Pelaporan Perkawinan Beda Agama di Hong Kong

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang cara mendaftar perkawinan beda agama, tahapan yang harus diambil setelah mendaftar adalah menantikan surat cinta dari HK. Setelah dapat surat cinta atau surat panggilan, maka wajib  hukumnya bagi kedua belah pihak mempelai untuk menghadap.

Panggilan melapor kawin

Pasangan harus melapor ke kantor yang tersebut di atas. Gimana caranya ke kantor itu karena itu gedung susah ditemukan? Silahkan naik MRT turun di Admiralty, terus cari gedung High Court. Habis itu cari pintu yang untuk pendaftaran kelahiran, kematian dan perkawinan. Lokasinya deket pintu koneksi ke Pacific Place Mall. Begini wujudnya:

20131118_150322

Loket khusus pelaporan perkawinan ada di sudut paling ujung dan gak pakai antri-antrian. Langsung aja duduk depat loket, nanti pasti diminta surat panggilan & mereka suruh kita balik ke ruang tunggu.

20131118_143319

Setelah itu, pasangan akan dipanggil, di cek kesesuaian datanya dengan passport dan pihak laki, cuma pihak laki doang (sexist) diminta untuk bersumpah. Isi sumpahnya begini:

20131118_145715

Setelah baca sumpah dan tanda tangan sana sini, baru diberi secarik kertas untuk perkawinan di Cotton Tree.. Udah gitu doang. Perlu dicatat, petugas pasti nanya soal nama keluarga, kenapa nama keluarga kita beda-beda. Jelasin aja kalau di Indonesia family name doesn’t exist (kecuali di suku-suku tertentu). Dokumen dari orang tua, macam passport dll tidak diperlukan. 

Tiga hari kemudian silahkan datang ke Cotton Tree Drive Marriage Registry pada jam yang ditentukan, kalau bisa 30 menit sebelum jam yang ditentukan. Petugas di cotton tree nanti akan teriak-teriak lewat speaker manggil pasangan yang dimaksud pada jam yang ditentukan. Kalau jam 15.45  ya jam 15.45 dipanggil. Setelah itu passport pasangan akan diminta, beserta ID card para saksi (bisa pakai ID card Hong Kong, bisa juga pakai passport) dan tentunya uang pembayaran 715 HKD, kalau kawinnya di hari libur biayanya hampir 2000 HKD. Setelah Lima menit menunggu, pasangan akan dibawa masuk ke dalam ruangan.

Di dalam ruangan tersebut terdapat sebuah meja dengan beberapa kursi. Saksi dan mempelai akan diarahkan untuk duduk di kursinya masing-masing. Pengantin duduk berdampingan, lalu saksi duduk di seberang pengantin. Si mbak yang mimpin upacara duduk di sisi lain meja, menghadap ke para tamu. Kapasitas ruangan juga ada macam-macam; tergantung berapa tamu yang mau dibawa.Di upacara ini kedua belak pihak membacakan sumpah perkawinannya dan tukar cincin. Setelah itu semua orang tanda tangan kertas, termasuk para saksi. Kertas selembar itulah bukti perkawinan kedua belah pihak. Upacara ini nggak sampai lima belas menit.

Dokumen surat kawin yang cuma satu lembar ini kemudian harus dibawa ke Kedutaan Indonesia supaya kedutaan mengeluarkan surat yang menyatakan bahwa kedua pihak ini memang sudah kawin. Informasi yang di tulis di surat ini termasuk agama suami dan istri. Biayanya 60 HKD. Surat ini kemudian harus dibawa ke catatan sipil di Indonesia untuk didaftarkan, selambat-lambatnya 30 hari setelah tiba di Indonesia, kalau nggak: didenda.

Update:
Peraturan baru untuk pendaftaran perkawinan di KJRI.
image

 

Sederhana bukan?

PS: Kalau ada yang tahu pasangan yang menikah di Singapura, Thailand atau Australia dan berminat menjadi narasumber, boleh direkomendasikan ke saya.

