Cara Mendaftar Visa ke Irlandia

mtf_msXln_1293

Walaupun cuma halte, yang penting fotonya Irlandia

Banyak sekali orang yang bertanya pada saya tentang cara daftar visa ke Irlandia. Jawaban saya cuma satu: gampang asal dokumennya lengkap. Tapi rupanya orang-orang ini pada males mencari tahu informasi dari web Imigrasi Irlandia, karena pakai bahasa Inggris, males baca. Ya ampun, mau bikin dokumen aja males baca, gimana jalan-jalan ke Irlandia? Bisa frustasi denger mereka ngomong bahasa Inggris terus dan bahasa Inggrisnya ajaib.

Selama ini pengurusan visa dilakukan melalui Konsuler yang lokasinya di dalam kantor Roosdiono, dokumennya kemudian dikirimkan ke Singapura. Berita gembiranya, Kedutaan Irlandia di Indonesia itu baru dibuka dan Duta Besar Irlandia untuk Indonesia. H.E Mr. Kyle Michael O’Sullivan baru saja datang ke Indonesia dan urusan visa sekarang sudah dilakukan oleh Kedutaan (ini update per July 2015 ya).

Apa saja yang diperlukan untuk daftar? Secara urut yang diperlukan adalah dokumen sebagai berikut:

  1. Application Form yang didapat dari website ini ; dokumennya harus ditandatangani
  2. Pastikan visa category yang dimasukkan  benar
  3. Letter of Undertaking signed; ini tuh surat permohonan visa. di dalam suratnya harus ada informasi tanggal keberangkatan dan kepulangan, tujuan ke Irlandia dan janji kalau bakalan balik dan nggak akan membebani Irlandia. Gak bisa bikin? Order aja sama saya. 
  4. Surat referensi dari kantor: surat pernyataan dari kantor yang menyatakan kita sudah kerja di kantor itu selama beberapa masa dan menjamin bahwa kita akan kembali ke kantor.
  5. Surat referensi dari Irlandia: surat undangan dari Irlandia dan fotocopy passport pengundang dengan seluruh visanya. Sering saya tambahkan dengan bonus tagihan telpon serta tagihan lainnya untuk membuktikan bahwa yang mengundang memang tinggal di Irlandia.
  6. Bank statement atau slip gaji selama 3 – 6 bulan terakhir. Saya biasanya menyertakan keduanya. Jumlah minimal di akun bank gak ada minimal sih, tapi saya sarankan saldo setidaknya cukup buat beli tiket ke Irlandia dan cukup buat biaya hidup selama disana. Bagi yang disponsori, maka wajib hukumnya menyerahkan bank statement sponsor yang asli.
  7. Accomodation details: kalau nginap di hotel, ini bukti booking kamar, tapi kalau sudah ada surat undangan (nomor 5) nggak perlu lagi.
  8. Flight itinerary: bukti booking penerbangan. Booking ya, bukan bukti pembelian.
  9. Copy asuransi perjalanan: kalau gak tahu mau beli dimana bisa beli online di AXA.
  10. Copy akte kelahiran dan atau akte kawin yang diterjemahkan oleh penerjeman tersumpah.
  11. Fotocopy passport (dan passport lama) dengan semua visa yang ada di dalamnya. Passportnya harus valid setidaknya enam bulan.
  12. Foto dengan background putih ukuran 3.5 cm x 4.5 cm, zoom 80%. Kalau zoom 80% itu isi foto mayoritas muka kita, jadi pastikan tukang fotonya ngerti. Foto jangan ditempelkan di dokumen dan belakangnya diberi nomor referensi yang didapat dari pendaftaran online (lihat point nomor 1).

Jadi berapakah biaya ngurus visa ke Irlandia? Sebenarnya nol rupiah. Tapi karena saya selama ini ngurus di Konsuler dan konsuler harus ngirim ke Kedutaan Irlandia di Singapura saya selalu bayar biaya administrasi 500 ribu rupiah. Sekarang setelah kedutaan sudah buka, semua gratis.

