Belanja di Lotte Duty Free Jakarta

Terminal Internasional Bandara Soekarno-Hatta tak punya banyak toko bebas pajak, atau lazim disebut Duty Free, seperti di Dubai. Walaupun tokonya sedikit tak banyak dari kita yang benar-benar bisa belanja dengan puas karena kita (atau jangan-jangan cuma saya) selalu berkejaran dengan waktu. Waktu yang seharusnya bisa dihabiskan untuk berbelanja à la Syahrini terpaksa habis untuk menembus macetnya Jakarta. Tak hanya habis di jalanan, waktu juga banyak terbuang untuk menunggu antrian pada saat check-in maupun pemeriksaan imigrasi. Jadi jangan heran kalau toko-toko bebas pajak di bandara relatif sepi ketimbang di negara lain.

Mungkin ini sebabnya Lotte Avenue, sebuah mall milik konglomerat Korea Selatan yang terletak di Mega Kuningan, menawarkan Duty Free di tengah kota. Tak perlu berkejar-kejaran dengan waktu dan bisa bebas belanja apapun selama kantong dan tangan kuat. Kantong kuat membayar dan tangan kuat mengangkat belanjaan.

Lotte

Bagi warna negara Indonesia, jika ingin belanja di Lotte tak perlu membawa uang sepeserpun, cukup berbekal passport dan copy ticket (atau tiket elektronik). Kita juga gak perlu repot-repot dandan cantik dan menyasak rambut sampai setinggi langit supaya bisa dilayani dengan baik dan ramah. Pengalaman pribadi membuktikan pegawai Lotte Duty Free tetap melayani dengan baik bahkan melempar senyum kendati saya masuk toko ini mengenakan sandal gunung dengan rambut setengah basah sambil memanggul tas gym yang super besar. Coba masuk mall lain, alamat gak bakal dilirik.

WNI tak bisa langsung berbelanja di Lotte Duty Free dan hanya bisa melakukan pemesanan. Semua barang yang dipesan baru bisa diambil dan dibayar di terminal 2E bandara Soekarno-Hatta; layanan pengambilan barang hanya ada di terminal 2E dan tak tersedia di terminal 3.

Standar harga di Lotte Duty Free adalah dollar, tapi tapi untuk pembayaran bisa dengan rupiah, sesuai nilai tukar mereka di hari pembayaran. Barang-barang di Lotte tak selamanya lebih murah daripada di mall Jakarta, kadang bisa lebih mahal, tergantung nilai tukar rupiah. Tetapi ada juga barang yang sekuat-kuatnya nilai tukar rupiah, akan tetap lebih mahal. Lipstick MAC contohnya; harga di Lotte Duty Free selalu lebih mahal daripada harga di counter Plaza Senayan (PS).  Tapi, MAC di di Lotte menawarkan warna-warna lipstick yang tak ada di counter PS. Kalau MAC Indonesia gak pernah memberikan diskon, MAC Lotte Avenue pernah mendiskon sebagian kecil produknya hingga 50%.

Selain menawarkan kosmetik, Lotte Duty Free juga punya barang fashion, termasuk merek-merek Korea. Pilihan merek fashionnya nggak sebanyak komestik dan koleksinya agak ketinggalan. Koleksi yang ketinggalan trend ini sayangnya tak dibarengi dengan harga yang bersahabat. Jatuhnya suka lebih mahal daripada sista-sista online yang jualan barang ori dari Amerika. Hanya ketika diskon gila-gilaan, 50-70%,  Duty Free ini berasa seperti Duty Free pakai banget.

Perlu dicatat, kita selambat-lambatnya hanya bisa belanja tiga sampai empat jam sebelum jadwal penerbangan karena barang pesanan selalu diantar dari Mega Kuningan ke Bandara. Dipikir-pikir gak efisien juga, mereka kan punya toko di Bandara, kenapa gak ambil stok dari bandara aja ya? Lha kalau ada yang order lipstick sebatang, untungnya bakalan abis untuk bayar biaya antar ke bandara dong ya?

Bagi yang suka plin-plan, proses membatalkan barang bisa dengan mudah dilakukan, tinggal bilang batal atau barangnya gak usah dibayar. Tapi, kalau pengen membatalkan satu barang di dalam struk yang berisi beberapa pesanan nggak bakalan bisa. Either batalin semua, atau bayar semua. Jadi kalau ragu-ragu, sebaiknya pesanan dibagi-bagi menjadi beberapa struk. Biar mudah kalau pengen membatalkan.

Gimana, berminat belanja disini?

Tjetje

Nggak lagi buzzing lotte avenue

Advertisements

36 thoughts on “Belanja di Lotte Duty Free Jakarta

      • Semisal si Lotte buat konsep belanjanya dari rumah, bayar pake CC, paypal atau sejenisnya, wah itu lebih gampang lagi.. Hahaha… Jadi gak mesti macet-macet ke sana… Pas di bandara tinggal jemput barang… Semoga lotte baca dan kasih award ke aku. Hahahha….

        Happy belanja belinji deh… 🙂

  1. aku pikir belanja di Duty free Lotte avenue bisa langsung dibawa pulang mbak Tjetje, ternyata kudu muter dulu ke bandara buat ambil barangnya ya

  2. Disini belum ada layanan yang belanja di kota ambil di bandara. Adanya online. Belanja online, nanti ambil di bandara, bahkan di arrival pun bisa karena ada konter pickup nya di sebelah pengambilan koper/luggage claim

Show me love, leave your thought here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s