Hati-hati Mencari Bule Online

Semenjak merebaknya internet, trend mencari pasangan bule melalui dating site tumbuh dengan pesat. Bahkan situs-situs dating yang dikhususkan untuk memfasilitasi pasangan antar ras juga mulai bermunculan. Kisah-kisah sukses pun muncul dimana-mana, dari blog, majalah, koran hingga media lainnya. Perjodohan melalui dunia maya ini digambarkan sebagai suatu hal yang selalu sukses dan mulus sehingga menarik semakin banyak orang.

Banyak yang kemudian menggebu mendapatkan pasangan, tersilaukan dengan mimpi untuk bertemu pangeran berkulit putih sehingga kemudian terjebak dalam penipuan yang kerap terjadi di dunia maya. Penipuan bule gadungan yang mengincar perempuan-perempuan yang ingin punya pasangan bule. Ada banyak ciri-ciri yang bisa digunakan untuk mencari tahu apakah mereka gadungan atau tidak dan saya mencoba merangkum beberapa di antaranya:

Bahasa Inggris jelek

Para penipu yang biasanya berasal dari Nigeria ini mengaku dari Amerika, Inggris atau Eropa. Tapi bahasa Inggris yang mereka gunakan biasanya sangat buruk, mirip dengan hasil google translate yang tak mudah dipahami. Menjadi bule bukan berarti punya bahasa Inggris bagus, tapi konyol sekali kalau mereka tak bisa berbahasa pada level dasar dengan baik dan benar.

Selain tata bahasa yang buruk, mereka seringkali mengumbar kata-kata manis pada awal-awal komunikasi. Bahkan pada awal-awal mengirim pesan, biasanya sudah dihiasi dengan kata-kata seperti love, honey, sweety. Para penipu ini juga rajin mencoba berkenalan melalui Facebook. Dalam hitungan jam saja biasanya profil-profil palsu seperti itu akan dihapus Facebook. Salah satu contoh scammer yang nongol di FB saya mengirimkan pesan yang pelit tanda baca seperti ini (eh biarpun pasang foto berdua juga masih tetep diincar lho):

Hello cute lady how are you,i hope all is well with you these is Morgan i set my eyes in your pic you look great i just want to say hi.

Email-email yang dikirim para penipu ini juga bersifat bersifat generik, tidak personal. Pesan dari “Morgan”di atas misalnya, bisa dikirimkan kepada ribuan perempuan tanpa perlu repot-repot menulis Dear A, Dear B, Dear C. Padahal kalau belajar bahasa Inggris dengan benar, penting sekali untuk menempatkan dear di awal komunikasi tertulis.

Foto ganteng

Tujuan dari para penipu ini adalah meyilaukan dan memukau korbannya. Tak heran kalau kemudian mereka menggunakan foto-foto pria ganteng dan gagah yang menggunakan seragam-seragam untuk meyakinkan korbannya. Coba siapa yang gak suka lihat pria ganteng pakai seragam? Wah belum apa-apa sudah klepek-klepek membayangkan romantisme hidup bersama mas ganteng.

Tak hanya perempuan yang diincar, pria-pria pun juga diincar. Pada kasus yang menargetkan korban pria, para scammer perempuan biasanya menggunakan foto-foto yang mengumbar tubuh dengan pakaian minim.

Pamer kekayaan

Jika ditanggapi, para scammer ini tak segan untuk pamer dan pamernya ngalahin Syahrini deh. Dari pamer pekerjaan high rank  di militer, hingga pamer gaji yang bisa beli Birkin bag tiap hari. Tujuannya jelas, supaya korban terpukau dan yakin bahwa para penipu ini memang orang berada dan layak dipertahankan (berapapun biayanya). Dan untuk semakin meyakinkan korbannya, kata-kata cinta pun diumbar dalam hitungan hari atau bahkan minggu. Padahal, jatuh cinta gak mudah bro!

Minta duit

Yang mengherankan, setelah pamer-pamer luar biasa ini, para pria ganteng yang mengaku duitnya banyak ini tiba-tiba butuh duit. Jumlahnya seringkali gak main-main. Nah korban yang sudah terbuai dalam impian pun seringkali mengirimkan uang yang diminta. Pada beberapa kasus ada juga yang terlanjur mengirimkan foto seksi sehingga bisa digunakan untuk memeras. Akibatnya duit melayang, pacarpun tak dapat.

