya biar ga sakit? terus makanan apa yg bisa dikonsumsi? normal ga kalo hari ke-8 masih sakit seperti ini, saya setiap bangun tidur sakit dan sampai nangis , tolong dijawab ya, terima kasih

    • Mbak, nggak minta pain killer ya sama dokter? Aku hari sepuluh makan ayam juga sakit kok. Makan Marie regal aja, atau nasi yang agak lembek sama abon. Tapi sebenernya harus dipaksa untuk ngunyah, biarpun sakit, biar cepet sembuh.

  67. engga, ga ngerti soalnya, obat yg dikasih dokter aja yg saya minum, oh gitu ya besok aku coba deh mbak, tadi kan aku coba minum obat tablet langsung telen ga ditumbuk lagi, eh malah kaya’ nyangkut gitu obatnya 😦

    • iya, obatnya harus di tumbuk, tapi bakalan pahit banget itu Mbak.

      Aku dulu suka buka mulut dan bilang a, i, u, e, o sendiri biar area tenggorokan bergerak dan terlatih.

      Cepet sembuh ya.

  68. Saya barusan operasi 4 hari yang lalu, tenggorokan rasaya masih sakit. Buat nelen sakit. Padahal waktu anak-anak saya operasi (2 orang) sehari setelah operasi sudah sembuh seperti tidak tidak pernah operasi. Terinspirasi oleh anak2 saya maka saya ikut operasi karena amandel sudah besar, sering pilek dan radang, tapi ternya beda dengan anak2 saya sudah 4 hari ini belum sembuh. Biaya total habis 11 jutaan di RS Telogorejo Semarang, padahal cuma di kamar kelas 2 perharinya 300 ribu

  69. selamat malam semua? salam kenal. saya (25) udah jln ke hari 9 pas operasi.
    buat teman” jgn takut masalah biaya! kalian bisa pake BPJS ambil kelas 1 aja syaratx foto 3×4 1 lembar. foto e-ktp 1 lembar. kartu keluarga 1 lembar. klau kurang paham bisa tanya bagian informasix. semoga berguna yah?

  70. selamat siang. hari ke 10 nih. udah berkurang . tp masih makan bubur telur rebus, es cream tiap hari wkwkw. saya di banjarmasin. makasih

  71. wkwkwk blh lah ayam goreng, btw kapan yah bisa olah vocal lg saya? suara udah mulai lancar. aman ga kira” ambil nada tinggi?

  72. Sambil nunggu anak habis di operasi amandel, buka google ternyata Di google jadi halaman pertama untuk operasi amandel 🙂 terima kasih infonya ya, sangat bermanfaat

    Heldi.net

  73. Terima kasih postingannnya, sambil nunggu anak ops amandel coba googling dapat tulisan ini di halaman 1, salam kenal dari orang cianjur juga 🙂
    Heldi.net

  74. sekarang aku tepat 7 hari setelah pasca operasi amandel.
    nyeri nya minta ampun 😦
    normal kan masih hari ke 7 tenggorokan nyeri & serasa masih ada yang mengganjal ?
    makan apa ya yg sekiranya gak sakit dan membuat perut kenyang ?
    biasanya berapa minggu suara bener2 balik ?

  75. mas mau tanya, ini udah 8 hari saya pasca operasi amandel.
    2 kali saya mengalami pendarahan di tenggorkan. di hari ke 6 dan hari ke 8.
    – di hari ke 6 pendarahan gara-gara makan nasi di hari ke 5 (coba-coba. hehe)
    – di hari ke 8 pendarahan gara-gara gosok gigi terlalu kasar.
    itu normal gak sih sering ada darahnya gitu ? 😦
    terus aku lihat tenggorokan ada benjolan daging. itu benjolan bengkak atau apa ya ? 😦

      • Hy… aku ud hr ke 9 pasca op amandel nih…
        Sampe kmren aku msh g bs tdur nyenyak.. sakit ny op amandel aku bner2 g kuat… dr op rabu kmren tgl 18 smp skrg nafsu makan emg ga da sama sekali sampe BB aku turun 5 kg. Lemes bgt… gimana gak.. g bs makan, nelen susah (skalipun air ludah), d tambah sama makanan yg monoton.. bubur bayii terus..pdhl umur aku ud 22thn…
        Aku op di RS THT Proklamasi oleh Dr. Naswanto… aku 1x op 4 tindakan skaligus yaitu amandel, sinus, polip dan tulang hidung yg bengkok…
        Jadi yah komplit bgt.. makan susah.. nafas susah…..
        Oiya.. aku mo nanya nih.. aku lg ngidam KFC… kan ud mau hr ke 10. Kira2 boleh ga yah makan KFC? Pengen bgt soalnya….
        Aku sih ud bs makan nasi, sayur2 yg d rebus, telor rebus… tapi y gtu… lamaa skali ngunyahnya… sampe bner bner halusss sekali…
        saya jg ssh ngomong… skrg ngmg ny ky org gagu, alias gak jelas.. sampe kapan ya bgtu?
        Yg pling kesiksa ntu pas kluar dr RS.. krna ga ada pain killer.. jd sakit ny bner2 terasa… sakit ny brasa di tusuk2 banyak jarum….
        Luka sekitar amandel jg ada putih2 ny… kira2 kapan balik normal lg yah?
        Mohon bantuannya… dadah…
        Dan salam kenal… btw aku ud hampir 2 minggu g msk kantor…
        Pusing.. sakit ny msh brasa.. ampe telinga.. palg sinus aku nihhh… msh campur darah ingus ny… blm d bersihin ma dokter nya… rencna minggu mau konsul…..

      • Minta ponstan aja sama dokternya, itu pain killer, tapi nelen pilnya juga susah. Jangan dulu deh mbak, aku sempet makan kfc dan rasanya nyiksa banget, apalagi gorengan.

        Kalau suara jadi kayak gagu, harus belajar terus, biar cepet normal.

        Cepet sembuh ya!

  76. Aku br 2 hari pasca operasi ….
    Astaga ,,
    Sakittt bgt rasanya tenggorokan ..
    Mkn,minum,ngomong sulit sekali ..
    Mkn bubur 2 hari,minum air es sama mkn es krim gaa bsa banyak, minum obatpun rasanya tenggorokan kaya luka disiram air garam ..

  77. Salam kenaall yaa akuu nisa..
    Kisah mb ailtje hampir sama ky aku , sblm operasi kmrn aq smpt baca commet ini smua. Smpe akhr’a aq berani…
    Aq pnya amandel dr SD tpi gaa ganggu dulu cm sering radang,demam,sm jantung berdebar2nya kenceng bgt .
    Kmrn aku operasi tgl 26 juni 2014 , tgl 25 pagi aq puasa dr jam 4 smpe jam 12 pas jam 12 aq dibawa ke ruang operasi,operasi dr jam stgh 1 smpe jam stgh 2 , tpi aq sadar jam stgh 3 ..
    Alhasil aq blm bisa minum ataupun mkn apapun pas hbs operasi..
    Skrg hri ke 2 , di saranin mkn ice cream trus sm dokter .
    Tp mual jg klo kebanyakan ,,
    Pngn cpt2 mkn bkso lagii , hhheee .
    Thx bgt mba

      • Iya mba …
        Skrg lagi sakit2 nya emang ,,
        Tpi klo udah dua minggu mkn bkso pake sambel gtu gpp mba ??
        Soal’a aq doyan bgt pedes ..

  78. haaai aku udah hari ke-10 niiih pasca oprasi amandel
    hari ke 9 aku pendarahan hebat, banyak banget garagara maksa makan pisang goreng coklat (piscok)
    waaaaah sempet panik tapi aku minum air es terus akhirnya berenti Alhamdulillah
    hari ke -10 tepat hari ini udah belajar makan nasi biasa sama perkedel sama sop, sakit sih tapi udah capek makan bubur doang
    dari hari ke 1-9 aku cuma minum susu, setiap hari abis 2-3 kotak biasa dan alhadil aku lost 4kg hehe
    jangan takut buat oprasi
    dari pada nanti amandelnya bernanah trs malah jadi ganggu sistem tubuh yang lain
    semangaaaaat:D

    • Aku ketawa keras gara-gara piscoknya. Itu serpihan piscok kalau nyenggol kan sakit, udah gitu gorengan pula.

      Setuju, mendingan operasi dan dibuang daripada jadi sumber penyakit. Cepet sembuh ya!

  79. ya mba …
    Skrg lagi sakit2 nya emang ,,
    Tpi klo udah dua minggu mkn bkso pake sambel gtu gpp mba ??
    Soal’a aq doyan bgt pedes…..

      • Hhheee …mba ailtje,,
        Udah hari ke 5 pasca operasi nii aku ,
        Alhmdulillah udah baikkan udh bisa mkn nasi tp msh lama bnget ..
        Sayur2 jg harus yg berkuah..suara aq jg udh berangsur2 normal gaa kaya orang gagu lagi..
        Udh hampir lupa rasa sakit H+1 smpe H+4.
        Bener deh rekomen buat yg punya amandel Ūϑåћ besar mnding di operasi ajaa …indah bgt loh udahan’a…
        Mb ailtje thx bgt yaa share’a bantu bgt

      • Mb ailtje ..
        Aku udahh sembuhh ,,,
        Yeeee sudah 2 minggu pasca opersi dan aku sudah bisa bernafas lega sekarang ,,
        Ūϑåћ makann bkso lgi ,makann semuahh’a yg gaa bisa di mkn kmrn pas sakit ..
        Tpi kmrn pas skit berat bdan aq turun 10 kilo loh ,, ehmmm amazing toh?…..

      • Wah syukurlah. Turunnya banyak banget ya. Btw, jangan deket2 sama orang yang batuk atau pilek ya, kadang mudah ketularan. Kalau sudah mulai sakit tenggorokan, aku biasanya boost kondisi pakai vitamin C.

      • Mb ailtje ..
        Aku udahh sembuhh ,,,
        Yeeee sudah 2 minggu pasca opersi dan aku sudah bisa bernafas lega sekarang ,,
        Ūϑåћ makann bkso lgi ,makann semuahh’a yg gaa bisa di mkn kmrn pas sakit ..
        Tidurr gaa ngorok lagii,nafas gaa sesak lagii .
        Wahhh enak’a hidup tanpa penyakit amandel…
        Tpi kmrn pas skit berat bdan aq turun 10 kilo loh ,, ehmmm amazing toh?…..

  80. halo kak,, aku udh 8 hari nih,, tapi masih blm bisa makan nasi..
    nunggu jaitannya semua kebuka,apalagi tadi tiba tiba jaitannya ngebuka 1 dan keluar darah.. hmm agak ngilu juga,tapi aku langsung ngambil es krim deh..
    Aku di operasi di RS Santo Borromeus Bandung,dokternya baik..
    Aku gk berani makan apa apa,tapi kadang aku bandel hehe..
    wajarlah masih 14 thn,jadi sedikit bandel..
    hari ke 5 pasca oprasi aku makan tahu sumedang haha,,emg gk boleh,tapi aku pengen. Yaudah di makan lah 2-3 tahu sumedang sama 1 sosis goreng..
    hari ke 7 pasca oprasi aku makan bala-bala,hmmm enak banget meskipun agak sakit ditambah makan martabak manis + soto buatan nenek.. beuh itu mah mantep tapi sakitnyaa minta ampun deh.. sekarang udh hari ke 8 malah makan keripik kentang xD emg gk boleh kan? tp gmn,kalo pengen yang gimana lagi ya.. Jadinya blm puasa deh -_-., semoga aja cepet pulih,, soalnya kegiatan sekolah padet *org sibuk ceritanya*..
    Kalo aku sih makan apa aja yang empuk meskipun dilarang hehe.. tapi ini jangan di conto ya teman teman ^^
    Semoga bisa sembuh total di minggu minggu sekarang.. do’ain ya kakak kakak semua
    sharring sedikit gpp yakan kak..

