Mangga Dua: Surganya Perlengkapan Musim Dingin

Sebagai orang tropis, pergi ke negeri dingin adalah sebuah perang besar, perang melawan kedinginan. Biar siap menghadapi perang ini, saya, yang orang tropis, berburu peralatan musim dingin di Jakarta. Ternyata mencari barang-barang tebal tersebut tidak terlalu susah & murah (asal belinya nggak di laxmi winter shop, ini toko sumpah mahal banget, ngalah-ngalahin toko-toko di Irlandia).

Barang-barang yang diperlukan antara lain:

  1. Sepatu boots biar kaki tetep hangat – tapi saya gak dapat satupun karena betis saya aduhai besarnya, sementara size kaki 35—36. Btw, kalau beli boots, usahakan satu nomor lebih besar karena kaos kaki thermal cukup tebal.
  2. Long John/ thermal underwear: ini dalaman ajaib yang bisa bikin badan gak kedinginan. Bentuknya celana & atasan, ada yang atasan lengan panjang, pendek bahkan berbentuk kamisol.
  3. Kaos kaki termal : kaos kaki super tebal yang super hangat & beda dengan kaos kaki biasa.
  4. Sarung tangan & syal untuk menyelamatkan daerah leher dan tangan.
  5. Ear muff: ini penutup telinga, super berguna kalau negaranya banyak angin macam Irlandia.
  6. Topi: untuk menyelamatkan diri dari angin. Lupa pakai topi adalah bencana, apalagi buat yang rambutnya keriting macam saya. Mendadak rambut jadi seperti John banting:

    Image

    Rambut John Banting di Tea House, Tralee

Saya berburu barang di beberapa tempat yaitu: Mangga Dua, Pasar Baju Bekas Senen & Mark and Spencer. Untuk M&S gak perlu di review lah ya.

Toko Djohan, Mangga Dua

Toko Djohan ini jagoannya jualan baju musim dingin. Lokasinya di Pasar Pagi Mangga Dua lantai 2, blok B no. 47-48. Mereka menerima order online juga, tapi gak puas rasanya kalau gak datang sendiri & megang-megang. Tokonya kecil & dipenuhi orang Indonesia yang hendak jalan-jalan ke negeri dingin. Dagangannya juga lengkap, dari head to toe.

Dalaman thermal dibandrol dengan harga 80.000 90.000 (harga per 2013). Untuk memilih yang tepat, cukup informasikan ke shop attendantnya berapa derajat dinginnya suhu negara yang akan kita kunjungi. Pilihan warnanya aneka rupa dari merah, coklat, hitam, hingga pink. Sayangnya mereka hanya punya dalaman lengan panjang.

Kaos kaki thermal dibandrol dengan harga 50k, tapi barusan saya cek lagi websitenya harganya turun jadi 40.000. Saya sempat beli di M&S seharga 130.000 untuk 2 pasang. Cukup hangat dan warnanya pun lebih beraneka rupa. Tapi tetap lebih hangat yang dari toko Djohan, walaupun cuma satu macam.

Perlu dicatat kalau beli ear muff jangan tergoda dengan harga murah ya, coba dulu nyaman atau nggak. Saya beli yang 30ribu rupiah dan bentuknya seperti bando. Mantap nempelnya di kepala. Toko ini juga jualan sepatu boots murah, lebih murah dari harga boots kulit di Ambassador (Toko boots Marco Donati; ITC Kuningan lantai II block B1 18-19 phone: 57934705).

Pasar Baju Bekas Senen

Buat yang gak gengsi belanja barang bekas, mendingan belajar buang gengsi, pasang masker (karena baunya yang aduhai) dan mulai berburu barang bagus dan murah. Ada dua sisi yang saya kunjungi, sisi yang agak mahal masuknya naik escalator yang nempel langsung dengan trotoar. Sementara area yang agak murah gedungnya berada di dekat pasar pagi kue basah.