Untuk menghindari tertipu oleh para bule gadungan ini, ada baiknya kalau cari situs dating yang reputable kalau perlu situs dating yang melakukan background check dan gak gratis. Modal dikitlah kalau mau cari pasangan jangan pelit. Situsnya bisa digoogle, ada beberapa yang muncul. Gak dibayar, jadi gak mau ngendorse. 

Di situs reputable sekalipun saya yakin para penipu ini masih banyak berkeliaran karena mereka tak segan untuk mengeluarkan uang untuk membayar biaya bergabung di situs dating. Bayarnya tentu saja pakai kartu kredit curian. Untuk menghindari penipuan ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan:

  • Jangan pasif, jadilah sekepo mungkin dan lakukan riset. Kalau cowok ngaku xx, tinggal di kota yy, kerjanya xx. Google aja semua informasi tersebut. Jaman sekarang nyari informasi relatif mudah karena semuanya googleable.
  • Kalau kenal lewat Facebook, cek teman-temannya. Cek berapa banyak jumlah temennya dan berapa banyak yang perempuan. Penipu yang mengincar perempuan biasanya punya terlalu banyak teman perempuan dan sebagian besar dari mereka adalah calon korban.
  • Jangan pernah puas dengan satu atau dua foto. Minta foto yang spesifik, misalnya pakai baju merah di depan landmark kota tempat ia tinggal dengan memegang payung kuning. Terlalu susah? Minta foto-foto dengan teman-temannya. Jangan lupa cek keaslian foto tersebut di google image. Foto yang sudah diedit sekalipun jika dicomot dari internet akan muncul aslinya. Hebat bener ini yang bikin google image.
  • Jangan pernah kirim data, apalagi foto-foto yang terlalu personal. Termasuk berbagai alamat dan meminjamkan alamat untuk dikirimkan paket. Berabe kalau yang dikirim barang-barang hasil belanja online dengan kartu kredit curian (kasus ini termasuk jarang di Indonesia).
  • Yang paling penting, jangan pernah kirim duit. Berapapun yang diminta, apapun alasannya dan bagaimanapun caranya. Apalagi kalau alasan ditahan di bandara karena duit sekian ratus ribu dollar ada di dalam koper. Eh halo, orang kaya jaman sekarang gak bawa duit cash dan imigrasi dimana-mana pun sudah melancarkan pemeriksaan untuk yang bawa duit cash banyak-banyak.

Scammer cinta ini mencari korbannya dimana-mana, tak hanya di Indonesia saja. Targetnya mereka yang kesepian dan mereka yang lengah. Di Indonesia pun banyak scammer yang berpura-pura menjadi angkatan, karena rupanya ada kelompok-kelompok yang memang ingin jadi istri angkatan. Selamat bersaing dengan anak Jenderal ya nek. 

Nenek-nenek pun juga jadi korban scammer. Bukan scammer cinta, tapi scammer lottery. Baru-baru ini ada liputan tentang nenek-nenek di Irlandia Utara yang kehilangan tabungan dan pensiunnya karena tak bisa menghindari iming-iming menang lotere.

Pernah terima email atau facebook message ajaib? Atau bahkan pernah jadi korban scammer? Sharing dong, biar gak ada korban selanjutnya.

Xx,
Tjetje

Advertisements

107 thoughts on “Hati-hati Mencari Bule Online

  1. Tipsnya penting banget nih!

    Pernah terima email ajaib, si pengirim ceritanya seorang cewek yang nikah sama bule dan tinggal di Inggris atau Irlandia (lupa), dia bikin cerita yang melas banget dari masa kecil sampe pas udah nikah sama suamibule dan ditinggal mati suaminya, dia ditindas keluarga besar suami kemudian ujug-ujug butuh bantuan buat pinjem rekeningku, dia sampe ngirim foto paspor segala.. Aku abaikan aja emailnya.