  81. aku baru beres diop amandel nih tgl 3 kemarin di R.s Immanuel Bandung. rasanya sakit banget nelan ludah pun gabisa. aku umur 18thn. apakah makan sayur bihun dengan wortel verbahaya? karna saya bosen harus makan bubur terus:’(

  82. kenapa gaboleh makan atau minum yang hangat2? udah kangen banget nih pengen makan yang pedes2 sama makan baso kira2 udah 1minggu diOp boleh makan baso? hehe nakal:-D iyaa makasih yaa.. bagus nih infonya;;)

      • Hari ini jadi hari ke-6 saya pasca ops amandel, sekarang kalo nelan masih rada sakit dan kalo kepala saya nunduk tenggorokan kaya ditekan, pas saya cek lidah saya warnanya putih dan produksi ludah pun masih banyak bahkan cenderung ada dahaknya. Apakah waktu itu mba ngerasain kaya gini juga?

  83. Hehehe.. apa yg ditulis.. sama persis apa yg aku rasain.. kata org ga sakit.. klo mw cepet smbuh banyakin minum es krim.. boro2 minum es krim, nelen ludah aja susah.. step by step coba utk blajar makan.. dan akhirnya bisa makan smwnya.. pernah suatu saat terkena spt radang ditenggorokan.. stlh di cek kondisi peradangan normal.. stlh luka sembuh total, alhamdulilah skrg jarang sakit radang tenggorokan yg menyebalkan..

  84. Halo kak, umur aku 19th. Barusan aja aku selesai operasi amandel. Awalnya agak takut tp karena ini tenggorokan nyiksa trs akhirnya aku mau operasi aja. Pas baru bgt selesai operasi tenggorokanku sakit bgt dan perih buat nelen…sampe nangis gara2 gabisa ngmg banyak jg. Kalo kondisi kyk gini kira2 kembali normalnya kapan ya kak? Oya btw aku blm minum apapun setelah operasi

  85. saya br 5hr yll post ops. tp smpe skrg lidah sy msh ksemutan efek anastesi & mulut juga gak bs buka cuma bs buka sktr 1-2 cm aja.. normal gak ya, kpn efek anastesi itu hlg ?

  86. waah bermanfaat banget nih cerita sama info nya makasih yaa 😀 kebetulan saya juga mau operasi amandel, amandel saya parah banget, dalam 1,5 bulan saja saya radang amandel sampe 6 kali-_- sekalinya radang nyiksa banget, demam, pusing, panas dingin, sakit nelen sampe sakit persendian sama otot. tapi saya masih takut sebenarnya, berbagai cara alami saya tempuh tapi engga sembuh sembuh, sekalinya sembuh paling cuman beberapa hari, makan gorangan, pedas, terpampau panas atau dingin, sampe yang gurih gurih saja langsung kambuh.

  87. saya jg baru Oprasi tggl 11 Agustus kemarin. umur saya 31 thn, sbnrnya udh lama ngerasa keanehan di seputar pernafasan tenggorkan dan hidung bahkan sampe paru2 sejak thn 2001, dan makin hari bertambah parah, sempat divonis TBC krna banyak dahak dan ingus, sempat divonis Sinusitis, sempat pengobatan alternatif, gurah, bahkan pernah batuk2 darah sampai sekitar setengah gayung gara2 minum obat cina yg panas. dan jg bnyk rumah sakit udh saya masukin dan katanya alergi dll yg bikin dahak, ingus dan berat/sempit nafasnya. bahkan 2 thn terakhir suntik imunoterapi, buat ningkatan kekebalan tubuh supaya gak gampang alergi.

    ane stres berat gan bertahun2, sampe berhenti kerja di kantor, badan gampang sakit, susah nafas, lemas, susah tdr setiap hari, ga bisa minum es, kena polusi dan debu. pokoknya penyakitan gara2 ingus/dahak dan susah nafas.

    akhirnya Tuhan masih syg sama ane mgkn gan, ane dikasih tau Rumah Sakit Bedah Prof Dr. Nizar, nah baru kali ini dokter bilang ane amandelnya udh kronis dan besar. akhirnya ane beraniin diri oprasi, dan sempat kepikiran apa umur ane sampe sini, krn takut gan dibius, lah wong tdr biasa aja kadang suka deg2an dada krna susah nafas, apalagi dibius ntar gak bangun2 lg hehehe.

    tp ternyata setelah tes darah dll, ane diinfus disuntik anti alergi jg melalui infus. abis itu hirup asap bius eh tdr deh walau bbrpa menit seblmnya sempat nolak badan ane krna agak sesak. trus tiba2 semenit kemudian bangun nich tenggorkan berasa ada bara api didalamnya, luara biasa panas gan.

    hari ke1,2,3 dan 4 cuma bisa minum aja itupun dikit makan bubur sum2 dan regal cuma 5-6 sendok teh tiap hari hari, hari ke 5,6 udh bisa makan bubur(tanpa bumbu2 apa2 gan krna takur menyegat, sedihnya hehe), hari ke 7 skrg udh mulai makan bubur campur irisan bawang merah, bombay dan suir2 ayam yg sdh direbus + kuning telur rebus. tp masih perih, tp untungnya batuk darah mulai berkurang dibanding hari sebelumnya krn obat pembeku darah.

    ni hari mau cek up lg.
    obat2 yg ane konsumsi hari 1 s/d 5 Sanmo & Cefadroxil
    hari ke 6 s/d 7 Sporetik dan Pondex + obat batuk + obat pembeku darah supaya kl terpaksa batuk gak berdarah.

    skrg setelah oprasi manfaat pertama yg saya rasakan yaitu nafas saya lebih plong(baik di tenggorkan maupun hidung), dan hidung sdh sangat berkurang mampetnya(semoga setelah sembuh total semua itu bisa hilang 🙂

    intinya kita mesti sabar gan, berpikir positif, berserah sama Tuhan, tetap semangat dan yakin badai pasti berlalu dan yg lebih penting lg disaat kita sehat kita bisa menghargai tubuh kita, krna kl sdh terlmabat dan sakit semua tak bisa diulang kembali yg ada cuma penyesalan.

    semoga bermanfaat.

    Gbu 😉

  88. Update :

    barusan pendarahan lg, lumayan bnyk, sekitar 5 menit lebih gak berhenti2, dan berangsur2 mengurang sekitar 10 menit kemudian.

    krna waktu saya (maaf)pub di wc, saya kebanayakan menunduk tiba2 aja kayak kecegukan gitu dan ketarik urat leher, bbrpa detik kemdian darah terasa menetes2 di lidah dan ludah saya…,

    hadew ternyata selain tdr harus pakai bantal yg tinggi(sekitar +- 1 meter dari kasur, kita jg gak boleh lama2 menunduk 😦

  89. iya mas, angkat berat, capek, nunduk terlalu lama, tidur tengkurang, merangsang batuk. soalnya dahak saya bnyk. krmn kedokter lg krn udh hampir 3 jam pendarahan, ternyata pembuluh darah di tenggorokan saya pecah.

  90. Blog yang sangat berguna kaka Ailtje semoga blog nya di kelola terus ya jangan sampai di tutup, soal nya jarang banget ad blog yang mengulas tentang pengalaman operasi amandel, saya sendiri sampai sekarang maasih belum berani Operasi , padahal dalam rentang January-Agustus 2014 ini saya sudah radang 3 kali tapi saya masih bisa tahan, semoga kelak kalau nanti saya harus Operasi amandel, dan blog ini masih ad semoga masih bisa saling Share ya.. trimakasih.

      • Dear All, saya juga bis operasi ini hari ke ketiga hari terakhir di rs. Kemaren sabtu pagi jam 8.00 saya dioperasi di rs fatmawati. Jam 12 siangnya saya sadar dan amandelnya dah ga ada. Untung aja minta dirawat dua hari, ga kebayang ngerasain nyerinya pas malem dirumah sendiri hihi… Kalo di rs tinggal panggil susternya nanti dikasih obat anti nyeri.

        Di rs fatmawati juga bagus pelayanannya, dokternya baik dan perawatnya juga ramah2

  91. waduh . kok ngeri banget ya . besok mau operasi lagi , udh dijadwal. ga ada keluhan , cuman berhubung ada mau ikut tes kedinasan + toh nanti akan dioperasi, jadi besok udh mau dioperasi. mudahan lancar. btw umur ane 17 th. lama ga ya pnymbuhannya

  92. update tggl 25 Agustus 2014 kmrn pendarahan hebat lg dan diinfus dirumah sakit 2 hari 1 malam, pembuluh darahnya robek, ada luka menga-nga sekitar 2 cm. pendarahan dari jam 3 pagi sampai nyari dokter yg praktek jam 12 siang, baru selesai pendarahannya.

    hati2 yg baru oprasi makannya, jgn yg macam2 dulu deh makannya minimal amannya sampai 3 minggu. trus kl bisa jgn capek dan ngomong keras, takutnya luka bekas oprasi blm kering dan robek lagi.

  93. @januar

    saya umur 31thn mas, mas januar sendiri umur brp??
    wah bagus mas kalo kondisinya sehat pasca oprasi. kl saya kebalikannya ga bisa tdr miring dan bantal terlalu rendah 4-5 hari pasca oprasi, gampang batuk kl posisinya salah. saran jangan nguap lebar2, ngeden saat buang air besar, angkat berat, makan2 keras dan minum terlalu manis kayak sirup dan melon(krna bisa memicu batuk2 kata dokter saya). cepat sembuh mas

  94. Huaaa qu jg abis op amandel nie..Udh jln hari ke 4 tapi rasanya gk nyaman bgt.Bt minum slalu tersedak,bt mkan sakit,bt nelen ludah sakit,bt batuk sakit udah gitu rasa nya tenghorokan kering mulu 😥 Tiap hari hanya minum susu,ice cream,air putih,mkan agar2 sma puding.Kebetulan gak doyan bubur.Huaaaa T_T

  95. Oya usia qu 30 thn.Rencana nanti siang mau kontrol lagi.Q op amandel pakai BPJS klas 1 dan biaya 100% free jadi gak keluarin biaya tapi harus op keluar kota (weleri/kota kecil) karena di kota q (semarang) mau op dipersulit sudah muter 8 RS negeri swasta tapi alasan sama “kamar penuh” ujunge di tawarin naik klas VIP tapi q gak mau dan cari ke daerah/kluar semarang dan berhasil dapat HAK q sebagai pengguna BPJS..Meskipun awal nya agak ribet tapi di bantu kawan (kawan dokter di RS tersebut) jadi akhirnya jadi op 🙂

  96. Mba,, klo yg dikatakan lagi kambuh radang amandel apakah pasti demam? aku selama setahun ini sekali saja berasa demam.. dan setelah itu klo tenggorokan sedang tidak enak, tidak pernah sampai demam.. belakangan kuping mulai agak sakit.. apakah itu termasuk kambuh radang amandel?

  97. terima kasih sangat bermampaat, saya juga lagi mengalami penyakit amandel. dr sudah menyarankan operasi tapi saya masih bingung. tgl 12/10/2014 kemarin di padang sumbar di RS DR M JAMIL padang

  98. anggaran berapa eaa biaya nya. jika katagori UMUM untuk operasi amandel untuk saat ini .kemarin lupa tanya ama DR, karna gak pokus untuk operasi karna takut.. setelah baca blok ini, ada rasa yakin untuk itu . terima kasih sekali ke pada yang punya blok sangat bermampaat.

