Hadiah-Hadiah Khas Natal

Momen Natal di sini itu momen yang meriah. Rumah-rumah dan pusat kota dihiasi berbagai ornamen Natal. Toko-toko sendiri juga berlomba-lomba memamerkan dekorasi terbaik, membagikan hadiah dan coklat, serta menyajikan musik natal secara langsung. Natal yang identik dengan berbagi, baik itu berbagi hadiah atau beramal, juga identik dengan belanja. Belanja menjelang Natal itu mengerikan banget, karena satu Irlandia tumpah ke Dublin. Satu Irlandia ya, bukan satu Dublin lagi. Toko dan jalanan penuh dan para pegawai retail terlihat kelelahan dan tak jarang, nyolot.

Mumpung menjelang Natal gini, saya ingin sedikit berbagi tentang keruwetan mencari hadiah untuk acara tukar kado, yang di Irlandia lazim disebut sebagai Kris Kindle ataupun mencari hadiah untuk anggota keluarga. Untungnya ya, di keluarga besar di sini, kami tak perlu membeli hadiah Natal untuk semua orang. Cukup satu orang saja. Tapi tetap aja ribetnya bukan main, karena harus nyari hadiah yang sesuai. Nah setelah beberapa Kris Kindle, saya menemukan tipe-tipe hadiah yang paling sering diberikan:

  • Krim tangan dan pelembab bibir

Dua produk ini merupakan produk andalah selama musim dingin, karena bibir dan tangan yang cenderung kering. Lagipula pelembab bibir ini juga sangat penting ketika akan diwawancara oleh wartawan #EhKokNyindir. Fungsi mereka yang penting membuat kedua produk ini menjadi barang yang paling sering diberikan sebagai hadiah Natal. Bahkan salah satu merek Perancis yang handcreamnya terkenal okay sampai siap sedia dengan produk yang sudah dibungkus rapi.

Saking seringnya barang-barang ini diberikan, sampai detik ini saya hanya pernah membeli kedua produk ini satu kali saja. Sisanya dapat hadiah dan tak perlu beli lagi hingga beberapa Natal ke depan. Kalau produknya gak expired ya.

  • Toiletries dan parfum

Tiap natal itu toko-toko itu menyediakan banyak pilihan set parfum dan toiletries untuk berbagai budget. Dari yang paling murah sampai yang mahal. Parfum biasanya dipasang-pasangkan dengan sabun atau krim pelembab tubuh. Di Indonesia box set ini juga ada ketika musim liburan, tapi ragamnya, menurut saya lebih banyak di sini. Mungkin karena banyak orang memang mencari box set ini ketika menjelang Natal. Box set ini juga seringkali digunakan untuk hadiah ulang tahun, karena praktis.

Ragam parfum dan toiletries ini lebih banyak untuk perempuan ketimbang untuk pria. Sementara salah satu brand pria yang paling sering  saya lihat bermunculan saat Natal adalah Nivea. Mungkin pria-pria ini kalau lihat hadiah ini akan berseru: “Ah Nivea lagi”.🤣

  • Sikat gigi elektrik, celana dalam dan kaos kaki

Mencari hadiah Natal untuk pria itu tak semudah untuk perempuan. Pilihan untuk pria sebenarnya banyak, tapi entah mengapa kalau Natal kebanyakan orang memilih sikat gigi elektrik, celana dalam dan kaos kaki. Dua produk terakhir ini biasanya sudah diletakkan dalam kemasan kotak rapi, jadi mudah dibungkus. Produk-produk ini juga diletakkan di lokasi strategis, jadi mudah dijangkau.

