Menghitung Prorata Salary

Postingan ini pernah dimuat di Multiply pada Jan 20, ’09 12:09 PM
Banyak di antara kita yang bingung bagaimana menghitung gaji secara prorata, hal sepele, kalau menyangkut uang, bisa jadi pemicu keributan yang buntutnya musuhan, nggak ngomong, atau bahkan membunuh. Berdasarkan pengalaman di kantor saya terdahulu, serta konsultasi pada bagian HR serta keuangan dari berbagai organisasi, sampailah saya pada kesimpulan cara menghitung gaji secara prorata. Ini merupakan kesimpulan saya sendiri yang digunakan pada banyak organisasi, tetapi bukan merupakan general konsensus. Tiap organisasi memiliki cara perhitungannya masing-masing. Jadi silahkan dikonsultasikan dengan bagian HRD.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghitung salary prorata adalah jumah hari kerja, dari Senin sampai Jumat. Ada beberapa kantor yang menerapkan Senin hingga Sabtu, tetapi saya akan fokus lima hari saja, supaya mudah membagi waktu kerja minimal 40 hari yang sesuai UU ketenagakerjaan. Kecenderungan umum yang terjadi, hari kerja kita dihitung secara general sebanyak 22 hari kerja. Perhitungan 22 hari kerja ini timbul karena dalam satu tahun ada 52 minggu, yang artinya 260 hari kerja, 260 hari kerja ini kemudian dibagi menjadi 12 bulan, hasilnya 21,6 hari yang dibulatkan menjadi 22 hari.
Sebagai contoh mari kita ambil bulan desember 2008 kemaren yang memiliki 23 hari kerja. Nah bagaimana cara perhitungannya? Nah, ini tergantung pilihan dan standard masing-masing kantor. Mau ikut yang 22 hari itu silahkan, atau mau pakai yang bagi hari kerja sesuai jumlah hari kerja di bulan tersebut juga silahkan. Kalau pas bulannya cuman 21, maka gaji harian jadi besar, tetapi jika menggunakan 23 hari otomatis gaji harian lebih kecil. Rugi bandar. Saran saya sih mendingan ambil yang tengah-tengah saja.
Bagaimana dengan tanggal merah yang jatuh pada hari kerja, misalnya Senin tanggal 26 Januari ini bertepatan dengan Imlek? Hari libur yang jatuh pada hari kerja semestinya tetap dihitung sebagai bilangan pembagi, karena hari Senin adalah hari kerja. Bayangkan saja jika satu bulan isinya tanggal merah semua,  tak ada satu hari kerjapun, apakah kita tidak digaji? Nggak kan?
Setelah menentukan bilangan pembaginya, lalu hitunglah gaji secara harian. Misalnya, gajinya 22 juta perbulan (biar gampang aja baginya) dibagi 22 hari, maka gaji per hari adalah 1 juta rupiah. Jika orang ini hanya masuk sepuluh hari kerja (catat hari kerja ya, bukan akhir pekan), berarti gaji prorata yang akan diterima adalah terima sepuluh juta saja. Sepuluh hari kerja memang dua minggu kalender, tapi buka berarti gaji bisa langsung dibagi dua, kalau dibagi dua langsung ya rugi perusahaan.
Perhitungan ini tak terlalu ribet kan? Nah sistem pembagian ini bisa digunakan juga untuk menghitung lembur. Caranya gaji harian tersebut dibagi delapan jam kerja. Sekali lagi ini dengan asumsi kita hanya bekerja lima hari kerja, delapan jam sehari. Dari situ ketemulah gaji perjam. Gaji ini tinggal dikalikan dengan jam lembur. Tapi hati-hati ya kalau menghitung lembur, di beberapa tempat, lemburan ini akan dikalikakan dua kali, tiga kali, bahkan empat kali tergantung berapa jam lemburnya per hari.
calculator
Perhitungan prorata THR sendiri berbeda dengan perhitungan prorata gaji harian. Prorata THR dihitung dengan cara membagi gaji selama 12 belas bulan, karena THR didapatkan setelah satu tahun kerja. Setelah ditemukan ‘THR bulanannya’ tinggal dikalikan dengan jumlah bulan sang pekerja, biasanya pekerja baru, bekerja di tempat tersebut.
Jika masih bingung dan tak paham, silahkan konsultasi pada saya, akan saya coba bantu. Email saya bisa ditemukan di sini. Mohon jika ingin konsultasi tuliskan informasi yang lengkap seperti masa kerja, tangal masuk dan tanggal gajian.
xx,
Ailtje
Catatan: Pada pembagian hari, menurut UU Ketenagakerjaan pasal 17 ayat 2, prorata seharusnya dibagi menjadi 21 hari. Tetapi, dari banyak pengalaman, saya lebih sering membagi menjadi 22 hari.
Advertisements