  99. sebelumnya aku sempat rawat inap di rsu diaknosa infeksi amandel selama 6 hari kemudian sembuh, 2 minggu kemudian kambuh sampai berobat ke alternatif, ke semuanya dech, selama lima bulan dari bln juni 2014 sampai menjalani oprasi 13 Oktober 2014 selama itu badan terasa greges dan lemas maklum infeksi yg tak kunjung sembuh dan ber akhir di meja oprasi dan sampai saat ini masih kontrol ke dokter, bagi teman-teman yg menderita tonsilitis kronis , cepetan aja di oprasi dari pada merasakan penderitaan yg berkepanjangan, aku sendiri masih kontrol ke dokter !

    • kak , umur aq 17 th , waktu check up k dokter , amandel aq baru stadium 2 , gg terlalu gede sih..
      saran kk bwt aq gimana ?
      tolong bantuannya ya #akujugatakutOperasinih 😥

      • Operasi ga menyeramkan yang kita pikirkan kok, karena tidur nggak sadar sama sekali. Kalau dokternya belum menyarankan operasi ya tidak perlu operasi, tapi kalau mengganggu mending operasi saja.

  100. updet, aku udah 6 minggu, berarti udah satu bulan lebih dua minnggu, belum sembuh total tenggorokan masih terasa sedikit sakit dan panas, mungkin faktor usia kali !
    tapi dari pada saat belum di operasi mending sekarang kondisi udah enakan bisa kembali kerja dan bisa berkonsentrasi

  101. update, kata dokter aku kurang istirahat dan gak boleh capek /kerja terlalu keras, menyebabkan lambatnya proses penyembuhan, peradangan kembali luka yang mau sembuh, banyak istirahat ya, bagi yg barusan operasi jangan di paksa langsung bekerja !

  102. Haloo..saya tgl 27 Des 2014 kmaren di operasi amandel, sampai sekarang hari ke-6 masih sakit banget, trus badan terasa lemas apa emang gitu ya??

      • bisa jadi kurang makan dan minum ya, soalnya aq ga selera makan n minum, trus badan rada2 terasa demam tapi di temp suhu normal, kata dokter ak nya kurang minum air putih makanya bikin kyk meriang2 gitu, apa si mbak ngerasain meriang2 juga ga? oh iya sekedar info buat rekan yg lain, kmaren ak operasi di RS Columbia Asia Medan, kena biaya 14,2jt di ruang kelas 2(4bed), untung di cover perusahaan jadi ya free 🙂

  103. mbak ailtje makasih buat sharenya..seminggu yang lalu aku baru aja operasi amandel.. dan ternyata uvulvaku juga diambil..kata dokternyat kasusku rumit amandelnya sulit buat diambil jadi harus diambil dikit2…apa temen2 dsini ada kasus yang sama seperti ku?makasih yaaaak..

      • iya e mbaaak…uvula maaf salah tulis :))..katanya sih udah kelamaan trus g bisa diambil langsung,,tapi per sayatan..dl diruang operasi jam 9 mpe jam 12..kalo di luar negeri banyak kayak gitu,,tapi aq seacrh di ind jarang banget,,mbaaak nitip tanya tanya ya..ngaruhnya kalo uvula diambil apa ya mbak?…tengkyuuuu buangettt…

      • trus mbak kalo boleh tau tanggapan bu dokternya kalo uvulaku diambil gimana mbak?jujur aku takut mbak..

      • okke mbak…makasih ya..doakan bisa cepat sembuh :)) hari ke 10..makan nasi masih susah..

  104. Assalamu^alaikum…slmt siang…krna.. saya punya pengalaman juga…sapa tau bermanfaat…jd nda ada salahnya saya ijin share…saat usia saya 9thn.an (saat ini usia saya baru masuk kpla 4 ^_^) ya namanya…msh jaman dulu…di vonis amandel…mama cukup panik…tp mama suka yg tradisional…ga tau…tanya2 sana sini…ahirnya…ketemulah org pintar jd saya buka mulut…& di masukkan gunting k mulut saya trus krek…2buah amandel saya…sebesar…bakso..saya muntahkan…beserta lumuran darah…
    Tapi Alhandulillah…saya ga skt..& tdk ada susulan pendarahan apapun… kemudian saya d suruh minum air asam jawa d ksh gula merah (hrs yg bagus gula asli kawung) 1minggu minum air asam…semua makin..membaik…smpe saat ini…memang jd sering pilek & mudah banget ketularan pilek…
    TAPI…anaku Daffa mulai usia 3thn sdh d vonis amandel dua2na hrs d buang..duh 2dokter anak dg saran beda, 1nya suruh tunggu smpe 7thn.an & 1nya suruh cpt krna bahaya sdh ngorok, saat usia 5thn baru saja saya melahirkan 40hari…Daffa sdh sesak nafas…mlm2 sering nafasny berhenti beberapa detik..drpd lebih parah d ambil putusan oprasi…krna setelah d cari2 ga ketemu t4 saya dulu gunting amandel….oprasi aga repot… puasa jam 5subuh…oprasi jm 7 jd mlm2 sdh d kenyangkan susu dll, jd saya sdh konsul…anak saya jng puasa 7jm & dokter anastesi sdh okk, krna anak saya termasuk spesial…(Dyslexia & aga masalah dg obat bius / obat tidur, pernah minum 10bks obat tidur 3x di suntik…tetep ga tidur…hal itu saat usia 2thn *EEG* / scan otak) jd dokter anastesi sdh ambil langkah yg tdk biasa Habis…operasi….ooohhhh….Ya Alloh… kasiannya anakku sayang…mulutnya jontor…kaya hbs d tonjokin 1kecamatn.. darah2 kering d mulutnya…jd saat alat d masukkan…aga susah krna..mulutnya kecil…jd kena penahan alat2 & kena gesek alat2…hbs tuh…selang infus kagak bisa d pasang duh…apa lg nih.. tubuh anakku nolak…infus masuk.. di pasang kaki tangan…semua d coba ga ada yg bisa…ampe pake…mesin infus kagak bisa juga…duh..ampun…
    tiba saatnya anaku bangun…+nangis rasakn…selang infus yg d coba tusuk krna anakku juga cukup gendut…jd saya putuskan sust phn dokter…minta anaku jng d infus…ksh obat aja…drpd anaku nangis2…tuh darah dh ngalir dari mulut & hidung…teriak2 skt mulutku…ga bisa minum…ngalir…kluar lg dari mulut.. jd pelan2 d bujuk minum pake sedotan.. 3hari duh kurus..1minggu turun 5kg
    d kaki d pasang jarum infus…dg alasan.. masuki obat untk kurangi skt leher & mulut…jd suster suntikkn atibiotik lewat jarum yg d kaki…tp tdk ada infus…
    Daffa sering pilek…bahkn skarang kena sinus & hrs masuk ruang oprasi lg untk bersihkan / sedot sinusnya…tp msh mau saya pertimbangkn…krna..trauma..apa nanti akibatnya lg?
    Untuk yg punya anak2 amandel…di obati dulu klo bisa…tunggu d atas 5thn ya… krna kasian…kecuali..sdh tdk ada pilihn lain…
    Semoga membantu…& tdk ada mksud menakut nakuti…hanya berbagi pengalaman….
    trmks…*____*

    • Mbak, saya umur 15, tanggal 8 kemarin saya operasi. Ini udah hari ke-5 saya operasi, makan dah normal kayak biasa. Boleh gak ya kalo makan gorengan? Nelen udah gak sakit kok mbak.

  105. Aku baru td sore loh selesai operasi amandel di RS Pelni petamburan Tapi langsung boleh pulang sm dokternya . Oh ya umurku 23 th 9bulan . Operasinya pakai BPJS dan salut buat RS Pelni yang pelayanan BPJS nya sgt cepat dan tidak membedakan pasien BPJS dgn pasien umum . Awalnya nih amandel udah dr kecil kak, cuma aku nya parno utk operasi jd sementara aku berobat biasa dksh antibiotik dll plus ke klinik cina macam t*ng f*ng atau yg di menteng t*ng r*n t*ang . Tapi ya gtu dah ga ngefek karena aku tuh doyan bgt Makan bakso + pedes2 . sering sumeng dan pilek sepanjang tahun bikin aku nekat untuk operasi .
    Berobat ke RS THT Proklamasi dianjurkan utk Operasi juga sm dokter hanya waktu itu lg radang jd ga boleh sm dokter nya saat itu juga .
    aku mikir, operasi di RS daerah menteng .. kebayang dong brp biayanya ? Secara, dikelilingi daerah elit.
    Setelah radang mereda, aku putuskan pake BPJS kesehatan .
    prosedurnya ke fasilitas kesehatan 1 di Puskesmas Kemandoran lalu sm dokter dirujuk ke RS Pelni .
    sampe RS Pelni dicek darah dll , tunggu panggilan operasi .
    seminggu kemudian baru di tlp which is tgl 7 February 2015 .
    msh sakit bgt buat nelen aku bykn mnum air putih as your advice kak 🙂

  106. Hallo…saya yenny usia 26th asal Semarang..saya 2hr lalu operasi amandel…pasca operasi memang sakit sekali..untuk bicara aja susah..aplg minum dan menelan..saya sudah boleh plg 1hr stlh operasi..tp saya menolak karena masi sakit sekali dan tidak bisa menelan obat2a..jd obat masi injeksi via infus..Puji Tuhan hari kdua setelah operasi saya sudah bisa menelan bubur walaupun perlahan..minum saja tidak bisa 1 gelas..paling cm sdikit2..rencana saya plg besok..saya operasi karena titer ASTO saya sudah tinggi sekali..untuk normal <200..saya sudah mencapai 800..ASTO dtes melalui darah..jd itu untuk mengukur kadar kuman dalam darah yg dhasilkan oleh amandel..efek asto tinggi bisa sangat membahayakan seperti demam rematik jantung, nyeri sendi di sekujur tubuh.makaya dokter sarankan saya segera operasi amandel…hasil amandel saya baru dteliti apakah mengandung sel kanker atau tidak..semoga saja tidak..amenn..buat tmn2 yg mau operasi..semangat ya..mmg pasca operasi sakit..tp itu cm sbntr demi kesehatan ke depan..jgn takut teman…

      • Terima kasih doanya…
        saya mau tanya mbak..skrg pasca operasi saya jd tidak bisa bicara..pdhl 2hr pasca operasi saya bs bicara..mendadak setelah infus dlepas dan obat inject dhentikan lgsg tidak bisa bicara..kalau mbak dulu tidak bisa bicara pasca operasi sampai brp hr?terima kasih..

      • Saya kesusahan bicara selama seminggu kalau gak salah ingat, terus suara saya juga jadi aneh. Waktu itu saya melatih diri dengan buka mulut dan menirukan a,i,u,e,o hanya untuk melatih otot-otot sekitar tenggorokan.

    • Mbk yenny gmn kabar pasca operasi amandel? Suaranya gmn mbk? Mbk apa amandelnya uda diperiksa? Mengandung sel kanker ga? Mudah2han sehat selalu ya mbk.

  107. Hi..aku baru slesei operasi amandel 3hari yanh lalu.. Sudh g terlalu sakit dan sudah bisa ngomong pelan2..cuma pas waktu ngaca d tenggorokan anak tekaknya kyk membengkak gitu jd agak terganggu waktu tidur dgn posisi terlentang… Apakah pernah juga yg dirasakan seperti itu??