Di area yang murah, terdapat satu toko (lantai dua dekat eskalator rusak) yang specialisasinya jualan syal dan scarf. Sebuah syal wools dihargai 10 ribu rupiah saja, karena kemurahannya saya beli 3 buah. Mereka sukses hilang karena saya gak terlalu suka makai syal, rasanya seperti tercekik. Jadi, syal ini sering  saya lepas dan jadinya lepas beneran deh dari genggaman.

Selain syal, saya dapat 3 buah jaket, harganya pun tak mencekik, hanya sekitar 50.000 – 75.000. Dari tiga buah jaket itu, ternyata hanya satu yang lolos menjadi winter jaket (jaket bulu angsa), yang dua summer jacket. Ya ampun, negeri ini saking dinginnya summer pun pakai jaket.

Barang terakhir yang saya dapatkan adalah dua pasang sarung tangan yang ternyata sangat hangat, harganya 25-30ribu rupiah saja.

Saya tidak terlalu banyak berbelanja di Indonesia supaya bisa belanja di Irlandia *alesan….*. Ternyata oh ternyata, harga barang di Indonesia jauh lebih murah ketimbang Irlandia. Untuk underwear thermal, bisa dibandrol hingga 2-3 kali lipat, kehangatannya pun berbeda. Jadi, kalau mau pergi lebih baik beli di negeri sendiri deh.

Premium, Mall Ambassador

Terletak persis di lantai dua, berseberangan dengan toko buku Trimedia, FO ini menjual barang-barang made in Indonesia dengan merek luar. Saya menemukan banyak sweater bahkan jaket bulu angsa disini. Harga satu sweater bahkan ada yang hanya di kisaran 100.000 rupiah saja. Kualitasnya bagus dan pilihannya banyak, walaupun ukurannya kecil sangat terbatas.

UNIQLO

UNIQLO juga bisa jadi alternatif tempat membeli pakaian musim dingin. Saya kemarin mendapat hadiah thermal underwear uniqlo, bahannya tipis tapi hangat. Nggak seperti long john di Toko Djohan, dalaman di uniqlo pinggirannya seperti kaos biasa dan tak berenda. Warna dan modelnya pun aneka rupa. Harga tentunya lebih mahal dari toko Djohan. Harga atasan lengan panjang ketika sudah di sale sekitar 149.000. Bawahannya saya nggak nemu, mungkin habis.

Yang mau winter ke luar negeri, bagi informasi dong dimana belanjanya?

Perhatian, yang mau dagangan jangan spamming disini ya. Kalau berminat di review silahkan kontak saya di binibule.com@gmail.com

Advertisements

134 thoughts on “Mangga Dua: Surganya Perlengkapan Musim Dingin

  1. Pertama kali saya beli jaket winter sebelum berangkat ke Kanada 8 tahun lalu di salah satu FO di bogor (lupa namanya). Pokoknya letaknya sebrang EF Bogor jalan Padjajaran. Diledek si masnya mbak ini buat -20c kebawah lho. Aku bilang emang iya mas mau dipake di Kanada yang -40c :). Long john saya cuman pake 3 winter pertama sekarang2 udah gak pake. Ear muff gak pernah pake karena bercuma sekalian pake toque (sebutan canada buat beanie). jaket2 winter disini seperti punya North face dan GAP buatan Indonesia.

  2. mba, mau nanya donk.. kalau lagi musim dingin gitu untuk sepatu bagusnya yang kulit apa dari bludru gitu untuk bootsnya? thanks ya

  3. untuk longjhon sendiri kalau saya perginya cuma 10 hari perlu berapa ya mba? maklum belum pernah pergi yg musim dingin..takutt saltum..hehe.. dan untuk celana panjangnya apa bahan katun atau apa yg disarankan mba? thanks

    • Saya pakai jeans sama long John. Kalau betah sih satu Nggak usah ganti, tapi mendingan bawa dua. Beli yang di Djohan aja, murah, anget dapat atas bawah. Kalau di Uniqlo harganya lebih mahal dikit cuma dapat atasan.

