Cara Kawin Beda Agama di Hong Kong

Perkawinan beda agama di Indonesia tidak dimungkinkan dan sepengetahuan saya, hanya Gereja Katolik yang mau mengawinkan pasangan beda agama. Sebagai alternatif, banyak negara di dekat Indonesia yang mau mengawinkan pasangan beda agama. Yang terdekat tentu saja Singapura, ada pula Thailand, Hong Kong dan juga Australia. Dari semua negara itu, Hong Kong merupakan pilihan yang paling mudah karena tidak minimum stay di sana (Singapore mewajibkan salah satu pihak untuk stay minimal 15 hari), tanpa visa, prosesnya mudah dan cepat, bahasanya Inggris (Thailand punya bahasa sendiri dan semua dokumen harus diterjemahkan dahulu) dan biayanya jauh lebih murah ketimbang panggil pegawai KUA di negeri ini (yang tarifnya tak jelas, apalagi kalau kawinnya sama bule). Sementara Australia saya tidak melakukan riset, karena WNI perlu visa untuk kunjungan ke Aussie. Pendaftaran perkawinan di HK juga relatif mudah, bisa dilakukan melalui pos, tiga bulan sebelum tanggal perkawinan yang kita pilih.

Dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk kawin di Hong Kong, dengan asumsi kedua belah pihak sama-sama single, tidak pernah menikah dan tidak punya anak adalah:

  • Copy passport kedua belah pihak
  • Bank Draft yang ditujukan ke: The Government of the Hong Kong Special Administrative Region senilai 305 HKD
  • Notice of Intended Marriage (dilegalisir notaris)
  • Form MR21B
  • Perlu dicatat bahwa pada saat perkawinan, pasangan pengantin perlu membawa dua orang saksi.

Mari kita bahas satu-satu biar nggak pusing, saya nggak akan bahas tentang passport karena asumsinya sudah tahu apa itu passport.

Bank Draft

Bank draft di Indonesia bisa dibeli di BCA, biayanya 50.000 rupiah & perlu waktu sehari bagi BCA untuk bikin. Belinya di teller langsung, atau bisa juga ke customer service dulu. Masalahnya,nggak semua teller BCA itu ngerti apa bank draft, apalagi yang baru-baru dan pakai tanda Bhakti BCA, pasti langsung bingung. Jadi kalau si mbak teller kebingungan, suruh panggil manajernya langsung.

Bank Draft

Notice of Intended Marriage

Form ini boleh diisi dengan tangan aja. Jika anda sama-sama single maka yang diisi dari halaman satu sampai tiga saja, jangan di print bolak balik supaya nanti ada tempat untuk legalisir.

Pastikan sudah tahu dimana lokasi yang akan dipilih. Yang enak sih di Cotton Tree Drive Marriage Registry karena deket dengan taman. Nanti setelah kawin bisa langsung foto-foto. Nggak perlu malu, banyak banget penganten (dan juga mahasiswa yang habis wisuda) foto-foto heboh disitu. Jangan takut dipalak sama pegawai pertamanan juga karena foto pakai baju penganten, karena cuma di Jakarta yang PNSnya berani ngerampok rakyat.

Form notice of intended marriage ini ditandatangani salah satu pihak yang melapor saja dan HARUS dilegalisir oleh Notaris dalam bahasa Inggris. Kita tidak perlu tanda tangan di atas materai sementara Notaris akan melegalisir di atas materai. Biaya legalisir ini macam-macam, kisarannya sekitar 300ribu rupiah. Yang dilegalisir bagian belakang dari lembar pertama, bentuk legalisirnya seperti ini:

Notaris Legalisasi

Perlu diingat selambat-lambatnya 3 hari sebelum perkawinan, pasangan calon pengantin akan diminta untuk datang dan menghadap. Oleh karena itu perhitungkan tanggal perkawinan dengan baik. Jika tanggal yang dipilih jatuh pada hari Senin, maka calon pengantin harus menghadap selambat-lambatnya hari Kamis minggu sebelumnya. Kalau saran saya, mendingan kawin hari Kamis pagi dan lapor hari Senin (jadi bisa terbang ke HK hari Minggu). Perkawinan pagi, kemudian siangnya bisa langsung ke KJRI. Jangan lupa check hari libur di HK juga ya.

Form MR 21 B

Form ini rasanya cukup jelas & bisa diisi dengan bolpen hitam atau biru. Jangan lupa mencentang bahwa pendaftaran dari outside HKSAR. Pada bagian primary contact silahkan dicentang siapa yang menjadi kontak utama. Tapi jika ada apa-apa, yang akan dikontak tetap dua belah pihak. Alamat kedua belah pihak juga boleh tidak sama.

Seluruh dokumen tersebut dikirimkan via post tercatat, kalau dari Jakarta biaya pengirimannya sekitar 150 ribu rupiah. Alamat pengirimannya disini:

The Marriage Registration and Records Office
3/F, Low Block
Queensway Government Offices
66 Queensway
Hong Kong

Nanti tunggu aja, sekitar 12 hari kerja setelah kita kirim mereka akan kasih email panggilan. Saran saja, jangan beli tiket pesawat sampai dapat email panggilan ini, karena kadang aturan mereka bisa berubah. Ada pengalaman dari pembaca, mereka diminta menghadap empat hari sebelum perkawinan. Kalau ada pertanyaan bisa diajukan ke email: enquiry@immd.gov.hk. Mereka sangat membantu!

Untuk dokumen pendaftaran silahkan di download disini (ada dua dokumen ya) :

1) OM forms

2) mr21b

Dokumen ini bisa diupdate sewaktu-waktu, jadi cek dengan mereka apakah form ini masih dipakai.

Berapa biaya perkawinan di Hong Kong?

Biayanya tergantung tanggal yang kita pilih. Kalau milih weekend, akan lebih mahal. Ini tabel biaya yang saya download dari website imigrasi mereka:

biaya perkawinan

Untuk cara pelaporan sebelum perkawinan, upacara perkawinan, hingga pelaporan di Kedutaan Indonesia bisa dibaca disini.