Perlu dicatat bahwa saat kita memasukkan dokumen, dokumen asli seperti akta kelahiran, surat kawin, passport asli HARUS dibawa untuk verifikasi. Proses pengurusan visa ini biasanya memakan waktu setidaknya 4 minggu, gak bisa kurang dari itu. Jadi sebaiknya kita memasukkan visa sedini mungkin, walaupun kita baru bisa memasukkan setidaknya 3 bulan dari tanggal kepergian.  Per 2016, urusan visa jadi lebih cepat, hitungan hari aja. Nyokap saya dapat dalam waktu tiga hari saja, sementara @nonaling yang ngetop di twitter dengan #JodohUntukAling mendapatkan dalam waktu kurang dari lima hari.

Bingung dan punya banyak pertanyaan? Silahkan diajukan ke kedutaan Irlandia detail contactnya sbb:

Embassy of Ireland, Jakarta-Indonesia
CEO Suite, Indonesia Stock Exchange Building (BEJ)
17th Fl, Tower II, Jl. Jend. Sudirman Kav.52-53
Jakarta 12190
Phn : (021) 5291 7453 atau 5291 7455
Fax : (021) 515 77 99
Emailnya:  jakartaem@dfa.ie.
Nomor di atas juga bisa digunakan untuk membuat janji pertemuan untuk daftar visa.
 Sláinte
Tjetje
Advertisements

97 thoughts on “Cara Mendaftar Visa ke Irlandia

    • Koleksi kata orang Irlandia beda banget dari Inggris yang kita sering dengar. Kayak bold dalam bahasa Inggris itu berani, dalam bahasa Inggris-Irlandia itu artinya nakal.

      Semoga satu hari nanti bisa ke Irlandia ya.

  1. I love Irish accent! *salah fokus*hehehe.. Udah pengin banget ke Scotland dan Ireland tapi sejauh ini baru nyampe England.., lumayanlah.., semoga lain waktu bisa.. Makasih infonya ya, Tje.. Oh ya, satu lagi yang bikin aku suka/pengen ke Irlandia: The Corrs..

      • Hahaha..iya bener..si huruf U yg bikin lucu dan bingung yg denger.. Iya tuh The Corrs tahun 90an s/d mid 2000an kayaknya.. Aku punya album-album awalnya.. Salam aja ye kalo ketemu..(halahhhh..maksa..hehehe..)

  2. Pingback: Lokasi Konsulat Irlandia di Jakarta | Ailtje Ni Dhiomasaigh

  3. halo, saya mau tanya.. jadi karna sudah buka embassy di Indonesia, kita sendiri ya yg menghadap ke embassy tanpa bisa diwakili?

    terima kasih..

  4. Hello,

    Saya mau tanya untuk penterjemah akte yg tersumpah itu ada dimana ya? Saya tinggal di Bali dan saya mau order Letter of undertaking signed juga. Bisakah?

    Mohon infonya.

    Terimakasih dan salam,
    Yulli

    • Letter undertaking itu bisa bikin sendiri kok. Kirim email aja sama saya Mbak Yulli, nanti saya bikinin. Kalau untuk penerjemah tersunpah di Bali coba di google. Atau kontak IALF siapa tahu ada disana juga.

  5. Hello ,
    saya berencana untuk membuat visa irlandia , apa pembuatan visanya sulit yah ? dan apa masa berlaku visanya sesuai tanggal masuk dan keluar atau berjangka 3 bulan / 6 bulan seperti inggris

    thanks

    • Proses pembuatan mudah selama dokumen lengkap. Yang menyesakkan, prosesnya minimal empat minggu, tak bisa lebih cepat. Bahkan untuk bisnis sekalipun.

      Tanggal masuk berjangka, jadi ada durasi untuk masuk, kemudian dihitung 90 hari sejak tanggal tersebut.

  6. hi miss, please be informed that Ms. Hany Arief is not under the Visa Section.
    To avoid any unattended email for Irish Visa queries, please direct all relevant email to :
    jakartaem@dfa.ie
    appreciate it if you can pass this information onwards.
    thanks and have a good day!