  2. Walau banyak yg woro2 tentang tanda2 scammer, entah kenapa masih ada aja yang tertipu. Hahaha kalo aku nih, kalo udah urusannya minta duit pasti udah gak A Be Ce lagi langsung deh say good bye mau scammer atau real, mau cakep atau ganteng nya bikin ngilu. Hahaha duit gitu looh, duit ku masih ada serinya bukan tinggal metik doang dari halaman belakang rumah hahahaha *medit*

  3. kalo pesan ‘ajib’ di FB mah sering mbak. iye..kalimatnya 11-12 ama yang mbak Tjetje tulis di atas 😀 tapi ya cuekin aja sih. kalo di sini (scammer lokalan, alias bukan bule) yang lagi musim tuh pura-pura kenalan lewat sms nyasar. dan kalo korbannya pas alay yg bisa dikibulin, bisa beneran kena jebakan betmen tuh. ada beberapa berita baik di tv maupun surat kabar, kalo masiih aja ada yang percaya dengan penipuan semacam ini. macem-macem, mulai dari penipuan menang hadiah ataupun penipuan cinta.

    • Ini kayaknya ada mafianya deh. Yang di Irlandia tuh nyuruh korban kirim duit pakai western union, kemaren ada program investigasinya. Jejak scammernya ada di Jerman, tapi gak bisa diinvestigasi lebih lanjut. Ngeri ya.

      • wooo ngeri, ga bisa diinvestgs kenapa mbak? apa karena sudah beda negara gitu ?
        ada mafianya bener deh mbak. kemarin disini ketangkep sindikat ‘mama minta pulsa’. jd mereka yg suka kirim sms mama minta pulsa, dll. duuh banyak deh pokoknya. ada juga, pernah dulu nelp ke kantor, bilang dari satpam sekolahan anak big boss. dia bilang anak bigboss kecelakaan bla bla bla. lah aku santai aja bilang nama anaknya siapa pak? eh langsung ditutup. padahal saat itu boss sekeluarga lagi pergi ke LN. ih doi kurang canggih ya infonya 😛
        hati hati aja ya, saling mengingatkan. baca komen komen ke bawah kok ternyata ya banyak yg ngalamin gini

      • Mentok di Jerman ada satu perusahaan yang keseret dalam investigasinya dan mereka tutup pintu tutup jendela gak mau buka mulut. Terus ini investigasinya gak pakai polisi, wartawan TV yang ngelacak.

        Wah itu mama minta pulsa ketangkep, bakalan hilang terus atau masih ada sisanya ya yang meneruskan jejak?

  4. Wah terlalu sering mbak di email Yahoo-ku. Sampe tak terhitung lagi jumlahnya. Mulai pake bahasa Indonesia juga tuh sejak bbrp thn terakhir. Mengaku bernama RIA atau CITRA (ntah mengapa nama ini sering dipakai), mendiang suaminya org Bule. Dia tinggal di London/luar negeri bersama ibu mertua kejam yg ingin merampas harta warisan. Endesbre endepre. Klo di FB aku jg pernah disapa bule berpakaian angkatan darat. Wuih ganteng. Dia bilang: fotoku kliatan cantik. Iiiiih padahal foto FBku kan gambar manik-manik, hahahaha.

  5. Mbak Ai, kl bule dari jerman gmn? Ada yg scammer juga? *grin*
    Sori OOT sedikit yah mbak, kl mbak Ai sendiri gmn ketemu sama si mas? 😛
    Btw, ini 1st komen, tapi aku udah baca blognya sampe abis ahaha, blognya bagus, mbak! 🙂

    • Terimakasih banyak sudah membaca blog saya Yuni. Terus terang saya kurang tahu apakah ada pelaku dari Jerman, tapi kebanyakan mereka berasal dari negara-negara di Afrika.

      Aku kalau ditanya ketemu dimana suka bertanya balik, kenapa pengen tahu? Soalnya hanya mereka yang punya pasangan asing yang dikepoin ketemu dimana. Sementara yang sama-sama orang Indonesia jarang banget ditanya, padahal banyak cerita menarik di balik pertemuan mereka. Kami bertemu pertama kali di Vietnam.

  6. Hai Mbak, salam kenal 🙂
    Baca positingan Mbak Ail soal bule hunter ini ngingatin saya sama beberapa kenalan saya yg emg bule hunter… Mereka ngebuat kita cewek” Indonesia jadi terlihat murah di mata bule” itu, mereka pikir cwe Indo bisa di beli dgn uang pdhl ngak smuanya bgtu.. yg lucunya lagi sekitar 2 minggu lalu sepupu saya nunjukin teman dia yg umurnya 18thn pacaran dgn bule yg umurnya kepala 3 dan beranak 4 dgn bangganya doi pamerin ke teman”nya mobil dan barang” yg di beliin tuh bule ke dia.. astaga! miris sendiri ngeliatnya..