126 thoughts on “Menghitung Prorata Salary

  1. Gimana caranya ngitung gajinya orang. Orang ter sebut dia masuk 25hari saja dalam sebulan jadi gajinya berapa kalo d hitung secara prorata

    • Mas Rois, jumlah hari kerja dalam sebulan itu cuma ada 22 hari saja, dari Senin – Jumat ya. Ini kalau masuk 25 hari kerja, kerjanya dari hari apa aja?

      Kalau mau praktis ya gaji dibagi 30, dikali 25 hari. Tapi nggak fair juga kalau nggak tau details berapa jam kerjanya dan hari apa aja dia masuk.

    • Mas saya mau bertanya klau karyawan bekerja hanya dari tgl 1 s.d tgl 24 sdangkn tgl gajihan di perusahaan sy itu stiap tgl 1 itu perhitungan nya bgaimna yah mas ,.???
      Mohon di tanggapi

  2. Permisi mas, sy mau tau perhitungan gaji jika masuk di tgl 20feb’14 kan sebulan ada 28hari, gimana perhitungan gaji yg didapat saat tgl 28 nya?

    • Maaf saya bukan Mas. yang dihitung bukan hari kalender, tapi hari kerja. Jadi silahkan dihitung ada berapa hari kerja di bulan februari, kalau saya ga salah 21. Jumlah gaji bulanan kemudian dibagi 21. Ketemu gaji harian. Gaji harian ini kemudian dikalikan hari kerja sejak tanggal 20 Februari hingga 28 Februari. Hari kerja lho ya, jadi Sabtu Minggu nggak ikut.

  3. Permisi Mba. Saya baru pertama kali kerja di perusahaan outsource. Saya mulai bekerja tgl 3 Feb ’14, hari kerja senin-jumat. Tapi gaji saya dihitung pro rate u/ bulan ini, GP sayapun tidak full. Alasan perusahaan tsb prorate dan untuk bulan berikutnya akan normal.
    Apakah hal itu memang bisa seperti itu atau tidak? Karena setahu saya pro rate itu jika hitungan masuk kerja bukan di awal bulan, misalkan di tengah bulan. Sedangkan saya masuk awal bulan, karena awal masuk kerja hrus tgl 3 (krn tgl 2 dan 3 hari sabtu – minggu). U/bln feb sampai tgl 28. Mohon penjelasannya Mba. Terima kasih

  4. halo mbak, mau tanya dong, Kalau untuk perhitungan prorata karyawan dalam sebulan itu berapa jumlah hari/pembagi yang di pakai. Ada yang menyebutkan hari kerja saja misal 21 atau 22. Karena di perusahaan Saya yang sebelumnya seperti itu.

    Kemudian setelah masuk ke perusahaan baru untuk prorate kenapa di bagi 30 atau jumlah hari dari bulan itu ya termasuk sabtu dan minggu (padahal hari kerja hanya senin-jumat?

    Pertanyaan Saya adakah peraturan yang mengatur tentang teknis perhitungan Prorata karyawan baru yang masuk di pertengahan bulan? Misal dalam bulan itu hanya bekerja 5 hari, pembagi mana yang dipakai untuk menghitung prorata 22 atau 30?
    Thanks ya mba,salam kenal..

    • Peraturannya berbeda-beda dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Saya nggak yakin ada aturan nasional tentang ini. Pembagian gaji untuk pegawai baru bukan 30 hari, tapi 21/ 22 hari kerja, tergantung perusahaan. Baru kemudian dikalikan berapa banyak hari kerja di bulan tersebut.

