Perbedaan Irlandia Utara dan Irlandia Selatan

Vietnam dibagi menjadi dua, Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Wilayah utara lebih dingin ketimbang yang selatan. Kendati terbagi menjadi dua, negara ini merupakan sebuah kesatuan. Hal ini tentunya berbeda dengan Korea yang terbagi menjadi dua negara yang berbeda, Korea Selatan dan Korea Utara. Bagian Utara memiliki ideologis yang berbeda dengan bagian Selatan yang merupakan republik.

Sama dengan negara-negara di atas, Irlandia juga terbagi menjadi dua, Irlandia Utara dan Irlandia Selatan. Dua bagian ini sama-sama berkedudukan di sebuah pulau yang diberi nama Irlandia dan terletak di bagian barat Inggris. Terdapat 32 counties di pulau Irlandia. County ini semacam distrik kecil-kecil yang tak ada padanannya di Indonesia. Tak bisa disamakan dengan provinsi karena provinsi relatif lebih besar. Jaman penjajahan Belanda dulu sih county ini mirip dengan karesidenan. Walaupun kalau ditanya karesidenan apa, saya tak akan tahu. Maklum anak muda. Pembagian Irlandia sendiri diatur dalam sebuah treaty yang  dibuat pada tahun 1921, Treaty Anglo Irish.

Dua puluh enam counties merupakan bagian dari Republik Irlandia, sehingga Republik Irlandia di bagian selatan wilayahnya lebih besar. Enam counties lainnya yang terletak di bagian utara, merupakan bagian dari United Kingdom (UK). UK sendiri terdiri dari Inggris, Wales, Skotlandia dan juga Irlandia Utara. UK inilah yang dipimpin oleh Ratu Inggris, eyangnya pangeran William. Sementara Republik Irlandia dipimpin oleh Presiden dan juga Taoiseach (dibaca  tee-shock, yang seperti Perdana Menteri).

Republik Irlandia sendiri memiliki ibukota yang terletak di bagian timur pulau ini, namanya Dublin. Sementara, Irlandia Utara ibukotanya bernama Belfast. Tetapi orang-orang yang datang dari utara maupun dari selatan sama-sama disebut sebagai orang Irlandia, atau Irish dalam bahasa Inggris, terutama mereka yang memeluk agama Katolik. Sementara mereka yang memeluk agama Anglican lebih senang disebut sebagai British ketimbang Irish. Bagi orang Irlandia sendiri mereka yang dari Utara disebut sebagai Northen dan bagi orang utara mereka yang berasal dari Republik Irlandia disebut sebagai Sourthern.

Sejarah pembagian ini sendiri terjadi pada tahun 1920-an saat Inggris masih menjajah Irlandia. Daerah Utara ditetapkan menjadi bagian dari Inggris dan daerah Selatan menjadi daerah yang independent. Pembagian Irlandia inilah yang kemudian memunculkan konflik karena ada kelompok-kelompok tertentu yang menginginkan Irlandia bersatu, sementara ada yang tetap ingin loyal dengan Inggris. Konon yang 26 memang wilayah yang mayoritas Katolik, sementara yang 6 mayoritas Anglican. Jadi begitu Irlandia menuntut kemerdekaan, yang 6 ini masih ditahan oleh Inggris karena untuk melindungi mereka yang Anglican dan loyal pada sang Ratu. Soal Anglican sendiri tak perlu dijelaskan lah ya, bisa digoogle saat jaman Henry VIII yang mau menceraikan Catherine of Aragon demi Boyle. Balik lagi ke Irlandia Utara, banyak yang mengatakan bahwa bagian utara dipertahankan karena ada industri perkapalan disana. Titanic sendiri dibuat disana.

Sebagai dua negara yang berbeda, maka terjadi banyak perbedaan antara dua negara ini. Yang paling sederhana saja, di Irlandia menggunakan mata uang Euro, sementara di Irlandia Utara menggunakan Poundsterling. Di Irlandia menggunakan kilometer, sementara di Irlandia Utara menggunakan miles. Soal sarapan pun ada sedikit perbedaan, di Irlandia disebut Irish Breakfast, sementara di  utara disebut Ulter Breakfast. Yang paling penting, VISA ke Irlandia Utara dan Visa ke Republik Irlandia itu tidak sama. Karena Irlandia Utara bagian dari Inggris, maka visanya menggunakan visa Inggris, berbeda dengan Republik Irlandia. Nah yang perlu digarisbawahi pakai bolpen tebel, kedutaannya juga tidak sama.

ireland-map

Chooseireland.com

Visa ke Irlandia Utara, baik itu visa untuk turis atau bergabung dengan pasangan jauh lebih rumit ketimbang visa untuk ke Irlandia. Ya maklum saya, Inggris merupakan negara yang menjadi incaran banyak migran, belum lagi banyaknya kasus perkawinan palsu bertujuan untuk mendapatkan visa tinggal membuat mereka memperketat peraturannya. Jauh berbeda dengan Republik Irlandia yang tak terlalu sulit dalam urusan visanya.