    • Banget! Bule-bule itu dari yang ganteng sampai yang paling jelek pun gak usah ngapa-ngapain pasti dideketin cewek. Gak semua sih matre, tapi yang hobi minta-minta duit atau minta beliin gitu yang bikin rusak susu sebelanga. Itu masih umur 18 tahun, belum jelas pengennya apa belum lihat masalah hidup ya. Dikasih materi udah kelepek-kelepek.

  7. Ada kenalanku kena scammer cinta ini via myspace. Dia cerita kalau dia mesti pergi berlayar tapi uang berlian dan jam tangan mahalnya mau dititip di temenku ini. Sebenernya dia ga percaya tapi dia akhirnya kasih tau web pengiriman barangnya katanya itu utk temenku itu. Di web itu memang terlihat barang sudah sampai di Malaysia. Tapi ternyata ada orang ngaku dari orang bea cukai di Malaysia yg mana dia bilang barang2 berharga utk temanku itu harus ditahan disana kalau belum bayar pajaknya jadi temanku kirim duit utk nebus barang2 itu. Lalu aku cerita ke suami,eh suami bilang mana mumgkin oramg baru kenal kok ngirimin duit ribuan dollar plus barang2 mahal. Lalu kami berpikir keras dan tiba2 suami kepikiran jangan2 mereka ini sindikat yg juga bikin website pengiriman barang (jadi beneran kayak ada barang yg dikirim) plus ngaku2 orang beacukai. Kami pun memperingatkan teman kami supaya stop ngirimin duit. Karena duit udah ditransfer 2x dan jumlahnya 7 juta rupiah tapi masih minta transfer terus2an. Kami melarang dan bilang dia pasti kena scammer cinta. Awalnya dia ga percaya tapi saya yakinkan kalau itu pasti penipu. Eh benerlahhh amblas duit 7 juta. Gilaakkkk gilaakkk! Lesson learned. Padahal temenku ini bukan bule hunter cuma aja kebetulan dia buka akun myspacenya dan dia dah lama ga buka akun itu trus dia juga awalnya cuek. Tapi krna lagi lowong ga ada kerjaan yowes diladenin deh. Huhuhu semoga makin bijak perempuan2 Indonesia

  8. Sering banget..yang terakhir di skype..bilangnya punya teman dengan fam yang sama denganku (aku cantumin d skype krn utk keperluan kerja skype-nya), trus ninggalin warisan blablablabla…minta di email..haiahh

  9. Aku pernah dapat message di LinkedIn, dari bule ganteng dari Amrik atau Inggris (lupa). Kupikir perkenalan profesional ya, mau nawarin kerjaan atau kerjasama bisnis. Tapi kok kalimat awalnya udah bikin jidat berkerut, “I love your profile picture”. Trus pertama dia bilang kalo dia Account Manager, tapi berikutnya dia bilang Accountant Manager. Hahahaha… yang bener yang mana nih bray :D. Mau bo’ong tapi kurang teliti. Pengen sih aku tanggepin, pengen tau sampe sejauh apa doi tipu2nya. Tapi berhubung aku sibuk *sibuk fesbukan* akhirnya aku lupa lah sama bule itu dan ga pernah bales message-nya lagi.

  10. Yang paling sering terjadi sih scammer cinta kayaknya yaaaa… Kadang suka kasian aja sih liat cewe yg gampang di bego2in gitu. Ujung2ny minta duit padahal awalnya di puji2 setinggi langit. Ckckckck…

  11. Joking aside, dulu aku sempet jadi volunteer di sebuah misi kristen yang mengajar bahasa Danish untuk para imigran yang lagi nunggu permit nya jadi (nggak bisa daftar sekolah bahasa beneran) dan kisah2 mereka bikin sedih loh. Kebanyakan perempuan Thailand lah, yang harus kerja demi buat makan, karena suami (bule)nya ngunci / nggembok pintu kulkas. Ada lagi yang dipukulin sama suaminya, tapi nggak bisa ngapa2in karena mereka punya anak masih balita, dan kalau si istri minta cerai, otomatis dia didepak dari negara ini dan banyak cerita pilu lainnya.

    Intinya pacaran sama orang mana aja harus juga cek background, baik2 apa nggak, abusif apa enggak…

  12. aku baru tahu kalo modus nyamar jadi bule dan penipuan model ini banyak. ternyata office girl ku pernah ketipu dua kali (ealah mbak kok sampe dua kali). yang pertama sampe abis2an lalu yg kedua 15 jutaan.