      Jangan mau kalau dibagi 30 hari, itu namanya nakalan. Logikanya jika dibagi 30 dan orangnya masuk satu bulan penuh, nggak bakalan dapat gaji penuh dong, tapi bakalan dapat gaji 22 hari kerja aja.

  5. Kalau untuk thr gmn yah??
    Di kantor saya kan thr 1bln gaji pokok.
    tp katanya prorata 250rb jika kerjanya kurang dr 12bln.
    jd kalau spt itu misalnya saya baru kerja 3blnan ttp dpt 250rb??
    Thanks

  6. Sore mba, tanya donk saya baru bekerja dari sejak tanggal 2 Juni 2014 dan bulan ini saya mendapat gaji prorate, dari tanggal 2 sd 19 Juni 2014 (Perhitungannya adalah 14/22 x gaji) , apakah memang bgitu perhitungannya? apakah berikutnya saya akan terima normal dari tanggal 20 sd 19 Juli 2014 ? Mohon rumusnya ? Trims

  7. gmn kalo menghitu prorata thr bang. gaji saya sbulan skitar 3 jutaan trus dlm stu bulan kerjanya cuman 20 hari. smentara itu saya msih baru 4 bulan bekerja disitu . brapa thr yg bisa saya terima ? tlg jawabannya .

    • Kalau baru empat bulan kerja emang sudah boleh dapat thr? Kalau boleh ya 3 juta bagi 12 ketemu Y. Lalu Y-nya kalikan empat bulan. Itu kalau dalam satu tahun kerjanya sudah pasti hanya 20 hari tiap bulan.

  8. Halo mba, mohon iji tanya & bantuannya, kalo seorang karyawan bekerja di bulan Mei dengan total 20 hari kerja dan digaji di tanggal 30 Juni & gajinya hanya setengah dengan alasan dihitung secara prorate, serta karyawan tsb diberhentikan oleh perusahaan di tgl 15 Juni, bagaimana cara menghitung gaji proratenay?

    • Gaji Bulan Mei rumusnya: (Gaji total/ 22) x 20 hari.

      Gaji bulan Juni: (gaji total/22) x 10 hari.

      Ini dengan asumsi kerjanya Senin – Jumat ya. Btw, kenapa gaji bulan Mei harus dibayarkan di Juni, lama banget gajiannya.

  9. Hi mba.. mau tanya jika cut off penggajian 26-25.. Misal masuk di tanggal 1 Okt.. apakah benar penggajiannya 18/21 * upah ?

    ada juga sy baca di artikel lain , misal cut off 26-25.. lalu join di tgl 15, jadi gajinya 11/21* upah (15-25= 11 hari), bagaimana sebenarnya penghitungan yg benar ? pls share

    Thanks

    • Nggak gitu ngitungnya. Hari kerja di bulan Oktober berapa? 22 hari misalnya, maka ngitung nya = (gaji satu bulan dibagi 22 hari) x (hari kerja, tidak termasuk hari sabtu minggu tapi termasuk tanggal merah holiday).

  10. Mba aku baru dapat tawaran kerja yang salah satu isi kontrak kerjanya seperti ini : Lebaran atau Tunjangan Hari Raya akan dibayarkan secara PRORATA kepada karyawan yang dibayarkan pada hari pertama bergabung dengan perusahaan. Bisa minta tolong dijelaskan mba? Terima kasih sebelumnya

    • Kalau satu tahun kerja kan THR nya 1 bulan, nah kalau belum satu tahun tetep dapat tapi prorata. Jadi misalnya baru masuk kerja 6 bulan terus lebaran, maka dapat thr setengah bulan. Singkatnya sih begitu. Bagus itu kalau dia mau nawarin prorata Thr.

  11. siang mba, aq mau tanya..
    untuk perhitungan gaji per bulan itu gaji pokok / 25 atau jumlah hari kerja dan tanggal merah kecuali minggu..
    sedangkan hari kerja di kantor saya senin sampai sabtu.
    contohnya bulan januari 2015, jumlah hari kerja kan ada 27..
    itu tetap di hitung gaji pokok / 25 atau 27 ?