Pertanyaan boleh juga diajukan ke saya via email: binibule.com(at)gmail.com.

Advertisements

196 thoughts on “Pelaporan Perkawinan Beda Agama di Hong Kong

  1. Kalau misal pasangannya setelah nikah belum ke Indonesia gpp ko ga lapor, aku aja sdh 3 thn belum lapor soalnya belum ada rencana ke Indo 😀 . Klo ga salah untuk lapor ke catatan sipil perlu foto berdampingan dengan latar belakang warna merah.

  2. Saya juga beda agama sama fiance ail. 😉
    Bentar lagi kewong nih, ntar gue laporan nih yaaaa. Tapi kalo denger2 dr temen sih, disini bahkan kaga ditanya agamanya apaan. Bawa passport, saksi dua orang umur 21 tahun ke atas plus duit SGD130-an. SAAAHHH deh

  3. say, datang Cotton Tree Drive Marriage Registry kita sudah dandan di bridal atau memang semua sudah disiapkan dari dsna??? co aku bingung ada rencana mao nikah juga di hongkong/sing,.. ^^

  4. mba nanya dong. itu suratnya yang di notaris bikinya di indo ato hongkong? perlu acara ke kelurahan ga buat cari bebas nikah? klo saya hamil gmn mba? bolehkah nikah pas hamil?
    sebenarnya saya sudah menikah secara muslim dengan suami saya (irish juga). dl rencana nikah di thailand. tp karena ada masalah, kita nikah secara muslim dl. nah habis itu saya hamil mba. skrg jalan 5 week. terima kasih mba

    • Surat perjanjian pranikah bikin di notaris harus menghadap berdua. Nggak perlu ke kelurahan.

      Kalau kawin di Hong Kong nggak ditanya hamil apa nggak. Gampang banget dan lebih murah dari di Indonesia.

  5. mba mau nanya, nanti setelah dari hongkong semua beres surat nikah,begitu dibawa ke Indonesia untuk dicatatan sipil dipermasalahin gak kalau agamanya beda? nanti disuruh disahkansecara agamal lagi gak oleh catatan sipil?

  6. Saya hari minggu ini menikah di HK, nah yang lupa saya tanyakan untuk saksi bisa orang Indonesia kan tidak harus warga HK?

    Terima kasih sudah membantu menjawab

  7. maaf hari Sabtu ini.

    Apakah ada syarat residency untuk Witnesses? Apakah bisa bawa dari Indonesia? Kalau tidak bagaimana yah solusinya?

  8. Saya dulu nikah di Thailand (beda agama juga), prosesnya cepet kalo pake agent. Karna surat2 dari KBRI pake bhs inggris. Kalo surat dr embassy suami udah langsung pake bhs thai. Ribetnya itu, translate2 dan legalisir di Ministry Foreign something Dept (lupa nama departemennya). Kalo translatenya bener gak papa, kalo salah itu yg bikin butek ni otak. Dan juga karna mesti balik gawe lg, jadinya 10 hari cuti gak cukup. Jalan tersingkat pake agent. Dulu saya bayar sekitar 1800 dptdiskon jd 1500 bath. Berapa ya dirupiahin? Lupa. Maap udah tua sih hahaha

  9. Nice blog 🙂
    Mau tanya Mbak, pasangan yang mau menikah butuh minimal berapa hari kerja harus stay di Hongkong untuk mengurus semua administrasi pernikahan, mulai dari menghadap Marriage Registration office (H-2) sampai Kedutaan Indonesia release surat pernyataan pernikahan?
    Apakah 5 hari kerja cukup? Atau terlalu mepet?
    Thx.