  108. Wah seneng baca blog ini.. Saya alim,31th.. Seminggu yg lalu saya operasi amandel juga di RS Mitra keluarga bekasi timur.. Gejala awal sebelumny suka pengen muntah kalau pagi,kalau hbis sarapan suka muntah dan ini sangat mnggangu apalagi kalau pas kluar kota..ujung2ny bawa tol*k a*gin untuk meredanya.. Setelah mngalami gejala trsebut slama 3bulan akhirny tgl 22 jan saya periksa ke Dr.Gunawan di RSMBT dan diminta u/operasi amandel krn ada pembengkakan.mungkin krn makan makanan yg tdk terjaga. Dan setelah hitung2hari akhirny tgl 12 feb 2015 saya operasi amandel dg pembiusan total..3hari di RS, hari sabtu sore akhirny boleh pulang dan ini hari ke 7 pasca operasi saya masih diminta makan bubur sama dokter,krn takut pendarahan dan beresiko akhirnya saya ikuti saja wlaupun rasa bosan sdh mulai muncul. Baru nanti di hari 10 pasca operasi boleh makan nasi lemes sama dokter.. Dan ternyata diblog ini saya baru tau informasi bahwa u/pnyembuhan total sampe 3minggu ya.. Pdahal udah ga tahan makan nasi uduk pecel lele.. 😁..buat teman2 yg mau operasi amandel ga usah takut.ada yg bilang amandel itu buat kekebalan tubuh dan memang itu benar,manusia mempunyai 4 amandel kl di ambil 2 kan masih 2.. 😄.. Dan kata dokter amandel hanya memberi kekebalan tubuh 10-20% jd ga usah kawatir.oiy kmrin operasi hbis 19,5jt Alhamdulillah dicover perusahaan jd aman.demikian sharing dr sya semoga bermanfaat.

  109. Haloo.. hari ini 22 hari pasca oprasi amandel. tapi aku pake BPJS jadi gak ngrasain sakitnya bayar Oprasi. heee… Satu bulan sebelum aku oprasi, anaku Rasya 8 tahun sudah oprasi duluan. Satu hari pasca oprasi anaku sudah bisa makan baso. Dan sehat kaya gak pernah ngrasain oprasi. makanya pas dokter nyaranin aku untuk oprasi aku langsung meng iyakan, aku pikir bakal secepat rasya sembuhnya, Soalnya amandel ku tiap bulan kambuh, meskipun tidak besar tapi aku harus bolak balik kedokter dan minum antibiotik, selaluu!!! tapi kalo waktu itu aku baca tulisan mba Ailtje kayanya aku jadi ciut nyali buat oprasi. hahaa,,, Ternyata oprasi amandel untuk orang dewasa penyembuhannya sangat lama. semua rasa sakit yang dituliskan diatas itu aku rasain semua. sakitnya amat sangat luar biasa. tenggorokan seperti disilet, telinga nyeri, gigi sakit, plus banyak sekali sariawan yang menambah penderitaan… Kalo ngomong pake bahasa isyarat. sekarang sih udah gak sakit tapi masih gak nyaman ditenggorokan. ada item2 gak tau itu apa. seperti benang, Makanya aku mau nanya. memangnya oprasi amandel dijahit ya? Dokter gak bilang apa2 soal jahit menjahit, ada niatan pengen kontrol lagi, tapi males ke RS nya… Mba Ailtje ada info?

  110. ohh.. dijahit yaa, yang sebelah kiri kok jahitannya kaya keluar yaa.. bahaya gak sih, nanti ilang sendiri atau gimana? sampe hari ini masih gak nyaman bangett.. hari ini aku juga agak demam. makasih infonya yaa.. membantu bangettt….

  111. Mba/mas, saya sedang mengalami radang tenggorokan nih, yg di sebab kan oleh penyakit amandel, sudah 2 hari badan panas dingin.
    Kira2 operasi enggak yak ?
    Tapi saya takutt

  112. kalau udah umur 17thn gini sembuhnya cepet ngga sih? terus denger2 katanya pasca operasi sampe 2 hari ngga boleh ngomong biar suaranya ngga berubah. bener ngga ya?

    • Boleh ngomong kok, tapi gak bakalan bisa ngomong. Suaranya berubah, tapi nanti balik lagi. Sembuhnya tergantung kita sih, anak-anak lebih cepat sembuh ketimbang orang besar, katanya.

      Saya butuh berminggu-minggu untuk sembuh. Tapi selama apapun, kalau demi kesehatan lebih baik dijalani saja.

      • Mba kira” klo operaso itu disebabkan krna apa ya? Apa karna mmg sdh sgat parah? Saya rncana mau operasi, krna sdh brpa kali sya msuk UGD dan pnyebabnya krna amandel yg mnyebabkan demam dan menggigil. Umur saya saat ini 18tahun, dan apakan biaya ini msuk d ASKES/BPJS?thanks

  113. setelah operasi apa kita boleh olah raga berat? seperti lari, joging? kira2 waktu yg dibutuhkan untuk betul2 sembuh pasca operasi berapa lama?

    • Saya kalau lari harus buka mulut lebar, nah kalau abis operasi buka mulut aja susah. Mau minum aja susah, jadi mendingan libur dulu deh larinya seminggu dua minggu. Untuk lebih pastinya, tanya dokternya aja.

      • Mbak 5hari yg lalu baru aja oprasi amandel…..ternyata elg ga sakit sih pas oprasi…..tapi pas di rumah…..waduh sakitnya minta ampun….sampe streees…..dah sakit….perut laper mau makan susah…..minum sakit……enakan oprawi cesar deh daripada amandel…..amat sangat tersiksa sekali….sakitnya ke telinga…..tenggorokan nyeriiiii….bicara ga bisa……haduh kapokkkk deh…..aku kira habis oprasi seminggu sembuh…..ternyata bakal lama ni…..nelen aja masih ga enak krasa nyangkut nyangkut gt mbk…..sampe berapa lama sih mbak bisa sembuh total??????

      • Ow ya mbak hri ke 9 ini rahang atas jg gigi kalo buat bicara banyak kok habis itu malah ngrasain capek…..apa karena otot ototny masih belum normal ya……jg sekarang kok malah lemes….pusing…..kayak orang anemia…..apa karena saya kurang gizi ya mbak…..soale males minum jg males makan mbk…..

      • Oya temen temen sekedar sharing jg ni…..aq hbs oprasi ngrasain mata berkunang kunang pusing lesu….lemes…..badan ga enak….pucet…..ei ternyata gr gr kurang darah efek operasi…..kurang vitamin….kurang makan makanan bergizi……karena habis operasi kan makan nya bubur terus selama seminggu…..minum jg males….stl minum sangobion badan jd enak….sehat…..alhamdulillah deh….padahal besoknya mau cek hb….ga jadi deh…….dokternya sih …..ngasih obat kok anti nyeri ma anti infeksi aja……paten lg ……malah g aku minum….soale obat anti nyeri dosis 500 itu malah buat perutku berantakan temen temen…..bisa bis aaku kena asam lammbung……mending nahan sakit aja drpd kena asam lambung yg susah obatnya…..hemmm…..malah lebih enakan minum sinse 2 pil aj…..bekas operasiku dah ga sakit….sama minum vitamin vitamin…….

  114. mba mau tanya saya operasi amandel tanggal 15 April kemaren,kira kira boleh makan pedes brp lama setelah operasi yah

  115. Mbak mau tanya nih…..gigi rahang atas kok rasany masih kaku ya……dibuat buka kayk dulu lg kekuatane dah beda…..trus uvula rasanya ga kyk dl lg…kayak nempel di lidah….apa itu karena syarafnya ya belum kembali seperti semula…..oya….hidung saya kok skr agak radang jg…..sampe rasanya berat…rasanya kayak pilek….kadang kesumbat kadang gak….

  116. Saya anak medan, baru operasi amandel tanggal 21 Mei 2015:

    Operasi berlangsung kurang lebih 2 jam dari Pukul 08.00 – 10.00 Wib. Bius umum. Jd gak tau deh proses eksekusi amandelnya.

    Saat sadar, Dokter manggil-manggil saya. Tidak bisa bernafas dari hidung. Jd bernafas lewat mulut. Mulut terasa kering banget. Tp belum boleh minum, sampai sadar sepenuhnya. Karena kuatir air masuk ke paru-paru. Jam 15.00 baru boleh minum air beberapa sendok. Sakit banget buat nelan. Tapi klo tidak sedang menelan sakitnya gak terasa. Bagus banget Dokternya. Saya tidak merasakan telinga sakit atau kram di rahang. Rasanya seperti tidak ada yang terluka walaupun amandel sudah dieksekusi. Cuma ya kalau makan dan minum sakitla brooo… Dicoba buat makan es krim sakit broo…

    Hari kedua, minum air dingin terus pelan-pelan banget. Bisa juga makan bubur kacang ijo tp dikit dan pelan-pelan banget. Obat-obatan masih diinjeksi. Dikasih nasi tim dari rumah sakit tp belum berani makan. Kalau hari pertama kemarin mulut terasa kering banget, hari ini air liur terasa banyak terus. Jd sering-sering buang ludah.

    Hari ketiga, minum semakin lancar. Makan masih bubur. Dikasih bubur sumsum yang ada jagungnya. Padahal tadinya luka sudah mulai berkurang sakitnya, gara-gara kulit halus jagungnya nempel di kerongkongan jd sedikit batuk. Sakit lagi deh… Minum obat sudah bisa dikit tapi dihalusin… Hari ini air liur sudah mulai normal…

    Hari keempat, gak mau lg bubur sumsum pake jagung. Jd makan bubur campur sayur diblender. Mau minum obat minta tolong suster untuk dihalusin eh susternya ngomel bilang “Kan bisa gak dihalusin langsung diminum. Harusnya sdh bisa makan nasi tim dari kemarin tp kok takut sih? Kapan mau sembuhnya?”. Saya sih gak mau mikirin banget yang penting kita tau yang paling aman buat kita untuk dimakan. Jangan dipaksa, karena kalau lukanya kembali berdarah artinya masa penyembuhan menjadi lebih lama. Ya gak Bro… Sis… Btw, kata-kata suster itu jadikan masukan positif buat saya. Sayapun mencoba makan nasi tim pake sayur beberapa sendok. Terasa agak sakit sayapun stop… Dicoba tapi jangan dipaksakan… Sebagai catatan, semua makanan dan minuman didinginkan dulu di kulkas baru dimakan dan diminum dingin-dingin… OK… all…

    Ok Bro & Sis…

    Lain kali kita sambung kembali…

    Mohon doanya ya biar cepat sembuh…

    JANGAN RAGU OPERASI AMANDEL

    DARIPADA MENAHAN SAKIT TERUS-TERUSAN

    INGAT… JANGAN SAMPE AMANDEL MENURUNKAN KUALITAS HIDUP KITA…

    Love U All…

    • halo, mbak…
      mbak saya mau tanya. setelah operasi amandel, apakah harus memantang makanan berminyak, es, dan pedas seumur hidup? mbak sendiri, setelah bertahun-tahun operasi, apakah sudah bisa mengonsumsi makanan tsb. di atas? terima kasih mbak 🙂
      saya sedang bingung operasi atau tidak..