    • Waduh mbak, itu hari kerja sampai Sabtu seminggu kerja di atas 40 jam ya? Kalau di atas empat puluh jam mestinya dapat lembur lho. Kalau lebih dari 40 jam nggak dikasih lembur itu nyalahin aturan.

      Kalau hari kerja enam hari dibaginya 26 hari kerja Mbak. Gaji pokok dibagi 26 dikali hari kerja. Hari kerja termasuk tanggal merah/libur, tapi gak termasuk hari Minggu ya.

  12. Mbak.. Mohon pencerahannya terkait perhitungan gaji atas dasar hari kalender apakah ada dasar hukumnya? Karena kalau berdebat dengan perusahaan dengan tidak ada dasar hukumnya maka saya sebagai pekerja mau tidak mau harus menerima keadaan tersebut, sedangkan saya jelas-jelas dirugikan. Terima kasih atas bantuannya.

  13. mas mau tnya kalau di perusahaanku kok proratanya di bagi 20 hr kerja ya?? kalu misalnya masuk tgl 11 juni 2015 cut off nya tgl 20 perhitunganya 7/20x gaji pokok..bner gg ya itu??mohon info

      • saya kerja diperusahaan yg jam kerja 6 sd 18 dan tdk ada hari libur. tetapi setelah bekerja 21 hari maka kami off 10 hari. gaji all in dan tutup buku setiap tgl 20. dan saya KWKT. dan masa kontrak itu habis tgl 29 mei 2016 dan saya bekerja mulai okt 2015. dan pekerjaan kami selesai tgl 27 mei 16. berapa gaji kami di bulan juni 16…?

  14. Halo mba, kalau THR prorata bagi karyawan yang baru masuk 16 Feb 2015 bagaimana car hitungnya ya? Apakah dihitung 16 Feb – 17 Jul (Lebaran) sehingga dapat 5 bulan? Sehingga 5/12 x gaji karyawan? Batas awal apakah dihitung 16 Feb setengah bulan dan batas akhir adalah hari jatuhnya Lebaran?

    Kalau orang karyawan mulai kerja 1 Maret 2015, apakah perhitungan THR menjadi 4.5 bulan. Sehingga 4.5/12 x gaji karyawan?

    Thanks sebelumnya.

    • Logikanya memang begitu Mas Ario, tapi menurut peraturan pemerintah THR itu harus dibagikan 2 minggu sebelum lebaran (coba cek lagi UU ketenagakerjaan), jadi perhitunganya kemungkinan 4.5 bulan/ 12 dikalikan gaji bulanan. Begitu juga yang dimulai kerja dari Maret, perhitungnya hanya sampai minggu ke dua Ramadan.

  15. Hi Mba, kalau karyawan hari terakhirnya di tanggal 19 Juni 2015, dengan perhitungan prorata di kantor saya 20 hari kerja. Tanggal gajian setiap tanggal 29, dan tanggal 02 Juni 2015 adalah hari libur/tanggal merah. Bagaimanakah perhitungannya yah Mba?
    Apakah tanggal merah tetap dihitung apabila karyawan tersebut berhenti pada tanggal 19 Juni 2015?

    Terima kasih

      • mbak tolong tanya kalo pegawai keluar tgl 15 dr tgl 4 ada libur lebaran dan masuk tanggal 11q. apakah pengkaliannya hanya tgl 11-15 ataua kah tanggal 4 termasuk?

  16. Halo mba, saya karyawan baru di suatu perusahaan. Saya masuk hari pertama kerja tanggal 6 april 2015 dan perusahaan saya akan membagikan thr pada tanggal 30 juni 2015, sedangkan lebaran diperkirakan jatuh tanggal 17 juli 2015. Apakah saya berhak mendapatkan thr? Karena saya hitung saya sudah bekerja selama 3 bulan pada tanggal 6 juli 2015. Apakah perhitungan masa kerja dapet thr itu ketika pembagian thr atau ketika hari raya? Mohon bantuannya mba.