  4. Salam kenal mbak, kalo liat di perkiraan cuaca awal mei di UK masih kisaran 15-18 dercel. Kira kira kalo disana seminggu masih butuh kaos kaki thermal atau longcoat aja udah cukup? Baru pertama soalnya *malu
    Makasih banyak

  5. pernah belanja baju winter di FO, ternyata nggak mempan dengan winter, (suhu padahal hanya -10)
    saran: jangan tanggung2 kalau beli jaket, kalau perlu coat wool yg super hangat dgn model yang oke, bisa tahan dan fungsional. harga ga bohong. (north face/COlumbia etc juga oke)
    kecuali dah kebiasa di suhu minus, perlu long john. sejak terbiasa suhu – udah gak pernah lagi pake long john. bahkan di suhu -10.

    • Sukurnya aku ga pernah kecewa dengan buatan FO. Merek luar, sebagian, kan dikerjakan di negara-negara seperti Indonesia, Morocco, Vietnam, Bangladesh, karena biaya produksi yang murah. Yang di jual di FO sendiri merupakan sisa export yang nggak lolos seleksi (biasanya ada cacat di produk tersebut).

      Tapi memang perlu selektif kalau milih, karena ada beberapa produk palsu yang menyusup masuk ke dalam FO.

  6. Thanks utk infonya mba. kalo mau main salju, ada sarung tangan/jaket/topi khusus supaya ga tembus/basah mgk mba? Untuk anak kecil usia 3 th cari dimana ya mba? Tks

  7. Kemaren dulu sempet mau berburu di mangga dua nih. Tapi karena akhirnya ada rejeki ke Bandung, ya belanja di Bandung deh. Belanjanya jaket2 second di Pasar Cimol Gedebage. Murah meriah dan bagus-bagus. Untuk longjohn beli di Twig House samping PVJ Bandung.

  8. alow…saya rencana mw pergi ke jepang 8 nov – 15 nov ini…kalo diperkirakan udahra disana 7 – 14 dercel…kira2 perlu apa aja yah…baru pertama x ini mw hantem dingin…

    • Urutan pakaiannya kalau 7 derajat dan baru pertama kali merasakan winter -> long john, kaos yang agak tebal, sweater, lalu jaket. Jangan lupa pakai syal serta penutup telinga/ bisa juga dengan topi.

      Selamat berlibur!

      • tq buat infonya…perlu beli long coat bulu angsa ga yah??? ato cukup jaket aja?soalnya kalo cek di toko djohan lumayan harganya 600 sama 100an

      • Jaket yang saya masuk jaket winter. Bisa jaket tebal, jaket kulit atau jaket bulu angsa. Saya lebih suka pakai bulu angsa karena hangat dan ringan. Kalau jaketnya terlalu tebal mobilitas jadi terhambat.

        Harga jaket bulu angsa memang mahal. Alternatif yang murah di pasar senin, tapi belanjanya sama bau.

  9. Pas banget ini mau cari2 segala macam printilan musim dingin buat pindahan ke Belanda. Terutama mau cari boots. Ada rekomendasi beli boots diJakarta dimana ya mbak?… Terima kasih ya info2nya di tulisan ini membantu sekali 🙂

  10. Trims infonya mba….. Aku ada tugas ke Ulsan, korea awa desember. Suhu siang sekitar 10, malem bisa -2. Kira-kira perlu semua yg di list ga ya? Cm 1 minggu disana.

    • Kalau di dalam gedung aja nggak jalan2 sih cukup pakai longjohn, kaos sama jaket. Perlu dicatat long John kalau di dalam ruangan berpenghangat bikin berkeringat.

      Kalau jalan2 aku sarankan pakai sweater juga sebelum pakai jaket. Terus ditambah syal. Topi ga terlalu penting sih kalau ga berangin, yang penting earmuff.