  117. Mau tanya donk mba’,,, efek jangaka panjangnya setelah operasi amndel apa ya…?
    Katanya kl udah di operasi nanti nggak bisa kena udara dingin lg…?
    Trus tenggorokanx mba skarang apa udah normal lg rasax,,, mohon jawabannya.
    thank’s before

  118. jadi mbak gk ada perubahan pola hidup yg berarti kan setelah operasi amandel? aman kan? hehe.

    cuma aku bingung amandelku masih kecil kok udah disuruh operasi ya. emang sih efeknya bikin tenggorokan tuh kayak ada yg ngganjel dan makanan jd suka nyangkut. plus ada bbrp bercak putihnya juga di tonsil. tp kalau demam dan perih menelan, enggak sama sekali.

    mbak dulu operasi umur berapa? aku masih 18 thn kira2 penyembuhannya lama nggak ya…

  119. Kak, kalau boleh tau kakak setelah satu bulan sembuh dari pemulihan apakah lidah kakak masih mati rasa? Soalnya sudah sebulan ini setelah operasi, makan semua jenis makanan terasa tawar

  120. maaf mba sy operasi amndel tgl 29 kemarin jm 6 pagi dan selesai jm set 9 sempat muntah darah setelah op 1 sekitar jm 2 jd langsung dbwa masuk k ruang op lg untuk op k 2, beres op 2 sktar jm 5 sore masih d ruang pemulihan smpe harus dtransfusi darah ga lama transfusi selesai jm set 7 malam sy muntah darah lg kmbali dbwa k ruang op untuk op k 3 selesai jam 11 malam dn trs diobservasi oleh dokter sampai subuh bilangnya hasilnya sudah bagus. apa itu ga bermasalah buat kedepannya ? apa bakal normal” az ?
    skrang sudah semingguan tp masih sakit bgt dan baru makan bubur pake kuah sayur, tp sekarang klo malem itu suka kebangun gara” sakit ke telinga juga, itu normal ga? mkasih 🙂

    • Hah kenapa harus sampai operasi tiga kali? Mohon maaf saya bukan dokter jadi nggak bisa memberikan komentar tentang prosedur. Soal sakit telinga, waktu saya selesai operasi juga sakit telinga. Anyway, cepet sembuh ya.

  121. Haloo aku baru cari2 tulisan tentang tonsilektomi karena aku baru 3 hari pasca operasi nih dan kelaperan krn ga boleh makan nasi. Aku 21 tahun, kemarin operasi amandel di RS Premier Bintaro sm Dr.Cita. Alhamdulillah lancar dan aman kok. 6 jam pasca operasi aku udh bisa ngomong dan makan minum lancar kok gak begitu sakit. Sakitnya cuma kaya radang teggorokan biasa. Mungkin krn pengaruh obat penahan rasa sakitnya juga jadi ngebantu masa2 recovery juga. Aku nyaris ga ngerasa sakit loh kalo ngua batuk ataupun bersin. Kalo emg amandelnya udh gede, langsng operasi ajaa.. Karena yg aku tau amandel gede itu sumber bakteri dan bikin bau mulut juga. Semangaaaattt. Untuk biaya aku kena 22jt kelas 1 all in + pasca operasi. Tapi alhamdulillah cuma bayar 6jt pake manulife hehe. Semangat jgn takut hehe

  122. Hai semuanya
    Saya juga baru OP tanggal 12 Juni 2015 kemaren, dan saya senang sekali bisa menemukan blog ini. Hari ke 4 saya sudah nekat makan ayam goreng tapi dikunyah pelan2 sampai halus setelah itu memang sakit, tapi sakitnya tidak lama kok. Hari ini sudah memasuki hari ke 4 saya ikutin anjuran Ms Ailtje untuk banyak minum air putih tapi untuk regalnya saya sedikit kesulitan karena tekstunya yang seret he he he. Hari ini sudah hari ke 5 setelah OP gak sabar buat makan normal lagi.
    Terimakasih infonya Ms Ailtje

  123. Saya juga baru op nie awal juni maren
    2 hari d rs akhre pulang juga ,,
    1 minggu setelah op bebas makan apa saja keculi gorengan
    Aku juga udah berani makan bakso mie ayam juga ,,,
    Yg mau aku tnyain,,,
    Kalian hbs pada op ada bekas kek bercak putih sama item* gak d tenggorokan, punya ku ada bekas nih ,,kek benang gt

  124. Mbak baca tulisan mbak & komen2nya jadi penyemangat banget pas ngrasain sakit pasca op. Berasa kayak bukan satu2nya orang yg menderita, tp banyak temennya. Haha
    Aku op kmrn jumat, pas op gak kerasa sakitnya karna dibius total, sejam op kelar setengah sadar muntah darah bekas op, gak bisa nafas lewat hidung, cm bisa nghirip tp gak bisa ngembusin, disuruh dokter ngeluarin nafas lewat mulut dulu.
    Setelah sadar di kamar rawat inap langsung buang angin gak ada 1jam dari op, langsung boleh minum abis itu makan ice cream. Buat nelen beuuuuuuh sakiiiit..
    Abis itu gak boleh makan ice lagi sm dokter -_-

    Hari kedua cm makan bubur sumsum satu sendok, gak kuat nglanjutin lagi. Jadi selama 3 hari opname cuma minum susu, air, sama infus doang
    seninnya udah ngantor lagi tp masih blm berani makan apa2. Jadi cm susu sama air putih doang 😥 badan rasanya lemes banget , lapernya ketutup sama sakit. Nelen ludah pun sakiiiiiit.
    Sekarang hari ke 5 pasca op tadi pagi kontrol ke dokter. Dikasih obat penghilang sakit dan manjur banget. 1 jam dari minum obat gak berasa sakit. Udh gitu bisa makan ager2, nasi sup brokoli, bakso, sama telor puyuh *langsung maruk* :p
    Alhamdulillah di hari ke 5 ini udh gak kerasa sakit lagi

    Oya. Ngertinya kmrn operasinya dijahit, karna ada hitam2 gt di bekas op. Dan kayak ada yg geli2 di tenggorokan, dan ternyata kata dokter tadi, saya gak dijahit. Jadi dilaser, & item2nya itu katanya bekas panas pas op.
    Doakan ya mbaak, bisa secepetnya kembali makan enak lagi, udh kangen kerupuk & makan pedes lagi :p heheehe

  125. Saya baru aja operasi amandel tanggal 27 juni 2015 di RS. Santo Borromeus Bandung. setelah operasi dokter bilang jangan banyak bicara, meludah, menghisap-hisap, berteriak dan menangis, karena bisa bikin luka operasi malah infeksi dan tidak kering. tenggorokan rasanya ada yang menghalangi seperti benang tapi ayah saya bilang tidak di jahit tapi itu daging jadi bekas sayatan operasi. saya di anjurkan banyak minum. makanan pun di jadwal setelah operasi saya hanya di bolehkan minum susu dingin, teh dingin, air putih dingin dan ice cream, itu berlangsung selama 2 hari. 29 juni saya pulang ke rumah dan makanan pun masih terjadwal seperti bubur saring, lalu hari besoknya bubur sumsum, bubur saring, susu, makanan banyak kuah, besoknya itu lagi dan jadwal bubur nasi biasa ada pada 5 hari setelah operasi.

    jujur saya sudah bisa makan bubur nasi biasa dengan daging ayam/ikan namun harus pelan-pelan dan sangat pelan-pelan ngunyahnya. dan sahur hari ini orang tua memberi saya bubur nasi biasa dan telur rebus agak susah sih tapi saya mencoba karena saya ingin cepat sembuh. bagian leher boleh di kompres pake air dingin, tidurpun dokter bilang harus miring ke satu sisi, tidak berenang selama 2 minggu, tidak makan pedas, panas, keras dan asam. jadi sampai hari ini 2 juli 2015 saya masih masa pemuilihan dengan jadwal makan, tidur dan perawatan dari dokter. namun saat bangun tadi efek samping operasi amandel terjadi kepada saya yaitu sakit pada telinga x_x. jadi untuk yang pernah operasi amandel semoga tidak merasakan efek samping apapun o:) jum’at saya kontrol ke rumah sakit untuk memastikan luka saya sudah kering, lalu kenapa dengan telinga saya yang sakit saat menelan 😦 do’akan semoga saya cepat sembuh yah, sehat memang mahal dan berharga 🙂 (Y)

  126. mau numpang nanya donk saya sudah sebulan pasca oprasi tapi suara saya masih belum kembali seperti semula itu kira2 bisa kembali gak yh soalnya saya satu bulan lagi ada lomba mohon bantuannya yh

  127. oh iya efek samping operasi yg kena ke saya yaitu sakit pada telinga, setiap kali mengunyah makanan rasanya sakit sampe nelen susah karena sakitnya itu, tpi klo gk makan telinga biasa aja, bakal sembuh berapa lama yh ?soalnya gk tahan sakit banget, dokter juga bilang gk akn lama cuma nyiksa banget klo makan.

  128. Hari ini hari ke 13 pasca saya operasi amandel. Hingga hari ini tenggorokan saya masih terasa sakit dan masih mkan bubur lembut, belum bisa menelan nasi. Dari sejak pasca operasi hingga sekrang saya mengalami batuk kering berlanjut jadi batuk berdahak hingga sekarang. Biasanya sakit tggrokan pasca operasi benar2 hilang kira2 kapan? Soalny ud mau dua mggu tenggrokan masih sakit bgt 😦

  129. mau berbagi sedikit nih..
    saya angkat amandel 13 July 2015, sekarang sudah hari ke 4..
    masih sakit ditenggorokan dan perut saya sering lapar..
    hehehe..
    klo sering makan bubur sum-sum bisa saya tapi takut tergores-gores gitu..
    “sebaiknya saya makan saja ato jaga-jaga ya..?”
    akhir-akhir ne, ludah sering keluar..
    “sebaiknya saya telan saja ato dikluarin ya..?”
    memang makan, minum yang dingin rasanya lebih nyaman..
    “apa nantinya gak takut pilek ato gimana ya..?”
    hehehe..
    mohon petunjuknya ya…

  130. kalo amandel efek terhadap suara ga ya ? soalnya suara saya kaya yg keteken klo orang laen dengernya , trus saya suka cape kalo ngomong panjang lebar haha ????

  131. sekarang lagi sakit amandel setelah aku liat ada bercak putih di amandel sebelah kanan.Riwayat bolak balik ke RS sakit amandel dari umur 5th skrng 35th tapi dokter belum kasih saran untuk operasi,akunya ga kuat karena sering kambuh kadang sampai frustasi pengen mengajukan untuk di operasi tapi ada ketakutan.minta masukan metode operasi yang tidak terlalu menyakitkan

  132. Kak.. aku akhir” ini sering sakit tenggorokan udh d minum smua antibiotik merk apa aja dr dr.. Tp setelah mnum antibiotik masih sakit tenggorokan panas jugaa.. Jadi katanya alergi dan ga bisa makan macem”.. Disaranin juga buat operasi pdhl lg mau masuk kuliahh..
    Mau tnya .. kalo operasi recovery nya lama banget yaa ? Ga bisa ngmg sama sekali ? Trs abis operasi kalo makan goreng” an gt bisa sakit lagi ga ya ? Thankss…

    • Kalau dokter sudah saranin untuk operasi, mendingan operasi aja. Saya recoverynya 3-4 minggu, bisa ngomong kok, tapi ngilu sedikit. Kalau gorengan mendingan puasa dulu deh biar makin cepet sembuhnya. Eh tapi dicatet ya tiap orang progress penyembuhannya beda2.

  133. tenggorokan sering radang dan g tau kenapa tenggorokan sering kering apalagi kalo ngomong.. amandel sebelah kanan emang gede.. katanya setelah operasi tenggorokan malah rasanya kering ya? jadi ragu mau operasi…

  134. Permisi mba mau tanya,,kali aja ada yang tau infonya,,Anak saya baru usia 4 thn,tapi amandelnya udah membesar dan harus dioperasi, Tapi saya ragu dan takut beserta kasian jg kalo harus dioperasi. Kalo untuk proses operasi dan recovery pasca operasi untuk anak dan dewasa sama apa beda ya mba? Soalnya kalo googling serem jg recovery pasca operasinya..