      • Mbak mau Tanya kalo yg nikah WNI Dan WNA, setelah nikah lapor hanya ke KBRI Hongkong saja? Gak perlu lapor juga ke Kedutaan asal negara WNA (misalnya U.S. embassy di Hongkong, apabila WNA US)? Thanks yaaa

      • salam kenal Clara….. Suami saya jg WN US..dan saya jg nikah di HK….. utk WN US gak perlu lapor….bukan apa2 krn bagi pemerintah US pernikahan itu urusan pribadi.

        Dulu ketika ngurus KITAS di suruh minta surat lapor dr konsulat ato kedutaan US…saya ke konsulat US dan di ketawain….. smp akhir nya saya ngomong butuh utk KITAS…. mereka pun ngerti dan yg ada adl Akta Nikah dr HK yg asli di baca oleh bagian konsuler lalu di fotokopi sendiri oleh mereka dan di sahkan…itu pun cmn cap dan TT bagian konsuler. Saya di kenaki 450rb rupiah utk 1 cap itu.

        Dan sekali lagi di jelaskan oleh mereka, sebenar nya pemerintah US ada yg nama nya lapor nikah. cap ini pun di adakan krn byk nya WNI spouses yg di mintai surat lapor pernikahan dr konsuler US.

        Semoga bantu 🙂

  10. Mbak, pada saat upacara perkawinannya nanti, apakah diharuskan menggunakan pakaian pengantin atau sebenarnya bebas2 saja? Thank you Mbak, informasi di blog mbak sangat bermanfaat 🙂

    Setelahnya apakah ada moment untuk mengabadikan, misalnya untuk foto2?

  11. Pingback: Cara Kawin Beda Agama di Hong Kong | Ailtje Bini Bule

  12. Mbak calon suami sy itu Katolik sedangkan sy sendiri Hindu, calon suami sy pernah menikah dah punya 2 anak. Apa itu tdk dipermasalahkan jg disana ?

  13. tyt nikah di HK jg ya? sama bgt…… agak ribet di awal krn pas itu aku n calon tinggal di china, jd smua surat2 hrs di translate n di notary dr surabaya trus fedex…suami kudu bikin surat lapor (setara ama SKLD ) di kota tmp kita tinggal, tp begitu semua di dikirim, lgs dpt balesan 3 hari kmdn, tinggal dtg bawa saksi….sret2 15 mnt kelar….. no fuss bgt…..gak ada crita di palakin jg, 🙂 pulang tinggal lapor ke capil surbaya….. 🙂 ……

  14. Hallo Mba Tjetje, salam kenal.
    Saya mau tanya itu gambar yang kedua dimaksudkan utk TKI yang mau menikah di Hongkong kan ya? sedangkan klo datang ke hongkong memang tujuannya hanya utk menikah, lihat keterangan di foto pertama aja kan? sorry aku bingung soalnya ngeliat persyaratan di foto kedua.
    Thanks,
    Lia

    • Nah ini yang ga jelas, karena kalau baca sekilas, gambar kedua itu terkesan untuk TKI aja. Tapi kemaren ada yang nikah disana, diinformasikan kalau mereka mesti bawa surat ijin. Tapi ya udah dewasa kenapa mesti pakai surat ijin juga.

      • Mba saya mau tanya kalau mau translated buku cerai ke bahasa english apakah boleh di tempat lain selain kjri ? Soalnya kemaren Sy (TKW)dan calon suami HK sudah ke cotton tree nyerahin documents kurangnya cuman surat cerai sy yg belum di translate, please reply me :-),thanks.

    • Dear Mbak Lia,
      Pengalaman saya yang melangsungkan pernikahan di HK pada akhir Oktober 2014, cukup menggunakan syarat aturan di gambar pertama, enggak perlu surat ijin dari ortu segala kok.

      Thanks infonya Mbak Ail yang sangat membantu sekali.

  15. aku mau tanya setelah upacara pernikahan nya bawa surat2 ke kedutaan indo yg hkg nya lngsung di urus atau menunggu lagi ya?
    dan data2 yg ada di pic di atas harus diserahkan kemana thanks..

