Halo Kota Metro Lampung

Ada yang pernah tahu kota Metro ada di mana? Kota ini ternyata ada di provinsi Lampung, sekitar 50 km dari Bandar Lampung atau 30 menit dari bandara Raden Inten. Pekerjaan membawa saya untuk mengunjungi kotanya gajah ini selama dua hari satu malam. Sebagai penduduk Jakarta, keluar dari metropolitan untuk menuju ke kota kecil yang dipenuhi dengan pepohonan hijau, kanal di pinggir sungai serta sawah-sawah itu merupakan sebuah kemewahan tersendiri.

image

Tidur di mana?
Saya menginap di Hotel NUBAN yang terletak di tengah kota dan hanya selemparan batu dari terminal. Kota ini nampaknya masih konservatif dan melarang perempuan untuk menginap sendirian tanpa ijin tertulis dari perusahaan ataupun keluarga. Untungnya saya tak diminta menyediakan surat-surat itu, mungkin karena pihak pemerintahan yang membantu proses booking hotel saya. Ketika saya berada disana, harga kamar non VIP dibandrol 250rb, termasuk AC dan sarapan, no hot water, cuma ada ember biru untuk menambung air. Sementara untuk kamar VIP dibandrol 275 termasuk bath tub dan wastafel. Biarpun ada bath tubnya, saya rasanya gak tega masuk. Kamarnya sendiri cukup luas dan layak untuk menginap dalam jangka pendek.

Sarapan pagi disiapkan di atas baki dan diletakkan di depan kamar. Menu sarapannya sederhana, terdiri dari roti, termos air panas, teh serta kopi. Sambil menikmati sarapan saya bisa menikmati pemandangan yang lagi-lagi buat saya adalah kemewahan, sapi sedang bermandikan cahaya matahari pagi. Setelah sarapan, saya diberkati dengan pemandangan cantik: matahari memandikan sapi dengan cahaya matahari pagi.

image

Sapi ini ketakutan ketika saya dekati

Ngapain aja?

Selain memandangi sawah dan kanal-kanal yang dibangun disekitar sawah, alternatif hiburan di kota Metro adalah jalan ke taman kotanya, atau alun-alun. Pemandangan menarik yang saya lihat adalah becak gajah mengelilingi kota. Di taman kota ini juga ada toilet bawah tanah, yang lagi-lagi bentuknya gajah.  Jika malam malam, taman kota ini cukuplah ramai. Anak-anak duduk di kolam ikan, memancing ikan-ikan magnet. Harga mancing itu dipatok 2000 rupiah saja, sepuasnya. Murah ya?Saya juga iseng jalan menyusuri kota, mencari yang tidak ditemukan di Jakarta, seperti: Warung telekomunikasi. Wartel yang dulu begitu sekarang tergusur oleh perkembangan teknologi. Di samping taman kota juga ada rumah dinas Pak Walikota yang megah. Masjid Rayanya sendiri sedang dalam proses renovasi.

Makan Apa?

Kota yang dibangun Belanda pada tahun 1932 ini berpenduduk sekitar 160k jiwa, tidak termasuk pelajar dari 9 provinsi yang belajar di 14 universitas. Penduduknya kebanyakan keturunan Jawa, bahasanya pun bahasa Jawa. Kendati latar belakangnya Jawa, makanannya banyak dipengaruhi makanan Sumatra. Di sana saya sempat nyoba masakan Padang serta masakan Jawa Timur. Ternyata, masakan Jawa Timur disini JUARA, rasanya lebih enak dari makanan Jawa Timur di Jakarta. Harganya pun bersahabat banget.

image

Yang paling top dan wajib dicoba sup ikan Baung, tapi di foto ini gambarnya ikan patin. Konon ikan Baung ini ikan sungai yang belum bisa dibudidayakan. Sup ikan ini dimasak dengan nanas, jadi rasanya segar, asam, dan pedas. Selain sup ikan baung, ada juga sambal nanas yang pedasnya bercampur dengan kesegaran nanas. Sungguh enak!

Fakta tentang kota Metro

  • Kota ini luasnya hanya 60km²
  • Banyak kanal kecil untuk irigasi sawah, mirip seperti di Belanda. Kanal tersebut memang dibangun oleh Belanda untuk pengairan sawah-sawah.
  • Kota ini terobsesi dengan gajah, selain odong-odong gajah, ada toilet gajah juga di tengah taman kotanya. Tapi tak ada gajah asli, mungkin saya belum lihat saja.

Yang sudah pernah ke Metro, cerita dong ada apa aja disana?

Advertisements

2 thoughts on “Halo Kota Metro Lampung

  1. Kak boleh nanya gak, dari Jakarta ke Metro naik damri yang bisnis untuk bulan Agustus ini, biayanya berapa? Lama perjalanan kira2 berapa jam ya? Lalu penginapn yang paling murah dimana? Saya pengen backpacking sekaligus ketenu teman disana…

Show me love, leave your thought here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s