Pertanyaan boleh juga diajukan ke saya via email: binibule.com(at)gmail.com; tapi sebelum nanya baca dulu dua atau tiga kali ya, biar saya nggak bolak-balik ditanyain pertanyaan yang jawabannya sudah ada di postingan ini -> rada gemes.

Jangan lupa juga baca komentar-komentar di bawah, karena kadang aturan berubah.

Hong Kong kawin

Advertisements

270 thoughts on “Cara Kawin Beda Agama di Hong Kong

  1. Saya penasaran mbak, kalau nikah di luar negri gitu nggak perlu dicatat di catatan sipil Indonesia lagi? Berarti pernikahan itu hanya sah di negara di mana mereka melangsungkan pernikahan?

  2. Saya mau nanya, saya sudah terima formnya tetapi saya bingung itu Notaris tanda tangannya di mana yah? Apakah di halaman pertama bagian bawah di mana tertulis “Witness my hand this:”
    Apakah dia harus melihat kita mengisi form halaman pertama?

  3. Saya mau nanya mbak, saya sudah terima formnya, tapi saya bingung Notarisnya tanda tangannya di mana yah? Apakah di bagian bawah halaman pertama di mana tertulis “Witness my hand this:”?
    Legalisir tersebut tertulis di kertas berbeda atau dalam satu form ini?

    Terima kasih.

  4. Calon suami saya sekarang masih di Amerika. Lets say kami sudah dapat tanggal dr HK marriage regirstry, dia masuk dulu ke Indonesia dengan visa tourist biasa, terus kami ke HK utk menikah, terus dia balik lagi ke Indonesia dengan visa tourist biasa, terus lapor ke catatan sipil di jakarta, dan apply kitas ya? Terima kasih banyak, ya mba, infonya berguna banget.

  5. Hello mbak..mau nanya dong…kan saya rencana married tp sy dan pasangan beda agama… dan sy indonesia..dia eropa(bulgary)..tp bingung mau nikah di mana… soalnya nggak tau caranya… kalo nikah di hongkong brpa hari kami harus stay di sana mbak? N kira kira berapa smua dana yg harus di persiapkan …hheee..soalnya nggak pernah ke sana…

    • Biayanya untuk kawin di Hong Kong sekitar 1100 Hong Kong masih kembali dikit. Berapa harinya tergantung hari kawin, tapi kurang lebih enam hari. Hari pertama datang di HK, hari kedua lapor, hari ketiga jeda biar pemerintahnya bisa catat, hari ke empat kawin, hari kelima lapor ke kedutaan Indonesia, hari ke enam balik. Kalau kawinnya pagi bisa langsung dicatatkan di kedutaan Indonesia, tapi harus maksa mereka supaya menyelesaikan dokumen satu hari. Pencatatan juga bayar, saya ga ingat. Kalau biaya wira-wiri, hotel dan makan tergantung mau nginap dimana dan makan apa. Btw, butuh saksi dua orang ya, jangan lupa. Semoga membantu dan selamat atas rencana perkawinannya. Let me know if I can be any help!

  6. Mbak,
    Dapat konfirmasi dari mereka berapa lama yah? Karena saya sudah kirim sekitar 2 minggu yang lalu pake airfreight service tapi belum ada kabar dari mereka.

      • Oh..hheeee… makasih mbak atas infonya… kalau nnt sy mau nanya .. mudah2an mbak kagak bosan.. hheee…

      • mbak sy lupa..dlu mbak kluar berapa total smuanya… soalnya aku di suruh ngurus.. calon sy sibuk.. jd cuma mau tinggal terima beres… jd sy harus minta uang berapa untuk total smuanya.kira kirain aja mbak…soalnya pcr ku cuma tinggal dtg n menikah.. sy yg ngurus smua.. hheee tolong infonya mbak…

      • Beli tanah di mana mbak? Hhee…maklum nanya.. belum prnh sblm nya repot gini… n paling penting mbak ..total smua brpa wkt mbak ngurus… hotel n makan..dll… supaya sy tinggal minta mbak… kira kirain aja dech mbak

      • Beli tanah di Indonesia. Siapa tahu di masa depan punya dana lebih. Kalau prenup di Jakarta 3-4 jutaan, di Malang lebih murah, 750ribu.

        Tiket pesawat 3.5 juta, hotel aku bervariasi karena nginap di 3 tempat, kurang lebih 150 USD per malam, kalau makan 8 USD yang murah banget. Transport cuma tinggal tempel kartu, jadi nggak merhatiin.

  7. Hai Ail, great info, thanks 🙂 Aku juga bakal nikah di HK tahun ini.
    Nanya dong, soal pre nup. Me & fiance berencana pake pre-nup. Itu tanda tangannya di kantor catatan sipil Indonesia atau di HK ya?
    Perlu dilaporin di catatan sipil HK atau kedutaan Indo di HK ngga kalo kita ada pre nup?
    Aku denger dari notarisku klo kita tanda tangan pre-nup di negara itu jadinya mengikuti hukum di negara tersebut, contohnya di Aussie: klo cerai istrinya dpt 60% kekayaan suaminya (kayak bangkrut seketika gitu ya hahaha). Klo di HK gimana?
    And how did u do it?
    Thanks a bunch 😀
    -Soph

    • Hi Soph, Congratulations atas rencana perkawinannya! Untuk prenuptial kami hanya bikin di Indonesia, nggak perlu di HK, karena tujuan kami bikin prenuptial cuma buat beli tanah/property di Indonesia. Tanda tangan di notaris, nanti notaris yang urus ke pengadilan. Saat pendaftaran perkawinan di catatan sipil Indonesia, perjanjian ini harus dilampirkan agar tercatat.