  16. Saya mau tnya mbk klo ktp saya yang dari indo hilang trus pasangan saya ga ada ktp hk krn ada peaper dan pasport nya ada di imigrasi cuma megang fto kopi paspor
    Kami bisa mnikah engga mbk ??
    Mohon jawabanya

    Mksihh 😊

  17. mba akhirnya surat dr HKG dteng juga tgl 2 april nikahanya..makasih yaa buat blognya ini bner2 berguna bgt.
    mau nanya lagi alamat KJRI nya dmn ya?dket ga sama cotton tree?

  18. mba saya baru aja nikah di HKG..ada sedikit tambahan wktu mau ngurus surat di KBRI nya,ada tambahan surat Kartu Keluarga/Akte Kelahiran yg asli. pilih salah satu mau KK atau akte tp hrus yg asli..untung kmaren itu saya msih save di email KK nya jd bisa lngsung dikasih deh..

  19. mba neng..surat yg hrus dibawa di KJRI itu sama kyak yg ad di gambar nomer 1, cuman ada tambahan Akte kelahiran/Kartu keluarga dr masing2 pihak. Saya jg ga tau hrus ad KK/Akte,yang ada di laptop saya cuman ada KK , jd kmaren itu saya cuman kasih KK saja dan mereka tetap terima. Tapi harus yang asli.

    Smoga bisa membantu.

  20. ok thanks mba ,oh iya mba mau tanya lg mba …mba tahu ngak dmna tempatnya buat translate yg murahan dikit ?:-D:-D thanks a lot

  21. Sorry mbk ada lagi org tua saya duaduanyh sudh mninggal jdi gmn bikin surt izin nyh
    Selain orgtua ke siapa lagi soalyh dulu say mnikh pake wali hakim bagimana ?

  22. Mba ail thanks a lot buat infonya sangat membantu sy akhirnya sy sdh nikah mggu kemaren… 😀 oh iya mba sy mau nanya satu soalan lg sy kan sdh nikah terus itu surat nikah yg 1 lembar itu harus ya mba dibawa ke kjri ?

  23. Ok mba ail thanks,terus sy siapkn document seperti 1 lembar srt nikah dr hk ,kk ,ktp,akte sama foto white background ya mba ?

  24. Thanks mb. .ini sangat membantu sy krn sy mau menikah dgn US citizen bln desember nanti ,sebenernya planning di Singapore tp jadwal dia padat, maunya yg cepat, dan sy bc article ini trs sy bilang ke dia dan dia ok, rencana mau apply bln ini.yg sy mau tanya apakah ada taxi dr airport ke tempat panggilan itu..
    trimakasih

  25. Hi Mba Ail,

    Maaf mba, saya ada rencana utk menikah di Thai. Saya baca di komen sepertinya Mba Made Wulan punya pengalaman menikah di Thai. Bisa saya mnta email Mba Made Wulan kah Mba Ail ? Atau Mba Ail sdh punya info terbaru utk menikah di Thai ?

    Thx Mba Ail

  26. Mba Ail,
    Mau kasih kabar aja ni kalo aku sudah menikah di Hong Kong tanggal 15 September kmarin. Karena blognya Mba Ail ini semuanya urusan pernikahan saya lancar sekali,terima kasih infonya ya,Mba.
    Sekalian mau menambahkan, untuk pelaporan di KBRI saya kemarin hanya diminta tambahan fotocopy KK atau AKTA KELAHIRAN masing-masing mempelai aja. Kmarin saya lapor KBRI dan hari ini sudah jadi suratnya. Jangan lupa bawa pas foto ukuran 3.5cm x 4.5cm dgn background putih soalnya saya kemarin lupa dan terpaksa foto didekat kantor kbri. Hehehehe..
    Sekarang saya mau tanya sama Mba Ail,apa yg saya butuhkan untuk pendaftaran di catatan sipil indo ya? Berapa biayanya?
    Terima kasih banyak untuk infonya ya,Mba.