      • Kalau di dlm ruangan & berkeringat, longjohnnya jadi bau keringat gt ya? Kalau perginya seminggu, bawa 1 aja cukup ya? Longjohn dr toko djohan dg uniqlo, bagus mana mbak? terima kasih.

      • Tergantung musim, kalau long John dari Uniqlo tipis. Dia ga jual kalau ga musim dingin.

        Long John dari toko Djohan lebih tebel.

        Kalau di dalam ruangan, apalagi yang ada heaternya bakalan keringatan banget. Makanya kalau sudah bisa menyesuaikan diri mending ga pakai long John.

  11. Makasih byk bt infonya mbak, sgt brmanfaat bgt
    Mohon maaf bgt nih mbak, kbtln sy skluarga mo pindah ke usa n bw 3 anak y msh kcl, kira2 list brg apa y perlu dibeli n dibawa dr indonesia?
    makasih byk ya mbak

    • Berapa derajat mbak? Windy gak daerahnya? Beda tempat negara bagian, beda cuaca soalnya.

      Anyway, bawa long john (Thermal underwear), coat, sarung tangan, winter boots, sweater, tutup kepala, sama syal. Nggak usah bawa banyak2 yang penting udah ada aja, nanti disana tinggal belanja lagi. Tapi khusus long john, aku rekomen beli di Indonesia aja. di Uniqlo.

  12. mbak beli jaket bulu angsa di pasar senin itu dimana ? dan minta alamat atau website detailsnya toko jual sepatu boots atau toko aldo…

  13. Mbak, untuk untuk Premium, Mall Ambassador itu dia jual coat bulu angsa range brpaan ya? Harganya lbh murah dr pasar Djohan mangga dua?? ada jual eramuff jg di mall ambassador??

  14. mbak mau tanya kalo toko uniqlo alamat lengkapnya di mana ya? sama toko djohan lengkap mana? kalau toko musim dingin di surabaya di mana ya?

  15. mbak, kalau mau beli yg model long coat dimana ya? soalnya di johan kebnyakan yg model ada bulu angsanya. pengen yang bahan tebel gt aja

  16. Siang mbak,sy mau tanya…sy sekeluarga mau pergi ke.jepang yg suhuny berkisar 1-10°…anak sy baru 2 tahun…kira2 keperluan apa aja ya yg harus sy persiapkan…khususnya utk anak sy yg msh kecil…thx

  17. Sabar dan rajin banget nanggapin komen yg macem2 Tje, hehe..
    Great job.
    Gw dl juga ke Toko Djohan ama Premium, mo ke Pasar Senen takut kecopetan.
    Pas disini ngubek2 nya di British Heart Foundation, toko bekas gitulah, tapi barang2 nya masih bagus.

  18. Mau tanya Tje, saya bulan awal mei ada pertukaran pelajar ke korsel. Nah pas itu kan bulan semi, ya? Baju-baju yang pas dibawa kesana apa ya? Dan kalau untu sepatu, kalau saya pakai vans cocok nggak ya, kira kira? Makasih sebelumnya 🙂

    • Hi boleh tahu nggak perkiraan suhunya berapa? Aku kurang paham cuacanya Korea Selatan. Terus kamu betah dingin ga? Aku asumsikan Ini yang pertama kali ya, jadi kalau ini pertama kali beli long John aja sama jacket.

      Terus kaos kaki yang tebal dan sepatu harus enak dipakai.

  19. Mba..mau tny nih..kalo ke belanda akhir april ini kira2 apa saja yg perlu dibawa ya…saya disana selama 13 hari…takut salah bawa niyy…tq sebelumnya

    • Bawa jaket (bukan jaket winter ya nanti mandi keringat) sama sepatu yang enak, karena pasti banyak jalan. Bawa kaos kaki juga tapi ga perlu kaos kaki winter. Bawa syal tipis juga boleh. Kalau ga kuat dingin bisa bawa long John sih, tapi cuaca saat spring gini enak banget, kayak di Puncak.