      • Ohh… hhiiihhhiii… ok mbak… mbak mau nanya lg… kan mbak jg punya suami orang luar negeri… jadi pasti tau… sebelum mbak ke eropa, mbak tentu ngurus visa.. yg mau sy tanya.. emang dlu mbak di minta deposit (tabungan 3 bln trkhir ) wkt mau ke europa ngikut suami?secara menikah dgn org eropa ,so msh perlu deposit? Kan syarat ke eropa harus punya deposit / lampirkan rekening koran tabungan 3bln trkhr..klo emang punya berarti sy perlu dong ksh masuk tabungan selama 3bln untuk bisa membuat rekening koran tabungan 3bln trkhr… hheehhee…maap banyak nanya mbak

      • Irlandia visanya bukan schengen, jadi lebih ‘santai’. Saya selama ini hanya kunjungan2 aja; yang diminta bank statement enam bulan terakhir, tapi juga slip gaji dan surat keterangan dari kantor. Terus pasangan juga diminta bank statement selama enam bulan. Beda negara biasanya beda aturan, jadi pengalaman saya tidak bisa digunakan ke negara lain.

  8. Sist, bisa minta no hp atau contact person yang bisa dihubungi utk membantu pernikahan di hongkong? Makasih sebelumnya sist.

    • Mba tolong infonya apakah harus ada persyaratan nikah seperti surat keterangan rt rw lurah kecamatan trdekat utk keterangan lapor izin menikah di HK ? Atau hanya langsung melengkapi syarat document yg mba cantumkan saja di info blog ini ? Terimakasih.

      • Hi mba Tjetje,
        Thank you banget buat infonya bener2 ngebantu bgt, soalnya saya pusing liat website dr pemerintah Hongkong. Yg paling banyak ngebantu adalah dalam hal Notaris soalnya saya datangin beberapa Notaris mereka gak gitu ngerti apa yg dimaksud sama legalisir, setelah saya kasih contoh dari blog mba baru mereka mau kerjain. Bank Draft di BCA juga tadinya kaga mau kasih saya, soalnya dibawah US $100, setelah saya kasih liat contohnya bahwa bank BCA cabang lain sudah pernah bikin bank draft kaya gitu, baru mereka perbolehkan.
        Jadi sekali lagi thank you banget buat info ini.
        Cheers

  9. Sist, mau tanya lagi.. Jadi biasanya berapa lama sebelum menikah kita mengirimkan berkas dan form2 nya ke Hongkong ya?
    2 hari sebelum hari menikah itu lapor dimana ya mbak? Di kedutaan Indonesia di Hongkong atau dimana ya sist. Soalnya saya masih bingung nih sist..

    • Minimum tiga minggu sebelum perkawinan kirim berkas minta tanggal. Saranku, enam minggu sebelum aja. Biar lega. Begitu berkasnya datang mereka akan pasang pengumuman untuk ngecek apakah ada yang keberatan dengan perkawinan kalian. Kalau ga ada yang keberatan, baru dapat notifikasi untuk kawin.

      Lapornya ke kantor kependudukan mereka, di deket Pacific place Hong Kong. Kalau ke kedutaan Indonesia setelah kawin.

  10. Sist, mereka akan pasang pengumuman di kantor mereka ya? Okay deh.. Saya coba dulu sist besok, kalau ada yang belum paham nanti saya tanya lagi ya sist.. Thanks a Lot..

  11. Sist.. maaf nih mau tanya, saya dengar informasi katanya untuk sekarang ini kalo mau menikah di hongkong, harus kerja disana..Info tersebut bener atau nggak ya sist? Bisa minta infonya untuk wedding organizer di sana kah sist? Buat sewa gaun pengantin dan make up nya. Saya tunggu info nya sist..

  12. Sis…. Mau tanya ya…… , kalo misalnya salah satu pihak sudah ada yg pernah menikah, apakah bisa juga nikah di Hong Kong? Calon suami saya duda dan ada dokumen akta perceraian sipil dari pernikahan sebelum nya. Apakah kami bisa melakukan pernikahan di Hong Kong, Saya katolik dan calon suami Kristen….. Utk dpt menikah di sini prosedur nya sangat sulit, kami berencana utk menikah di luar negri…… Mohon saran nya ya sis……. Thank you…..

      • Oh iya sis….. Barusan aku udah download form dari link yg kamu kasih and aku udah liat ada form khusus utk itu.
        Btw dari segi agama, saya Katolik dan calon saya Kristen, tidak akan ada masalah kan ya sis? Kami tetap bisa menikah di sana kan ya?
        Thank you so much for your complete information on this blog, really helpful……..:)

      • Pemerintah Hong Kong nggak lihat agama kok. Jangan lupa ke Kedutaan Indonesia ya buat mencatatkan kalau bisa udah bawa foto yang berjejer, background merah, size 4 X 6 cm

  13. Ok mba Tjeje…. siapp!!
    Satu pertanyaan lagi ya mba….. Nanti nya sertifikat yg kami dapatkan dari Hong Kong tsb tinggal kami serahkan ke catatan sipil di Jakarta utk diregister ya?

    • Yes, nanti bawa akte kelahiran dan aneka rupa dokumen ke catatan sipil yang di jakarta barat sama foto 4×6 duduk berdua ke catatan sipil di kota masing2. Di jakarta yang di grogol/ s. Parman. Biayanya 50ribu rupiah aja. Maximal 30 hari setelah kembali. Kalau telat didenda, dendanya macam2

  14. Hi mba Tjeje, it’s me again 🙂
    Btw, Kalau mau menikah nya di Bangkok Thailand, apakah mba Tjeje juga tau prosedur nya? Mohon sharing nya mba……..thank you 🙂

  15. Mba, untuk tanggal pernikahan apakah boleh request?
    Misal, kami urus semua persyaratan. Kami kirim, namun berencana menikah beberapa bulan kemudian, tidak dalam waktu dekat. Apakah memungkinkan? Istilah kasarnya adalah booking tanggal.

    Kemudian, untuk legalisir

    • Mba, untuk tanggal pernikahan apakah boleh request?
      Misal, kami urus semua persyaratan. Kami kirim, namun berencana menikah beberapa bulan kemudian, tidak dalam waktu dekat. Apakah memungkinkan? Istilah kasarnya adalah booking tanggal.
      Kemudian, untuk legalisir Notice of Intended Marriage, boleh minta rekomendasi notaris tempat mba dulu urus? Kebetulan saya juga dari bogor.
      Form Notice of Intended Marriage dan form mr 21b itu kita dapat drmn ya?
      Thanks

      • Hay mbak.. mau nanya lagi dong.. gmana caranya buat perjanjian pra nikah untuk bisa beli tanah… ?? Format nya gmana?(^_^”)hheee

      • Ke notaris langsung aja, mereka udah punya format patennya. Ini nggak perlu dibawa ke Hong Kong, nanti pas pendaftaran di Indonesia aja baru dilaporkan.