  7. Mbak Ailtje yang baik hati 🙂

    Aku boleh minta contoh Letter of Undertaking signed dan surat referensi buat host di Irlandia, ya?

    Trus, aku kan makeup artist jadi ga punya kantor, gimana solusinya buat ganti surat referensi kantor?

    Itu dulu mbak ku, terimakasih banyak yaa 🙂

    Dewi

  8. Hi Tje,

    Saya akan ke irelandia utk acara event international. Dan seluruh biaya baik pembuatan visa, tiket pesawat, hotel, dll di sponsori oleh panitia acara. Tetapi sampai hari ini saya belum mendapatkan Host Invitation Letter (dalam proses pembuatan). Apakah saya bisa mengajukan pembuatan visa sebelum Invitation Letter saya terima ?? Karena saya khawatir dengn waktu 4 minggu tersebut.

  9. Ada yg tau ga syarat nikah dengan warga Irlandia? Rencana mau nikah tahun depan. Cari informasi ga dapat. Pernikahannya di Indonesia. Tks bantuannya

  10. Kalau jenis visa yg digunakan wna untuk menikah ke indonesia, jenis visa apa? Voa saya dengar ga bisa, hanya untuk holiday. Apa benar? Tks

  11. Udah join grup belum diconfirm hiks hiks. Cm gini loh mba, calon tuh pegang visa irish tp tinggal di uk. Klu sy apply visa EEA yg family permit bisa ga? Soalnya tinggal di uk ga selamanya cuma beberapa tahun. Selanjutnya tinggal di indonesia.

  12. Hallo mbak
    mksh info-a
    saya sebelumnya blm punya visa,tp pacar sy mau jemput untuk ikut ke Irlandia,untuK bertemu keluarga-a sblm nikah
    dan tentunya dia sponsor sy.
    yg saya mau tnya ,walaupun dia ada dan nemenin ngurus sbgai sponsor saya,apakah ttp 1bln paling cpt slesai visa nya y mbak?

    🙂

  13. pagi kk Ailtje , mau nanya saya udah masukkan pengajuan pembuatan visa turis irlandia saya bersama keluarga tapi sudah 9 minggu belum ada kabar dari kedutaan irlandia , dicoba tlp katanya nunggu aja soalnya data saya katanya dikirim ke dublin , ada saran g kak yah ?
    Thanks b4

  14. Kalau kita mohon visa untuk tinggal lebih kurang setahun atas undangan dan si pengudang ini warga timles yg sdh berstatus
    Warga eropah dgn pasport portugal
    Sdh bekerja dan lama menetap disana .
    Kita harus mohon visa jenis apa ?
    Trmksih

  15. ms Ailtje,.. tanya dong, apa untuk apply visa Irlandia ini akte lahir juga wajib dan harus ditranslate ke Inggris ? dan apa juga harus finger print ?

  16. apakah dapat ditranslate bebas atau harus menggunakan jasa profesional dan dokumen apa saja yang harus ditranslate ? maaf klo sudah merepotkan ms. thanks

  17. Mbak tanya donk…setelah document semua komplit trus kita bikin booking appointment kyk schengen gtu ? Trus applicant wajib dtg sendiri ke embassy jkt ? Trm kasih mbk.

  18. Sore mbak.mbak mau nanya kalau Aupair ke irlandia jenis visa apa ya mba yg aku ajuin..soalny aku dapat tawaran Aupair ke iralandia..mba aku mau mnta Letter of undertaking signed bisa gk mb…mksh ya mbak..

  19. Benar yg dikatakan oleh mba tjetje. Saat ini saya sedang di Irelandia. Sudah 4 hari disini, 3 hari lagi akan meninggalkan Dublin menuju London.

    Kembali ke visa, proses pembuatan visa irish sangat mudah jika syarat lengkap. Biaya nya juga gratis. Seminggu sudah jadi, tapi karena saya mengubah visa single bisnis ke visa multiple bisnis, total waktu pembuatan visa saya 2 minggu. Padahal visa single bisnis nya udah jadi, di ulang lagi proses pembuatan nya.