  20. Mbak saya mau ke hamburg lanjut roma awal sampe pertengahan sept nanti. Kira kira perlu bawa apa ya. Katanya anginnya disana kenceng…

  21. Mba, saya berencana mau ke Melbourne pertengahan bulan ini buat kuliah. Kata temen, cuaca di sana sekarang cukup dingin.Perlengkapan apa yang perlu saya bawa yah? Terima kasih banyak bantuannya.

    • Winter 10 derajat celciusan, kalau masih baru pertama kali winter sih mendingan beli long john beberapa buah, nanti kalau sudah biasa gak perlu pakai long john lagi. Terus jangan lupa bawa syal, sweater dan jaket. Kalau beli jaket jangan terlalu sempit ya, karena dalamnya harus bisa dipakaian sweater atau baju hangat lain.

  22. Mbak, saya sekelg (anak umur 9 dan 5 tahun) rencana ke Jepang Feb 2016, suhu sktr 2 sd 10 Dercel. Untuk anak2 pakai apa saja ya? long Jhon + kaos + Jaket cukup tidak, atau perlu sweater juga? maklum baru sekali ke daerah winter.

      • Berapa derajat ya Mas? Banyak di luar atau banyak di dalam ruangan? Kalau di luar ruangan saya saran sweater, syal dan jaket tebal. Jika sangat dingin boleh juga ditambah dengan thermal underwear. Jika baru pertama kali, dan hawanya di bawah 10 derajat Celcius lebih baik pakai thermal underwear/ longjohn.

    • Halo, dengan suhu tersebut sebenarnya cukup hangat, cukup jaket yang tak terlalu tebal saja. Kalau pakaian bisa pakai kaos lengan panjang sama syal tipis. Tapi kalau gak tahan dingin bisa ditambah sweater tipis, tipis aja ya jangan ketebalan nanti mandi keringat.

  23. Kalo mau belanja jaket winter second yg keren tapi gak mau keringetan ada tempatnya di pasar baru belakang. Kalo masuk dari depan terus aja jalan sampai mentok belakang (jalan samanhudi). Paling belakang sebelah kanan jalan ada pertokoan 4 lantai. Lantai 3 khusus untuk barang2 seken spt di senen. Bedanya, tempatnya nyaman, bersih ber AC seperti mall. Beda jauh dari yg di Senen. Barang2nya juga sudah diseleksi, gak numpuk spt di Senen.

    Jaket winternya bagus2 deh. Aku suka nemu barang2 bermerek disana dengan kondisi masih lumayan ok. Apalagi buat yg suka jaket winter kulit/suede, baik kulit asli atau kulit imitasi yg lebih ringan, disini surganya. Parka atau yg bulu angsa juga ada. Tapi yang dari wool atau fleece kurang. Soal harga tentu lebih mahal lah dari yang di Senin, tapi masih terjangkau. Jaket winter antara 100 sd 250 ribu. Lumayan kan?

    Oh ya, lebih gampang kesini langsung dari belakang pasar baru, jalan samanhudi. Tempat ini jam 5 sudah mulai tutup, jadi agak pagian kl mau kesini, biar puas surveynya.

  24. Mbak tanya dong.. klo beli jaket bulu angsa asli yg bekas ciri2 nya gmana ya. Kan tukangnya klo kita bilang mau cari yg bulu angsa pasti semua jaket dibilang dari bilu angsa n semua jaket dibilanag jaket winter. Nah ciri2 jaket bulu angsa spt apa n jaket winter non bulu angsa spt apa..