  16. selamat sore. terimakasih mbak tjetje info nya bermangaat skli 🙂
    saya bermaksud menikah tahun ini di hongkong setelah membaca tulisan mbak tjetje
    tetapi saya kesulitan mendapatkan saksi untuk pernikahan.karena jujur saja pernikahan dgn latar belakang agama berbeda tdk mmliki banyak suporter.apalagi jika harua meluangkan waktu dan biaya u/ berpergian ke LN slma smgu.melalui forum ini saya ingin asking a big favor untuk teman2 yg berminat serius mnjadi saksi pernikahan sya dpat menghubungi saya di (email edited by Tjetje, please ask me if you are interested).tiket dan hotel slama dsana akan kami tanggung.terimakasih 🙂

  17. saya mau tanya mbak….thn depan rencananya saya dan pasangan ingin menikah di HK…bagaimana cara mendapatkan form form tersebut?….karena saya tidak tau hrs mulai dari mana mendapatkannya….oiya mbak ada alamat email atau kontak yg bisa dihubungi biar saya bisa bertanya tentang hal ini….terima kasih

      • Mbak saya ada rencana nikah di hkg.tp sekarang saya tinggal di malaysia bersama calon saya.saya mau tny perlu dokumen single status kl nikah di hkg ..atau surat cerai …terima kasih

      • Mbak tanya lgi ya…kl nikah di hkg itu cm dapet sertificate nikah ya..gak dapet buku nikah sprt nikh di indo.kl d indo kan dapet bku nikh masing2 mempelai …

      • nggak, cuma dapat selembar. Nanti dari sana minta pengantar ke KJRI. Surat pengantar ini yang nanti buat mendaftarkan ke catatan sipil di Indonesia.

        Abis itu, baru dapat buku perkawinan itu.

    • Ketika ngisi form itu integritas kita dipertaruhkan kalau mau ngaku single. Otoritas HK ga akan cek kalau kita bohong; sementara dari negara asal harus ada legalisir dari notaris, kalau notarisnya nggak cek sih bisa ngaku single. Tapi tetep perkawinan itu ga akan sah di negara asal dan ada konsekuensi hukumnya. Jadi sebaiknya jangan menikah dengan pria yang sudah beristri.

  18. hallo mba ail.. sebelumnya terimakasih untuk catatan ini, sangat membantu sekali.. tanya mbak ail untuk form nitice of intended marriage di hal pertama paling bawah ada tulisan “party giving the notice” itu disi siapa mbak ail.. terimakasih sebelumnya

  19. Hi mba.. Aq mau nanya, sy dan pacar rencana mau nikah thn depan tp msh kendala krn qt beda warga negara dan agama, calon wna muslim dan duda, kalau begitu syarat nya sama saja spt yg mba tulis atw ada tambahan ya mba? Kemudian di HK apa perlu dokumen (spt surat ijin menikah) dr kedutaan negara calon sy apa gmn ya mba? Qt hampir putus asa cari cara gimana caranya bs menikah 😦

    • Nggak perlu surat ijin dari negara masing-masing. Cukup isi formulir, terus untuk yang duda ada tambahan formulir. Coba di download dulu dan dilihat. Lemme know kalau ga nemu ya.

      Jangan putus asa, kawin di HK gampang banget.

      Btw, Pria Muslim bukannya boleh kawin dengan perempuan non muslim ya?

  20. Waduh.. Gimana dong mba.. Calon sy itu arab.. Disana cerai cuma pakai talak aja.. Kalau dibikin statusnya single bisa ngga mba?

    • Sebenernya bisa dibuat single, disana nggak ngecek. Cuma, secara hukum kita bersumpah bahwa informasi yang diberikan adalah jujur. Kalau mau bersumpah dengan hal seperti itu sih nggak papa.

      Tapi perlu dicatat juga dokumen pendaftaran harus dilegalisir notaris (salah satu pihak aja). Kalau mau dilegalisir di Arab, otomatis notaris yang di Arab harus verifikasi dokumen pihak pria.

      Saya dulu legalisir di Jakarta. Gampang banget, cuma kasih copy passport dua belah pihak.

  21. Oo gitu.. Trus Klo stlh di HK beres, ketika mau didaftarin d jkt ga perlu surat ijin dr kedutaan negara calon sy kan mba? Soalnya kmarin sbnrnya hampir bs nikah beda agama di slh 1 yayasan di jkt tp mereka tetap minta srt keterangan atw ijin dr kedutaan calon di jkt.. Makanya disitulah kendala kami, krn saudi tdk memperbolehkan warganya menikah dgn wna. Jd walaupun cm terdaftar di jkt ngga apa2, yang penting kami menikah sah dan diakui negara walopun cm di indonesia aja.. Cinta kok gini bgt yaa 😦

    • Mbak, untuk didaftarkan di Indonesia harus ada rekomendasi dari KJRI. Kalau pencatatan dari negara asal calon suami, saya nggak paham prosedurnya. Tapi lazimnya kalau mereka bisa mengeluarkan surat perkawinan, maka mengeluarkan surat perceraian juga bisa.

      Btw, kata siapa orang Saudi nggak boleh menikah dengan WNA? Bukannya banyak ya perempuan Saudi yang menikah dengan WNA.

      • Itulah yg sy bingung mba.. Ada yg blg boleh tp pnh juga baca blog situasinya sm seperti saya, si cewenya org indonesia jg tp mereka blom bs menikah karena terhalang ijin dr kedutaan saudi di jkt. Ngga tau deh mrk akhirnya gmn skr, blognya udah lama sih. Yah mudah2an rencana kami dilancarkan ya mba, 4,5 thn cari cara sana sini buat bisa merit, baru blog mba ail doang yg ksh secercah harapan.. 🙂

  22. mbak untuk notice of intended marriage itu minta dimana Yah? dan apa gak perlu surat surat dari indo semacam kk dan akte lahir dsb?