  135. hari ke 5..lg sakit…kmaren udah aga mendingan stlh mnum obat..skrang obat nya di ganti….sakit nya g ilang….hadehhhh moga2 bsa cpt smbuh kya dlu lg deh….doakan y manteman

  136. Ikut sharing ya mbak..,
    Trims sudah menulis pengalaman operasinya, dikala saya berselancar kesana kemari untuk mencari referensi tentang operasi amandel.
    Usia saya 33 tahun, terlalu tua untuk operasi amandel. Namun tampaknya amandel tak mengenal usia.
    Senin 5 Oktober saya berkunjung ke RS. Hermina Grand Wisata untuk bertemu dgn dokter THT, Dr. Edy S., dengan keluhan nyeri telan (seperti terbakar), ternyata kondisi amandel saya sudah sedemikian parah (bengkak dan bernanah) sehingga dokter tidak mengizinkan saya untuk pulang ke rumah, tetapi langsung rawat inap untuk diobati/diobservasi kemudian dioperasi. Karena dokter bilang jika obat-obatan oral (melalui mulut) sudah tidak bisa saya konsumsi. Sehingga terpaksa melalui selang infus.

    Hari ketiga, 7 Oktober 2015 dilakukan proses tonsillectomy pada pukul 11.00–13.00. Alhamdulillah pukul 13.30 sudah berada di ruang pemulihan.

    Hari kamis 8 Oktober saya sudah diperbolehkan pulang, dan membuat temu janji dengan dokter yang sama di hari senin besok.

    Demikian pengalaman operasi saya, biaya yang dihabiskan di RS. Hermina adalah sejumlah Rp.19.000.000 (kamar kelas 2) karena saya bukan pengguna asuransi. Dan lagi Askes/BPJS tidak bisa digunakan untuk operasi THT di Rumah sakit ini.

    Sampai saat ini, H+4 post operasi saya tidak mengalami keluhan yg berarti, hanya saja masih makan puding, ataupun biskuit marie yg saya hancurkan dengan semangkuk susu.

    Thanks mbak Ailtje!

    “Jangan sampai amandel menurunkan kualitas hidup anda”

  137. kak kemaren aku radang kan trs aku periksa kedokter umurku 12th dan kata dokter amandelnya msh kecil trs aku dksh obat betadine gitu sm antibiotik trs 3hari kemudian sembuh dan antibiotik harus dihabiskan . radangku udh sembuh trs boleh nggak kak minum es? atau makanan sm minuman apa aja yg aku nggk boleh minum dan makan.

    jawab ya kak

      • Halo, aku baru selesai operasi amandel tgl 28 oct kemarin. Udah hari ke-2 pasca OP. Nelen masih sakit, makan masih ga nafsu. Yang paling berasa kuping sama kepala kalo dipake jalan. Mana kerjaan udah nunggu dikantor, ada pengalaman yang mirip2 kaya aku gak?

  138. Ngga dikasih, Mba. Pasca OP itu cuma dikasih antibiotik aja. Oiya btw ini seminggu pas saya pasca OP. Nelen udah gak sakit, makan udah gak sakit. Udah bisa makan nasi tim. Ini semua saya rasakan cepat karena konsumsi obat cina Pien Tze Huang, ini obat dahsat abis, memang rada mahal sih. Kalo gak salah kemarin beli itu hampir 1juta, tapi hasilnya beuhhh rasain deh. Buat yang masih suffering pasca OP amandel saya saranin buat konsumsi obat itu, bukan promosi atau jualan ya tapi pengalaman pribadi.

  139. Haha, itu cuma 5/6 kapsul aja gitu saya lupa. Emang gila sih harganya tapi saya dihari ke 7 pasca operasi saya udah bisa makan mie ayam, burger dsb hahahahaha!

  140. U know Mbak.. tulisanmu yang ini nih “Amit-amit deh jangan sampai ada yang harus operasi amandel, apalagi kalau udah tua. Proses recoverynya benar-benar menghilangkan lemak dari tubuh dan lama”.. ini buenerr 100% ahahaha

    aku baru operasi hari jumat kemarin (13/11) … dan sakitnyaaaa uhuuyyy banget yaa..
    (Terpaksa) makan bubur sumsum dan minum susu aja (padahal suami dengan gragasnya makan ayam bakar, rujak dan pempek megaria di depankuu.. hooo dia lupa katanya for better or worse hihihi)

    Baru hari ini (hari kelima) aku bisa abisin telur 1 butir.. rasanya bangga sekali,,, Wajah lumayan tirus, celana kendoran dan jalan agak kliyengan karena kurang makan.. ihihihih

    Ini cerita operasi pertamaku … aku skip adegan yang memalukan kala masuk ruang operasi disaat aku baca Ayat Kursi kenceng2 sambil pegangan sama suster cowok… dikira mau syuting uka uka apa yaak… ahahaha

  141. Mba aku udah 4 kali ke Rs , ada 1 Rs yang bilang aku harus operasi ..sedangkan dokter yang beda bilang ngk perlu operasi karena amandel ku masih T1 alias kecil, tapi udah sampai 8 bulanan aku ngk makan pedes minyak dan es karena kalau makan tenggorokan sperti ganjel dan rasa perih besoknya.. sampai aku bingung dan alasan aku ngk dioperasi aku takut jarum suntik ..hehehe.. tp aku ngk kuat juga begini trus…
    apakah dulu mba amandelnya sempat bolong2?

    • Hi Aldi aku gak bolong-bolong tapi ada bintik2 putihnya. Sejujurnya aku ngerasa hidup lebih enak setelah dioperasi, sudah gak sakit tenggorokan lagi kalau makan yang aneh-aneh. Kalau sudah gak kuat operasi aja (pastikan punya asuransi ya biar kantong gak jebol bayarnya).

      Seingatku kita gak disuntik kok, kan dipasangin infus nanti suntikan masuk diinfus. Minta suster yang paling senior dan yang paling sabar aja. Terus kalau mau disuntik bilang sama susternya kalau takut, susternya suruh ajak ngobrol dan suruh kasih aba-aba tarik napas panjang biar relaks. Cepat sembuh ya.

  142. Salam kenal mba, usia saya 17 tahun, saya ngerasain tiba tiba sulit nafas dari mulut, seperti ada yang mengganjal tapi untuk makan ga terasa sakit, cuman susah tidur, saya takut itu amandel, saya cari cari tau soal op amandel dan pas baca tulisan mbak saya jadi tambah takut hehe, saya memang belum ke dokter, karna masih dalam waktu UAS I sekolah, plus takut kalau disuruh op, gimana ya mbak?? Apa ga ada jalan lain selain di oprasi? Karna saya pernah dengar katanya sekarang ga perlu di oprasi tapi cuma disuntik aja buat ngecilin.

    Pas mba kena amandel ini apa mba bisa tidur?? Mohon saranya ya mba, makasih

    • Daripada tebak-tebak buah manggis, coba cek ke dokter aja, siapa tahu bukan amandel tapi masalah lain. Pun kalau operasi kan juga gak bisa langsung operasi. Lagian operasi gak ngeri-ngeri amat kok dan semakin muda semakin cepet proses penyembuhannya.

      • Alhamdulillah Amandel sy sdh diangkat 30nov kmrn dgn tehnik radio frequency di Rs Pondok Indah di puri indah kembangan jakarta barat..Total biaya sekitar 24 juta alhamdulillah skrg saya bisa senyum lega..

      • Mau tanya kalo habis operasi amandel posisi tidur paling enak gimana ya? Trus tiap buat minum air putih kok batuk batuk ya?

  143. Saya usia 17 ,senin kemarin saya operasi amandel, sekarang udah bisa buat makan nasi bayam sama abon, ada saran lain gak buat lauk makanan yg lainya? Dan apa pantanganya?

      • Kak, saya udah hari ke 4 setelah operasi, umur saya 12 Tahun, saya udah kyk biasa lagi, fit, nelen juga ga terlalu susah, udah 95% sehat, nah di menu yg di buat itu sebenernya udah ditentuin, sekarang saya harusnya makan bubur sum-sum dan golongannya, tapi saya ga sabaran, jadi hari ini saya udah makan bubur nasi sama ayam, saya ngerasa enak aja, kan kyknya saya emang udh bisa makan bubur nasi dan ayam walaupun gasesuai sama menu makanan sama yg di kasih sama rsnya, itu ngefek ga ka??

  144. Saya kan udah hari ke 7 setelah operasi, sudah bisa nelen cumakok kalo nelen ludahatau apapun kok telinga saya terasa sakit ya? Mohon bantuannya

  145. Halo saya mau nanya ni , tenggorokan saya sebelah kiri sudah merasa mengganjal kalau nelen ludah berasa ganjal dan sebelum sebelum ini memang suka sakit tenggorokan kambuhan skrng sudah 2 bulan rasa mengganjalnya , kemarin disarankan untuk operasi amandel kalau obat dari dokter yang kemarin saya kunjungi tidak sembuh sehabis memakannya , bagaimana saran mbak? TenggorokAn saya skrng berasa ada yang ganjel gitu

  146. mba maaf mohon dibantu informasinya, ibu saya umur 51 tahun amandelnya udah gede bgt dan mengganggu pernapasan, baiknya dioprasi apa gimana yah, kata dokternya sih bisa dioprasi tapi resiko besar, gmn menurut mba? mba berapa tahun? mana ibu saya sering batuk-batuk juga, takutnya pendarahan dan makin susah sembuhnya, mohon jawabannya mba, terima kasih.

  147. met malem mbk,,, saya udah hari ke 8 pasca operasi amandel,,,,, apa emang ada bekas2 benang jahit yg lepas nggak yah? Nie udah 2 yg lepas n keluar…. ada sakit sih dikit… takutnya sobek lagi 😢😱… normal ga sih???? TQ

  148. Halo mba Tjetje,
    Aku sekarang udah H+8 operasi, dan masih suffering, aku iseng browsing dan ketemu artikel ini, Sharing-nya berguna banget mba, bikin semangat dan ga merasa sakit sendirian lagi hahaha

    Aku mau sharing juga yah mba,
    Aku sudah punya amandel dari kecil dan jarang sakit, sampai beberapa bulan yang lalu. Akhirnya dengan desakan 4 dokter, aku akhirnya di operasi tanggal 19 feb kemarin, di umur 23 tahun.

    Operasinya memang ga kerasa, tapi pasca operasi… Beh! Aku cuma bisa nangis karena kesakitan, dokter bilang memang sakit banget, karena amandel ku gede banget dan tumbuh ke belakang sampai ke dekat telinga, jadi harus dikeruk dan bekas lukanya jelek banget, entah berapa jahitan. Sehingga aku masih diharuskan opname sampai hari keempat untuk observasi post op nya.

    Hari pertama cuma bisa minum beberapa teguk. Hari kedua minum susu dan minum milk tea plus pudding dan grass jelly. Hari ketiga sampai hari kelima masih makan bubur saring dan cuma bisa nelan beberapa sendok.

    Di hari keenam aku terbangun tengah malam, ada rasa mual dan gak enak di mulut, setelah dimuntahkan, isinya darah semua.
    Kaget, terpaksa dilarikan lagi ke igd, dan diharuskan opname lagi.