    • Halo mas Arief, peraturannya setelah tiga bulan berturut-turut bekerja dan mas Arief baru dihitung tiga bulan pada tanggal 6 Juli 2015. THR harus sudah dibagikan dua minggu sebelumnya, jadi untuk kasus kayak gini mah tergantung kebijakan masing2 perusahaan.

  17. mbak kalau saya kerja senin-jumat masuk, awal kerja tgl 17 juni, bulan juni gaji saya kira2 berapa yah..terima kasih

  18. Selamat sore mbak…
    saya mau tanya, saya bekerja tanggal 24 April 2015, sedangkan Hari Raya tanggal 17 Juli 2015, untuk THR apakah saya berhak mendapatkannya? sedangkan kalau dihitung belum genap 3 bulan atau 3 bulan kurang 7 hari..terima kasih

  19. mbak, saya msuk kerja tanggal 9 juli 2015, trs gajian tanggal 25, gaji saya [disensor] juta. kira2 brp mbak gaji yg sya dapat bulan ini? terus jika seorang karyawan masuk tanggal 1 juli sedngkan gajian 25 juli, apakah dia dapet gaji full?terima kasih.

    • Mas Andi, maaf terlambat membalas. Untuk perhitungan gaji, anggap saja gajinya 2.2 juta ya, dibagi dengan 22 hari (22 hari ini merupakan standard pembagi untuk prorata). Hasilnya 100 ribu, lalu dikalikan 12 hari kerja (dari tanggal 9 – 25), jadinya 1,2 juta.

      Tapi bisa juga kantornya membagi menjadi 23 hari kerja, sesuai dengan jumlah hari kerja di bulan ini, 23 ini. Kalau pakai pembagi 23, otomatis hasil akhirnya (rumusnya sama) lebih kecil. Semoga membantu.

  20. mbak mau tanya, saya baru join efektif bekerja pd tgl 15 juli 2015. gajian perusahaan tgl 27 setiap bulannya, namun pada 27 juli 2015 saya belum mendapatkan gaji karena alasan perusahaan tutup buku tgl 10 setiap bulannya. dengan asumsi gaji 3jt/bln kira2 brp yg saya dapatkan pada 27 agustus ini?

    trims mbak.

      • sipp thanks ya mbak. brarti hrsnya saya pd tgl 27 agustus ini mendapatkan (full gaji bulan agustus + gaji prorata bln juli yah) trima atas pencerahannya.

  21. Mbak saya mau tanya, klo ditempat saya kan perhitungan gaji nya 26 hari kerja karena libur hanya hari minggu. Lha untuk bulan ini saya mengalami kebinggungan. jadi gaji tempat saya misal contoh :
    Gaji 1bln = Rp. 1.000.000
    nanti dibagi 2 cara penerimaannya
    Diterima tgl 20 Rp. 500.000 (itungan tgl 1-15)
    Diterima tgl 5 Rp. 500.000 (itungan tgl 16-30)
    lha pada periode 5 september ini saya bingung mba
    terhitung 16 agustus – 31 agustus ya
    berarti ada 12 hari kerja (16hari – 3hari minggu -1 tgl merah)
    semisal Si A absen 5 hari berarti berangkat 7hari
    hitungan perharinya kan 1.000.000/26 hari kerja = 38.461
    berarti dia 500.000 – 192.307 =307.692 pembulatan 308.000
    berarti dia terima gaji Rp. 308.000
    bila dihitung sesuai gaji dia harian 308.000/7hari = 44.000
    kok hasilnya tidak sama dengan hitungan gaji dia perharinya ya mba? mlah kelebihan 1 hari. mohon bantuan nya mba. siapa tau ada salah hitung. trima ksih sebelumnya.