  25. Sore mbak. Saya mau ke toronto kanada februari. Kayanya pas winter tuh bisa minus suhunya.
    Kesana 5 hari. Aktivitas banyakan digedung2 (acara bola basket nba). Kira2 jaket yg bulu angsa sama long John cukup tidak menahan dingin di toronto?
    Kira2 baqa long john brp banyak ya?
    Makasih

  26. Hi mbak, mau tanya ni. Akhir februari ini saya ke Seoul. Dan dari info yang saya dapat suhunya di kisaran 2-6 derajat utk siang. Dan malam mungkin bisa sampe -5 sampe -7 derajat.
    Nah menurut mbak itu bagusnya saya pakai apa aja ya? Ini pertama kali saya hadapin winter. Dan kalo Long John heattech di Uniqlo itu uda cukup hangat belum ya? Dan kemeja flanel gitu bisa ga utk sebagai salah 1 dalaman sebelum jaket? Dan 1 lg, kalo jaket kulit gt bisa dipake ga ya nahan dingin? Kebetulan saya ada jaket kulit Zara yang dulu beli. Tapi bahannya kulit sintetik.
    Makasih.

    • Tergantung dengan ketahanan tubuh ya, tapi biasanya long john heattech, dikasih baju selapis sama jaket sudah cukup. Kalau gak kuat kasih sweater tipis. Jaket kulit dipakai gak papa, asal gak sayang aja kalau kena hujan atau salju 🙂

      Selain long john jangan lupa winter socks, strung tangan, syal sama topi ya.

  27. Mba, kalo mau beli sarung tangan yg bahannya wol atau yg kulit ya? Yg kulit hangat ga ya? Biar ga basah pas main salju gitu hehe

  28. Salut banget. Aku baca dr atas dibales sm mbak yg super baik dan perhatian ini. Aku rencana mau Eropa dngn agenda Swiss Mt. Titlis, Paris, Brussel n Belanda Keukenhof awal April ini tgl 3. Persiapan jaket yg saya punya itu jaket polyster dr cold wear n bulu angsa de uniqlo. Pertamyaan saya cukupkah jaket tersebut mengakomodir dinginnya Europe di bulan April itu? Aku liat di youtube walaupun sdh masuk musim semi katanya masih dingin. Dan aku termasuk orang yg sensitif, jd gampang kepanasan tp cepet langsung kedinginan klo kena dingin. Gmna suggest nya mbak … Soalnya baru pertama mau ke Eropa. Thx u sangat atas informasi yg diberikan.

    • Ah musim semi hawanya enak kok, gak terlalu dingin. Jaket bulu angsa uniqlo rasanya udah cukup. Kalaupun nanti sampai kedinginan, siap2 long john heattech aja dari uniqlo. Tapi hanya kalau kedinginan ya, kalau ga bisa mandi keringat.

  29. Hai Mbak Tje Tje,

    Keren banget ulasannya, kebetulan saya mau nanya nanya nih, saya dan istri dapat berkat diberikan kesempatan jalan jalan ke eropa bulan may khususnya ke Swiss, Geneva, Zurich, Jungfrau (yang katanya dingin banget). Tapi kita juga akan ke Itali, Milan, Venezia, Roma. Perjalanan sekitar 2 minggu gitu. Kalau pakai jaket angsa yang tebel tebel kan makan tempat banget tuh di bagasi, kami ada sih jaket kulit apakah cukup ya ke Jungfrau? Sebenernya agak sayang juga sih beli jaket bulu angsa mahal mahal. Selain di Senin ada rekomendasi lain gak ya? di Johan lumayan juga sekitar 900 ribuan per jaket, belum pernak pernik lainnya. Yang second ada lagi gak di lain tempat?

    Thank ys

    • Halo Mas William, terima kasih atas kunjungannya. Bulan May mah sudah hangat gak perlu bawa jaket bulu angsa lagi. Jaket kulit juga okay, kalau dingin tambahin scarf tipis. Btw untuk ngakalin supaya gak makan tempat di bagasi, dibawa tangan aja jaketnya. Jadi nanti dimasukkan di head compartment di pesawat. So far Kalau untuk barang bekas di Indonesia saya cuma tahu di Senin. Kalau di luar sih bisa cari di charity Shop. Kalau soal Jungfrau terus terang saya gak tahu dia sedingin apa, jadi mesti riset sendiri cuacanya gimana. Tapi kalau 15an aja gak perlu pakai jaket bulu angsa.