Saya yang tadinya anti memberikan kaos kaki, karena standar banget, tahun ini breaking rules dan memberi satu boks kaos kaki lucu-lucu untuk bekas murid saya yang baik banget. Ternyata, memberikan hadiah seperti ini itu praktis, gak pakai pusing dan membungkusnya pun mudah. Tapi saya bayangin yang terima hadiah gak akan terlalu excited.Minuman keras & anggur

Konsumsi minuman keras pada saat Desember ini mungkin jauh lebih tinggi daripada bulan lainnya, selain karena konsumsi ketika orang bertemu di pub juga karena orang memberikan minuman keras sebagai hadiah, ragam minuman kerasnya macam-macam, dari anggur, prosecco (orang sini jauh lebih menyukai prosecco ketimbang champagne) hingga vodka, Baileys atau minuman lain. Minuman-minuman ini kemudian dibungkus dalam tas-tas yang lucu. Craft beer yang popular sejak berapa tahun belakangan juga sering diberikan sebagai hadiah dalam bentuk parsel cantik.

Tahun lalu, kami menerima sebotol wine dari sebuah perusahaan dan botol wine yang kami terima ditempeli dengan kertas yang bertuliskan ucapan selamat tahun baru, lengkap dengan nama perusahaan ini. Pintar sih, karena botol tersebut harus diminum dan tak bisa diberikan ke orang lain.

  • Hiasan Natal

Hiasan-hiasan untuk pohon natal juga menjadi salah satu pilihan hadiah yang seringkali diberikan. Beberapa hiasan bahkan dilengkapi dengan nama atau ucapan selamat natal untuk menjadi pengingat natal tahun tersebut. Salah satu merek lokal yang menjadi favorit banyak orang adalah Newbridge. Newbridge sendiri merupakan nama sebuah lokasi di Co. Kildare dimana produk-produk ini dibuat. Kebanyakan produk mereka sendiri disemprot perak, tapi bukan perak murni 925 seperti di Celuk atau Kotagede ya. Walaupun harganya jauh lebih mahal daripada perak beneran.

  • Penganan Natal

Mungkin ada yang bertanya-tanya, bagaimana dengan makanan? Parcel kue kering seperti di Indonesia sendiri gak lazim, kalaupun ada kue yang diberikan biasanya Christmas pudding, panatone, coklat atau biskuit berbalur coklat hasil beli. Jarang sekali saya melihat orang yang memberikan biskuit atau kue hasil buatan sendiri.

Tahun kemarin saya membagikan kaastengels dalam toples kecil untuk tetangga, karena saya kehabisan kartu Natal untuk mereka. Beberapa minggu kemudian toples ini dikembalikan, beda banget dengan di Indonesia. Tahun ini saya memilih gak bagi-bagi kue karena sibuk dan sampai saat ini belum nemu keju yang biasa saya pakai.

Penutup
hadiah Natal tak terlalu penting, yang terpenting adalah momen bersama keluarga. Ketika tulisan ini dipublikasikan, saya bisa dipastikan sedang berada di tengah-tengah keluarga sembari melihat para keponakan kegirangan luar biasa ketika membuka hadiah-hadiah Natalnya. Hadiah Natal penuh kebohongan, karena diklaim sebagai hadiah dari Santa. Wajah girang mereka akan menjadi hadiah terbaik saya, karena tahun ini kami belanja gila-gilaan untuk mereka, karena Natal adalah momen ajaib bagi mereka.

Selamat Natal bagi kalian yang merayakan semoga Natal kalian damai . Bagaimana kalian menghabiskan hari ini?

xx,
Ailtje

Advertisements

15 thoughts on “Hadiah-Hadiah Khas Natal

  1. Seruuuuuuu, emang ngeliat muka yg terima kado itu seru bgt ya. Kalau ibunya Matt pake acara nangis2. Yg lain biasanya punya semacam dance utk nunjukin kalau mrk happy sama kadonya hahaha. Trus kalau gak cocok mereka gak masalah bgt dikembalikan hadiahnya ke toko trus diganti yg kt suka 😄. Selamat Natal yaaa Ai dan keluarga

  2. Selamat natal mbak Ail!!! Aku suka lho dikasih kaus kaki. Anehnya banyak joke tentang orang2 yang nganggep dikasih kaus kaki tuh awkward dan aneh banget. Padahal kan enak, apalagi biasanya kaus kakinya buat di dalam rumah dan hangat. Kadang lucu-lucu juga…

Show me love, leave your thought here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s