  22. Permisi mba mau nanya, di perusahaan saya tutup buku tgl 20 lalu gajihan tgl 28 , dan di tgl 28 tsb saya di gajih full, GP, insentif dan uang mkn, namun di tgl 30 saya di phk dan di bulan berikutx. Saya masih mendapatkan insentif, dan uang mkn dari tgl 21 sampai tgl 30, namun GP saya kok tidak di berikan ya? Apakah saya harus menuntut ke perusahaan saya ttg GP saya yg dri tgl 21 sampai 30? Ataukh saya menuntut ke perusahaan saya GP 1 bulan full? Atau kh saya tidak menuntut k perusahaan, mohon info

  23. siang mba’. maaf saya mau tanya nih,
    walau aga’ lari dari pembahasan tapi ini masih berhubungan dengan gaji,
    saya baru bergabung dengan perusahaan perkebunan sebagai salah satu pekerja. nah disini ada istilah SKU (Syarat/standart Kerja Umum) Harian dan SKU Bulanan.

    pertanyaannya :
    emang gimana sih perbedaannya gaji bulanan dengan gaji harian kalo dari segi hitungannya?, atau bisa bantu jelasin ga’ apa perbedaannya?

    pemahaman awam saya tadinya kalo gaji bulanan dibayar penuh 30 hari kalender, sedang gaji harian dibayar sesuai hari kerja. Ternyata setelah membaca penjelasan2 diatas kayanya pemahaman saya untuk gaji bulanan salah deh.

    Mohon bantuan penjelasannya ya mba’. Terima kasih.
    (Habibi).

  24. Hallo mbak, saya baru bekerja di perusahaan baru 18 hari. Di perusahaan baru ini gaji hitung dari tgl 20 ke tgl 20 setiap bulannya. Saya kerja dari senin sampai jum’at tapi total jam kerja saya tetap 40 jam (karena sabtu hanya sampai jam 12). Itu perhitungan gaji proratanya bagaimana ya? Mohon pencerahannya donk mbak. Terima kasih.

  25. Pak saya mau nanya… saya masuk kerja 1feb , dan tgl 26 feb gajian. Hari kerja senin-jumat jam 8 sampai jam 5. Selama febuari saya masuk terus, Tp saya baru mendapay gaji 3,5. Sementara gaji pokok saya 5jt. Nah itu bagaimana ya pak?

    Terima kasih

    • Maaf mbak Dina, saya bukan bapak-bapak. Saya perempuan (aduh masak gak kelihatan sih dari judul blognya saja binibule ;)). Soal gaji silahkan dibagi dulu gajinya menjadi 21 hari sesuai aturan pemerintah, lalu dari tanggal 1 – 26 itu 20 hari kerja. Jadi seharusnya hanya kena potongan satu hari saja. Monggo nanya ke HRDnya gimana ngitungnya.

  26. Pagi Mba, Saya boleh bertanya ya…bagaiman jika sistem kerjanya roster, misalkan 13 hari kerja 1 hari off, untuk periode buku per bulan dari tgl 21 ke 20, jika masuk di tanggal 22 februari makanya pembagi dari prorata dihitung brp hari? dan bagaiman menghitung hari kerjanya? apakah pembaginya tetap 30 hari sama seperti bulan lainnya atau 28 hari (hitung hari kalender). apabila kita hitung kan untuk satu bulan itu apakah 28/30 atau 28/28?

  27. mbak mau nanya,saya gabung diperusahann ,pertanggal 10maret,,dan jam kerja senin sampai jumat,,gajian setiap tgl 30,,pertanyaan saya,untuk gaji yg saya terima cara menghitung rumusnya seperti apa?terima kasih..

    • Rumusnya: gaji bulanan dibagi 21 ketemu angka X. Lalu dari tanggal 10-30 silahkan dihitung hari kerjanya termasuk tanggal merah (hari libur nasional ya, bukan Sabtu dan Minggu ya). Hasilnya tinggal dikalikan sama angka X tadi.

  28. Pagi mbk saya mau tanya.ditempat kerja saya cut off tgl 15 berlaku dari Januari 2016 ,saya resign tgl 28 februari terakhir kerja dan di tambah cuti 8 hari perhitungannya bagaimana ya…mohon penjelasan

  29. Hi mba. Mau tanya ya. Aku baru bgt didunia kerja. Aku mulai masuk kerja tanggal 11 april 2016 (senin-jumat 08.00-15.00)
    Dan diperusahaanku gajian tanggal 10.
    Apakah gaji saya akan dibayar pada tgl 10 bulan berikutnya atau akhir bulan ini. Karena perusahaan belum memberi konfirmasi apapun.

