Sarapan Pagi Khas Irlandia

Banyak yang penasaran orang bule makannya apa dan seringkali mereka googling lalu nyasar ke blog ini. Daripada tak mendapatkan jawaban, maka ada baiknya saya berbagi tentang sarapan orang Irlandia. Selain kentang, orang bule juga makan nasi, pasta, mie dan juga roti. Mereka tak selalu makan roti, karena dunia sudah lebih terbuka dan kuliner negara-negara lain bisa ditemukan dimana pun dengan mudahnya. Bahkan, mencari restauran Indonesia di Irlandia pun bisa. Tapi rasanya ya gak sama kayak rasa warteg yang lebih menggigit, karena kebanyakan micin.

Bicara tentang makanan tak bisa lepas dari sarapan, makanan paling penting untuk tubuh. Di Irlandia, sarapan yang cukup terkenal adalah full Irish breakfast. Sarapan tersebut terlihat seperti ini:

Sarapan porsi jumbo ini berisi rasher, atau bacon goreng (ada di bawah roti), sosis Irlandia (Irish sausage) serta puding hitam dan putih (black and white pudding) yang juga digoreng. Di foto tersebut tidak ada gambar pudding karena saya kurang suka. Kemudian ada tomat yang dipanggang, disertai dengan telur yang dimasak sesuai keinginan (bisa diorak-arik, atau telur mata sapi; jangan harap bisa dapat telur mata sapi yang super matang ya), serta ‘oseng-oseng jamur’. Tak lupa disertakan juga kacang merah (beans) serta roti (biasanya soda bread) untuk menemani keriuhan piring di pagi hari. Beberapa tempat juga suka menyajikan hash brown potato, kentang pipih berbentuk oval yang digoreng. Supaya tidak tersedak, karena kebanyakan minyak di dalam sarapan ini, segelas kopi dengan susu ataupun teh dengan susu disajikan untuk menyempurnakan. Terkadang segelas jus jeruk juga ikut menemani.

Ada sedikit kemiripan antara orang Irlandia dengan orang Indonesia untuk urusan sarapan, yaitu sama-sama sarapan gorengan. Bedanya, di Indonesia yang digoreng adalah tahu, pisang, aci, ataupun bakwan. Dan tentunya, gorengan di Irlandia tidak dibungkus kertas bekas, apalagi digoreng minyak yang bercampur plastik.

Bagi orang Indonesia, porsi sarapan orang Irlandia memang luar biasa. Porsi seperti ini bahkan mengalahkan porsi kuli. Namun harus dipahami bahwa orang Irlandia, terutama di masa lalu, kebanyakan bertani, sehingga memerlukan energi yang luar biasa untuk bisa melakukan pekerjaannya. Apalagi, cuaca di Irlandia cenderung dingin. Walaupun sarapannya jumbo, makan siang bagi orang Irlandia cenderung porsi kecil, hanya roti lapis yang berisikan ham, telur, tuna, ataupun sedikit ayam.  Baru pada saat makan malam mereka bisa makan dalam porsi yang agak besar. Sebagai ilustrasi, foto di bawah ini menggambarkan makan siang saya:

Tidak setiap hari orang Irlandia sarapan pagi seperti itu. Wah kalau seluruh Irlandia sarapan seperti itu otomatis rumah sakit akan dipenuhi dengan pasien-pasien sakit jantung karena ada serangan jantung nasional. Sarapan  mereka tak jauh-jauh dari sereal, roti dengan selai dan juga buah-buahan. Tapi yang saya perhatikan, menu yang ditawarkan pada saat sarapan pagi di hotel-hotel di Irlandia, dari B&B sampai hotel berbintang hanya  Irish Breakfast (full ataupun mini; porsi mini biasanya  lebih bersahabat), sereal, atau buah-buahan (dan seringkali buah kaleng). Jauh berbeda dengan sarapan pagi di hotel-hotel di Indonesia yang berlimpah dan kadang ditemani dengan nasi liwet, soto Banjar, nasi pecel, bubur ayam atau aneka rupa makanan nusantara yang menggiurkan.