  30. Numpang absen dan bookmark. Kmrn ke Belanda pas Desember akhir ( 2-7 derajat), cukup kok pakai long john + jaket bulu angsa, jeans + sarung tangan. Asalkan gak kena hujan aja. Beli longjohn di tokodjohan 2 pasang buat 10 hari cukup kok. Gak usah dicuci. Asal gak keringatan, gak bau kok. Hehheee,, #jorokyasaya
    Kaos kaki, usahakan punya 2 pasang. Kaki bakalan berbau “sedap” kalau gak rajin ganti 2 hari sekali.
    Nanti April – Mei, pinginnya kesana lagi liat keukenhof.
    Salam kenal 🙂

  31. mba mau nanya dong..suami sy mo dinas ke Toronto kanada akhir minggu ini. kira2 butuh perlengkapan apa aja ya? dia bakal seharian di kantornya sih..thanks ya mba

    • Mbak sudah riset belum cuaca di Toronto berapa degree? Saya kurang tahu kalau gak ada informasi berapa derajatnya. Tapi Spring gini pakai shirt dan jas aja, ditambah coat yang gak terlalu tebal dan scarf yang tipis.

  32. Mba, aku mau nanya dong….aku rencana mau ke Bremen & London buat short course akhir bulan Agustus sampe akhir September, sepertiny lagi musim gugur ya??? Kira2 perlu bawa apa aja ya? maklum baru pertama kali pergi ke negara 4 musim

    • Hi Santy, Agustus – September itu gak terlalu dingin, tapi bisa mulai bawa baju dalam thermal. In case cuaca ngedrop. Tapi biasanya sih bisa pakai celana dan baju lengan panjang serta jaket tipis aja. Kalaupun pakai syal juga tipis.
      Gak perlu heboh-heboh bawa kaos kaki thermal ataupun kaos tangan.

      Cuaca tuh kira-kira seperti di Puncak pada pagi hari.

  33. Jadi Barang2 di toko djohan recomended yaa kalo untuk ke LN??kalo sarung tangan yg bagus,dr bahan apa yaa..kulit atau parasut?

  34. halo mba, bagi infonya dong. mau ke UK awal juli ini. lg summer tapi suhunya 17 , busana sepatu sweater yang cocok yg seperti apa yaaa mba yang melindungi dr dingin tapi masih berbau summer, baru pertama kali nih. orang sana pasti survive , tp kalau aku 17 pasti enggak :(.

    • 17 itu enaaaaaak banget, apalagi kalau gak mendung. Kayak Bandung atau Lembang gitu deh. Sepatu pakai sneakers aja kalau banyak jalan di luar. Kaos kaki yang tipis kalau ketebalan keringatan. Sementara baju juga gak perlu tebel2. Kalau aku kaos dengan jaket aja, No sweater. Di Instagramku @binibule ada 2 fotoku pas Easter, dan pas jalan sama anjing, coba tengok deh. Pakai gitu aja survive kok.

  35. haii mb, seneng bgt nemu blog ini.
    mau nanya nie mb, kalo kita udah pake baju thermal apa harus pake jacket winter juga ya?
    atau bisa pake jacket biasa?
    sy rencana mau pergi ke UK bulan Okt-Nov
    udah cr info di accuweather (valid ga ya?), katanya suhu bisa skitar 12-6 di bulan november
    mohon.pencerahan ya mba,

  36. Assalamualaikum
    Saya ada kegiatan di Taiwan dari bln September-Februari. Kira2 apa yg harus saya persiapkan ya?. Saya baru pertama kali ke Taiwan dan akan berada di sana pd musim gugur dan musin dingin.

  37. Mba, mau ikut nanya juga…
    Saya pertengahan Nov ini mau ke US, tepatnya di washington DC dan NY selama 10 hari. Infonya disana mulai musim dingin ya..? Maklum baru pertama kali . kira2 apa yg harus saya bawa, dan berapa jumlahnya?
    Minggu depan baru berencana cari2 baju hangat. Mohon advice nya ya mba..Tq so much.
    Salam.