  30. Halo mba, saya mau menanyakan lagi soal dasar hukum UU untuk pembagian 30 hr prorata itu gmn ya? Sdh nemu solusinya?
    Krn saya baca komen diatas ada yg tanya soal itu dan mba ms hrs cari tahu dulu.
    Saya senasib juga, dirugikan dg perhit gaji prorata yg dibagi 30hr padhal hr kerja senin-jumat (5 hr saja) dlm seminggu. Dan prsh ga akan mau berubah kalo tidak ada dsr hukum jelas.yg qta bisa kasih

  31. mbak, saya mau nanya untuk kerja 14 hari On 7 hari Off pembagiannya bagaimana y menurut undang undang, kebetulan saya pegawai staff

  32. Mau tanya,
    terkait perhitungan prorata THR. di mana rumus nya adalah lama kerja/12 * upah pokok.
    Apabila ada karyawan, misal join date 13 April 2016. Bila dihitung secara formula excel, length of service nya 2 bulan, 23 hari. Apakah perhitungan tsb dapat dibulatkan menjadi 3 bulan atau exact 2 bulan? Lazimnya bagaimana yang biasa terjadi?

    Terima kasih

  33. Saya masuk kerja Tgl. 01/10/2015, gaji pokok saya 4juta untuk lebaran tahun ini, hitungan saya adalah 9bulan/12×4.000.000=3.000.000 tapi HRD hanya hitung 8bulan.
    begini cara dia hitung :
    1/10 – 1/11 = 1
    1/11 – 1/12 = 2
    1/12 – 1/1 = 3
    1/1 – 1/2 = 4
    1/2 – 1/3 = 5
    1/3 – 1/4 = 6
    1/4 – 1/5 = 7
    1/5 – 1/6 = 8

    1/6 – 1/7 = 9 ==>> ini tidak dihitung karena alasan dia blm masuk bulan juli. Padahal Bulan Juni sudah hampir selesai. dan kemungkinan bos akan beri thr diakhir juni ini.
    tapi kalau seperti itu saya jadi ngerasa kalo kerja saya dibulan Juni tidak terhitung.
    Bagaimana tanggapannya? terimakasih.

  34. Mba saya mau tanya,
    saya kan masuk kerja awal itu 1 agustu 2012
    perhitungan gaji dikantor dari tgl 21 -20
    penggajian setiap bulan tgl 28
    bagaimana ya perhtunganya ya? apakah prorate atau saya dapat full?
    kebetulan saya lupa dulu itu dapat berapa

    nah
    saat ini saya sudah resign tgl 19 mei 2016
    bagaimana perhitungan gaji terakhir saya bulan mei itu mba?

  35. Untuk THR kan hitungannya dalam hitungan bulan ya..
    kalau semisal karyawan saya masa kerjanya 2,87 bulan.
    untuk perhitungan THR nya bagaimana?
    harus dihitung 2,87 bulan tersebut? atau hanya 2 bulan? atau bagaimana?
    tolong jawabannya dilampirkan aturan yang pasti.

    terimakasih

  36. Salam Mbak, di perusahaan saya masuknya senin – sabtu dengan perhitungan jam kerja senin – jumat 8jam dan sabtu 6jam. HRD di perusahaan melakukan penghitungan GP 25hr, bila tdk masuk dipotong dr GP tersebut. Namun sy menghitung total hari kerja ada 27hr/bulan, bgmn penghitungan untuk kelebihan hari kerja tersebut ya mbak? terimakasih.

    • Tiap bulan rata2 hari kerja itu 22 hari. Lalu akhir pekan 6 jam kerja dikalikan 4 hari = 24. 24 ini dibagi dengan 8 jam (karena jam kerja/hari kan 8) = 3.

      22 hari ditambah 3 = 25.

      Saya gak tahu gimana perhitungannya yang 27 hari.

  37. Pagi Mbak, tolong pencerahan dong, kl 1 bulan misalnya 25 hari kerja dengan gaji X. Cut off per tanggal 5 dan terima salary per tanggal 10. Sy masuk kerja per 1 Sept 2016. Status staff bulanan. Untuk salary yang sy terima Oktober nanti perhitungannya seperti apa ya kira2 ?