  27. Dear, Mba Ail…

    Great news ni. Aku uda lapor ke capil DKI Jakarta dan prosesnya luar biasa cepatnya. Viva, Pak Ahok..!! Saya hanya harus isi formulir dan bawa semua persyaratan aja seperti fotokopi KK suami-istri, fotokopi Akta Kelahiran suami-istri, fotokopi KTP suami-istri, fotokopi paspor suami-istri plus fotokopi marriage certificate dan fotokopi surat laporan KBRI sama foto 4×6 suami-istri berdampingan yg ternyata backgourndnya juga bebas. Di capil isi 2 formulir, yg 1 form identitas suami-istri yg 1nya lagi form utk meminta surat pelaporan pernikahan di luar negeri. Setelah itu tunggu skitar 7 hari kerja dan ambil lagi di capil DKI.
    Info pentingnya khusus buat yang mau pelaporan di daerah Jakarta :
    1. Pelaporan pernikahan di luar negeri di Jakarta hanya bisa dilakukan di Dinas Suku Kependudukan dan Catatan Sipil Pusat DKI Jakarta. Tempatnya dideket univ.trisakti slipi.
    2. Ketentuan baru dari Gubernur DKI Jakarta, Pak Ahok, semua surat yg diterbitkan di Dinas Suku Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta TIDAK DIPUNGUT BIAYA dan itu termasuk TIDAK ADA DENDA KETERLAMBATAN. Senangnya! Jadi segera aja lapor, deh. Apalagi yg uda lama pulang dan belum sempet laporan kalau sudah menikah di luar negeri.

    Terima kasih sekali lagi buat blognya, Mba Ail.. Aku merasa terbantu dan dimudahkan sekali prosesnya karena baca blog ini. Apalagi sejak menikah banyak teman2 yg mau menikah beda agama cerita kalau ternyata sudah tidak bisa lagi dicatatkan disini dan terpaksa ikut agama salah satu pihak supaya bisa punya surat nikah.

    Thanks again, Mba Ail. ❤

    • Mbak Ail dan Utee, isi blog dan updatenya sangat berguna ^^

      Saya mau tanya biar nanti urusan pelaporan gak perlu repot bolak balik

      Kalau diatas sudah banyak dibahas tentang pelaporan ke KBRI, bagaimana dengan kebalikkannya??

      1. Pada saat lapor ke keduataan besar pasangan kita yang bukan WNI, surat2 aseli kita (KTP, KK, akte lahir dll) apa perlu diterjemahkan (minimal ke dalam bahasa inggris) dan dilegalisasi notaris? Apa cukup dengan bawa surat aselinya saja?

      2. syarat no 5 pelaporan ke KBRI yaitu fotokopi KTP pasangan kita … Kalau KTP pasangan kita itu bukan pakai alfabet tapi misalnya bahasa Korea … apa petugas KBRI ngerti klo cuman bawa yang aseli? ata gak perlu diterjemahakan terlebih dahulu?

      3. Untuk pasangan kita yang bukan WNI, apa perlu membawa Akte lahir atau KK juga?

      Terima kasih buat jawabannya …

    • @Utee

      Akta kelahiran pasangan WNA dan marriage certificate mesti di terjemahkan ke bahasa indonesia ngk?

      Thanks banget atas sharing nya.

  28. Mba,,aq mau tanya nih kemaren aq baca syarat yg harus di bawa sebelum pernikahan di hongkong,itu waktu aku datang ke hongkong sebelum pelaksanaan pernikahan di bawa ke kjri dulu,atau nanti setelah pernikahan di bawa k kjri sekalian ngedaftarin pernikahan.aku…? Terus aku kan muslim calon aku budha waktu daftarin ke.indo itu ke kua apa ke catatan sipil …?
    Mohon bantuan infonya mba mksh

  29. Katanyah kalo saya tidak bikin surat pra perjanjian nikah atou prenup saya tidak bisa beli rumah atou tanah di Indonesia sedangkan saya cinta Indonesia mbk please minta solusinyah trimksih mbk

  30. Mba kira kira orang kedutaan ada yang mau jadi saksi gak ya? Saya dan pasangan sedang membutuhkan saksi untuk pernikahan kami disana nantinya.