    Mba tjetje, saya belum keliling dublin nih. Ada saran tempat wisata nya ga ?

    • Selamat datang di Dublin Bang Freddy. Untuk keliling Dublin saya saranin naik hop-on hop-off bis aja, beli tiketnya di depan Trinity College atau di seberang GPO (kantor pos besar). Saya lebih suka bis yang merah ketimbang yang ijo (yang kuning belum pernah nyoba) dan coba cari yang guidenya live, karena lucu.

      Saran saya kalau doyan ke tempat bersejarah ke Kilmanhaim Gaol (jail), bisa juga ke Chester Beatty Library (museum yang menyimpan banyak koleksi Quran dan ada artefak dari Batak disini!), Dublin Castle juga menarik. Jangan lupa makan fish and chips dan menyusuri Grafton Street ya. Kalau Grafton Street mah saya suka mondar-mandir aja, sambil ngedengerin pengamen nyanyi-nyanyi.

      Enjoy Dublin!

  20. Hi Mba Tjetje,
    Aku Vony, aku rencana mau ke Dublin Januari tahun depan… mau tanya donk mba utk persyaratan dokumen harus booking tiket dlu ya? seandainya pengajuan visa ditolak hangus donk mba tiketnya?

    Oiya mba punya email konsulat nya di Jakarta? thanks ya mba 🙂

  21. Kak Tjetje.
    Visa requirements yang kakak sebutkan diatas untuk travel sajakah atau untuk visa kerja kak ?
    Kalo itu untuk traveling aja, requirements visa untuk kerja apa saja ?
    Aku udah baca-baca tapi masih bingung.
    Minta bantuannya ya kakak Tjetje yang baik hati 🙂
    Makasih kak

  22. mba bantu aku dunk untuk pengurusan visa ke irlandia nya hehee… soalnya aku baru pertama ke luar negeri, mau liburan natal Desember bulan depan. Mohon infonya ya, kalo ga aku minta no atau email mba supaya bisa secara langsung. ini emailku mba anitya_aysha@yahoo.com. Trims sebelumnya…
    Pleasee dibantu yaahhh heheee

  23. Dear Mba Tjetje,

    Aku mau tanya adakah komunitas orang indonesia dengan pasangan irish di facebook? Selain dr Komunitas kawin campur? Aku pingin minta info untuk nikah di irlandia. Tp tanya2 di kkc, jarang ada yang pasangannya irish. Thanks mba

    • Belum bisa kawin di Irlandia karena ada banning. Jadi kalau pakai visa visitor gak bisa kawin sementara kalau mau pakai visa spouse mesti kawin dulu. Konon sih mau dilifted tapi belum ada info sampai sekarang. Coba cek Indonesia Irish Association.

  24. misi mbak, mau nanya untuk akta lahir atau nikah hanya perlu diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah atau perlu dilegalisir juga? trima kasih

  25. sy mau tanya mbak, sy hanya holiday disana sekitar 1 bulan sj, kira2 visa apa yg hrs sy apply? tourisme visa atau bisa family visa? dan kira2 mata uang apa yg harus kita siapkn dari indonesia ini. mohon dilbs and makasih byk

    • Saya asumsikan dari komentar sebelumnya, kamu mau ketemu pacar di Irlandia ya. Jika boleh tahu sebelumnya sudah pernah ketemu? Kalau sudah bisa apply yang visit visa.

      Pacarmu ROI atau NI? Karena dua negara ini beda mata uang.

  26. Mba, saya trtarik sma Irlandia dri pas sya msih SMA. Skrang sya lgi kuliah jurusan bhs Inggris. Sya mau pnya bnyak relasi tntng Irlandia mba, smoga nnti bisa krja yg brhubungan sma Irlandia gitu atau bisa ke sana hehe aamiin..
    Mba, ada rekomendasi2 untuk mndukung harapan saya? Looking forward to hearing from you, ya mba. Go raibh ma agat 😀
    (Maaf ya mba klau prtnyaannya ga nyambung sma topik di sini hehe)

  27. Hi mba Tjetje,

    Saya mau tanya mba, saya akan berkunjung ke Irlandia untuk menikah disana tahun ini dan belum pernah kesana sebelumnya dan akan tinggal disana. Kira-kira visa apa yang bias saya apply? apakah visa married atau visa tourist?
    Bagaimana untuk proses spouse visa.
    Mohon dibantu untuk pencerahannya karena sedikit sekali informasi tentang pengajuan visa Irlandia.