    Setelah observasi, ternyata hanya rembesan darah dari bekas operasi kemarin, dan mau gak mau pola makannya harus kembali ke hari pertama operasi, yaitu diet cair.. Padahal aku sudah membayangkan martabak bangka di hari kesepuluh pasca operasi hahaha.
    Tapi aku bersyukur karena gak harus operasi lagi, sempet takut banget pas dokter bilang kalau jahitan lepas harus operasi lagi, membayangkan sakit pasca operasi aja aku sudah tidak sanggup haha

    Sekarang aku di hari kesembilan pasca operasi, baru dibolehkan makan bubur saring, Dan memang bener mba, kata-katamu yang proses recoverynya benar-benar menghilangkan lemak dari tubuh dan lama benar-benar kurasakan. Aku sudah kehilangan 5 kilo dalam seminggu terakhir, dan aku saaaaangat merindukan nasi :))

    Yah walaupun menyiksa tapi aku bersyukur sudah melaluinya, dokter pernah bilang kalau amandel dibiarkan, bisa tumbuh ke rongga otak, kalau infeksi bisa jadi meningitis, kan serem.
    Anyway, buat yang baru selesai operasi, semoga cepat sembuh yaa hehe

  149. Alhamdulillah anakku 9 tahun tanggal 26 februari 2016 kemaren baru dioperasi amandel di
    RS. Pelaabuhan Jakarta, prosesnya cepat sekali 2 jam di ruang op 4 jam sudah sadar sepenuhnya…setelah itu ngomongpun normal, tidak mengeluh sakit..bahkan baru siuman dari bius sudah bisa minum air putih dan melahap satu cup es cream walls stroberry kesukaannya. mungkin benar recovery masa anak2 lebih cepat, seminggu sudah maem nasi biasa tapi untuk jaga2 tetap aku kasih dia nasi lembek…setelah dua minggu kontrol dr menyatakan benar benar sembuh dan boleh makan normal seperti biasa. Padahal sebelum op saya sebagai ibunya takut gimana pasca op…soalnya sharing dari temen2 diatas kan sakit dan susah makan minum ngomong…tapi ternyta itu tidak terjadi…

  150. Anakku umur 9 tahun tgl 26 Februari 2016 kemaren op amandel…prosesnya cepat sekali..2 jam op 4 jam sudah sadar sepenuhnya. Dan Alhamdulillah setelah sadar tidak mengeluh sakit, dan langsung bisa ngomong normal bisa minum air putih dan melahap 1 cup es cream walls kesukaannya. hari sabtu pulang dan hari senin sudah bisa sekolah, tapi sayang di sekolah mungkin dia salah makan krna jajan sembarangan hari rabu badannya anget kamis sempat muntah keluar darah beku..karena takut kularikan lagi ke rs…aku sudah pasrah seandainya harus dijahit ulang..tapi Alhamdulillah itu tidak terjadi..dr bilang itu karena batuknya keras jadi darah keluar…hari kamis jumat kembali maem cair…hari sabtunya bisa maem bubur..dan hari minggu dah diperbolehkan pulang. ngomong minum makan dah biasa..cuma untuk jaga jaga tetap kubikinin bubur..hari sabtu tgl 12 maret kembali kontrol dan kata dr tht sudah bagus dan boleh maem normal seperti biasa. Mungkin benar ya kalau masa anak anak recoverynya cepat…padahal sbelumnya saya sudah takut pasca op akan sulit ngomong sulit makan dan minum..alhamdulillah itu semua tidak dialami anakku…untuk teman2 maaf ya panjang..sekedar share aja siapa tahu berguna…intinya habis op itu kudu jaga makanan benar2..biar cepat pulih.

  151. Alhamdulilllah anakku 9 tahun pada tgl 26 februari 2016 kemaren menjalani op..mungkin benar ya karena masih anak2 recoverynya cepat..setelah sadar dari obat bius dia bisa omng normal, tidak mengeluh sakit, minum jg sudah biasa..bahkan bisa melahap es krim walls kesukaannya. sabtu pulang dari rs..seninnya dah masuk sekolah. sayang di sekolah mungkin jajan gak terkontrol hari kamis dia muntah darah terpaksa kularikan ke rs kembali..setelah diobservasi lagi ternyta cuma rembesan darah sisa op dan syukurlah tidak perlu dijahit ulang. awalnya saya sudah takut baca sharing teman2 habis op akansakit, susah ngomong dan susah maem tapi alhamdulillah anakku tidak mengalami itu. tgl 12 maret kemaren kontrol dan dr tht menyatakan dah baik dan boleh maem normal seperti biasa…sekedar sharing intinya habis op kudu menjaga makanan…jangan kalah sama pengen makan ini itu akhirnya malah bikin lama recoverynya.

  152. Umur saya 17th. Ini hari ke 5 pasca op amandel
    Saya adalah orang yang suka keluar malam hanya untuk mencari jajanan ( nasgor,capjay,bakso,mie ayam,dll ) kira2 butuh waktu berapa lama agar saya bisa merasakan makanan tsb. Soalnya udah hampir seminggu gak makan itu, kangen banget rasanya ( makan + pergi malem2 sama temen )

  153. ke RS ssmedika Jakarta aja, lebih nyaman tuh rumah sakit THT Bedah dan pasti sembuh
    deh tim dokter tht bedahnya under prof Helmi (suhunya dokter-dokter THT di Indo ), saya sudah kemana mana, sembuhnya di sana, memang waktu awal kaga yakin karena rs nya agak sepi, tapi ternyata puas banget sama pelayanannnya

  154. Huff..sedikit mau sharing niy..saya H+4 operasi amandel..sampai hari ini msh sulit menelan bibir atas bawah sariawan semua, klo tw pasca op bgni mnding kmrin ga jd deh..hee
    Dri awal kontrol dkter memang sdah blg ke saya, akan sya kurusin bdan km nanti..haha,,dan terbukti hri ke 3 pasca op sdah trn 3kg..
    Kira2 sampai hri ke brp ya sya bsa mnikmati menu2 enak dluar sana..:)

  155. Saya udah operasi amandel hampir 9 tahun yang lalu,umur 6-7 thn tepatnya
    Dulu masih tinggal di pekanbaru,dokter bilang suruh operasi,dan beberapa bulan kemudian,saat ke malaysia,sekalian operasi
    Sama dokternya cuma disuruh hitung 1-10 abis itu blek,udah gatau apa apa lagi
    Bangun bangun tenggorokan sakit,dikasih minum sama mama,trus istirahat deh
    Post operasi,sama dokter disuruh minum obat + icecream,jadi duku walls vinetta yang sekotak aku abisin sendiri
    Oiya,sorenya setelah operasi langaung makan KFC loh :D,obatnya kaya permen gitu wara merah

  156. Alhamdulillah baru selesai operasi. Karna sengaja pengen daftar TNI. Baru hari ke 2 setelah operasi. Tapi nelen ga enak mulu hehe. Sama kepala sering pusing. Kenapa ya?

  157. Hai mbak.
    Senang akhirnya ketemu tulisan ini.
    Aku umur 25 tahun di bulan july bln depan. Sebulan ini aku sudah kena radang tenggorokan 2x. Dan setiap taun setidaknya aku kena rada 1x sejak tahun 2009. Radang pertama dibulan may aku ke UGD krna demam tinggi dan sakit kalo nelen makanan. Dan saat itu aku sembuh dlm waktu 3 hari aja. Setelah itu aku coba makan pedes lagi dan gak kontrol makanan alhasil seminggu kemudian aku kena lagi tapi gak demam hanya saja seperti ada yg tersangkut di tenggorokan dan sakit. Setelah aku coba senter tenggorokan, kaget krna tenggorokan membesar dan anak lidah jg aneh banget ujungnya. Jd mlmnya aku coba ke dokter THT dan hasilnya disuruh operasi kalau bisa secepatnya. Tapi aku masih pikir2 juga dgn biaya yg besar dan beberapa org yg sudah melakukan operasi menyarankan agar tidak operasi dan lebih ke obat herbal karena alasannya setelah operasi tubuh akan sering terkena sakit, kena debu langsung sakit. Itu yg membuat saya juga bimbang untuk operasi karena setelah operasi saya juga tidak mau penyakit lain menghampiri. Saya sudah mencoba membaca semua koment di atas tapi tidak saya temukan efek jangka panjang dari pasca operasi ini. Mohon sharing teman2 yg sudah operasi diusia dewasa. Dan setelah menjalani waktu yang lama apakah ada efek yg segnifikan bagi tubuh?

    • Itu yang ngasih saran obat herbal jualan obat herbalnya ya? Saya gemes deh sama yang suka ngasih2 saran obat herbal gini, kadang suka lebih tau dari dokter yang sekolah berkali-kali. Maaf ya emosi jadinya.

      Sama seperti Anda, saya juga menunda-nunda operasi karena takut dengan konsekuensinya. Tapi sejujurnya, begitu selesai operasi saya menyesal, harusnya dari dulu-dulu aja operasi biar gak radang melulu sampai tonsil jadi gueeeede.

      Soal biaya mahal, coba menggunakan BPJS deh. Hanya 50ribu per bulan. Tapi bayar BPJSnya tiap bulan ya, jangan ketika sakit saja.

      • 1 minggu lalu juga saya kena radang (radang ketiga sejak januari), konsul ke doktr tht.
        memang katanya lebih baik dioperasi karena udh bengkak. saya laki2 umur 22th, kata dokternya, ‘nanti kan dia jadi kepala keluarga masa sakit2an gara2 amandel’.
        trs ibu saya nanya, nanti kalo amandel diangkat saya bakal gampang sakitan dong? kan amandel itu utk daya tahan tubuh
        dokternya jwb, itu yg bilang kaya begitu siapa? amandel itu efektif sampe umur 2 tahun. soalnya umur sgitu sum2 tulang blkg blm sempurna jadi daya tahan tubuh dibantu sama amandel.

        jadi, amandel memang berfungsi sbg daya tahan tubuh TAPI sampe umur 2 th saja.

        btw saya masi stgh2 ni mau operasi, takut sama sakit pasca operasinya hahaha
        tapi males juga kalau radang kambuh saat ga tepat

      • Silahkan di google deh, ada banyak memang yang mengatakan bahwa amandel itu sudah tak punya fungsi makanya sebaiknya diangkat kalau bikin sakit. Jangan lupa memastikan punya BPJS ya.

        Saya jarang radang tenggorokan, paling sakit kalau perubahan musim atau musim dingin saja. Disini cuaca tentu saja berbeda dengan di Indonesia ya.

        Cepet sembuh ya.

  158. Hai Mbak.. Salam kenal dari aku ya…

    Seminggu terakhir ini, aku tertarik dengan kata AMANDEL. Karna dari seminggu kemarin, aku bersin, hidung meler, susah nelan, tenggorokan sakit, batuk kering dan ujungnya demam. Aku termasuk orang yang paling malas ke dokter dan anti obat. Awalnya aku hisap FG Troches, tapi yang kali ini kayanya parah banget. Akhirnya aku makan obat pilek dan radang supaya nggak nularin ke anggota keluarga yang lain khususnya anakku. Cuma nggak sembuh2 dan berakhir dengan suara bindeng nyaris hilang suara, telinga pengeng, batuk2 dan lebih ke batuk berdahak dan sinus pun kambuh. (tahu klau divonis sinus 3 bulan yg lalu oleh dr. tht)
    Penyakit ini (selain sinus ya), udah dari sd aku alami. Tapi kalau udah dipaksain ke dokter sama ortu, dokternya g pernah bilang sesuatu tentang amandel. Jadi ya biasanya kalau udah sakit, ngga minum dingin, no goreng2an trus nunggu sesembuhnya aja dan biasanya lama.
    Nah, waktu aku baca postingan mbak ini, aku jadi kepikiran apa iya aku juga harus operasi amandel ya. Karena setahun terakhir ini terkadang aku susah nafas (megap2 nyari udara), kata suamiku terkadang juga tidurnya ngorok. Mengenai susah nafas ini aku pernah ke dr penyakit dalam, kata dokternya: susah nafasnya karena aku lgi mikirin sesuatu sampai stress dan asam lambungnya naik karena telat makan (padahal jarang telat makan). Sempat kepikiran apa karena kegemukan ya. Dulu sebelum hamil berat 50, sekarang 62.
    Nah sekarang makin sering kesulitan hirup udara yg masuk ke hidup.
    Apa emang harus cek ya Mbak. Udah takut aja nerima diagnosa harus operasi amandel. huaaa.. takut..