  31. Nanya ya mbak bingung banget soalnya.legalisir notaris pada notice of intended marriage dimana ya klo saya kerja di HK jga. Seandainya kita ngk lap or me kjri bail sebelum maupun sesudah nikah APA bisa nikah. Makasih

  32. Malam mba, kalau mau nikah nya dadakan misal nya daftar tgl 1 januari nikah nya tgl 15 januari apa bs seperti itu atau harus 3 bulan sebelumnya daftar nya?, trus apa msh bs di daftarkan di indo setelah menikah di hongkong karena saya beda agama? Terima kasih sebelum nya

    • Biaya tergantung gaya masing-masing pasangan. Naiknya pesawat apa, hotelnya bintang berapa dan makannya dimana. Kalau mau super budget bisa kalau mau mahal bisa. Paling engga menghabiskan satu minggu di Hong Kong, lima hari kerja dan dua hari libur (datang minggu pulang Sabtu pagi).

  33. Siang.Mo nanya nih,persyaratan dan dokumen apa aza yg dibutuhkan WNA(usa)untuk menikah di indo dgn WNI.Kebetulan dia juga udah jadi residen hk.Insyallah kita nikah di bulan september 2016.Mojon infonya pls

  34. Hai mbak Tjetje apa kabar,

    Mbak aku kan rencana mau nikah bulan Maret hari kamis tp untuk tanggal masih tentative, tadinya mau hari Senin tp kayanya jd lebih lama jatuhnya ya utk pengurusan.

    Nah sekarang kan aku lagi urus2 dokumen.
    Aku ada bbrp pertanyaan ni mbak :
    1. Aku janda dr 2009, ada akta cerai tp aku harus ttp bawa akta cerai dan di legalisir KUA setempat atau gimana? Krn di gambar 2 kl perceraian lbh dr 6 bulan kan harus mengajukan surat permohonan belum menikah lagi, sdgkn KTP, SIM dan KK aku statusnya dr dulu belum berubah mbak masih tertulis Belum Kawin (nikah gak sampe setahun jd belum sempet berubah status)

    2. Kalo aku nikahnya hari Kamis, berangkat dr hari Minggu pulang hari Sabtu cukup gak ya mbak? Krn katanya proses dr KBRI bs 3 hari.

    3. Untuk pelaporan ke KBRI nya itu hrs keesokkan hari setelah nikah atau bisa hari itu itu juga mbak dilaporinnya?

    4. Sbnrnya aku pgn nikahnya hari Senin aja, menurut mbak lebih gampang Senin atau Kamis. Pas daftar ulang tu boleh H-2 atau gak?

    Maaf ya mbak banyak pertanyaan hehe.
    Thanks before mbak 🙂

    • Gambar itu gak perlu diindahkan tapi untuk janda Akta cerai harus diterjemahkan.

      Mepet banget di KBRI mesti selesai satu hari. Kalau mau nekat ya mesti minta tolong bener sama orang KBRI. Kalau pas hari Kamis keburu bisa langsung lapor. Bawa copy tiket pulang juga ya biar mereka tau kalau mau balik.

      Kawin paling gampang hari Kamis. Jangan Senin. Daftar ulang maksimal h-3 sekarang. Nanti pas daftar dikasi tanggal maksimal sih sama mereka.

  35. Mbak..saya mau tyk.klo surat yg khusus utk janda cerai atau janda mati itu kan ditulis maks 6 bln setelahnya harus mengurus surat belom pernh menikah lagi.
    itu minta surat nya kmn ya?ke kelurahan/camat atau ke KUA?hrus ditranslate ke b.inggris dan di sahkan sm penerjemah tersumpah ya?
    Apa kah msh perlu surat ijin org tua itu mbak klo status janda? Mohon info nya ya mbak..tks.