  23. mba, trims ya info nya sangat membantu saya yg punya rencana menikah beda agama. bagaimana apabila calon suami saya hampir tidak mungkin untuk bisa datang ke Indonesia untuk membuat prenup? apakah bisa prenup itu ditandatangani saya sendiri kemudian saya bawa ke Malaysia untuk ditandatangani calon suami saya? calon saya tinggal di malaysia. trims untuk reply nya.

  24. Mbak sy mau
    nanya klo tki sy janda tpi v punya surat kejandaan,, krna cerai pke talak doang,,
    Calon suami tki jga Saturday agama msh bujang itu bbagaimana caranya??
    Apa sy hrus ngutus surat kejandaan sy di indo biar kami visa nikah di hongkong ini

      • Mbk aku baru minggu kemarin nikah dan udah resmi tapi setelah mau ambil visa independen di immrigasi ternyata suamiku belum masuk hk baru sethun masih dalam proses masuk hk
        .asli lahir china .dan saya tkw seumpama saya hamil apa anak saya bisa memberi visa tinggal bukan sebagai tkw .trim atas jwbn

      • Mbak, selamat atas perkawinannya. Mohon maaf untuk proses masuk ke Chinanya saya kurang tahu. Informasi lebih lengkapnya mungkin bisa dibaca di website mereka mbak.

  25. untuk menikah di HK, dokumen yang diperlukan cuma passport saja sist? Saya sudah baca2 tapi tidak menemukan dokumen apa lagi yg diperlukan.

  26. Malam mba… saya sudah download dokumen Notice of Intended Marriage nya, itu yang wajib diisi yang halam berapa aja mba? trus ketika lapor ke KBRI di HK, dokumen yang harus disiapkan apa saja mba? many thanks for the reply 🙂

  27. Hallo mba,

    saya org Indonesia dan mau menikah di Hong Kong, tp cln suami dari Canada. Stlh kami menikah, cln suami berencana memsponsor sy utk bs prg k Canada. Apakah sy hrs ttp hrs melaporkn pernikahan sy d catatan sipil di Indonesia? atau membiarkan calon suami sy membw certifikat sah pernikahan kami k Canada tnp hrs daftar di catatan sipil Indonesia?
    Mohon sarannya.
    Klo misl, hrs lapor, byr brp? brp lm?

    Terima Kasih

    • Abis kawin pulang ke Indonesia atau langsung ke Canada? Kalau pulang ke Indonesia, mendingan lapor aja mbak. Biayanya tergantung catatan sipil masing-masing. Sebenarnya biayanya nggak mahal yang mahal dendanya kalat terlambat lapor.

  28. Hi mbak ailtje mo nanya nih apa sih syarat2/document apa aja yg dibutuhkan untuk pernikahan beda agama di hk?saat ini saya pemegang long term visa(12 bln) dan calon suami pemegang employment pass.calon suami WN perancis.mohon pencerahan dan terima kasih..ditunggu reply nya ya 🙂

  29. malam mbak… u/ legalisir Notice of Intended Marriage bisa minta contact person notaris yg dipakai mbak?
    lokasi sya di Jakarta. Kmrn sya cb bbrp notaris blm prnah legalisir dokumen dlm bahasa Inggris…
    Terimakasih infonya mbak 🙂

  30. maaf…
    mau tanya boleh mb??
    klo saya dan pasangan keduanya sama2 indo gmna??hanya kita beda aja…
    kira2 bisa ga??
    dan untuk apply nya, apakah bisa dibantu??

  31. hy….. mba, batasan usia menikah di hongkong berapa ya?? usia saya saat ini 20th setahu saya nikah di singapore minimal 21th. kalo di hongkong minimal usianya berapa??

  32. mba musti minimum 90 hr ya? soalnya td bank gak bsa di BCA saya ke MANDIRI jg mreka bisa bikin draft hanya untuk perusahaan. soalnya rencana saya menikah di HKG tnggl 3-4 april ini.. sdh trlambat ya? saya sudah booking hotel dll 😦

    • Nggak, paling cepet 90 hari, jadi masih aman lah. Soal bank draft, bisa kok minta ke BCA, ngeyel aja. Tapi ditujukannya emang ke Pemerintah HK, bukan ke Individu. Aku masih punya bank draft dari 2013 tapi mesti aku cek dulu ini masih bisa dipakai atau gak. Kalau masih bisa, aku jual aja 🙂

  33. saya jg sudah cuti dan tdk bsa dipindahin hari nya karna kebetulan bekerja di aviation industry dan tdk gampang untuk mindahin tanggal cuti..

  34. mbak, saya sudah urus bank draft tetapi terjadi kesalahan penulisan 2x. jadi td saya baru mengirimkan kembali ke HKG via DHL.. kira2 masih bisa gak ya untuk di awal bulan april? mohon infonya mbak.. trima kasih mbak

  35. Mbak ail sayang… Hehehe.
    Karna blog mbak, saya udh nikah tgl 23 maret 2015.
    Dan ada peraturan tambahan di KJRI. ketika lapor stlh nikah, diperlukan dokumen asli, KK, KTP, paspor, surat nikah, dan akte lahir asli suami n istri yang nantinya dikopi oleh petugasnya. Kalaupun mau, boleh sediakan fotokopinya terlebih dahulu.
    Pas poto hrs sndr2 dgn backgroud putih ukuran 3,5 x 4,5.
    Dan hrs spare waktu untuk urus di KJRI, lapor hari ini bsok baru bisa ambil suratnya. saya udh coba paling awal kesana aja gk bisa kelar sore hari itu juga.
    Saya merid kamis sore n lapor jumat pagi, surat bisa diambilnya senen. Karna sabtu minggu libur.
    KJRI buka jam stgh 10 sampe jam 5.