  13. Aku mah langsung centang trus masukin folder spam. Kadang pengen juga sih iseng nanggepin , penasaran pengen tau kaya gimana aksi tipu tipunya.

  14. Eh eh kl email yg kirim surat buat ngasih warisan itu, modusnya kaya gimana siih? Sereing banget dikirim email kaya gitu. Nanti si pelaku minta data pribadi kita gitu yah?

  15. Kalo soal barang tertahan di Malaysia, teman sy di Jkt pernah tuh mendadak dia inbox sy di FB. Dia katanya ada kenalan /entah bule entah org hitam yg udah intense kontak then rencana mau ke Jkt. Jadi pada hari itu teman sy tanya ke saya apa bener nomer telepon (sy inget nomer awalnya..) +603…… Itu bener nomer Malaysia. Sy jawab: iya bener itu awalan nomer landed phone, bukan awalan nomer HP. Terus sy tanya lagi ada apa..? Dia cerita kalo ni orang nelpon dr Malaysia katanya tertahan di imigrasi terus minta tolong transfer uang. Langsung deh sy ceramahin itu teman sy utk waspada karena ini gejala gejala penipuan… Ga tau lagi deh selanjutnya semoga dia mendengar ceramahan saya..

  16. Emang kadang susah yo Tje, lepas daei jeratan scammer gitu. Butuh kemampuan kuat buat berpikir realistis klo itu cuma scammer. Lha wong yang udah jelas nipu kaya “selamat, Anda menang undian mobil dari xx” itu aja serasa seneng gitu.
    Tips yang bagus Tje, gali terus biar orang2 juga berpikir bahwa kita harus waspada dg dunia socmed.

  17. Mbak Ailsa, komen sy ilang…. Barusan sebelum send sy koreksi dikit terus klik post comment Lah terus keluar kalimat …duplicate comment… 🤔

  18. Wah, komen sy udah masuk. Trims mbak Ailsa. Sy mau komen lg boleh yak… Ini pengalaman temannya suami. Sekitar 2013 Or 2014 pas abis malam tahun baruan gitu.. Tiba tiba teman suami (yg saat itu lagi di las vegas) nelpon suamiku, dia tanya apa bener kami sekeluarga lagi liburan ke Bora Bora terus kami kecopetan sampai amblas duit sampe ga bisa cek out dr hotel karena tdk bisa bayar hotel. Terus langsung aja suami bilang bahwa kita lagi duduk santai di rumah baru pulang dari playground bawa anak. Terus teman suamiku jelasin bhw dia terima e-mail dr seseorang (dia gak kenal itu siapa) emailnya itu mention nama suamiku.. Dan dia bilangnya sbg staf management hotel di Bora Bora tempat kita nginep… Saat ini lagi tahan kita sekeluarga ga boleh keluar hotel Alamakkkk…. Pintar banget deh! Bagusnya teman suamiku cross check kalo gak, amblas deh sekian ribu USD

  19. Aku kadang kok masih gak habis pikir ya mbak, ada orang yang mau transfer uang gitu aja sama orang yang gak dikenal, dengan alasan apapun.

    Apa emang aku nya yang kelewat pelit? hhahahahaha….
    😀

  20. Ai, beberapa tahun lalu ibunangkatku dan temennya juga dapat inbox Fb dari petinggi2 militer USA. Ngomongnya pengen kenalan. Ya ampun ama ibu2 umur 50an juga mau mereka. Beneran gak milih korban. Untung tante dan ibu aku gak kegateLan nanggepin.

    Trus beberapa temen aku juga dapat di fb. Kalau aku di FB gak pernah dapat tp biasanya suka muncul dari skype. Agak aneh mereka bs dapat account aku. Serem emang ya.

  21. Bermacam cara orang cari duit gak mau kerja keras. Saya pernah beberapa kali terima email yang isinya cerita memelas. Akhirnya minta nomor rekening saya. Tapi saya tau itu modus penipuan. Saya gak pernah tanggapin.