    • Halo Yeni, maaf ya saya terlambat membalas. Untuk amandel sebaiknya di cek ke dokter saja, jangan self-diagnosed. Nanti dokter yang berhak menyarankan untuk operasi atau tidak. Jika beneran amandel, operasi amandel itu tidak menyeramkan kok dan tubuh manusia pasti kuat untuk proses penyembuhan. Mungkin kalau kata saya, melahirkan itu lebih mengerikan.

  159. baru seminggu bis oprasi amandel, waktu op sih ga rasa apa2 waktu kluar dr ruang op jg langsung bsa ngomong, stengah sadar ga tw lg dmn langsung nanya “udah selsai yaa??” hehehhh, dua mlm di rs bisa ngomong, ga rasa sakit sama skli.. mngkn karena obat injeksi.ea yaa… tp aq tiap di suntikkn obat lewat infus suka rasa sakit dan lidah tiba2 trsa tebal… stlh pulang di rumah baru trsa nyeri di tenggorokkn bicra jg agak sulit, bisa bicra tp suara.ea pelan, mngkn org yg dngr jd kshn dngr.ea….
    sampai skrg msh skit, mn sariawan dmn2… rasa.ea sih ga beda jauh sama radang tenggorokkn, tp takut.ea lw di pksa mkn yg keras jd mlah kbuka bkas op.ea…
    doain yh moga cpt smbuh, gathan jg bgni, pngen mkn pangsit… hehehhh… btw waktu mw op dokter.ea yg khawatir krna tkut ad ap2 slma proses, krna aq ad penyakit jantung, tp alhamdulillah smua lancar, cma mlm stlh op sempat batuk kirain dahak yg kluar tau2.ea darah mnggumpal, tp kata dokter itu ga apa2… smoga yg op amandel bisa cpt smbuh dn bisa mkan enak lg 😀

  160. Aaaaaaaa ,,,, OP atau gx ya.. Katanya amandel ku udh kronis.. Malah sempet pas kumat ampe pingsan saking parahnya.. Udh coba alternatif tpi gx ngefek.. Malah kluar uang bnyak gx ngefek.. Mau OP biaya nya mahal gtu ya.. Apalagi d kota ku pelayanan BPJS d beda”in. . Jd lebih baik gx pke BPJS gtu.. Tp mahal bnget 😢 ,, mudah”an tahun ini biaya nya ada untuk segera OP . . Cape juga klo udh kumat ..

  161. Ank saya umur 9 thn ,,, sdh 10 hari operasi amandel..
    Hari ini pesan dokter batu boleh makan nasi,,sudah tidak sakit lagi,,
    Tapi yg buat saya khawatir kok suara nya berubah yah, setelah operasi amandel,,,,
    ,terus kira2 sampai kapan y ,, suara nya akan kembali normal..?

  162. Good day, mba..
    5 hari lagi saya dijadwalkan operasi amandel. Usia saya 36. Dokter bilang semakin tambah usia, semakin besar resikonya & semakin lama recoverynya. Boleh tau kah, pas operasi mba usia berapa? Terimakasih

  163. Good day, mba..
    Boleh tahu kah berapa usia mba waktu operasi?
    Saya operasi 5 hari lg. Sekarang usia 36. Dokter bilang makin tambah usia makin beresiko & makin lama recoverynya. Terimakasih

  164. Sya udh kena amandel 5 tahun tpi belum operasi.dokter di puskesmas bilang gk bleh di operasi masih kecil (gk tau yg kecil itu amandelnya atau sya nya krn sya msh 12)tpi sampe skrg amandelnya malah tambah besar,walaupun sebenarnya sya memang pengen di operasi.jdi bingung TwT

  165. hay, aku sudah punya amandel dari usia 6 tahun dan sekarang usia saya 22 tahun. amandel kanan dan kiri saya semakin besar. hanya saya tidak pernah mengalamai kesulitan pada saat menelan makanan maupun minuman, hanya ketika saya terserang flu dan batuk lendir saya banyak sekali dan kurang pede dengan bau mulut yang kadang muncul.
    saya sudah dianjurkan untuk dioperasi hanya saya takut, boleh tw berapa yah biaya operasinya??
    mohon di balas yah 🙂
    Thank you 🙂

  166. Haduh mbak serem dah operasi mah.. gak mau 2 kali operasi amandel.. saya masih menderita makan ama minum ampe saat ini.. sakit bgt dah.. hadeew

  167. baru denger dari rekan kerja dan konsul dengan dokternya langsung, masa pemulihan untuk orang dewasa, 7 hari, sehari setelah operasi boleh makan seperti biasa, operasi ini hanya memotong 1 syaraf, dia pake teknik diseksi which is cara tradisional, di RS Surya Husada Nusa Dua, dg dokter Putu Agus Setiabudi Sp.THT, semoga membantu.

    saya masih ragu2 utk operasi belum ada konfirmasi ke asuransi apakah ditanggung semua, saya pake axa jg, sama kyk mbak binibule

  168. hi mba.. mau sharing, ini udah hari ke 4 pasca operasi amandel.. rasanya, nyiksaaaaaa… laperrrr tp gk bisa makan. hari kedua stlh operasi sok2an makan nasgor, bisa sih makannya pelan2, tp diomelin dokternya… skrg sih yg paling bisa masuk ya cuma susu dingin dan jus dingin.. bubur aja susah ketelen… cuma kalau bangun pagi tuh rasanya kepala sama leher belakang sakitnya minta ampun 😦

    oh ya biaya utk operasi amandel itu lumayan mahal juga, untung aku ditanggung asuransi full…
    doakan semoga saya cepat pulih ya, udah pegel dan pengen makan enak2..huhuhuhu

  169. hiii.. mau sharing aja, ini udah 5 hari pasca operasi amandelku..oh ya umurku 29 tahun… ehhehhe…sebenrenya operasi amandelku tuh udh harus dr 2 tahun lalu mungkin tapi ya emang penakut jadi ditunda2 trus.. amandelku udah nutupin saluran pernafasan, jd kalo tidur ngoroknya parah dan suka henti nafas (kata suamiku).. akhirnya yaudah drpd kesiksa terus dan suami juga kesiksa krn gk bsa tidur aku mutusin dengan sok berani untuk operasi.
    pas operasinya sih aman, sesudahnya juga ya masih bisa ditahan deh, tapi entah kenapa setelah balik kerumah kondisinya makin gk enak… sakit kepala bagian belakang sampe ke kuping dan kepala, sakit di tenggorokan dan bahkan aku sampai sesak nafas.. hmm,normal gk sih ya??

    untuk mkanan sih aku udah coba2 makanan lain selain bubur, tp gk banyak.. sisanya kalau laper cuma minum susu dingin / jus dingin… lumayan nenangin tenggorkan yang nyeri..

    buat yg bermsalah sama amandel dan udh kronis, better diangkat.. gpp deh nyeri2 drpd efekny panjang kemana2…

    semoga kita semua selalu dikasih kesehatan yaa 🙂

  170. Besok aku mau operasi amandel nih, kalo sebelum operasi emang harus puasa dulu ya? Tapi dokter Ku tadi ga bilang suruh puasa, lagian tadi ada nurse yg bawain makanan ke kamar inap Ku.

  171. Hi kakak..
    Aku baru aja selesai menjalankan operasi amandel..
    cm mau sharing dikit nih..
    apa memang bener ya pemulihannya itu lama?
    aku baru umur 19 thn dan operasi pertama
    untuk bisa makan normal butuh wktu berapa lama ya kak?

    thanks 🙂

  172. Hallo, aku abis op amandel sekarang udah hari ke 6 pasca op. Rasanya tenggorokan masih sakit, baru kemarin paksain makan bubur. Kangen makan nasi, nyoba makan nasi KFC yg lembek ternyata msh ga kuat huhu (manja). Btw makasih ya buat yg punya blog ini dan kalian yg udh share pengalamannya di blog ini karena dr sebelum op sampe saat ini selalu rajin bacain komennya buat referensi diri sendiri hehehe

    btw aku op di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading kelas 1 dengan total 29jt lebih huf untung pake asuransi coba kalo engga. setelah ini baru sadar kalo sehat itu mahal guys ! 🙂 semoga kita semua selalu diberi kesehatan ! amin

  173. Hallo semua salam kenal…. usia saya menginjak 29 th.. sebenarnya dari umur 22 th sudah disarankan dokter op.. tapi mama saya takut.. saya jdi nya takut juga.usia 25 th sy menikah dan pnya anak dg lahiran sc, ngerasain namanya anastesi sakit setelahnya luarrr biasaa…tp aman sy lewati..krn 5 hr stlhny sy minum obat cina,smpailah di usia 29 ini amandel saya sepertinya udb besar ad putih2 dan nafas di kerongkongan rasanya tersengal2..nafas rada sesak..dlm wktu dkt sy mau kontrol tht.. agak takut tapi liat postingan ini sdikit membantu..

  174. wah ngga sengaja bacabaca comment dari kaka semua.
    aku mau curhat nih ka, mau minta konsultasi juga. ceritanya gini,aku punya amandel udah besar juga. sebenernya sih waktu kecil mau di operasi. tapi dokternya nyaranin tidak usah dulu,karena belum ada efek apapun. katanya efek nya sesak nafas,sering panas,pusing,batuk,flu juga. sekarang aku udah gede umur 16th nah sekatang udah banyak keluhan. buat nafas aja susah,apalagi buat nelen liur. dan rencana ini mau dioperasi. kirakira iya apa engga ya kak ? sakit engga si ? terus makannya gimana ? apakah suara nya akan berubah ?

  175. hahahhaa..bacanya dr mulai serius mpe ketawa…saya baca ,au cr informasi..soalnya suami kmrn hbs operasi amandel dannnnnn ngeluh sakit mulu…kasian dengernya…tp baca ini saya malah ketawa2….( duhh maaf ya suami )…

      • Sis tjetje saya (25)saya sdah 2 thn ini mrasakan rdang amandel 2 bln yg lalu sya mrsakN skit luar biasa mkan mnum gak bisa smpe nangis krna pengen makan,stlah it suami beliin mie ayam krna sdah klaparan lnsug mkan deh eh gak prlu wktu lama tnggorokan berasa terbakar luar biasa sakit saya pnasaran kok rasany panas sya ambil senter ngaca oh noooo trnyata di amandel sya ad bintik2 brnanah sya tkut lnsug ke rs di situ lnsung di rwat 3hari smbuh,2bln stlah ny amandel kmbuh lagi tp gak bernanah cma bolong2 aj,di sini yg mau sya crtakan sya mngidap hypertiroid(gondok beracun)pas tiba wktu ny sya konsul k spesialis dlam di tnya keluhan ny sya bilang sya ssah nelan di senterin lah tenggorokan sya dokter pun sarani sya op knsul k tht sdah prah ktny,,saya mau tanya apakah aman untuk penderita tiroi buat op amandel trimakasih

Show me love, leave your thought here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s