  36. Mbak Tje, terima kasih artikelnya.. Sangat membantu kami dalam mengusahakan pernikahan dan meneguhkan untuk terus menempuh jalur HK 😀

    Oiya, Mba Tje, aku boleh minta kontak notaris yang disarankan itu nggak? Aku udah coba beberapa tapi mereka kurang responsif perihal yang satu ini. Terima kasih

  37. sy mau nikah di gereja katolik , tp sy jg di babtis di hkg , syarat apa saja yg bisa berikan , sedangkan calon suami sekarang di amerika

      • calon beda agama , dia muslim mba ail, On 2 Jul 2015 19:34, “Ailtje Ni Dhiomasaigh” wrote:

        > Binibule.com [Tjetje] commented: “Jadi kawinnya mau di Gereja dan > catatan sipil ya? Sudah tahu gerejanya dimana dan apakah pasangan sama > agamanya? “

      • saya mau nikah nya di gereja katolik di hkg , karena calon suami akan datang ke hkg , syarat apa saja yg harus sy lengkapi , thanks

      • tp sy pingin bget nikah gereja, lamanya kira2 berapa lama , dan gmn caranya , sy pun baru jg di katolik kurang lebih 2th , jd masih blm faham betul tentang perkawinan ,

      • Dua belah pihak harus sama-sama ikut kursus persiapan perkawinan, tergantung masing2 parokinya. Mending nanya langsung ke Gerejanya, belum lagi permisi minta ijin dari Parishnya untuk perkawinan antar agama. Walaupun diperkenankan oleh Katolik, secara administrasi cukup panjang.

        Di Indonesia kalau mau kawin beda agama di Gereja juga bisa kok, silahkan dikonsultasikan dengan Gereja.

  38. halo mbak salam kenal…kebetulan saya lg prepare2 untuk persiapan nikah nih, kalau boleh tau untuk merit di hongkong kt total perlu stay brapa lama disana?

  39. kak mau tanya ,bila sy menikah dgn warga luar,apa pasport kewarganegaraan sy indonesia msh bs aktif,maksud ku msh tetap jd warga indo ,mohon penjelasannya,tanks,kak,,

    • Selama kita tidak merubah kewarganegaraan, maka passport kita masih akan tetap Indonesia. Kawin dengan orang asing juga tidak akan secara otomatis memberikan kita hak untuk tinggal disana, apalagi hak untuk kewarganegaraan. Di Irlandia misalnya ada masa minimal tinggal selama tiga tahun sebelum bisa menjadi warga sana.

  40. Mbak, thx buat artikelnya

    Saya mau tanya setelah kita dpt marriage certificate dari hk registry ( yang tentunya dalam bahasa inggris), pada saat dilaporkan ke kbri hongkong apa perlu ditranslate ke bahasa indo dan legalisir atau cukup dengan yang aseli dalam bahasa inggris?

    Selain marriage certificate, apa lagi yang perlu dibawa ke kbri dari kita maupun pasangan kita yang orang asing?

    Terima kasih

  41. Thanks banget atas info nya. Uda baca bolak balik beberapa kali. Membantu banget info nya.

    Tapi aku ada pertanyaan lain
    Aku sekarang tinggal di Taiwan, dan pengen menikah di Hongkong (Karena di indo urusnya lama, rumit dan mahal)
    Kalo calon istri saya itu bukan orang HK, bisa ngk marriage certificate saya di legalisir oleh KBRI HK ?
    Ke KBRI HK itu melegalisir marriage certificate (di stempel), atau cuma pelaporan , atau entar di kasih surat keterangan surah kawin yg baru?

  42. Dear mba tjetje..
    Terima kasih atas bantuan info dan supportnya..kami sudah kembali dr hk…semua dokumen2 sudah kami terima dr konjen Indonesia. Tinggal pengurusan di capil di jkt.
    goverment hk juga informatif dan sangat membantu. Alhamdulillah..

    • Selamat atas perkawinanya dan thanks God semuanya lancar. Kalau pencatatan sipil saya belum catatkan, takut di denda karena lebih dari 30 hari. Tapi katanya sekarang sudah tak didenda lagi. Tinggal tahun depan saya ngurus aja. Nanti kabarin ya dokumen2 dan prosedurnya.

      • untuk pengurusan di Capil S. Parman saya tidak dikenakan biaya sepeserpun, lama pengurusan sekitar 10 hari dan yang kami bawa hanya fotocopi setifikat marriage registry ,surat dari KBRI, KK, KTP en Pas foto berdampingan.

      • Hi Mba Tjetje,

        Halo mba, kebetulan KTP saya Jakarta ,
        oh ya wacana ditiadakan denda oleh ahok ada dimana ya?
        kebetulan besok saya ingin melaporkan pernikahan saya di capil provinsi,

        Thanks

    • Dear Mba Tjetje,
      Saya bisa dpt kontak nya Luthfi gak?
      Alamat email atau tlp, spy bisa direct tanya kisah suksesnya.
      Thank you

      • Xpp mba tjetje…dengan senang hati jika mba sisca mau perjuangan saya di jkt & Hk…. 🙂

      • HI Mba, Tjetje,

        Mba saya juga minta kontaknya Mba luthfi boleh? ada yang Ingin saya tanyakan mengenai lapor di capil provinsi, kebetulan saya menikah beda agama dengan WNA jerman tetapi pernikahan di laksanakan di Denmark, saya sudah Satu bulan lebih baru Akan melaporkan pernikahan di capil dikarenkaan legalisasi di kbri Denmark lama sekali, sehingga saya harus kembali ke indo tanpa dokumen tersebut, skrg dokumen sudah ada ditangan, oh ya apakah saya Akan di denda dengan kondisi telat lbh dr 30 hari?

        Dear Mba Luthfi,
        Semoga Mba luthfi berkennan verbatim info untuk lapor pernikahan di capil provinsi

        Thanks

      • Mbak Maaf, saya gak bisa kasih kontak orang tanpa ijin yang bersangkutan. Untuk pelaporan itu tergantung kebijakan masing-masing daerah. Jika KTPnya Jakarta, tidak ada denda karena diputihkan Pak Ahok.

  43. Selamat pagi mba,…

    Perkenalkan saya Nasoetion. Saya ingin bertanya, saya ingin menikah dengan calon saya yg berbeda agama dan kita sama2 tinggal di Jakarta. Kita ingin menikah di Hong Kong. Apakah syarat2nya masih sesuai dengan apa yg mbak postingkan ataukah ada perubahan?