  22. Hi mba tjetje, aku ikutan comment dan sharing boleh yaa …..kebetulan aku sedang menjalin hub sama seseorg di Irlandia. Ketemunya di dating site mba, sudah 3 bln kira2. Awalnya aku takut itu scammer, tp krn dia intens kirim pesan ke aku (meskipun ga aku bls ), jd sekali waktu aku bls pesannya. Syukur smp skr ga ada hal2 aneh yg aku rasain mba. Tiap hari d a tlp aku, kadang2 video call jg. Tapi kadang pengen cari tau juga dia siapa, keluarganya gmn. Cuma bingung jg hehee. Bulan depan rencana dia mau berlibur ke Indonesia mba. Kira2 yg klo yg begitu bnr ga ya mba? (Mohon masukannya) trims

    • Oh sudah video call? Sudah kelihatan kan wajahnya 😉. Kalau didatangi ya kenalan aja dulu, ngobrol-ngobrol, cari tahu cerita tentang keluarganya. Yang paling penting cari tahu apakah dia punya pekerjaan atau gak.

      Btw kalau serius, mulai serius mengumpulkan dokumentasi berdua untuk Apply visa ke Irlandia ya (kalau berencana pergi kesini).

  23. Dulu waktu aku masih SMA, sepupu aku (yang waktu itu desperate karena ngga kunjung nikah) sempet hampir jadi korban scammer. Si scammer ngakunya butuh duit untuk anaknya yg sakit (sampe telpon kasih suara cewek lagi kesakitan). Sepupuku sampe galau bgt antra pengen bantu tapi juga agak ga rela karena duit yg diminta kok banyak. Pas itu aku belum ngerti ttg online dating, scammer, dll… Jadi cuman bisa ngasih saran ke dia : jangan kasih uang, kan belum pernah ketemu. Bisa aja dia boong.
    Akhirnya sepupuku nggak jadi transfer dan kapok buat join online dating sampe sekarang.

    • Astaga ngeri banget, itu kenalan lewat online dating apa? Ternyata karena scammers ini aku baca banyak online dating sites yang menerapkan sistem pengamanan berlapis. Mungkin bisa dicoba yang pakai sistem pengamanan berlapis itu.

      • Kayaknya sih Cupid mbak, eh lupa juga sih… MIRC kalik ya mbak 😂😂
        Soalnya pas itu sepupuku polos juga, dan percaya aja lho kalo tuh orang bener2 butuh duit buat anaknya. Duhh… Dulu namanya juga cewek lugu ya, kena gombal dikit langsung klepek

  24. Duh baca postingan ini brasa “selalu ada harga yang dibayar untuk cinta atau cita2”. Kayaknya emang memanfaatkan orang2 yang kesepian atau pengen dapet bule. Bagus nih mbak untuk awareness

  25. scammer cinta ini lumayan bertahan jg ya trend nya..terakhir gw denger mertua nya sepupu gw kena juga tuh Ai, ya gimana atuh ya emak2 tuwir terus baca pesen ada yang manggil2 sweetheart xixixixii gw antara prihatin sama geli jg :))

  26. Huahahaha.. berarti para TNI/POLRI hunter udah merambah ke bule angkatan juga ya..

    Mau cerita, anak teman mamaku ada yg kena scam bule2 ga jelas gini. Yg menyedihkan adalah si mba ini adalah seorang lulusan aussie dan waktu kecil dia sempat tinggal diluar juga. Bener2 kaget dan shock si mba ini bisa sampai kena. Sedihnya dia sampai jual rumah segala. Pas sadar semua udah terlambat. Sayang dia ga mau lapor polisi krn malu banget.

  27. Halo Jeung Ailsa. Akhirnya muncul juga neh cerita kenalan lewat dating website yang ternyata ujung2nya penipuan. Gw berhubung dengan gamblang-nya tulis di post bahwa gw lagi daftar di dating website, jadi..ini pelajaran bwat gw untuk cross check, double check, chek and re-check yaa. thank you bwat tips-nya 😀 Btw, you know me from years ago that I haven’t had the slightest idea to become a bule hunter. But yeah, i have to admit that hearing the word dating website can be quite misleading…

    • Hi Rina, cari dating sitenya yang reputable ya, jangan yang abal-abal. Tapi iya emang dating site itu jadi identik dengan bule hunter, padahal isinya juga gak bule semua. Masih tabu ya kalau di Indonesia sementara disini iklannya Match muncul terus di TV.

  28. Aku pernah dapet mba Ai di fb 2x dr akun berbeda. Yang pertama aku cuekin. Yang kedua kalinya dibales Ian, soalnya pas aku lg sm Ian dia messagenya. Dibales no thanks sama Ian, dia bales lagi OK thank you 😅
    Yang kayak gini serem banget, dan herannya masih banyak yang jadi korban.. Kayaknya dulu pernah ada yg yg email aku juga buat curhat ttg scammer ini. Dia hampir kena..

