Ahli Hamil

Tidak, saya tidak sedang hamil dan tidak berencana hamil dalam waktu dekat. Tapi beberapa orang yang saya cintai sedang menanti buah hati mereka. Saya pun riang gembira untuk mereka, bahkan langsung bikin rencana untuk mengunjungi mereka. Menariknya, gak di Irlandia, gak di Indonesia, ternyata reaksi orang terhadap kehamilan itu sama, sama-sama kasih selamat, lalu dilanjutkan dengan memberikan saran-saran yang aneh-aneh.

Masalahnya, saran-saran ini tak diminta dan buntutnya jadi mengganggu banget. Mendadak semua orang jadi ahli dan suka memberikan tips-tips kehamilan yang bikin Ibu hamil makin eneg. Kasihan mereka, sudah kena morning sicks masih harus berhadapan dengan saran dan mitos ini. Mau dengar beberapa di antaranya? Yuk mari!

Makanan dan penghakiman

Ibu hamil makan mie instan, minum soda, atau makan junk food. Mendadak dunia runtuh dan orang tak dikenal sekalipun langsung ribut. Kadang-kadang mereka tak ribut sih, tapi memandang dengan tatapan tajam penuh penghakiman, beberapa yang nekat biasanya nyamperin dengan komentar pedas seperti ini:

Jangan makan ini, gak bagus banyak micin, nanti anaknya bego”

Jangan minum ini, banyak gula, nanti bayinya besar. Kalau bayinya besar, kamu susah ngeluarinnya”

Jangan makan junkfood, gak sehat”

Jangan makan yang pedes-pedes, nanti bayinya kepedesan dan kepanasan di dalam perut”

Beberapa saran ini mungkin ada benarnya, tapi janganlah membunuh kebahagiaan Ibu hamil yang mau makan (dan juga kebahagiaan pasangannya yang lihat makanan masuk ke dalam mulut para ibu hamil itu). Biarkan keluarganya dan sang calon Ibu bahagia karena bisa makan tanpa perlu dikeluarkan lagi. Lebih-lebih kalau gak kenal sama si Ibu hamil dan asal ngasih saran di depan umum.

Rencana Melahirkan

“Jadi nanti rencananya mau melahirkan normal atau Caesar? Jangan melahirkan Caesar deh, rasanya gak jadi Ibu beneran” #IbuPalsu

Nah Ibu-ibu yang diputuskan dokter harus melakukan operasi caesar karena alasan kesehatan biasanya pusing luar biasa, karena rencana melahirkan ini dianggap tak normal. Lalu mendadak mereka semua lebih pandai dari dokter dan menyarankan untuk pindah dokter saja supaya tak perlu operasi caesar. Ya ampun…

Sementara, yang mau melahirkan normal juga ada saja yang menyarankan untuk caesar, karena melahirkan normal bisa membuat anak bayi trauma. Nah, kalau ingin melahirkan di air, atau gentle birth, ampun, siap-siap ribut panjang deh.

Soal menyusui

Saya mendengar banyak sekali tekanan yang dialami oleh para Ibu ketika baru melahirkan dan proses menyusui, apalagi kalau ASI sedikit. Tapi sebenarnya tekanan ini sudah dimulai sejak kehamilan. Ini gak cuma di Indonesia lho, di luar negeri juga sama, walaupun di Indonesia mungkin tekanannya lebih keras! Para Ibu-ibu penggerak ASI tentunya menyemangati untuk memberikan asi. Lalu calon Ibu yang memutuskan akan memberi susu botol, habis deh kena ceramah panjang yang lagi-lagi tak pernah diminta.

Sebaliknya ibu-ibu yang niat memberikan ASI juga kadang-kadang dicela, karena tak sedikit orang yang menganggap memberikan ASI itu ewww. Btw, bicara soal tips, saya membaca di satu forum ada ibu-ibu yang diberi tips untukΒ mengeraskan puting dengan cara menyikat. Yang tak menyenangkan, saran ini diberikan oleh orang tak dikenal. Aduh…duh…

Penutup

Masih banyak lagi tips-tips dan mitos ajaib yang diberikan tanpa diminta kepada para ibu hamil. Dari mulai larangan menitipkan anak di penitipan anak (karena mudah sakit) atau sebaliknya harus menitipkan di sana, supaya lebih kuat dalam berhadapan dengan penyakit). Maksud memberi saran ini mungkin baik, berbagi pengalaman hidup. Tapi kasihan kan para calon ibu ini, apalagi kalau sebelum hamil sudah dihujani dengan pertanyaan kapan hamil, kok gak hamil-hamil, buruan keburu expired.

Kamu, pernah dapat tips atau saran tanpa diminta yang mungkin aneh?

xx,
Tjetje

Advertisements

43 thoughts on “Ahli Hamil

  1. Harus minum susu hamil engga boleh susu pasteurisasi atau UHT.
    Minum susu kacang dan air kelapa supaya anaknya putih bersih.
    Engga boleh makan kecap asin nanti kaki bengkak.
    Engga boleh makan sambal nanti anak botak ga punya rambut.
    Engga boleh makan indomie nanti rambut anak keriting dan bodoh.
    Engga boleh makan kepiting nanti anak bandel dan pecicilan.
    Engga boleh kesal apalagi marah dengan orang lain nanti anak mirip orang itu.
    Engga boleh makan salad sama sekali.
    Engga boleh baik tangga dan tinggal di lantai 2 selama hamil.
    Engga boleh pakai makeup dan printilannya.
    Engga boleh banyak gerak, harus banyak duduk dan tidur.
    Engga boleh ngantuk nanti anak jadi pemalas.
    Engga boleh berenang nanti keberatan di air terus kelelep.
    Engga boleh makan sayur, harus banyak makan daging terus supaya anaknya cowo.