Sarapan khas Irlandia ini tak hanya ditemui di hotel-hotel, tapi juga di pub, ataupun cafe-cafe kecil. Harga yang ditawarkan beraneka rupa, dimulai dari harga sekitar 7€ hingga puluhan Euro. Salah satu pemecah rekor untuk Irish breakfast termahal adalah Westbury Hotel yang menawarkan sarapan dengan harga 25€ saja. Sudah mahal, kopinya pun tak gratis.

Tulisan ini diinspirasi oleh Zilko yang baru saja berkunjung ke Irlandia Utara (Terimakasih Zilko). Di Belfast, Zilko menikmati sarapan pagi serupa yang disebut ulster fry. Yang membedakan ulster fry dengan Irish Breakfast adalah roti yang menyertainya. Ulster Fry diberi soda bread yang dipanggang dan berbentuh pipih yang lazim disebut sebagai griddle bread. Pada prinsipnya griddle bread ini bahannya sama dengan soda bread, hanya proses pemanggangannya dan bentuknya saja yang berbeda. Tak heran kalau griddle bread sering disebut juga sebagai soda bread. Silahkan tengok postingan Zilko yang disertai bonus foto pria ganteng tanpa pakaian di musim dingin di pranala ini.

Sarapan apa tadi pagi?

xx,

Tjetje

Sarapan soto ayam

Advertisements

40 thoughts on “Sarapan Pagi Khas Irlandia

  1. Wah gede juga ya porsi sarapan di Irlandia ya Ail. Jadi tahu sekarang. Sarapan Jadi ingat nasi uduk isi dadar telor, orek tempe teri, krupuk, sambel. Baca soto ingat ruwet haha. Aku seperti biasa sarapan pisang dan apel sambil lihat langit yang abu2.

  2. Banyak aza porsinya! Di Aus si rata2 sarapan buah dan cereal/oat meal or vegemite toast. They do big brekkie but only in the week-end or at least not everyday. Sarapan gw tadi pagi adalah nasi uduk dari hotel, jarang2 sarapan nasi kalo ga pas lagi di Indonesia😜👌🏻

  3. Aku suka Irish & English breakfast yang gurih tapi ngga sebesar full porsi ya. Ngga bisa makan sampe abis.

    Di Belanda orang sini sarapan roti isi ham/selai buah atau kacang/muisjes (meses)/keju/telur. Kadang ada yang sarapan pake pannekoek (pancake).Minumnya kopi, teh, susu.

    Sarapan londo versi sehatnya semangkuk yoghurt pake cereal atau granola plus buah segar. Tiap pagi hari kerja aku sarapannya ini. Kalo weekend macem-macem menu sarapannya 😉

  4. Wah iya tuh, kalo sarapan full tiap hari minyak semua sih, biar gak pake plasti bakalan cepet sakit jantung hahahaha
    Komplit banget ya. Tapi buat orang Indonesia (aku sih at least) sarapan nasi uduk atau nasi kuning paling maknyus deh :).

  5. Lho sekilas mirip banget English breakfast ya.. kayaknya kalau English breakfast ngga ada pudding nya tapi. Dulu pas di Inggris bisa dihitung pake jari sarapan begitu, cuma kalau lagi kumpul sama temen2 pas weekend. Sisanya sarapan student, roti/cereal yang murah dan cepat :)))))))

  6. Pingback: Makan Pagi di St. George Market Belfast | Ailtje Ni Diomasaigh

      • Justru dahulu pada tahun 1870 tinggi rata2 orang eropa 167 cm, pada saat tahun 1960, tinggi badan rata2 orang eropa bertambah menjadi 178 cm… hal ini dikarenakan orang eropa makanannya dairy products, sama protein mereka juga banyak (daging,telur, ikan).. di kaskus saya pernah baca

Show me love, leave your thought here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s