    • Maaf Mba Ai aku comment lg 😅
      Aku abis bongkar email dan nyari curhatannya cewek itu.
      Ini aku share, supaya mungkin bisa jd pelajaran. Gapapa kan ya mba? Aku gak sebut nama kok.
      Cewek ini masih 17 tahun, kenalan sm bule dr Amerika. Dia minta saran aku gmn supaya tau bulenya itu scammer atau bukan. Aku blg coba aja minta skype-an. Dia jawab bulenya gak punya Skype, gak punya fb, dan gak punya email (ini yg aneh, krn bisa gabung dating site masa gak punya email?) Mereka kenal dr dating site dan berlanjut ke WhatsApp. Dia pernah mau telfon bulenya itu, tapi si bulenya gak mau dengan alasan cewek ini gak akan ngerti dia ngomong apa. foto yg ada cmn 1, yg jg dia pake jd profile datingsitenya. Pas diminta foto lain, banyak bgt alesannya. Di awal2 si bule udah ngejanjiin mau ke Indonesia, pas diminta macem2 itu, mulai byk alasan dan akhirnya menghilang.
      Jadi kalo mnrtku kyk gitu sih scammer.

  29. Aku juga pernah ngalamin hal yang sama . Di kirim sebuah paket yang isi’a barang2 mewah gt . Foto’a juga masih aku simpan smp sekarang . Tapi aku bersyukur banget bisa teliti dan tanggap . Padahal wktu itu belum paham am yang nama’a scammer .

  30. Pingback: Perisakan di Dunia Maya (Cyberbullying) | Ailtje Ni Diomasaigh

  31. Hello teman saya baru saja kena victim dari scammers cinta nama bule gadungannya Joshua David Norcross , dia mengaku CEO dari Global Construction company dan minta datang ketemu teman saya di Bali, dan dia telpon minta teman saya buat urusan imigrasi dan singkat cerita teman saya bayarin hampir Rp 60 jt buat biaya uang cash yang dia bawa ditahan imigrasi.Ternyata si bule gadungan setelah itu tetap minta uang trus tidak pernah slesai.Teman saya sadar berhenti membantu dia,setelah itu semua kontak hilang.Para wanita Hati hati Joshua punya banyak kurir di Indonesia orang Jakarta banyak jadi team dia, tolong jangan sampai terulang kembali scammers cinta berkeliaran di Indonesia.Buka mata dan hati kalian para wanita.

  32. haloo mau share skalian minta tolong pemecahan masalahnyamasalahnya baru2 ini mamiku kirim alamat ke org yg dia berkenalan lewat fb lanjut d wa lanjut kata bla bla setelah 3 bln chat org itu pengen kirim brg. dikirimlah alamat mamiku ke krg itu bule itu ngirim banyak. sudah ada bukti resi yg dia kirim ke wa mami saya dan payment detailsnya itu payment at destination . total balance nya sendiri 700 usd. omg tolongin apa yang harus dilakukan . ini penipuankah?

    • Mbak itu penipuan yang sangat tertata rapi, jangan terjebak sama sekali. Jangan tergoda juga dengan iming-iming duit gampang sekian ratus dollar. No no no.

      Laporin akunnya ke Facebook, tahu cara lapornya kan? Klik profil bagian kanan, lalu klik yang bagian fake account. Kalau misalnya dibilang FB gak ada yang melanggar, ulang lagi terus sampai dapat. Komunikasi di pesan juga bisa dilaporkan, kalau dilaporkan pasti kena itu.

  33. Wah mbak aku takut banget.tmn aku juga katanya pny knalan bulr dan dia mau kirim barang.nah mba seandainya barang itu d kirim.apa dampak negatifnya mbak.soalny temen sy kirim alamat ny pke alamat sy..tolong d jawab ya mbak

  34. Mb tjetje, sy hampir jd korban dan kena rayuan maut si bule, untung saja anakku yg di jerman memberi tahu bahwa mama kena tipu scammer, nah yg jd masalah itu si bule.dah terlanjur mau kirim tuh barang tp sy blm transfer kok, jd menurut mba tjetje gmn, seandainya brg2nya bener2 dtang, diapain tuh brg? Didiemin,dibawa ktr polisi, atau gmn? Say takut was2….makasih

    • Paling juga bukan bule, tapi Scammer dari Afrika. Dan saya berani taruhan gak ada barang yang dikirim kok. Jadi cuekin aja, putuskan kontak secara penuh.