    Thank you.

    • Sudah pernah ke Irlandia atau belum sama sekali? Sepengetahuan saya, sekarang sudah bisa pakai visa visit kemudian dirubah jadi visa spouse, tapi prosesnya saya kurang tahu, karena ini aturan baru. Jaman saya dulu gak boleh masuk pakai visa visit terus kawin, baru-baru ini aja aturannya dirubah.

      Untuk visa spouse sendiri, kalau kawin di luar Irlandia, prosesnya laaaaaaaama. Udah terkenal banget deh INIS lamanya. Bisa di cek di webnya. Tapi selama-lamanya, maksimal sih 6 bulan.

      • Belum pernah sama sekali ke Irlandia..
        Bisa ga ya menikah di Irlandia pakai tourist visa dan setelah itu buat spouse visa di Irlandia?

      • Mba Tjetje,

        Saya sudah baca untuk peraturan pengajuan visit visa tetapi harus ada keluarga disana selain teman yang ingin dikunjungi sedangkan saya hanya akan tinggal di rumah pacar. Apakah perlu untuk memberikan P60 (dokumen pajak dari Negara Irlandia), surat keterangan dari tempat pacar saya bekerja, bill statement, account bank details dan bank statement juga..
        Lebih mudah mana untuk pengurusan dokumen pernikahan di Indonesia atau di Irlandia sedangkan hubungan baru terjalin sekitar 6 bulan..

        Thanks..
        Be

      • Wah hubungannya kilat juga ya. Pakai visit aja, kamu visit pacarmu. Tapi aku kurang tahu berapa lama masa minimal kenal. Terus abis kawin, visamu bisa langsung convert jadi visa spouse. Selain bank statement pakai surat keterangan dari kantor juga.

  28. Mba Tjetje,

    Apakah sebaiknya memakai tourist visa untuk holiday saja terlebih dahulu? Jika memakai visa tourist apakah tetap perlu surat rekomendasi sponsor, bank statement, bill statement dan passport sponsor?
    Boleh minta tolong untuk buatkan contoh undertaking letter mba?

    Thanks a lot.

    Be

      • Mba Ailtje, saya Yulli di Bali. Mba saya mau ke Irlandia Agustus 2017 ini. Saya mau tanya persyaratan visa turis. Saya liat ada minta akte nikah, kalau saya gak nikah bisa pakai akte lahir dan kartu keluarga (KK)? Kan harus diterjemahkan dan dokumen semua 2 set, apakah 2 set itu bisa copy an atau saya buat terjemahan KK dan akte lahir masing2 2 lembar? Surat keterangan kerja asli 2 lembar atau bisa di copy? Apakah copy akte dan KK perlu dilegalisir catatan sipil?
        Please advise Mba
        Thank you so much

        Salam,
        Yulli

      • Hi Yuli, akta nikah itu karena saya statusnya kawin dan istri orang Irlandia. Kalau belum menikah tidak perlu. Untuk KK, saya rasa gak perlu karena mereka gak minta. Akte kelahiran saya, dua-duanya copian, karena saya keep terjemahan aslinya (mahal bow kalau nyari aslinya lagi). Surat keterangan kerja kan gampang minta dari kantor, jadi saya minta dua rangkap dan dua-duanya asli. Gak perlu legalisir catatan sipil Mbak, gak perlu ribet-ribet.

  29. Mba maaf, yang saya maksud bukan undertaking letter. Yang saya mau tanya adalah “reference letter from ireland” itu surat apa ya yang dimaksud ya?

    Please help. Saya sudah kirim email ke Embassy jakarta tapi gak ada reply T.T

    Thank you,
    Yulli

Show me love, leave your thought here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s