    Best regards,..

  44. Mau Tanya nih. Gimana kali saya kerja di hongkong dan calon suami di inggris. Gimana kita bisa dapatkan legalisir notaris. Mohon kasih petunjuknya kak.

  45. Maaf saya mau tanyak, saya beda agama sama calon suami, tp calon saya sudah pernah menikah 12thn yg lalu kemudian istrinya kabur 5thn yg lalu, sampe sekrg blom ketemu alias g ada surat cerai, so apakah bisa mengajukan pernikahan di hk? Sekian, thnks

  46. Sangat membantu dik.
    Satu pertanyaan lagi, setelah kita di hongkong, lalu dipanggil ke catatan sipil disana, apakah dokumen yg hrs dibawa? Atau bawa foto copy dokumen2 nya saja?

  47. Selamat malam mba tjetje,maaf menggangu waktunya mba sebentar …..hehehe ,saya mau tanya mba,saya sudah menikah dhK pada tahun 2015 tapi saya belum pernah melaporkan ke kjri dan catatan sipil! Pertayaan saya bisa tidak kalau mau pulang indo saja baru lapor kekjri dan catatan sipil??

      • mba saya mau Tanya ,sy tkw sdh menikah dhk dari bulan 7/2015 sampai sekarang sy masih belum lapor kekjri blm dapet kutipan surat nikah dari kjri apakah nanti sy kena denda ngk mba apakah nantinya saya bisa bikin paspor tanpa kutipan surat nikah dari kjri ? kalau mau lapor kekjri saya tidak punya persyaratan lengkap termasuk kk,akte lahir ,ktp indo semuanya ada di PT sy yg dulu mba ,jadi solusinya baigaimana mba tjetje,makasih. kalau boleh please answer me by WhatsApp 54382736,thanks .

      • Mbak maaf, saya tak bisa berbagi nomor Whatsapp. Untuk pelaporan di Indonesia, bukan KJRI. KJRI hanya melaporkan untuk mendapatkan surat pengantar. Sepengetahuan saya dokumen yang diperlukan tak banyak,tapi khusus untuk mereka yang bermukim di negara tersebut (termasuk TKW) rasanya ada peraturan yang berbeda. Di cek saja langsung ke KBRI. Maaf saya gak bisa bantu ya.

  48. Mba sy masih bingung dgn lampiran dokumen yg di atas… itu klo untuk bank draft biasanya biayanya brp y mba??
    Lalu untuk dokumen kedua notice of intended marriage nya itu qt bs dapat dr mana mba??
    Dan dokumen yg ke 3 itu jg qt bs dapat dmn y mba??

    Mohon bantuan infonya..

  49. Hi Mbak, terima kasih sekali informasinya yang sangat berguna. Mau nanya sedikit, semoga Mbak bisa membantu. Saya sudah baca kalo calon berstatus janda/duda, harus isi notice of intended marriage di halaman ke-4 (statuary declaration) dan harus di legalisir notaris. Nah, apakah kita harus bawa akte cerai asli nya juga untuk proses ini? Apa tidak perlu bawa atau copy an saja cukup?

  50. hi… mba, salam kenal…
    mw nanya utk saksi nikah ada minimal umur atw tdk yaa ?
    krn ayah sy udh gk ada, sy mw adik sy yg jd saksi & umur nya br 19 thn…
    apakah bs ?

  51. Hai mba, sebelumnya mau makasihhhhhhh banget, saya sdh tinggal nunggu confirmation letter aja dr MRRO hongkong, yg jadi pertanyaan, dokumen apa aja nih yang harus dibawa pas kesana? Takutnya dah jauh2 ada yg g kebawa, terutama pas ke KBRI nya…thanks in advanced,

    Best Regards,
    Andriana

  52. selmat pagii,,mbk tjetje saya mau tanya rencna thn depn saya mo nikah d hk,,tp calon suami saya tdak kerja,dia ambil jatah pemerintah ,kira2 bisa mengajukan visa ku ke imigrati gk ya ,mksih

  53. Mba tjeje mohon info nya, untuk form OM di halaman kedua ada 3 pilihan :
    1. We intend to contract a marriage at a marriage registry by a Registrar.
    2. We intend to contract a marriage before a civil celebrant of marriages.
    3. We intend to contract a marriage in a licensed place of worship.

    Kita pilih nya yang nomor 1 kan ya mba ?at a marriage registry by registar kalau saya mau menikah di catatan sipil di hongkong saja tanpa melakukan pernikahan secara agama karena saya dan pasangan beda agama, betul gak mba?

  54. Mbak..saya mau tanyak.
    Itu di penjelasan dr marriages registry office hk bilang untk doc tambahan khusus divorced person.begini katanya “if the divorced takes place outside hk, proof of domicile in the cointry where the divorce takes place is required upon giving of the notice.otherwise, a declaration(page 4-5 of the attached OM form) signed by the divorced person declaring his/her nationality and residence on the date of institution and aproval of the divorce should be provided”.
    Itu maksudnya saya harus ke kantor kelurahan gt ya mbak buat minta surat keterangan domisili di medan(krna saya domisili di medan&perceraian di medan jg) ataukah sudah cukup keterangan dr legalisasi notaris,krna disitu saya lihat mencantumkan alamat si pemberi notice itu.
    Mohom info nya ya mbak..
    Thank you…

    • Coba tanya deh sama mereka proof of domicilenya apa? Apakah passport udah cukup. Rasanya gak perlu ke kelurahan.

      Otherwise kamu tanda tangan aja itu halaman 4-5, lebih gampang lagi. Tinggal di attacked surat cerai.

      • Oh iya bener mbak.seperti nya gak ush lagi perlu surat keterangan domisili ya dr kelurahan/rt.soalnya si page 4-5 dan di legalisasi notaris udh tercantum alamat domisili saya nanti nya.
        oh iya mbak2 yg sudah menikah di hk,adakah rekomendasi hotel yg nyaman selama stay di hk?saya mau bawa ank saya sekalian mau ke disneyland ceritanya.haha
        dan ada kenalan gak mbak ya temen yg ti ggal di hk untuk bantu saya jd witness di pernikahn saya di hk?
        Boleh minta email nya mbak?biar bs email personal aja..thank you mbak..