Di jaman di saat kemudahan bernama google diciptakan dan browsing hanya sejauh jempol, kok ya herannya masih aja banyak yang gak tahu perbedaan Irlandia Utara dan Irlandia Selatan. Kalau gak memperhatikan pada saat pelajaran geografi sih tak apa, ndak urusan. Tapi kalau mau daftar visa dan malas mencari tahu itu rasanya gemes deh. Saking mencoba positifnya saya sampai suka membatin, mungkin mereka tak mengerti bahwa penyebutan Irlandia itu identik dengan Republik Irlandia. Sementara Utara selalu disebut sebagai Irlandia Utara, tak pernah disebut sebagai Irlandia saja. Tapi ya masak segitunya sih, berburu visa kok gak serius nyari informasinya. Jempol mah nggak cuma bisa dipakai ngepoin kehidupan orang lain di media sosial, tapi juga bisa dipakai cari informasi euy.

Kamu, tahukah tentang Irlandia Utara dan Irlandia Selatan?

Xx,
Tjetje

Advertisements

46 thoughts on “Perbedaan Irlandia Utara dan Irlandia Selatan

  1. Dulu pernah ke Belfast. Kotanya agak run down menurut aku. Org2nya jg agak dingin. Beberapa kali liat gedung yg ada sisa2 bullet holes. Belum pernah ke Dublin sih. Katanya disana lbh maju ya dan ramah ya?

    • Ember. Dublin ramah abis sampai sedikit kepo, mirip orang Indonesia lah. Kalau di bis bisa ngobrol-ngobrol. Jejak kekerasannya masih ketinggalan di Belfast. Itu yang Katolik bisa dilemparin segala rumahnya. Terus didiskriminasi gak dapat kerja.

  2. Tau sih tapi gak detail Mba.
    Tau kalo Irlandia memang ada 2 bagian, ada yang di bawah Inggris (yang kemarin gak mau memisahkan diri), ada yang negara sendiri. Logikanya sih pasti visa nya beda. Yah at least kalo mau melancong ke satu wilayah google2 dulu lah hahaha google masih gratis ini 😀 . Ngeri amat kalo mau ke luar negeri tapi kita blank sama sekali.

  3. IRA mbak, dulu jaman smp apa sma gitu nonton film dinihari di indosiar ceritanya ttg anak muda aktivis yg tergabung dg IRA dan dia kemudian krn aktivitasnya mendekam di penjara saya lupa nama dan judul filmnya ini film berdasarkan kisah nyata. Kapan hari saya kirim link email mba tjetje ke teman yg suaminya orang irlandia tapi saya lupa nanya si teman suaminya dr Irlandia mana. Trimakasih info ttg Irlandia ini mba tjetje jadi tau bagaimana masing2 orang Irlandia menyebut diri mereka.

      • Irlandia sekarang sudah jadi negara ekonomi maju dengan indeks pembangunan manusiannya sangat tinggi pendapatan perkapita nya setara dengan orang orang di negara skandinavia.gambaran kekerasan di film itu kbanyakan hanya pada masa awal pemberontakan

  4. Waktu sekolah, hanya diajarkan bahwa Irlandia itu bagian dari inggris. Itu aja, tidak ada disebutkan kalau Irlandia terbagi 2. Tapi baca artikel ini jadi dapat informasi baru. Thanks ya 😀

  5. Dengan membaca postingan ini, saya jadi lebih tahu :hehe. Terima kasih banyak ya Mbak :)). Mana tahu di masa depan mau bikin visa Irlandia jadi tak salah Irlandia mana yang dituju :hehe. Tapi memang agak konyol sih kalau mau ke Dublin tapi pengajuan visanya ke kedutaan Inggris. Er…

  6. Setahuku Great Britain (Britania Raya?) itu hanya terdiri dari 3 negara saja: England (Inggris), Wales, dan Scotland. Ini dikarenakan “Britain” adalah nama pulaunya yang mencakup tiga negara tersebut. Sementara itu, himpunan yang terdiri dari 4 negaranya: England, Wales, Scotland, dan Northern Ireland, disebut United Kingdom.

