Tertikam Pilu di Serambi Mekkah

Dari pasca tsunami hingga saat ini, tak terhitung berapa kali saya menjejak di Aceh, menikmati ayam tangkapnya, asam udangnya dan menghirup aroma kopinya. Ada banyak tempat menarik di Banda Aceh, tapi dua yang paling saya rekomendasikan adalah PLTD Apung dan Kedai Kopi Jasa Ayah.

PLTD Apung                                         

Setiap kali naik ke PLTD ini hati saya pilu dan tersayat, teringat  ratusan ribu saudara kita di Aceh yang tahun 2004 lalu diguncang gempa besar lalu dihempas tsunami. Begitu kuatnya tsunami sampai-sampai kapal seberat 2.600 ton yang saat itu berada di laut terseret hingga sejauh 3 KM ke daerah Plunge Blang Cut dan dan menimpa beberapa rumah di bawahnya. Konon di bawah kapal ini ada beberapa jenazah yang tak pernah bisa dipindahkan.

CIMG6154

View from the top

Waktu awal saya kesini, tak ada pungutan ataupun batas jam kunjungan. Tapi tahun kemarin ketika saya kembali, banyak hal yang berubah. Area sekitar PLTD sudah ditutup pagar rapi dan pengunjung tak boleh masuk saat waktu Sholat tiba karena pagar dikunci. Berapa biaya masuknya? Gratis!

IMG_2794

Bajunya harus sopan ya, kalau gak sopan nanti ditangkap Polisi Syariah

Warung Kopi Jasa Ayah

Seorang rekan yang juga ex-combatant bercerita bahwa sebelum perjanjian damai di Aceh ditandatangani, kedai kopi yang berada di Ulee Kareng ini sering disinggahi para Tentara Indonesia dan juga petinggi GAM. Rupanya ketika di dalam warung kopi, baku tembak terlupakan. Bagaimana tak lupa jika kedai ini menawarkan aneka rupa kopi yang nikmatnya menusuk kalbu. Beberapa kopi racikan Aceh yang khas antara lain kopi hitam tanpa campuran apapun, kopi susu yang memadukan susu dan kopi, juga kopi sanger yang berisikan kopi, susu kental manis, serta gula. Untuk menambah energi, sekali-sekali cobalah kopi kocok yang dicampur dengan kuning telur ayam kampung. Kopi –kopi ini disajikan bisa dingin ataupun panas, sesuai selerai.  Harga kopi ini pun tergolong murah karena tak mencapai sepuluh ribu rupiah per gelas. Yang istimewa, minum kopi di Aceh juga ditemani aneka rupa jajanan nikmat yang lagi-lagi harganya bersahabat dengan kantong.

Kopi Solong

Nama warungnya Jasa Ayah, tapi lebih ngetop dipanggil Solong Coffee karena pemilihnya bernama Abu Solong

Kendati tak ada larangan bagi perempuan untuk duduk di kedai kopi, jumlah pria di kedai kopi jauh lebih banyak ketimbang perempuan. Jarang sekali saya melihat perempuan nongkrong di kedai Kopi Jasa Ayah. Uniknya di Kedai Kopi Solong ini, nama lain Kedai Kopi Jasa Ayah, tak ada Wifi. Rupanya interaksi antar manusia dianggap lebih penting ketimbang interaksi dunia maya.

Tsunami yang memporak-porandakan beberapa wilayah Aceh tak mampu menghancurkan keelokan wilayah ini. Kini, setelah lebih dari 8 tahun perjanjian damai di tandatangani, para penyuka jalan-jalan dapat dengan mudah mengakses Banda Aceh tanpa rasa takut akan letusan senjata. Untuk mendapatkan penerbangan ke Bandara Sultan Iskandar Muda yang murah, silahkan cari tiket pakai www.skyscanner.co.id. Skyscanner ini website pencari tiket termurah, bukan website buat jualan tiket. Biasanya pemburu tiket murah kan suka buka banyak tabs di komputernya, pegang pensil dan bikin coretan harga-harga tiket. Sudah nggak jaman lagi karena sudah ada skyscanner, jutaan penerbangan akan kelihatan harganya dan bisa disortir harga yang paling murah, lama penerbangan, hingga maskapainya. Jadi bisa lebih hemat & kalau hemat uangnya bisa buat beli oleh-oleh khas Aceh, ayam tangkap, pia sabang atau bubuk kopi Solong!

Anyway, di atas saya nggak nulis gimana caranya mencapai tempat-tempat tersebut. Harap maklum, di Aceh nggak ada taksi, jadi kalau mau keliling-keliling harus sewa mobil. Berita baiknya, sewa mobil (dan juga hotel) bisa dicari via www.Skyscanner.co.id. Praktis kan?

Skyscanner 1

Skyscanner juga sudah ada aplikasi androidnya, jadi kalau bengong mending cari tiket murah di HP. Hasilnya, minggu depan ke Ambon dan akhir bulan saya ke Bali #pamcol.

Kalau kamu habis ini pengen liburan kemana?

Tulisan ini diikutsertakan dalam kompetisi #SkyscannerSeru #WisataIndonesiaKita Bloscars 2014.

Advertisements

20 thoughts on “Tertikam Pilu di Serambi Mekkah

    • Yaaa cumiiii, udah jadi juara masak ga tahu ada sewa mobil di Skyscanner.

      Aku lebih suka asam udeung ketimbang sambal. Udah dicampur belimbing wuluh, serai dan dan daun jeruk. Seger. Aduh laparrrrrr

  1. Baca ini jd inget sepupu n sodara2 ku yg selamat dari tsunami di aceh thn 2004 lalu. Bapatuaku selamat krn naik ketiang listrik.sepupu2 selamat krn naik keloteng gereja. Tp rumah dinas ambles. Btw jd pngn intip2 skyscanner nih

    • Cerita Tsunami di Aceh selalu memilukan. Dulu tiap kali ada acara di Aceh orang ngasih testimonial berapa anggota keluarganya yang hilang dan bagaimana mereka move on.

      Btw, tiket yang murah ke Bali, tanggal 30 Maret, buat Nyepian 😉

Show me love, leave your thought here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s