      Terus kenal ya lewat mana? Kalau lewat sosial media, silahkan dilaporkan. Ada form-formnya. Biar diberantas mereka.

  35. kalo saya selalu pilih pilih kenal sama bule, india, arab, afrika, dsb hanya untuk berteman, tidak ada target….
    awal pertemanan sudah warning, no love, no sex, no materi… just chatting, kalo sudah ada yg aneh ya delete aja pertemanannya
    memang betul tuh nasehat mbak, jadi wanita harus cerdas dan pake logika juga harus punya harga diri
    gitu aja sih….

  36. gue bule hunter tapi alhamdulillah malah mereka yang kirim duit terus ,, pernah malah baru kenal 2 hari kirim $300 lalu 2 hari lagi $300 lagi selanjutnya apa aja dia kasih padahal belum pernah ketemu , Pengusaha , orangnya real dan nyata ada , kita ketemuan di luar negeri , liburan disana tapi karena pacarnya banyak yahhh gue juga ogah akhirnya ..
    tapi pernah juga ngalamin scammer ngakunya orang Amrik dia kasih alamatnya , gue cari di google kok malah bangunan bukan rumah ya , alasan dia kerja di oil & gas jd di laut terus ..
    dia bilang mau kirim duit $20.000 wew duit semua tuh tapi masa iya di paketin hahahha anehhh , dia kirim hp tapi kok samsung sih kenapa ga iPhone , lalu dia kasih no pengiriman berikut link nya , yes dibuka memang ada disitu langsung dikasih keterangan tiba barang dan isinya , tapi gue kan kepo , gue search di google jasa pengiriman itu ga ada , hahaha dari awal gue tau ini ga beres ..
    dia bilang ketahan dibandara minta uang 7jt rupiah gue bilang ga punya , lo aja transfer eh dia ga mau ya udah hahaha , sempet ada yang nelpon pake no simpati tanya kok gue ga nebus barang itu ,, hmm berarti jaringannya ada di Indonesia juga ,
    buaya kok di kadalin hehehehe

  37. Aku juga ada kenalan sama orang london.. Udah pernah VC juga..
    Ktya dia mau ngrim uang..
    Apa itu kira2 benar apa ngak ya..
    Atau modus lagi..

  38. Ini lebih seru dan lagi ane kerjain mereka.kenal di wechat sampe bilang cinta dan mau nikah ma ane.ngakunya kerja di imigrasi inggris dan tinggal dilondon.sampai tadi malem masih chat ma ane.sering minta duit cuma ane cuekin.dan pagi ini mereka minta duit 200 dan 500 dollar US.klo ane kasih duit mereka akan kirimi aku video dan foto2 mereka walaupun sebagian udah dikasih ke ane….hahahahahaha.sampai siang aku ikutan comment disini mereka masih jadi kontak di wechat.😀😀😀.

  39. Gmn klo ternyata aku cari si FB ada?ngakunya kerja di Imigrasi UK…tinggal dilondon.profile wechat ma fb juga sama.cuma untuk diajak videocall ga pernah bisa alasannya hp pke blackbarry bold 5.hadeh….sampe pagi ini masih chat dengan mereka.2 cew london satu kantor di kantor Imigrasi di London.nama mereka zara williams dan Rose Zara…mungkin bisa bantuin tracking mereka scammers atau bukan.November mereka akan datang ke Indo setelah discuss pagi ini.thanks bagi yang mau bantu tracking

  40. Hai mba, salam kenal, aku mau ikutan sharing,,aku kenal dengan bule keturunan blesteran turki pakistan tapi sdh lama tinggal di UK dan kerja di imigrasi UK, kenal lewat dating site. baru kenal 1 minggu ini,..sudah video call juga dan dia sdh kirim foto2 keluarganya,rencana bulan oktober mau ke indonesia,,tapi setiap off chating dari whtsapp profile pictnya ga ada seperti terblokir,,alasannya waktu kerja tidak diijinkan menggunakan whtsapp. kira -kira itu benar ga atau penipuan? saya harus gimana mba,mohon sarannya,, terima kasih

Show me love, leave your thought here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s