    Apa seperti ini ?
    1 Sept – 4 Sept
    GP (X) / 25 * 4 = Salary A

    5 Sept – 4 Okt
    Salary Full (B)

    Jadi gaji yang diterima tanggal 10 = Salary A + Salary B

    Apa seperti itu ?

    Trus untuk yang tanggal 5 Oktber dst, gantungan ya mbak, kl misalkan saya resign ?

    • Nah itu mesti tanya HRDnya. Tapi sih saya duga yang B, karena udah Oktober ngapain gaji September ditunda2. Terus yang tanggal 5 Oktober dan seterusnya dibayarkan pada bulan2 selanjutnya, kalau resign diproratakan deh.

  38. Halo mba.. Saya join 21 nov 2016.. Cut off gaji katanya tgl 24 bulan sebelumnya (okt) sampai tgl 23 bulan selanjutnya (nov). Gajian tiap tanggal 28. Untuk gaji bulan nov saya dapat berapa yah? Thxxx

  39. mbak, saya mau bertanya. apa saja yg menjadi komponen untuk perhitungan gaji karyawan selain dari gaji pokok dan jumlah hari kerja??. saya sedang belajar membuat sistem penggajian yg bisa dipakai semua perusahaan. terimakasih

  40. Mbk boleh saya tanyak
    Klo gjian tgl 28 itu hari senin apakah tetap keluar gjinya tgl 28 pgy atau maju ke hari jumat
    Tolong d balas mbk

  41. ditempat kerja saya, dalam sebulan misalkan 30 hari dan dalam 1 bulan itu kami dpat 4x off. apakah benar jika perhitungan gaji misalkan gajinya Rp 1.300.000/26 ?

  42. sist, mau tanya,, aku kan baru kerja dri tanggal 30 januari 2017 trus bulan ini aku nerima gajinya kok gak sesuai dengan GP ya. hari kerja dri senin-sabtu (setengah hari), gimana perhitungannya sist?

  43. gan numpang tanya.
    klo gaji flat, kerja udah 1 tahun 2 bulan (kontrak), trus dicut sama perusahaan di awal bulan (misal tanggal 4, sedangkan cut off payroll per tanggal 25), saya mendapatkan full gaji atau dihitung secara prorate ya? adakah undang-undang yang mengatur?
    thank you ya.

      • Mungkin sya bisa bantu…
        Misal
        Periode gaji tgl 21 februari smpai tgl 20 maret dan upah dibayar tgl 1 april

        Prosesnya kita di cut/resign di tgl:

        1. diantara tgl periode gaji = pasti dapat gaji, tpi tergantung perusahaan apakah bersifat proporsional atau kah full take home pay.

        2. Diluar tgl periode gaji (misal resign tgl 30 maret = tgl 1 april tetap dapat gaji. Nah tgl 21 maret-30 maret akan dianggap sebagai gantungan. Tergantung perusahaan mau dibayar sekaligus per tgl 1 April atau nanti tgl 1 Mei sisa gantungan baru dibayar.
        Klo yg saya pahami dr pertanyaan mba margareta, sya pastikan dia berada di pilihan nomer 1.

        Itu saja penjelasan saya moga2 bener..klo gk bener ya sukurlah klo gk ya tolong benerin lagi…hehehe…

  44. salam kenal mbak mau tanya yaa.. apa ada peraturan yang mengatur tentang pemberian gaji proporsional khususnya untuk Direksi Perseroan, contoh kasus : Direksi diangkat oleh RUPS pada tanggal 13 April, apakah Direksi tersebut mendapat gaji full 1 bulan pada bulan april atau proporsional sesuai dengan hari kerjanya?
    terima kasih sebelumnya

  45. hallo mbak mau tanya
    kalo kerja nya setiap hari (senin-minggu) itu penggajiannya gmn ya? gaji di hari minggu itu tetap gaji kerja atau dihitung lembur?
    trus mbak ada recommended app untuk penghitungan gaji? ato rujukan bacaan soal payroll?
    trimakasih mba dtunggu jawabannya

Show me love, leave your thought here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s