      • Sore Mbak..mau tanya lagi.
        sebelum saya kirim all documents ke hong kong,apa saya hrus buat appointment online dulu untuk tanggal kapan pengiriman documents atau saya bisa langsung kirim ke hong kong?
        oiya mbak,recomend ekspedisi untuk kirim documents ke hong kong yang jaminan apa ya?
        klo pake pos indonesia kok agak sangsi ya.
        thank you mbak for your answer again..

      • Post Indonesia yang kilat. Jangan sangsikan kemampuan mereka, karena mereka udah punya jaringan sejak dahulu kala.

        Untuk appointment hanya bikin yang untk kawin aja. Selebihnya gak ada appointment.

    • hai mba ayunda,,,
      saya juga domisili dimedan dan mau rencana menikah beda agama di HK. Saya mau sharing pengalaman mba krn saya msh kurang ngerti.
      Bisakah saya ketemu dgn mba ?? berhubung kita 1 kota

  55. Selamat pagi mbak, ini blognya inspiratif sekali. Saya juga rencana untuk menikah di luar karena saya dan pasangan beda agama (dua2nya orang indonesia).
    Saya mau tanya, kalau saya sudah kirim dokumen ke hongkong, kita butuh kirim bank draft tambahan atau biaya tambahan untuk mereka kirim balik marriage notice nya gak ya?
    Terima kasih sebelumnya 🙂

  56. Hi,mbak. Aku mau tny, waktu pengurusan untuk nikah apa sama kaya nikah di indonesia yang harus pakai surat pengantar dari RT/RW sampai kelurahan? Sorry aku masih agak bingung pdhl udah browsing dan nyimak sana-sini, cuman ktnya lapor RT itu perlu untuk surat keterangan domisili, menurut info kakakku. please infonya ya mbak.Tq.

  57. Siang mbak2..boleh minta update nya kah yg baru aja nikah di hk..
    Saya baru aja dpt email dr hk dan akan menikah tgl 2 nov.
    Untuk pelaporan dokumen di KJRI,bs dengan melampirkan KK saja atau harus KK dan Akta Lahir?
    Karena Akta saya masih diperbaiki..ada kesalahan nama.hikshiks.seperti nya saar saya melapor ke KJRI di hk itu akta lahir saya belum selesai di proses.
    Thank you ya mbak..

  58. Hi Mbak Ailtje, salam kenal

    Terimakasih buat blognya yang sangat informatif. Saya berencana untuk menikah di Hongkong akhir Feb atau Mar 2017. Semoga masih keburu mbak.
    Saya sudah coba mengisi formulirnya tapi ada yang masih bingung mohon dibantu ya mbak. Terimakasih sebelumnya

    Calon suami saya widower, berarti di formulir OMnya harus isi statutory ya cuma bingung yang mana ya mbak yang harus di isi; ada beberapa form statutory tapi saya lihat adanya yang divorce.
    Pada saat pengiriman noticed of married nya; selain bank draft apakah sekalian dikirim Form MR21B nya ya mbak ?
    Terus kan ada fee registry (selain bank draft yang dikirim), biaya itu kapan harus dibayarkan ?

    Sorry pertanyaannya kebanyakan. Thanks a lot Mbak

    Frida

  59. mau tanya mbak, kalau untuk pencatatan pernikahan di KBRI Hong Kong, apakah memerlukan surat izin orang tua (apabila saya sudah berumur 21 tahun) atau dokumen N1-N4 dari Kelurahan setempat? terima kasih mbak..

  60. mbak mau tanya, saya sudah berumur 21 tahun, apakah masih diperlukan surat izin dari orang tua untuk pencatatan pernikahan di KBRI HK? dan apakah masih diperlukan dokumen N1-N4 dari Kelurahan Setempat? maaf kebanyakan tanya, terima kasih…

  61. Alo mbak…salam kenal. Aku sama pasangan rencana nikah diluar tahun ini. Msh bingung antara di singapore atau hongkong. Kalau baca komentar dan yg sudah nikah di hongkong. Sptnya lebih mudah di banding di singapore. Cm masih menelaah dulu gimana dan apa aja yg dibutuhkan buat nikah di hongkong. Boleh minta contact no mbak ailtje atau email yg bisa di hubungi jd bisa tanya2 kalau gak keberatan. Ubek2 ke atas gak nemu alamat emailnya.gak teliti aja ya mgkn. Hehehe. Makasih ya mbak.

  62. Dear Mba Tjetje,

    Boleh tau kapan saksi diperlukan untuk datang, apakah start dari menghadap 3 hari sebelum hari pernikahan atau pada saat hari pernikahannya saja.

    Thanks.

  63. Hi Mba Tjetje

    Mau dong no hp notaris yg di bogor sama mau tanya calon istri saya divorced person, kalau yang dilegalisir akte cerainya setelah di sworn ke catatan sipil apa pengadilan negeri yah

    Thanks in advance

  64. Terima kasih atas blognya.. sangat membantu sekali…
    Kami sudah mendapat confirmation letter dari marriage registry hongkong.
    Namun ada kendala masalah saksi pernikahan. Apakah ada teman teman yang di hongkong bisa bantu untuk menjadi saksi pernikahan kami??
    Soalnya keluarga tidak dapat ikut.

    Mohon bantuannya.

  65. Halo mbak, makasih infonya! Aku mau nanya nih soal bank draftnya aku bingung banget. Kita dikasih list Hong Kong Associated Bank, apa kita harus bikin bank draft dari bank yg tercantum disini atau di bank manapun yg punya link ke bank yg tercantum di list?
    Aku udah tanya ke BCA dan mereka ga ngerti soal ini. Mbak dulu bikin di BCA tapi kop bank draftnya HSBC itu gimana caranya ya?
    Mohon bantuannya ya mbak, makasih!

Show me love, leave your thought here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s