    Dan lain-lain mba πŸ˜„πŸ˜…

  2. Sering dengar semua saran aneh yg kamu tulis itu. Waktu hamil, aku β€œsembunyi dari dunia luar”, jadinya sangat jarang terpapar saran ajaib dari siapapun.. Kalo ada pun, biasanya masuk telinga kiri keluar telinga kanan.. Dan kalo sarannya ditambah aspek penghakiman, aku tegur balik orangnya..

  3. karena belum hamil yang sering dapet sih saran2 aneh supaya hamil, mulai dari nyolong popok bayi yg baru lahir, mandi hujan sampe disuruh pijit ke mbah xxx….duhh ga ngerti lagi dehh

  4. Kayak yg kutulis di twitter. Dapat saran suruh minjem anak seorang kenalan untuk nginep semalam di rumah, biar cepet hamil. Buat pancingan katanya. Karena ada yg berhasil hamil setelah pinjam anaknya. Lha anak dipikir kayak mau mancing ikan. Langsung tak ceramahi habis2an. Versus2an itu akan terus berlanjut Ail kayak : anak digendong atau stroller, popok kain atau sekali pakai, tidur sama ortu atau pisah ruang dll. Yg penting mah pede dengan keputusan sendiri. Sebagai ortu kan lebih tahu mana yg terbaik dan sesuai kebutuhan anaknya. Beda sama orang lain ya ga masalah.

  5. Aku ngalamin ini mbak sekitar setahun yg lalu… Beneran memicu stress. Mulai dari hamil, dibilang trlalu endut sampai disuruh diet sampai hampir pingsan. Padahal dokter kandungan pun ngga komentar apa2 ttg weight. Lahiran baru 2 hari dibilang ngga merawat diri… yaelah badan masih sakit smua buuu… apalagi dilema ASI. Aku sebelumnya yg asli santai dan sering anggap printilan hamil melahirkan sbg ssuatu yg lebay. Tapi setelah alamin sendiri aku jadi tau rasanya knp bisa ibu ngalamin baby blues bahkan prnah aku baca sydrom PTSD. Tekanan lingkungan yg trrlalu besar.

  6. Banyaaak mba, kebetulan aku lagi hamil jadi nasehat2 datang dari penjuru dunia tanpa diminta. Apalagi kalo ada temen mamah datang ke rumah terus, tau aku hamil… ceramah dimulai deh.
    Ada yang nyaranin minum minyak goreng/minyak kelapa biar bayi lahirnya gampang.. licin tanpa kendala gtw pas lahir , ya aku manggut2 sambil ketawa geli… setelah aku baca2, itu hanya mitos.
    Nasihat2 baik selalu aku ingat, nasihat2 yang menurutku ga masuk akal aku lupakan.

  7. Aku pas hamil jelek banget dan langsung dituduh hamil anak cowo based on muka kucel dan jerawatan πŸ˜…πŸ˜… sedih banget dibilang gitu sama orang di tempat ramai. Langsung minta balik dan ga pengen ngemol atau keluar rumah. Yang di dalam perut dan lahir padahal anak perempuan cantik 😊😊

  8. Gak boleh ngelingkarin handuk di leher mbak ail supaya gak kelilit tali pusar, gak boleh minum es krn nanti bayinya besar wl hanya air bening pakai es atau air bening dr kulkas juga gak boleh *pingsan
    Gak boleh duduk di depan pintu ( ya iyalah pastinya ngalangin jalan 😊), kl perutnya gatal artinya rambut si jabang bayi tebel, gak boleh duduk di lantai krn nanti air ketubannya mendadak jadi banyak. Masih banyak lagi tapi udah lupa ihihihi
    Dari awal SPoG cm pesan jalani dengan santai krn hamil bukan penyakit dan silakan makan apa saja asal diperhatikan porsinya.
    *Maafkepanjangan

  9. Dibilangnya jangan suka minum air es krn nanti anaknya besar. Well guess what, aunty! Aku justru mau anakku besar di dalem, hahaha. I dont mind ngelahirin bayi gendut krn toh juga csect kok. Lagian hamil kedua ini, klo nggak air es, rasanya gak mau masuk deh air putih n malah bikin mual. Dgn selalu tersedianya air es, aku jd rajin bgt minum air putih, at least sesuai jumlah minimal perhari lah ya. Trs klo ttg operasi csect, blm ada sih yg komentar gak enak. Klopun ada, IDGAF. I waited 8 years sblm akhirnya bs melahirkan. Whatever delivery method it took me, yg penting sehat selamat πŸ™‚

  10. sama kayak Noni, baru diresein kapan dan cara supaya cepet hamil.
    Pernah loh pak suami pas salaman sama satu orang eh ditangannya diselipin kartu nama dokter ahli impotensi!! dan rasanya sekarang tiap ketemu tu orang bawaannya udah pengen ngejudesin aja.

  11. ini bener banget mba OMG. paling gemes apalagi sama yang sok tau padahal nikah aja belon apalagi hamil coba. pernah ada yang bilang sama aku kalo mual itu hanya sugesti. weh cobain dulu hamil baru komen macem gitu. ckckck

  12. Jadi aku ibu palsu? Hiks…. πŸ˜€
    Aku dong pernah dinasehati soal cara mendidik anak dari perempuan yang belum punya anak (bahkan nikah aja belom). Diguyu wae πŸ˜›

Show me love, leave your thought here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s