      • Mbak mau tyk lg ya..
        itu mbak blg kan form notice of intended marriage di sahkan sm notaris di balik form halaman pertama nya aja.
        aq baca trus ke bawah,ada 2 atau 3 form yg dinote dibawahnya form nya harus di authenticated by a notary public.itu artinya apa ya?apa aq hrus minta leges form nya sm notaris juga seperti yg di balik halaman ke 1 itu?
        krna saya baca itu form utk widower..
        mohon info nya ya mbak..
        thanks mbak..

      • Oh gitu ya mbak..
        trus klo bentuk otentifikasi dr notarisnya bentuk nya sama kah dng format leges dr notaris yg mbak tunjukin di atas?

  36. mba, mau memperjelas aja, untuk pendaftaran marriage, dokumen ini dikirim ke HK (Copy passport kedua belah pihak, Notice of Intended Marriage (dilegalisir notaris), Form MR21B dan Bank Draft) ke The Marriage Registration and Records Office? lalu tinggal tunggu balasan saja?.
    Dan saya masih bingung soal minimal 14 hari dan maximal 30 hari, untuk nentuin tanggal married nya, jadi kalau mau married di awal april 2016 masih bisa ga ya?.
    Notice of Intended Marriage (dilegalisir notaris), untuk legalisir apakah harus sesuai kota di passport? krn saya kerja di jakarta dan asal bukan dari jakarta.
    makasih dan sori kalau banyak banget tanya nya.

  37. mba, inii aku mau buat bank draft di BNI, diminta ngisi formulir dulu, untuk Bank penerima, kota, no rek diisi apa ya?

  38. Mbak, kalau mau daftar pertama kali itu via surat aja ya sampai ada balesan ga perlu dateng kesana? Pake surat ijin orang tua juga?

  39. Mbak Ailtjeee… Baca postingan ini dan postingan sebelumnya bikin aku mikir, kok nikahnya gampang banget ya 😆 Maksudnya untuk resmi jadi pasangan suami-isteri dan pemberkatan/akad-nya ‘gitu doank,’ kalo resepsi lain cerita kan ya 😛

    Anyway mau tanya, kan udah lapor ke KJRI HK, brarti kalo di Indonesia daftarinnya ke catatan sipil (kristen) dan KUA (islam), yah? Atau salah satu aja? Makasih~

  40. Mba aku butuh saran bgt! Kekasih q muslim dy orang arab, kita mau nikah yg simple bgt, karena saya suah terlanjur hamil, sebelumnya dia adalah tunangan saya, apakah akan jadi masalah kalau aku hamil duluan? Di butuhkan medical check up atau tidak?

      • Mba Tjetje,

        Untuk 2 forms itu, harus diisi kedua belah pihak? Or aku j mba? Trus aku bsa mnta contact notaris na g mba? Lokasi aku d jakarta, setelah dokuments di kirim harus tunggu 2 mingguan yah? G bsa lngsung lebih cepat dri itu yah?

        Terima kasih Mba Tjeje?

      • Pagi mbk Tjetje,,mo tanya nih rencna thn depan saya mo nikah di Hk, tp clon suami saya tidak kerja tiap bln dpt uang pemerintah, ada tbngn di bank sma tempat tinggl, kira kira bisa mengajukan Visa ku ke immigration gk ya? Mksh I

  41. Mbaa Ail, akhirnya tgl 13 Juli 2016 kmrn aku berhasil menikah di Cotton Tree Drive Marriage Registry, blog dan informasi mba ail sangat membantu, makasih jg mba ail yg selalu mau jawab semua pertanyaan2 aku walaupun mba ail pastinya punya kesibukan sendiri. Pengurusan pencatatan di KJRI pun sudah beres, tinggal didaftarkan di capil di Indo. Sekali lg terima kasih banyak yaa untuk bantuannya mba ail.