    • Suhunya berapa derajat? Beda tempat beda suhu, saya kurang paham masing-masing negara. Mungkin bisa lihat perkiraan dulu. Soal baju, tiap hari harus ganti dong, jadi disesuaikan dengan jumlah hari. Paling yang gak perlu ganti itu coat.

  38. halo mba saya mau ikutan nanya jg dong hehe. akhir tahun ini kebetulan mau umroh sekeluarga dan suhu malamnya menurut perkiraan cuaca bisa mencapai kurang dari 15 celsius. kira2 pakaian yg harus disiapkan apa saja ya? kalau memang perlu coat lebih baik yang berbahan apa?

    • Halo, terus terang tiap negara punya model dingin yg berbeda. Lembab atau engga. Daya tubuh orang juga beda. Saya sih kalau 15 pakai jaket biasa, gak pakai coat sama baju biasa lengan panjang/pendek. Kalau lebih dari itu bisa mandi keringat. Tapi ada juga yg pakai baju tebal. Kalau beraktivitas banyak mendingan jangan terlalu tebal.

  39. HALo mbak yang baik, mau tanya donk saya rencana nya pertengahan januari akan liburan 5 hari di HONG KONG. Kemungkinan disana suhu akan diantara 3-15derajat

    Ada msukan gak mbak aku mesti beli jaket apa? Coat atau perlu yg jaket anti basah atau apa yA mbak? Mhn arahannya makasih

    • Terus terang saya tak begitu paham hawa Hong Kong, karena karaketeristik satu negara dan negara lain berbeda. Coba lihat dulu perkiraan cuacanya bagaimana, apakah akan hujan atau tidak. Selain itu cari perkiraan juga berangin atau engga.

  40. Haii mbak Tje tje yg baik dan ramah…slm kenal ya..
    Mbak Tje, maaf sya mau tnya kalo utk travelling ke Tokyo pertngahan Januari selama 1 mgu, baiknya pakai sepatu jenis apa ya? Berhubung kondisi telapak dan tumit kaki sya srg agak sakit kalo utk jalan lama, sya kurang nyaman pakai boots. Kira2 kalo pake sneakers, mampu menahan dinginnya winter gak ya mbk? Trmksh infohya..

    • Halo maaf ya baru balas, mungkin kamu sudah di Jepang sekarang. Tokyo lagi parah dinginnya, sneakers aja gak nampol. Sedikit tips dari para tentara yang sering jalan jauh, kalau sakit kakinya, bagian dalam sepatunya dialasin pembalut saja.

  41. Hallo,

    Cuma mau nambahin kalau untuk jaket bulu angsa yang murah bisa ke second hand market. Asal ga gengsi ya.. Nah berhubung, pasar senen habis kebakaran, saya cari alternatif lain ke metro atom plaza dekat pasar baroe. Disitu banyak toko yg jual jaket bulu angsa, sweater, dll dengan harga murah meriah, asal jago tawar sambil merengek2 minta diskon lg ke yg jual. Hehe.. Saya dapat 2 jaket tebal merk Uniqlo dan 1 agak tipis bulu angsa semua, dengan total harga 500rb (Jan 2016). Di toko Djohan yg paling murah 700rb (baru). Buat pelajar seperti saya, itu adalah penghematan signifikan. Hehe.. Happy hunting!

  42. Hai Mba..

    sangat membantu banget mbaa… mau tanya boleh mba, kalau ke norway bulan mei atau september.. suhu paling panas sekitar 15 derajat, mungkin eksplor gunung.. kira2 ada saran ga ya? oya sama copenhagen dan stockholm, suhu nya sekita 20 derajat.. kira-kira otfit yang nyaman gimana ya mba?

    pls advice

Show me love, leave your thought here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s