    Nah, bingung deh aku padanan bahasa Indonesianya United Kingdom itu apa (Kerajaan Bersatu? Hahahaha 😆 ).

    Ah, pengen nih sebenarnya kapan-kapan ke Republic of Ireland. Sayang mesti bikin visa dulu (walaupun kalau nggak salah gratis sih biaya bikinnya 😛 )

    • Makasih koreksinya, bener banget GB itu tiga negara yang di satu. UK jadi Kerajaan Bersatu kali ya, tapi kok jadi aneh gitu kedengarannya.

      Do come to Ireland, Eh belum pernah ya? kirain udah pernah ke Dublin. Aku pernah lihat fotomu di IG yang look left kalau pas mau nyebrang itu. Kalau belum pernah nanti aku ajak main-main ke Sillicon Valleynya Dublin. Atau datang pas St. Patrick’s Day biar bisa minum bir ijo. Visanya gratis kok, cuma dokumennya aja banyak.

      • Mungkin “Kerajaan Serikat” ya soalnya “United States of America” kan padanan katanya “Amerika Serikat”. Tapi tetap aja ah terdengarnya aneh, hahahahaha 😆 .

        Foto yang itu lagi di London, hehehe. Iya nih belum pernah ke Dublin 😛 . Sipp, nanti kalau ada rencana (entah kapan tapinya, hahaha 😆 ) aku kasi kabar 😀 . Itu dia, males mempersiapkan dokumen-dokumennya! hahahaha 😆

      • Lho, masak nggak ada imigrasi masuknya? Hahaha. Eh tapi baliknya ke UK begitu juga? Soalnya kalau keluar UK kan memang nggak ada pengecekan, tapi kalau masuk baru deh mesti lewat imigrasi…

  7. Aku cuman tau ada 2 negara tapi gak ngerti detail sama sejarahnya sekarang jadi lebih jelas. Cuman yah kalau mau ngajuin visa yah dibacalah ya atau browsing kek. Kebangetan bgt kalau udah mau pergi malah gak tau apa2
    Terutama soal visa.

    • Kemaren ngobrol2 sama officer visa dari Perancis, dia sampai bingung kenapa punyaku bisa lengkap pada appointment pertama. Ternyata orang-orang itu sering banget apply visa gak dibaca, terus ngasih dokumen salah dan buntutnya mesti wira-wiri. Gimana coba begitu itu. Padahal kalau visa ditolak itu kan merusak reputasi.

  8. Mb ai ini refresh pelajaran geografi lagi. Etapi yaaaa aku juga sering gagal faham orang yang gak mau cari tau, wong dunia sekarang semudah ujung jari kl mau cari tau. Tinggal ndudul google.

  9. jaman dulu sih iya berita yang lebih banyak di Dunia Dalam Berita ya itu tentang IRA yg bikin ricuh terus….
    kalau tentang Irlandia agak jarang masuk berita, mungkin karena memang adem ayem, dulu cuma tau alamnya indah dan nama keluarga di sana banyak pakai O’

  10. Aku tahu..hehehe..😄 (tau juga sejarah gereja Anglikan dan Anne Boleyn itu..) Maklumlah..agak-agak geography freak gitu dan dulu hobinya nonton Dunia dalam Berita..
    Tapi mau penyuka geografi/sejarah atau bukan, mengajukan visa mah kudu sadar informasi atuh.. Hari gini..🙄

  11. Almarhum mama mertua dulu pernah ke Irlandia, tapi aku lupa bagian mana, dan dia suka banget, aku sampe dikasih jaketnya yang ada tulisan Irlandia, entar kalu aku pake kirain orang2, aku udah pernah kesana padahal belum. Indah ya Irlandia.

  12. Pingback: Jangan Asal Mengawini Bule | Ailtje Ni Diomasaigh

  13. baru pertama ke irlandia, mau balik ke jakarta…kenapa saat mau departure tidak ada custom officernya ya..hanya periksa bagasi lalu ke gate.

  14. Pingback: Makan Pagi di St. George Market Belfast | Ailtje Ni Diomasaigh

Show me love, leave your thought here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s