      • Hai mba dyah, saya waktu dtg lapor ke KJRI itu udh siang krn nikahnya jg dptnya jam 10 kl ga salah. Aku submit dokumen langsung ke KJRI setelah aku menikah dan besoknya udh bisa aku ambil, aku sedikit maksa petugasnya dan ksh liat bukti tiket pesawat aku kl aku hrs plng lusanya mba. Org KJRI jg helpful kok mba. Semoga info aku membantu ya mba

  42. Hi mba, nanya dunk..Aku uda dpt surat cinta dari HK, lalu aku perlu menghubungi Cotton Tree Drive untuk booking yang mimpin upacara dan room Nya gak ya? Atau sudah otomatis mereka atur? Thanks mba..

  43. Hi Mba Ail, thanks ya Mba, officially aku nikah di cotton drive sklian liburan bareng keluarga tgl 05 september 2016. aku ma Suami happy, keluarga jg happy.. thanks a lot panduannya details banget… dan lancarrrr jaya pas dijalanin.. ini tinggal lapor Catatan Sipil aja sih… btw many thanks to you….

  44. slamat mlm mbk sy mau tanya sy seorang duda mau menikah di hongkong apa perlu akte cerai. kalo tidak ada akte cerai, apa bisa pakai surat keterangan cerai dari kelurahan. terima kasih

  45. Halo mbak tjetje atau yang lain punya info tentang pelaporan di KBRI aku masih bingung, masalah surat izin orang tua dan surat keterangan belum menikah, apa peraturan 2017 diperlukan ? Saya menikah di HK 6 mei nanti.
    Terimakasih

  46. selamat mlm mbk.maaf sy atie Mau Tanya
    1. kalau Mau menikah di hk tp status kita masih pembantu. yg menjadi pasangan kita bukan majikan tp keluarga dr majikan.apakah perlu pemutusan kontrak kerja dulu baru boleh menikah atau setelah menikah atau mendaftar pernikahn dulu tp blm pemutusan kontrak krj
    2,syarat apa saja
    3, ;berapa Lama mendptkan visa baru setelah menikah
    4.apa perlu pengacara selm proses pernikahn
    5, setlh menikah apa kita sudah bukan WIN lg
    terima kasih.
    email saya SWEETHEART.AL24@GMAIL.COM

    • Menurut pengalamanku memang km g boleh break contract selama pengajuan untuk nikah di hk. Setelah nikah terserah mau habisin kontrak apa break lo kamu break berarti kamu langsung mengajukan dependant visa sekalian update ktp km.
      Untuk syarat km atau cowok km hrs ke marriage registry untuk daftar waktu nikah km cukup bw ktp sama pasport juga wali.
      Sekian smoga bs mmbnt

  47. Mba kmrn surat dr KJRI bth brp hari kerja? Krn ada yang blg 3hari kerja, ad jg yg blg 2hr kerja cukup. Klo menikah kamis kebagiannya jadwal sore, bearti jumat kesana ya? Selasa br bs diambil bgitu?

    Satu lg, jam menikah nya kita tidak bs pilih ya? J

  48. hi mba, untuk pelaporan kjri butuh brp lama? karena ada yang blg bisa dtg hr ini bsk diambil, ada juga yg blg harus 3hr kerja. klo mba kmrn gmn ya? thx

  49. Selamat pagi mba..

    Mba,punya info agent ato translater yg bisa mendampingi di HK gag? Karena sy dan pasangan tidak bisa bhs inggris.

  50. Hallo mbak, untuk memdaftarkan pernikahan di KJRI setelah dari Cotton Tree, butuh proses berapa hari ya ? Kalau saya dpt jadwal menikah hari kamis jam 12.30 , keburu hari itu juga ke KJRI ? Senin apa sudah bisa diambil atau baru Rabu ? Terimakasih.

Show me love, leave your thought here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s